Read More >>"> Cinta (Puisi dan Semi Novel (Kitab Kedua Bagian 3) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Cinta (Puisi dan Semi Novel
MENU
About Us  

Kahlil Gibran :

Hati ini telah mengucapkan selamat tinggal,

dengan gundah gulana pergi mencari rumah berkah dan hikmat.

 

Setiba di kota suci yang telah diberkahi roh dan dipuji,

dia melanjutkan perjalanan sambil bertanya-tanya,

sebab tiada didapatinya apa yang dibayangkan bakal ditemuinya.

Kota itu sunyi, sepi dari kekuasaan, sepi harta dan wibawa.

Lalu, hatiku bicara kepada Puteri Cinta, katanya,

“Wahai Cinta, di mana dapat kutemukan kepuasan?

Kudengar dia telah kemari untuk menjumpaimu.”

 

Jawab Puteri Cinta,

“Kepuasan telah pergi, akan menyampaikan khotbahnya di kota tempat keserakahan dan korupsi merajalela. Kami tidak membutuhkannya di sini.”

 

Keberuntungan tidak didambakan kepuasan, sebab bersifat harapan duniawi.

Dan hasratnya mencakup penyantunan dengan tujuan, sedangkan kepuasan tak lain dari perasaan dalam relung hati.

 

Roh abadi tak pernah merasa puas, yang dicari adalah kemuliaan.

 

Lalu, hatiku memandang wajah kecantikan, sambil berkata:

“Engkau mengetahui semua ilmu, tunjukkanlah padaku pengetahuan tentang rahasia perempuan.”

 

Lalu, jawabnya,

“Wahai hati manusia, seorang perempuan adalah pantulan cahaya dirimu sendiri. Seperti apa keadaan dirimu, maka seperti itu jugalah dia. Di mana pun engkau berada, di sanalah pula ia tinggal. Dia seperti agama, jika tidak ditafsirkan oleh si dungu. Seperti rembulan, jika tidak ditutupi oleh awan, dan dia layaknya hembusan angin, jika tidak dikotori debu.”

 

Kemudian, hatiku menghampiri Ilmu Pengetahuan, Puteri Cinta dan Kecantikan,

dan berkata, “Berilah padaku kebijaksanaan yang dapat kubagi buat umat sesama.”

 

Puteri itu menjawab,

“Jangan sebut kebijaksanaan, lebih baik amalkan berkah. Karena berkah sejati tidak diperoleh dari luar, tapi bersumber dari intisari kekeramatan hayat. Jadi, manfaatkanlah dirimu sendiri dengan sesama umat.”

 

 

Cinde:

Apakah itu penting?

Dapatkah engkau mempelajari sesuatu wujud secara benar hanya dengan menelaah lapis luarnya?

Dapatkah engkau meramalkan bagaimana rasa anggur hanya dengan memandang seratnya?

Manusia manakah yang sanggup mewadahi seluruh kebijaksanaan di sekitar dunia ini dalam satu piala?

 

Meski engkau berbicara benar,

tapi, tentulah ada hubungannya antara rohani dengan jasmani,

sebagaimana ada hubungan antara badan dengan lingkungan terdekatnya.

Dan, manakala aku tidak mempercayai unsur kebetulan.

Kita akan mendapati diri bersatu dan menikmati satu kepercayaan, dan agama yang agung dalam rangkuman persaudaraan.

 

Meski demikian,

aku menyadari keagungan makna kehidupan, kebenaran dan Tuhan.

Kutemukan di dalamnya seonggok intan permata yang berharga sepanjang masa sehingga sekarang segalanya tidak penting lagi.

 

 

Kahlil Gibran:

Pantai yang kokoh adalah kekasihku, dan aku menjadi buah hatinya,

ketika pada akhirnya kami dipertautkan oleh cinta, bulanpun menarikku darinya.

Bergegaslah aku pergi menyongsong dia, lalu aku minta diri dengan berat hati,

membisikkan selamat tinggal berulang kali.

 

Aku membumbung tiba-tiba dari balik kebiruan cakrawala untuk mengayunkan sinar keperakan buihku ke pangkuan keemasan pasirnya, dan berpadu dalam kecemerlangan sempurna.

 

Aku pusaka dahaganya dan nafasku memenuhi segenap relung-relung hatinya.

Dia memperlambut suaraku dan meredam gelora di dada.

Kala fajar tiba, kuucapkan kaidah cinta ditelinganya,

dan ia memelukku penuh damba.

 

Di terik siang, kunyanyikan dia lagu harapan diiringi kecupan-kecupan kasih saying.

