Read More >>"> Bumi yang Dihujani Rindu (Ketika Cinta Merekah) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Bumi yang Dihujani Rindu
MENU
About Us  

Ketika ikrar telah menggema

Kita laksana tinta dan pena

Saling setia

Menuliskan episode di atas lembar cinta-Nya

Kita akan menerjemahkan warna

Bersama menjadi satu kata

Dalam kitab cinta-Nya

 

Seorang gadis bermata biru keluar dari balik pintu sambil tertunduk malu. Ia melangkah anggun bak putri raja dengan gaun putih yang begitu indah. Kain panjang berwarna senada menutup aurat dengan sempurna aurat. Tak tampak lagi rambut cokelat, sebagaimana biasa dia biarkan terurai panjang sebahu sebelum hidayah menyapa hatinya. Ujung jilbab sebelah kanannya tersemat di bahu kiri menggunakan bros mutiara. Cantik. Bahkan lebih cantik dari Masha Alalykina seorang mantan top model Rusia. Kulihat, raut wajah begitu gembira di sana. Tergambar senyum di wajahnya. Sesekali tatapan gadis pemilik darah campuran Aceh Rusia itu mengarahkan tepat ke mataku. Aku yang tengah duduk berhadapan dengan Paman Daud, wali nikahnya, tertunduk malu.

Hari ini begitu istimewa. Sebuah sejarah besar dalam hidupku segera bermula. Sebuah peristiwa sakral yang begitu berat pertanggungjawabannya bagi seorang pria di hadapan manusia pun Rabbnya. Inilah hari yang ditunggu-tunggu sepasang insan yang saling mencinta karena cinta-Nya. Sebuah hari permulaan ibadah paling panjang dalam kehidupan manusia. Callista Kiara Filothei, sosok gadis jelita bermata indah itu sebentar lagi akan melepas masa lajang. Sebentar lagi ia akan menjadi belahan jiwa lelaki sederhana dari sebuah kampung dari negeri seberang.

Dekorasi pesta dibuat sederhana. Dominasi warna putih dengan hiasan bunga dan pita-pita warna ungu muda kesukaan Kiara. Ruang tamu rumah Paman Gamaliel menjadi tempat berlangsungnya acara. Pun sebagai saksi bisu dari kesucian cinta dalam sebuah akad nikah.

Tepat di hadapanku tergeletak sebuah kotak warna ungu berisi mahar sederhana. Sebuah cincin lima gram telah kupersiapkan. Aku membayangkan beberapa waktu ke depan akan memakaikan cincin itu ke jari manis usai untuk menghalalkannya. Saat itulah, aku akan menyentuh tangannya untuk kali pertama. Aku yakin tangannya begitu halus dan lembut seperti sutra. Terbayang pula saat ia akan mencium tanganku sebagai bentuk penghormatannya sebagai istri di hari pertama.

Aku canggung. Keringat dingin pun bercucuran dari pelipis, lalu menganak sungai di pipiku. Tanganku gemetar. Jantungku berdegup lebih kencang dari sebelumnya. Sangat kencang. Kiara tersenyum melihat keadaanku seperti itu. Kulihat, teman-temanku. Ternyata mereka pun sama saja. Mereka tersenyum, lalu tertawa kecil melihatku yang tengah gugup salah tingkah.

“Bisa kita mulai?” tanya Paman Daud.

Kulihat Om Thimoty dan Tante Anna yang duduk mengapit putri semata wayangnya mengangguk tanda setuju. Beberapa detik ke depan prosesi akad nikah segera dimulai. Tanganku menjabat tangan Paman Daud sebagai walinya. Aku membayangkan seisi ruangan akan riuh dengan doa “Barakallahulaka ….” usai kuucapkan qabul atas ijab yang diucapkan Paman Daud dan disahkan oleh para saksi yang ada.

“Rabb … diakah wanita yang akan mendampingi hidup hingga tarikan napas terakhirku? Jujur aku mencintainya, tapi aku lebih mencintai-Mu dan Rasul-Mu. Dan Engkau pun tahu janji yang selalu kulantunkan di rakaat salatku: aku hanya ingin Hidup dan Mati dalam nama-Mu, dalam cinta-MU.”

Kejadian hari ini sejatinya telah tertulis di lauh mahfuz menjadi takdirku. Paman Daud mengucapkan lafaz ijab dengan tegas dan mantap.

Kita akan menjadi satu

Layaknya rangkaian tubuh

Selalu padu

Kita berjanji setia

Berjalan dalam aliran darah yang sama

Mesra tak mendua

Hingga ke surga

 

Sungguh akan ada masa

Ketika denyut nadi tak seirama

Maka tundukan hati pada-Nya

Biar CINTA merekah

Bak kisah CINTA SANG NABI dan Khadijah

Yang setia hingga melepas nyawa

 

“Saya nikahkan …,” ucap Paman Daud tegas dan lantang, “dengan maskawin tersebut tunai.”

