Read More >>"> Gurun Pujaan Hujan (Dekap Malam (Bagian 2)) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Gurun Pujaan Hujan
MENU
About Us  

Selama berbulan-bulan kami tinggal di sana, matahari selalu menjalankan tugasnya dengan baik untuk membangunkan alam yang lelap setiap pagi. Progres pekerjaan kami cukup baik, seluruh lahan pada situs ekskavasi juga sudah mulai nampak semuanya dengan tanah lapang yang cukup melegakan jika dipandang.

Dinding keliling candi yang sudah tinggal separuh ketinggian juga mulai menemui dasarnya. Setidaknya penelitian ini membuahkan hasil meskipun kami belum tau misteri-misteri yang belum terpecahkan sebelumnya.

Terus terang, aku, Pak Wicak dan tim belum sepenuhnya bisa memecahkan siapa pelaku penimbunan situs dengan bolder-bolder beberapa bulan yang lalu, kami juga belum mengerti kemana perginya harta candi di lubang sumur dangkal yang berada di bagian senter tubuh candi.

Pak Wicak memintaku untuk menganalisanya lebih dalam seiring waktu penelitian berjalan.

Aku terus mencari tahu muasal dari candi ini, mecocokannya dengan jurnal dan kitab berhubungan, mencoba menjamah situs-situs terdekat barangkali ada sangkut pautnya, semua itu untuk mengeduk kisah masa lalu dan mencari potongan sejarah yang mungkin hilang, terlewat atau terpendam  dari catatan sejarah.

Dengan hari-hari yang begini-begini saja memang sedikit bosan rasanya, tapi aku selalu ingat kata ibu; salah satu cara untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan, tetap semangat dan semoga selalu sehat ya!

Sebaris kalimat itu aku dapat setiap kali kami berbincang dengannya melalui telpon genggam. Kalimat “semoga tetap sehat,” mungkin akan terdengar biasa saja jika kita sedang merasa baik, lain halnya jika sedang ditempatkan dalam keadaan buruk, sakit dan tidak punya pegangan, maka tiga kata itu super dan sangat berarti sekali maknanya.

Hari ini aku ke lapangan ekskavasi, ditemani Eoni, nampaknya ia sudah selesai dengan pasiennya sejak dua hari yang lalu, El yang bertugas membawa seluruh kerangka manusia ke laboratorium pengujian.

Aku sempat berfikir Eoni memilih tinggal karena aku, tapi aku meragukan dugaanku sendiri. Ia kemari karena ia memang bagian dari ekskavasi ini, bahkan sebelum aku bergabung. Iya, Eoni sudah terjun di projek ini sejak ekskavasi sebelumnya.

“Nadif, tadi Pak Wicak mencarimu.” Sabang menghampiriku sambil mengulungkan beberapa catatan lapangan yang ia buat hari ini.

“Sudah tadi, biasa masalah pajak.” Orang-orang di sini tahu, aku adalah anak buahnya Pak Wicak yang paling pertama ia cari.

Pekerjaanku tidak hanya di urusan projek dan kantor saja, tapi sampai juga ke urusan membeli makan ikan atau membayar tagihan listrik. Kadang beberapa deadline miliknya juga aku yang atasi.

Sabang segera kembali ke kesibukannya setelah memberiku acungan jempol, artinya pekerjaannya berjalan dengan baik.

Tiba-tiba Guna yang sekarang menghampiriku, kami berdua sedang mengamati bagian belakang dinding keliling candi yang sudah terbuka.

Dari sini terlihat jelas seberapa luas halaman candi ini sebenarnya. Di beberapa sisi juga ditemukan benda-benda pecah belah, pecahan guci, batu yang cekung dan semacamnya.

Kemungkinan dahulu, di sekitar candi juga ada pemukiman penduduk. Hal ini menjadi petunjuk tapi juga sedikit membingungkan, karena pada dugaan awal, kami mengira candi ini dibuat untuk bertapa dan semedi.