Gerakku gesit diwarnai kekhawatiran, sedangkan dia tetap sabar dan tenang.

Dadanya yang bidang meneduhkan kegelisahan.

 

Ketika air pasang, kami saling memeluk.

Kala surut, aku berlutut menjamah kami-nya,

memanjatkan doa.

 

Seringkali aku menari, mengitari puteri-puteri duyung,

bila mereka timbul dari kedalaman dan mengapung di dadaku,

memandang kelap-kelip bintang-bintang.

Seringkali, kudengar keluh kekasih akan kekecilan dirinya.

Seringkali, kugoda tebing-tebing batu karang,

kuajak bercanda, dan kulempari senyum cemerlang.

Namun, tak sekali jua merasa tergerak membalasnya.

Seringkali, kuangkat insan-insan yang tenggelam,

kudukung mesra dan kubawa ke pangkuan pujaanku,

pantai perkasa, yang memberinya daya kekuatan - rangkuman diriku.

 

Seringkali, kucuri permata simpanan dasar samudera,

kupersembahkan ke haribaan kekasih tercinta,

dan pantaiku menerimanya dalam bisu.

Namun, aku memberi selalu, sebab diamnya menyambutku.

 

Dalam sarat kegulitaan jantung malam,

apabila segenap makhluk ciptaan Tuhan lelap terlena dalam buaian Alpa,

aku tetap begadang, sekali waktu melagukan dendang,

sekali waktu menghela nafas dalam desah berkepanjangan, aku senantiasa terjaga.

 

Sayang seribu sayang, keterjagaan membangunkan aku!

Tetapi aku pemuja cinta, dan kebenaran cinta itu sendiri perkasa.

Mungkin kelelahan akan menimpanya.

Namun, tiada aku bakal binasa.

 

 

Cinde:

Ruang dan waktu adalah rohaniah, dan segala yang tampak dan terdengar pun, rohaniah belaka.

Jika kita pejamkan mata, segala sesuatu akan kita tangkap dari kedalaman batin pribadi,

dan dunia akan tampak secara jasmani dan rohani dalam keseluruhan luasnya,

dan kita akan berkenalan dengan hukum-Hukum kepastian serta penjagaannya,

dan kita pun akan mengenal keagungan yang dimiliki dibalik keterbatasan.

Yah!

Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti juga meterai pada lenganmu,

karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati,

nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api Tuhan!

Semerbak wangi buah dudaim, dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat,

yang telah lama dan yang baru saja dipetik,

itu telah kusimpan bagimu, kekasihku.

 

Jika kita pejamkan mata, membuka hati dan pengertian,

kita berjalan melalui niat dan cinta kasih kepada-Nya dan melewati pintu keimanan.

Adakah cahaya lain di luar jasmani yang dapat menerangi jalan ke arah kedalaman batin kita?

Apakah kita mempunyai suatu daya kekuatan yang akan menggerakkan rohani kita dan menggugah dalam diri kita perwujudan hidup kealpaan kita, dan menunjukkan arah ke pengetahuan abadi?

 

Di dalam keheningan batin cinta kasih yang berselimutkan iman kasih sayang, kita akan menemukan awal dan akhir keberadaan, awal yang pada gilirannya menjadi akhir, dan akhir yang pasti akan menjadi awal kembali.

Berjalanlah di jalan terang kebenaran, yang tidak dapat dipadamkan oleh badai topan untuk menampilkannya ke permukaan dunia nyata.

 

 

Cinta memang sungguh unik dan biarpun demikian, aku percaya, bahwa dari cinta itu bisa saja akan ada lagi cinta-cintaku yang lain, meski bukan untuk saat ini, dan barangkali, itu di suatu tempat alam indah lainnya – pasti jiwa kami bersatu, aku meyakini itu.

 

Seringkali, aku mencintai kematian, dan menyebutnya dengan sebutan yang manis, serta mencumbunya di tempat rahasia maupun umum.

 

Kehidupan juga telah kucintai. Karena kematian dan kehidupan adalah satu bagiku dalam keindahan, sederajat dalam kesenangan, serta pasangan dalam kerinduan dan hasratku yang tumbuh.

Mereka telah berbagi antara cinta dan kelembutanku.

