Read More >>"> May be Later (Bingkai 15 : Baik dan buruk) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - May be Later
MENU
About Us  

Sarapan di rumah oma tidak sama rasanya saat sarapan di rumah, itulah yang Gify rasakan kira-kira. Wajah oma tampak kaku, keluarga yang lain pun tak ada yang berani angkat bicara, oma memang sangat tegas dengan tata krama, berbicara saat makan menurut  oma tidak sopan, bisa saja berbicara asal oma duluan yang mengajak bicara.

“Gify kamu udah mau wisuda ya?” tanya oma tepat setelah semuanya sudah menghabiskan sarapan, dan Gify baru sadar kalau sisa papa, mama dan oma di meja makan sedang yang lain mungkin sudah ke ruang tengah menonton TV.

“Iya Oma,” jawab Gify pelan.

“Alrinita juga ya Ma? Kalau gitu Mama kalau ada waktu datang ya, kan dua cucu Mama yang wisuda,” Papa Gify berbicara dengan nada cerah, ia sangat senang dengan kelulusan Gify, tentu ada kebanggandidirinya sebagai orang tua.

“Anaknya Resa juga lulus loh yang teknik itu, hebat ya mamanya pengacara hebat anaknya calon insinyur,” puji oma dengan mata berbinar jarang sekali oma berekspresi seperti itu terhadap Gify atau Gia. Gify melirik mamanya yang tersenyum kecil mendengar celotehan oma, Gify tahu mamanya pasti sebenarnya mulai tak nyaman membicarakan mantan calon tunangan papa kali ini, Tante Resa anak teman oma, menantu idaman oma, katanya dulu pernah hampir tunangan sama papa. Oma sering sekali membandingkan Mama Gify dan anak perempuan temannya itu.

“O bagus lah Ma,” Gify bernapas lega, walau oma sering sekali memuji-muji Tante Resa tapi papanya tampaknya tak pernah menanggapi terlalu peduli, papa sepertinya memang sangat mencintai mama.

“Kalau kamu ga sibuk hubungin dong si Resa bagaimana pun  juga kalian kan pernah akrab jangan sampai putus silaturahim, kalau perlu kunjungi rumahnya kan sama-sama di Jakarta,” Papa Gify hanya tersenyum kecil tidak menanggapi apapun, sedang Mama Gify mulai menunduk, siapa yang nyaman di situasi seperti ini.

“Nah kalau udah mau lulus, kamu mau gimana sama pacar kamu itu, Gify?” Gify hanya terdiam, benar ternyata pertanyaan papanya kemarin ada hubungannya dengan oma.

“Kalian pacaran sudah lama, kamu sudah mau lulus, pacar kamu juga sudah mapan kan? Oma lihat juga karirnya makin bagus, kalau memang sudah saling suka kenapa ga ke tahap serius,” Gify semakin menunduk ia dan Rion belum membicarakan hubungan mereka sejauh itu.

“Tapi mereka kan masih muda Ma, biar Gify dan Rion kejar karir dulu,” Mama Gify mencoba menyelamatkan Gify dari pertanyaan-pertanyaan oma.

“Mama bukan nyuruh mereka nikah, ya kayak Alrinita kek gitu, tunangan dulu ga ada salahnya kan?” semua yang di meja makan hanya saling lirik, bingung juga mau menanggapi apa.

***

Gify merenung sambil menatap bunga pohon mangga yang gugur, angin memang lumayan kencang. Ensiklopedia tumbuhan yang di genggamannya hanya terbuka begitu saja, biasanya Gify akan sangat antusias mengobservasi tumbuhan koleksi oma dari ensiklopedinya. Karena asik termenung Gify tidak sadar kalau ia sudah berada di perbatasan halaman villa neneknya dengan tetangga sebelah, dank arena itu pula ia tidak sadar ada kerikil dihadapannya, jadilah Gify tersandung dan ensiklopedi yang digenggamannya nyebur ke parit.

Gify spontan berteriak panik, lalu berusaha menjangkau parit yang lumayan dalam, dengan susah payah  Gify menjorokkan tubuhnya berusaha menjangkau sambil menjaga keseimbangan tubuhnya ga tidak ikutan nyebur.

“Gify? Kamu ngapain?” Gify menengadahkan kepalanya dan terkejut melihat seorang lelaki dengan kemeja kotak-kotak merah biru, yang lengannya dilipat sampai ke siku.

Lelaki itu melirik apa yang sedang ke dalam parit, dan langsung paham, mana bisa terambil kalau dari atas begitu, paritnya cukup dalam, dan curam bisa-bisa kepeleset ikutan nyebur. Gify hanya terperangah melihat lelaki itu menggulung celana jeans coklatnya lalu turun ke parit itu.

“Kak Abriel, aduh jadi ngerepotin makasih banget ya,” ucap Gify sesaat setelah lelaki itu sudah naik dari parit, ternyata lelaki itu  Abriel. Sedang Abriel hanya tersenyum kecil lalu memanggil salah satu karyawannya dan menyuruhnya untuk mengeringkan buku ensiklopedi yang sudah basah kuyup itu.

“Ga papa kok Kak saya bisa ngeringin sendiri.”

“Kamu salah satu cucunya Oma Winata?” Gify hanya mengangguk.