Biasanya candi yang seperti itu berada tersembunyi di tempat sunyi, bukan di tengah pemukiman padat penduduk. Untuk urusan ini Gembi dan Bu Nada yang paling dibuat pusing.

Aku juga sempat menilik para teknisi yang sedang memasangi CCTV di beberapa tempat agar situs bisa dipantau selama 24 jam dari tempat yang jauh sekalipun. Meski sebenarnya hal ini sedikit mengerikan karena candi ini berada di lembah yang dikelilingi hutan bukit, aku sedikit penasaran tentang hal-hal apa saja yang akan terekam di sana.

Belum lagi ini adalah candi yang kental dengan budaya masa lalu, entah itu hubungannya dengan roh, pertapaan, atau peribadatan bagi yang mempercayainya. Tapi tujuan awal dari pemasangan ini lurus, yaitu menghindari perusakan situs seperti kejadian sebelumnya.

“Bang Nadif, ada yang ingin aku bicarakan denganmu.” Nada bicara Guna sedikit samar-samar seolah mengisyaratkan agar pembicaraan ini tidak banyak orang yang tahu.

Aku sontak mendekat dan kami memilih tempat yang agak berjarak dari kegiatan orang-orang.

“Tidakkah kau masih penasaran dengan pelaku penimbunan situs kemarin itu? Yang dugaannya mencuri nyawa dan harta candi, apa kau masih ingin tahu?” Sergapnya tiba-tiba.

“Tentu aku penasaran dan akan terus mencarinya, Gun. Aku dan Pak Wicak belum lagi membahasnya karena yang lebih penting sekarang ini adalah untuk membuka lahan, melakukan penggalian, dana yang ada memang digelontorkan untuk itu, maka kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, terlebih kita sudah kecolongan di minggu-minggu awal karena peristiwa yang ternyata sama sekali tidak kita duga. Kita dibayar bukan untuk jadi detektif, tapi bukan berarti kita tidak harus mencari tahu lebih banyak dan selalu berwaspada, aku paham pekerjaan ini tidak mudah apalagi mencari tahu teka-teki yang tidak ada tanda pastinya, ditambah kesadaran masyarakat kita yang menganggap bahwa temuan barang purba adalah kerberuntungan bagi dirinya semata, itu menambah sulit pekerjaan, terlepas dari kejadian kemarin aku yakin yang melakukannya adalah para mafia yang sudah ahli.” Aku menjelaskan demikian karena aku paham, mungkin Guna kira orang-orang telah melupakan kasus penjarahan dan menganggap semua baik-baik saja, padahal tidak, aku dan beberapa orang bergerak diam-diam untuk menanganinya.

