Read More >>"> Bumi yang Dihujani Rindu (Lebih Dari Empat) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Bumi yang Dihujani Rindu
MENU
About Us  

Ucapan Felix itu benar bahwa Islam membatasi seorang laki-laki dalam memiliki istri. Islam hanya memperbolehkan empat orang istri untuk satu laki-laki, itupun harus dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an ayat ketiga surat An Nisa’.

 

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.”

 

“Bukankah itu artinya Nabimu telah melanggar tuntunan ajaran Islam itu sendiri?” cibir Felix.

Fritz dan Eva menggangguk pelan. Entah, menandakan apa kerut di kening keduanya. Bisa jadi ia membenarkan ucapan Felix. Atau malah bingung. Seolah ada kontradiksi antara perilaku Nabi dengan nasihatnya tentang batas jumlah wanita yang boleh dijadikan istri. Nabi memiliki istri lebih dari empat orang. Sementara beliau membatasi umatnya yang melakukan praktik poligami hanya boleh memperistri empat orang saja dalam waktu yang bersamaan. Tidak boleh lebih. Apapun alasannya.

Secara prinsip, perbuatan Nabi itu memang patut untu ditiru. Nabi harus dijadikan tuntunan dan panutan dalam kehidupan. Bahkan ketaatan kepada Nabi merupakan syarat mutlak ketaatan kepada Allah subhanahu wata’ala. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an ayat ke-80 surat An Nisa’: “Barangsiapa menaati Rasul, sesungguhnya ia telah mentaati Allah.”

Namun, tetap ada batasan yang menjadi wilayah kekhususan bagi beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki keistimewaan dalam hal ini.

“Ada beberapa perbuatan yang hanya wajib untuk Nabi, tetapi menjadi sunnah jika dikerjakan oleh umatnya. Itu artinya kita mendapat pahala jika mengerjakannya. Namun, tidak berdosa jika tidak mengerjakannya. Seperti: Shalat Dhuha’, Qiyamullail, Bersiwak. Dan masih banyak lagi yang lainnya.”

Felix mengubah duduknya. Masih tetap menyimak.

“Ada juga kekhususan lain bagi Nabi. perbuatan yang haram dikerjakan oleh Nabi tetapi justru boleh untuk umatnya,” lanjut Kiara.

“Berlaku untuk umatnya, tapi tidak untuk Nabi? Apa contohnya?” tanya Eva dengan raut wajah kebingungan.

Fritz diam menyimak.

“Salah satunya tentang zakat. Haram bagi Rasulullah untuk menerima zakat. Namun boleh bagi umatnya,” ucap Kiara, “Semiskin apapun keadaan Nabi, beliau diharamkan menerima harta zakat. Pun berlaku untuk keluarga beliau. Benaran Fyan?”

Aku mengangguk membenarkan ucapan Kiara.

“Selain itu, ada juga beberapa perbuatan yang memang menjadi kekhususan bagi Nabi,” ucapku menjelaskan, “boleh dikerjakan oleh Nabi, tetapi haram dikerjakan oleh umatnya, Fel.”

“Misalnya?” tanya Felix.

“Seperti berpuasa Wishal.[1]Nabi boleh berpuasa Wishal terus menerus. Namun, hal itu tidak boleh dilakukan oleh umatnya.”

“Termasuk kebolehan bagi Nabi memiliki lebih dari empat orang istri dalam waktu yang bersamaan. Hal ini termasuk kekhususan yang hanya berlaku untuk Nabi. Haram bila dilakukan umatnya.”

“Loh kenapa bisa begitu?” protes Felix.

Fritz mengangguk pelan sambil melihat ke arah Felix. Mungkin Fritz setuju dengan protes Felix barusan? Entahlah.

“Tentunya para ulama tidak sembarangan menentukan hukum untuk itu. Mereka tentu sudah memeriksa secara saksama keseluruhan dalil yang ada. Baik yang ada di dalam Al-Qur’an maupun sunnah Rasulullah. Lalu menarik sebuah kesimpulan darinya.”

“Terkait bolehnya Nabi menikah lebih dari empat istri?” tanya Felix skeptis.

“Hal itu sudah dijelaskan sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an,” ucapku menjelaskan.

Lalu kubuka aplikasi Al-Qur’an di handphone. Kubuka tepat di halaman Al-Qur’an ayat ke-50 surat al-Ahzab. Lalu membacakan terjemahannya di hadapan mereka.

 

“Hai Nabi, Sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri- isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang Termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya,sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

 

“Jika Nabi membolehkan seorang lelaki memiliki istri lebih dari empat orang, tentu beliau tidak memerintahkan umatnya untuk menceraikan istri yang lain, lalu menyisakan empat orang saja,” lanjutku.

“Jadi, misal ada lelaki memiliki sepuluh orang istri, maka ia harus menceraian minimal enam orang istrinya?”

Aku mengangguk sambil tersenyum menjawab pertanyaan Fritz.

Hal ini sebagaimana pernah diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada seorang lelaki yang kedapatan memiliki lebih dari empat orang istri. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan imam Tirmidzi dan telah dishahihkan Syaikh Al Albani diceritakan bahwa ada seorang yang baru saja masuk Islam. Ghoylan bin Salamah Ats Tsaqofiy, namanya. Sebelumnya ia telah memiliki sepuluh orang istri. Lalu semua istrinya itu mengikuti jejak Ghoylan masuk Islam. Mengetahui hal itu, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar ia memilih hanya empat orang istri saja dari sepuluh istrinya.