Entah mengapa lidahku kelu saat hendak mengucapkan qabulnya. Padahal aku sudah menghafalkan sejak beberapa waktu sebelumnya. Berkali-kali aku mencoba menggerakkan lidah, namun terasa begitu berat. Aku menatap Paman Daud sambil berusaha mengatur napas. Jantungku berdetak tak keruan. Paman Daud tersenyum seolah menguatkanku.

“Are you, ok?” tanya Paman Daud.

Aku mengangguk. Namun, tiba-tiba terdengar suara keras dari arah pintu.

“No, i’m not.”

Suara teriakan itu membuat semua mata tertuju pada sosok lelaki berbadan tegap tinggi berkulit putih berdiri di depan pintu. Ioassaf Hezron Efharisto, sepupu sekaligus bekas calon tunangan Kiara itu seperti tidak terima dengan takdirnya.

“Hezron ….” Kiara terlihat panik dengan kehadirannya.

Jabatan tanganku terlepas dari tangan Paman Daud. Lelaki berambut coklat itu berjalan mendekat sambil membuka kaca mata hitam, lalu diselipkan di saku kemeja flanelnya. Hezron menatapku tajam. Gerahamnya gemeretak menahan marah. Entah, apa yang akan dilakukan Hezron di acara sakral kami hari ini. Akankah ia menunaikan janjinya tempo hari? Hezron akan melakukan segala cara agar aku tak pernah bersatu dengan Kiara. Ia sangat marah dan kecewa sebab rencana pertunangannya dengan Kiara berujung pilu. Tak bisa bersatu lantaran keyakinan tak lagi padu.

Hezron berhenti tepat beberapa senti di hadapanku. Kami berhadap-hadapan. Saling memandang tanpa sesuatu pun yang terucap dari lidah kami. Kulihat, pancaran matanya menyiratkan kekecewaan.

“Pemuda ini telah membuat pertunanganku dengan Kiara batal.”

Suara Hezron meninggi sambil menunjuk wajahku. Emosinya makin memuncak tanpa mempedulikan para tamu yang menatap aneh kepadanya. Hezron tak peduli dengan itu semua. Hezron mengambil sesuatu dari saku celananya. Lalu membuka sebuah kotak kecil berwarna ungu, entah apa isinya.

“klik…”

Mata semua orang tertuju pada Hezron dan sebuah kotak berisi sebuah cincin bertahta berlian. Aku yakin pasti sangat mahal harganya. Mungkin bisa puluhan atau mungkin ratusan juta. Bentuknya sederhana namun begitu indah. Elegan dan sepertinya cincin itu dipesan secara khusus karena di sana tertulis sebuah nama, KIARA. Hezron memandangi cincin itu dengan sejuta harapan yang pernah ia rencanakan.

“Sudah lama aku mempersiapkannya. Kupersiapkan untuk seorang gadis. Menurut rencana manusia ia akan menjadi sosok yang mendampingiku. Dialah Kiara. Kau yang telah membuat semuanya berantakan, Fyan!”

Hezron menatap bengis, lalu menarik keras kerah leherku. Paman Daud berdiri, lalu memegang Hezron berusaha melerai.

“Jaga sikapmu, Hezron. Paman tak ingin ada keributan lagi di sini,” tegur Paman Daud.

Kiara pun beranjak dari tempatnya, lalu berjalan mendekat.

“Aku mohon jangan kau kacaukan acara hari ini, Zron,” ucap kiara memohon sambil memelas, “Please ….”

Cengkeramannya makin kuat mengikat leherku. Aku hampir tak bisa bernapas. Namun, tak ada seorang pun yang berani menyingkirkan tangan Hezron dari leherku. Aku kehabisan napas. Lalu mendadak semua gelap.