“Mungkin kau perlu tahu tentang ini, Bang. Beberapa hari yang lalu saat aku ikut lintas alam, aku menemukan beberapa kejadian aneh.” Guna menarikku.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Singlelillah
1295      614     2     
Romance
Kisah perjalanan cinta seorang gadis untuk dapat menemukan pasangan halalnya. Mulai dari jatuh cinta, patah hati, di tinggal tanpa kabar, sampai kehilangan selamanya semua itu menjadi salah satu proses perjalanan Naflah untuk menemukan pasangan halalnya dan bahagia selamanya.
Di Antara Mereka
3334      1593     3     
Romance
Mengisahkan seorang cewek dan cowok yang telah lama bersahabat Mereka bernana Gio dan Mita Persahabatan mereka di tahun ke dua tidaklah mudah Banyak likaliku yang terjadi hingga menyakiti hati Keduanya sempat saling menjauh karena suatu keterpaksaan Gio terpaksa menjauhi Mita karena sang Ibu telah memilihkan kekasih untuknya Karena itu Mita pun menjauhi Gio. Gio tak dapat menerima kenyataan itu d...
Who are You?
1221      529     9     
Science Fiction
Menjadi mahasiswa di Fakultas Kesehatan? Terdengar keren, tapi bagaimana jadinya jika tiba-tiba tanpa proses, pengetahuan, dan pengalaman, orang awam menangani kasus-kasus medis?
Hei, Mr. Cold!
234      194     0     
Romance
"Kau harus menikah denganku karena aku sudah menidurimu!" Dalam semalam dunia Karra berubah! Wanita yang terkenal di dunia bisnis karena kesuksesannya itu tak percaya dengan apa yang dilakukannya dalam semalam. Alexanderrusli Dulton, pimpinan mafia yang terkenal dengan bisnis gelap dan juga beberapa perusahaan ternama itu jelas-jelas menjebaknya! Lelaki yang semalam menerima penolakan ata...
Meteor Lyrid
320      239     1     
Romance
Hujan turun begitu derasnya malam itu. Dengan sisa debu angkasa malam, orang mungkin merasa takjub melihat indahnya meteor yang menari diatas sana. Terang namun samar karna jaraknya. Tapi bagiku, menemukanmu, seperti mencari meteor dalam konstelasi yang tak nyata.
Heartbeat
174      134     1     
Romance
Jika kau kembali bertemu dengan seseorang setelah lima tahun berpisah, bukankah itu pertanda? Bagi Jian, perjumpaan dengan Aksa setelah lima tahun adalah sebuah isyarat. Tanda bahwa gadis itu berhak memperjuangkan kembali cintanya. Meyakinkan Aksa sekali lagi, bahwa detakan manis yang selalu ia rasakan adalah benar sebuah rasa yang nyata. Lantas, berhasilkah Jian kali ini? Atau sama seper...
Prakerin
5889      1621     14     
Romance
Siapa sih yang nggak kesel kalo gebetan yang udah nempel kaya ketombe —kayanya Anja lupa kalo ketombe bisa aja rontok— dan udah yakin seratus persen sebentar lagi jadi pacar, malah jadian sama orang lain? Kesel kan? Kesel lah! Nah, hal miris inilah yang terjadi sama Anja, si rajin —telat dan bolos— yang nggak mau berangkat prakerin. Alasannya klise, karena takut dapet pembimbing ya...
LUKA TANPA ASA
5346      1725     11     
Romance
Hana Asuka mengalami kekerasan dan pembulian yang dilakukan oleh ayah serta teman-temannya di sekolah. Memiliki kehidupan baru di Indonesia membuatnya memiliki mimpi yang baru juga disana. Apalagi kini ia memiliki ayah baru dan kakak tiri yang membuatnya semakin bahagia. Namun kehadirannya tidak dianggap oleh Haru Einstein, saudara tirinya. Untuk mewujudkan mimpinya, Hana berusaha beradaptasi di ...
The Hospital Lokapala (Sudah Terbit / Open PO)
5657      2363     12     
Horror
"Kamu mengkhianatiku!" Alana gadis berusia 23 tahun harus merasakan patah hati yang begitu dalam.Tepat pada tahun ke 3 jadian bersama sang tunangan, pria itu malah melakukan hal tak senonoh di apartemennya sendiri bersama wanita lain. Emosi Alana membeludak, sehingga ia mengalami tabrak lari. Di sebuah rumah sakit tua yang bernama Lokapala, Alana malah mendapatkan petaka yang luar biasa. Ia har...
Story Of Chayra
8228      2602     9     
Romance
Tentang Chayra si cewek cuek dan jutek. Sekaligus si wajah datar tanpa ekspresi. Yang hatinya berubah seperti permen nano-nano. Ketika ia bertemu dengan sosok cowok yang tidak pernah diduga. Tentang Tafila, si manusia hamble yang selalu berharap dipertemukan kembali oleh cinta masa kecilnya. Dan tentang Alditya, yang masih mengharapkan cinta Cerelia. Gadis pengidap Anstraphobia atau phobia...