 

Demikian dua puluh tahun berlalu. Kemudian melintasilah hari-hariku dan malam-malamku yang saling susul-menyusul - yang satu memiringkan yang lain, rontok dari kehidupanku sebagai dedaunan sebatang pohon diterpa angin musim gugur.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Premium
Bertemu Jodoh di Thailand
2019      1067     0     
Romance
Tiba saat nya Handphone Putry berdering alarm adzan dan Putry meminta Phonapong untuk mencari mesjid terdekat karena Putry mau shalat DzuhurMeskipun negara gajah putih ini mayoritas beragama buddha tapi ada sebagian kecil umat muslimnya Sudah yang Sholatnya Sudah selesai yang Sekarang giliran aku yaaku juga mau ibadah ke wiharakamu mau ikut yang Iya yangtapi aku tunggu di luar saja ya Baikl...
Behind The Scene
1116      450     6     
Romance
Hidup dengan kecantikan dan popularitas tak membuat Han Bora bahagia begitu saja. Bagaimana pun juga dia tetap harus menghadapi kejamnya dunia hiburan. Gosip tidak sedap mengalir deras bagai hujan, membuatnya tebal mata dan telinga. Belum lagi, permasalahannya selama hampir 6 tahun belum juga terselesaikan hingga kini dan terus menghantui malamnya.
ORIGAMI MIMPI
26140      2997     55     
Romance
Barangkali, mimpi adalah dasar adanya nyata. Barangkali, dewa mimpi memang benar-benar ada yang kemudian menyulap mimpi itu benar-benar nyata. Begitulah yang diyakini Arga, remaja berusia tujuh belas tahun yang menjalani kehidupannya dengan banyak mimpi. HIngga mimpi itu pula mengantarkannya pada yang namanya jatuh cinta dan patah hati. Mimpi itu pula yang kemudian menjadikan luka serta obatnya d...
Ketos in Love
751      454     0     
Romance
Mila tidak pernah menyangka jika kisah cintanya akan serumit ini. Ia terjebak dalam cinta segitiga dengan 2 Ketua OSIS super keren yang menjadi idola setiap cewek di sekolah. Semua berawal saat Mila dan 39 pengurus OSIS sekolahnya menghadiri acara seminar di sebuah universitas. Mila bertemu Alfa yang menyelamatkan dirinya dari keterlambatan. Dan karena Alfa pula, untuk pertama kalinya ia berani m...
The Eternal Love
18368      2651     18     
Romance
Hazel Star, perempuan pilihan yang pergi ke masa depan lewat perantara novel fiksi "The Eternal Love". Dia terkejut setelah tiba-tiba bangun disebuat tempat asing dan juga mendapatkan suprise anniversary dari tokoh novel yang dibacanya didunia nyata, Zaidan Abriana. Hazel juga terkejut setelah tahu bahwa saat itu dia tengah berada ditahun 2022. Tak hanya itu, disana juga Hazel memili...
Asmara Mahawira (Volume 1): Putri yang Terbuang
5055      938     1     
Romance
A novel from Momoy Tuanku Mahawira, orang yang sangat dingin dan cuek. Padahal, aku ini pelayannya yang sangat setia. Tuanku itu orang yang sangat gemar memanah, termasuk juga memanah hatiku. Di suatu malam, Tuan Mahawira datang ke kamarku ketika mataku sedikit lagi terpejam. "Temani aku tidur malam ini," bisiknya di telingaku. Aku terkejut bukan main. Kenapa Tuan Mahawira meng...
Gue Mau Hidup Lagi
340      212     2     
Short Story
Bukan kisah pilu Diandra yang dua kali gagal bercinta. Bukan kisah manisnya setelah bangkit dari patah hati. Lirik kesamping, ada sosok bernama Rima yang sibuk mencari sesosok lain. Bisakah ia hidup lagi?
HAMPA
360      245     1     
Short Story
Terkadang, cinta bisa membuat seseorang menjadi sekejam itu...
The Reason
8408      1617     3     
Romance
"Maafkan aku yang tak akan pernah bisa memaafkanmu. Tapi dia benar, yang lalu biarlah berlalu dan dirimu yang pernah hadir dalam hidupku akan menjadi kenangan.." Masa lalu yang bertalian dengan kehidupannya kini, membuat seorang Sean mengalami rasa takut yang ia anggap mustahil. Ketika ketakutannya hilang karena seorang gadis, masa lalu kembali menjerat. Membuatnya nyaris kehilan...
The Past or The Future
385      303     1     
Romance
Semuanya karena takdir. Begitu juga dengan Tia. Takdirnya untuk bertemu seorang laki-laki yang akan merubah semua kehidupannya. Dan siapa tahu kalau ternyata takdir benang merahnya bukan hanya sampai di situ. Ia harus dipertemukan oleh seseorang yang membuatnya bimbang. Yang manakah takdir yang telah Tuhan tuliskan untuknya?