***

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
My Dangerious Darling
2262      999     2     
Mystery
Vicky, mahasiswa jurusan Tata Rias yang cantik hingga sering dirumorkan sebagai lelaki gay bertemu dengan Reval, cowok sadis dan misterius yang tengah membantai korbannya! Hal itu membuat Vicky ingin kabur daripada jadi sasaran selanjutnya. Sialnya, Ariel, temannya saat OSPEK malah memperkenalkannya pada cowok itu dan membuat grup chat "Jomblo Mania" dengan mereka bertiga sebagai anggotanya. Vick...
Dream of Being a Villainess
787      424     2     
Fantasy
Bintang adalah siswa SMA yang tertekan dengan masa depannya. Orang tua Bintang menutut pertanggungjawaban atas cita-citanya semasa kecil, ingin menjadi Dokter. Namun semakin dewasa, Bintang semakin sadar jika minat dan kemampuannya tidak memenuhi syarat untuk kuliah Kedokteran. DI samping itu, Bintang sangat suka menulis dan membaca novel sebagai hobinya. Sampai suatu ketika Bintang mendapatkan ...
Lily
949      420     4     
Romance
Apa kita harus percaya pada kesetiaan? Gumam Lily saat memandang papan nama bunga yang ada didepannya. Tertulis disana Bunga Lily biru melambangkan kesetiaan, kepercayaan, dan kepatuhan. Lily hanya mematung memandang dalam bunga biru yang ada didepannya tersebut.
Segitiga Bermuda
3460      1197     1     
Romance
Orang-orang bilang tahta tertinggi sakit hati dalam sebuah hubungan adalah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Jika mengalaminya dengan teman sendiri maka dikenal dengan istilah Friendzone. Namun, Kinan tidak relate dengan hal itu. Karena yang dia alami saat ini adalah hubungan Kakak-Adik Zone. Kinan mencintai Sultan, Kakak angkatnya sendiri. Parah sekali bukan? Awalnya semua berjalan norm...
Memento Merapi
3934      1609     1     
Mystery
Siapa bilang kawanan remaja alim itu nggak seru? Jangan salah, Pandu dan gengnya pecinta jejepangan punya agenda asyik buat liburan pasca Ujian Nasional 2013: uji nyali di lereng Merapi, salah satu gunung terangker se-Jawa Tengah! Misteri akan dikuak ala detektif oleh geng remaja alim-rajin-kuper-koplak, AGRIPA: Angga, Gita, Reni, dan Pandu, yang tanpa sadar mengulik sejarah kelam Indonesia denga...
Gino The Magic Box
2397      805     1     
Fantasy
Ayu Extreme, seorang mahasiswi tingkat akhir di Kampus Extreme, yang mendapat predikat sebagai penyihir terendah. Karena setiap kali menggunakan sihir ia tidak bisa mengontrolnya. Hingga ia hampir lulus, ia juga tidak bisa menggunakan senjata sihir. Suatu ketika, pulang dari kampus, ia bertemu sosok pemuda tampan misterius yang memberikan sesuatu padanya berupa kotak kusam. Tidak disangka, bahwa ...
Jelita's Brownies
2385      1037     11     
Romance
Dulu, Ayahku bilang brownies ketan hitam adalah resep pertama Almarhum Nenek. Aku sangat hapal resep ini diluar kepala. Tetapi Ibuku sangat tidak suka jika aku membuat brownies. Aku pernah punya daun yang aku keringkan. Daun itu berisi tulisan resep kue-kue Nenek. Aku sadar menulis resep di atas daun kering terlihat aneh, tetapi itu menjadi sebuah pengingat antara Aku dan Nenek. Hanya saja Ib...
Interaksi
290      192     0     
Romance
Ada manusia yang benar benar tidak hidup di bumi, sebagian dari mereka menciptakan dunia mereka sendiri. Seperti halnya Bulan dan Yolanda. Bulan, yang terlalu terobsesi dengan buku novel dan Yolanda yang terlalu fanatik pada Korea. Dua duanya saling sibuk hingga berteman panjang. Saat mereka mencapai umur 18 dan memutuskan untuk kuliah di kampus yang sama, perasaan takut melanda. Dan berencana u...
Buku Harian Ayyana
14209      3854     6     
Romance
Di hari pertama masuk sekolah, Ayyana udah di buat kesel sama cowok ketus di angkatannya. Bawaannya, suka pengen murang-maring terus sama cowok itu! Tapi untung aja, kehadiran si kakak ketua OSIS bikin Ayyana betah dan adem tiap kali dibuat kesel. Setelah masa orientasi selesai, kekesalan Ayyana bertambah lagi, saat mengetahui satu rahasia perihal cowok nyebelin itu. Apalagi cowok itu ngintilin...
SORRY
11111      2418     11     
Romance
Masa SMA adalah masa yang harus dipergunakan Aluna agar waktunya tidak terbuang sia-sia. Dan mempunyai 3 (tiga) sahabat cowok yang super duper ganteng, baik, humoris nyatanya belum untuk terbilang cukup aman. Buktinya dia malah baper sama Kale, salah satu cowok di antara mereka. Hatinya tidak benar-benar aman. Sayangnya, Kale itu lagi bucin-bucinnya sama cewek yang bernama Venya, musuh bebuyutan...