Tidak hanya Ghoylan bin Salamah Ats Tsaqofiy, ada sahabat Nabi bernama Qois bin Al Harits yang mengalami hal serupa. Kisahnya tercatat pada hadits yang diriwayatakan oleh Ibnu Majah dan Abu Daud. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini. Ketika Qois masuk Islam dan telah memiliki delapan orang istri. Mendengar hal itu, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan padanya untuk memilih hanya empat orang istri saja dari kedelapan istrinya.

***

 

[1] Puasa wishal adalah puasa yang tidak berbuka saat Maghrib, hingga puasa itu bersambung terus sampai esok harinya.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
My Dangerious Darling
2262      999     2     
Mystery
Vicky, mahasiswa jurusan Tata Rias yang cantik hingga sering dirumorkan sebagai lelaki gay bertemu dengan Reval, cowok sadis dan misterius yang tengah membantai korbannya! Hal itu membuat Vicky ingin kabur daripada jadi sasaran selanjutnya. Sialnya, Ariel, temannya saat OSPEK malah memperkenalkannya pada cowok itu dan membuat grup chat "Jomblo Mania" dengan mereka bertiga sebagai anggotanya. Vick...
Dream of Being a Villainess
787      424     2     
Fantasy
Bintang adalah siswa SMA yang tertekan dengan masa depannya. Orang tua Bintang menutut pertanggungjawaban atas cita-citanya semasa kecil, ingin menjadi Dokter. Namun semakin dewasa, Bintang semakin sadar jika minat dan kemampuannya tidak memenuhi syarat untuk kuliah Kedokteran. DI samping itu, Bintang sangat suka menulis dan membaca novel sebagai hobinya. Sampai suatu ketika Bintang mendapatkan ...
Lily
949      420     4     
Romance
Apa kita harus percaya pada kesetiaan? Gumam Lily saat memandang papan nama bunga yang ada didepannya. Tertulis disana Bunga Lily biru melambangkan kesetiaan, kepercayaan, dan kepatuhan. Lily hanya mematung memandang dalam bunga biru yang ada didepannya tersebut.
Segitiga Bermuda
3460      1197     1     
Romance
Orang-orang bilang tahta tertinggi sakit hati dalam sebuah hubungan adalah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Jika mengalaminya dengan teman sendiri maka dikenal dengan istilah Friendzone. Namun, Kinan tidak relate dengan hal itu. Karena yang dia alami saat ini adalah hubungan Kakak-Adik Zone. Kinan mencintai Sultan, Kakak angkatnya sendiri. Parah sekali bukan? Awalnya semua berjalan norm...
Memento Merapi
3934      1609     1     
Mystery
Siapa bilang kawanan remaja alim itu nggak seru? Jangan salah, Pandu dan gengnya pecinta jejepangan punya agenda asyik buat liburan pasca Ujian Nasional 2013: uji nyali di lereng Merapi, salah satu gunung terangker se-Jawa Tengah! Misteri akan dikuak ala detektif oleh geng remaja alim-rajin-kuper-koplak, AGRIPA: Angga, Gita, Reni, dan Pandu, yang tanpa sadar mengulik sejarah kelam Indonesia denga...
Gino The Magic Box
2397      805     1     
Fantasy
Ayu Extreme, seorang mahasiswi tingkat akhir di Kampus Extreme, yang mendapat predikat sebagai penyihir terendah. Karena setiap kali menggunakan sihir ia tidak bisa mengontrolnya. Hingga ia hampir lulus, ia juga tidak bisa menggunakan senjata sihir. Suatu ketika, pulang dari kampus, ia bertemu sosok pemuda tampan misterius yang memberikan sesuatu padanya berupa kotak kusam. Tidak disangka, bahwa ...
Jelita's Brownies
2385      1037     11     
Romance
Dulu, Ayahku bilang brownies ketan hitam adalah resep pertama Almarhum Nenek. Aku sangat hapal resep ini diluar kepala. Tetapi Ibuku sangat tidak suka jika aku membuat brownies. Aku pernah punya daun yang aku keringkan. Daun itu berisi tulisan resep kue-kue Nenek. Aku sadar menulis resep di atas daun kering terlihat aneh, tetapi itu menjadi sebuah pengingat antara Aku dan Nenek. Hanya saja Ib...
Interaksi
290      192     0     
Romance
Ada manusia yang benar benar tidak hidup di bumi, sebagian dari mereka menciptakan dunia mereka sendiri. Seperti halnya Bulan dan Yolanda. Bulan, yang terlalu terobsesi dengan buku novel dan Yolanda yang terlalu fanatik pada Korea. Dua duanya saling sibuk hingga berteman panjang. Saat mereka mencapai umur 18 dan memutuskan untuk kuliah di kampus yang sama, perasaan takut melanda. Dan berencana u...
Buku Harian Ayyana
14209      3854     6     
Romance
Di hari pertama masuk sekolah, Ayyana udah di buat kesel sama cowok ketus di angkatannya. Bawaannya, suka pengen murang-maring terus sama cowok itu! Tapi untung aja, kehadiran si kakak ketua OSIS bikin Ayyana betah dan adem tiap kali dibuat kesel. Setelah masa orientasi selesai, kekesalan Ayyana bertambah lagi, saat mengetahui satu rahasia perihal cowok nyebelin itu. Apalagi cowok itu ngintilin...
SORRY
11111      2418     11     
Romance
Masa SMA adalah masa yang harus dipergunakan Aluna agar waktunya tidak terbuang sia-sia. Dan mempunyai 3 (tiga) sahabat cowok yang super duper ganteng, baik, humoris nyatanya belum untuk terbilang cukup aman. Buktinya dia malah baper sama Kale, salah satu cowok di antara mereka. Hatinya tidak benar-benar aman. Sayangnya, Kale itu lagi bucin-bucinnya sama cewek yang bernama Venya, musuh bebuyutan...