“Saya ga tahu kalo Kakak anaknya Om Darma,” Abriel hanya tertawa, Gify tidak tahu kalau Abriel ternyata sangat ramah.

***

Malam ini halaman belakan Villa oma sudah dihias sedemikian rupa untuk merayakan ulang tahun oma. Tema pestanya bukan yang mewah-mewah hanya acara bakar-bakar hasil kebun saja. Selain keluarga ada beberapa tetangga terdekat yang diundang salah satunya keluarga Kak Abriel, tetangga sebelah.

“Wah ga nyangka loh kalau Gify sama Abriel udah kenal, dunia sempit banget ya,” ujar oma riang sepertinya oma cukup dekat dengan Abriel terlihat dari gesturnya yang amat ramah dengan lelaki itu. Kalau sama Om Darma sih tidak heran dia teman masa kecil Papa Gify.

“Baru kenal belakangan ini kok Oma, saya kan baru aja jadi dosen di tempat Gify.”

“Wah bisa dong ya Gify kalau mau tanya-tanya sama Nak Abriel, kan udah lebih senior,” Abriel hanya tersenyum tipis diiringi tawa Papa Gify dan Papa Abriel.

“Oma bakar jagungnya biar saya aja ya yang nerusin, Oma, Om Bagus, sama Papa istirahat aja,” Gify mengernyit memangnya laki-laki seperti Abriel bisa, tahu bumbunya gitu?

“Wah Abriel memang selalu membantu, kamu bantun gih Fy, kasian Abriel sendirian,” Gify mengangguk lalu mengikuti Abriel.

“Kakak memangnya bisa?” tanya Gify.

“Kamu lihat aja, menurut kamu gimana?” Gify hanya mencebik bibirnya, hawa-hawa dosennya kok kebawa banget ya Abriel ini, tapi dari penglihatan Gify Abriel memang sigap dan tampak telaten mengerjakan pekerjaannya.

“Saya suka berkebun, ngolah hasil kebunnya, ini semua udah saya lakuin sejak kecil, sejak SMA karena sekolah asrama saya jadi jarang, kalau liburan aja ngerjain ginian,” Gify hanya mengangguk paham, pantas Gify tak mengenal lelaki di sebelahnya, dia sudah sekolah asrama sejak SMA lagi pula Gify memang jarang ke desa omanya.

“Keliatannya kamu jarang kesini.”

“Saya ga pernah liat kamu sebelumnya,” lanjut Abriel melihat wajah Gify yang seolah bertanya. Sedang Gify hanya tersenyum canggung menengar dugaan Abriel tak mungkin dia menceritakan secara jujur kan alasannya.

“Kakak kapan balik Jakarta?”

“Minggu depan mungkin, mau dekat wisuda kalian, soalnya masih mau ngurus kebun, besok aja mau ke desa sebelah ngambil pesanan pupuk,” Gify mengangguk paham lagi.

“Memang di sini ga ada jual Kak? Lagi pula Kakak ga buat pupuk kompos?” Setahu Gify omanya seperti itu, memanfaatkan kotoran ternak untuk menjadi pupuk.

“Buat sih tapi yang aku butuhin itu pupuk khusus yang dibuat di desa sebelah. Kamu udah pernah ke desa sebelah?” Gify menggeleng lemah, selama ini ia jarang jalan-jalan di desa ini karena bingung juga mau ajak siapa, ia tidak terlalu akrab dengan sepupu pihak papanya, ia lebih dekat dengan saudara mamanya.

“Di sana pemandangan sungainya keren banget kalau di sini kan keliatan paritnya doang,” Jelas Abriel semangat, itu salah satu alasan yang membuatnya rindu kampung halaman.

“Belum pernah Kak, aku kan jarang ke sini,.”

“Ya udah besok mau ikut?” Abriel tidak tega juga melihat wajah muram Gify, ia dapat melihat Gify sedikit terasing diantara sepupu-sepupunya. Sedang Gify mendengar tawaran Abriel langsung menatap lelaki itu dengan mata berbinar lalu mengangguk semangat. Setidaknya kunjungannya kali ini ke rumah oma sepertinya tidak akan terlalu buruk.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (2)
  • camarseptakum

    @aryalfaro terima kasih sudah mampir

    Comment on chapter Bingkai 1 : Anak itu
  • aryalfaro

    Chapter 1 saya sudah menyenangkan ceritanya ^^ Saya akan membaca chapter selanjutnya ^^

    Comment on chapter Bingkai 1 : Anak itu
Similar Tags
Werewolf Game
412      294     2     
Mystery
Saling menuduh, mencurigai, dan membunuh. Semua itu bisa terjadi di Werewolf Game. Setiap orang punya peran yang harus disembunyikan. Memang seru, tapi, apa jadinya jika permainan ini menjadi nyata? Cassie, Callahan, dan 197 orang lainnya terjebak di dalam permainan itu dan tidak ada jalan keluar selain menemukan Werewolf dan Serial Killer yang asli. Bukan hanya itu, permainan ini juga menguak k...
Meet Mettasha
216      173     1     
Romance
Mettasha Sharmila, seorang gadis berusia 25 tahun yang sangat senang mengkoleksi deretan sepatu berhak tinggi, mulai dari merek terkenal seperti Christian Loubotin dan Jimmy Choo, hingga deretan sepatu-sepatu cantik hasil buruannya di bazar diskon di Mall dengan Shabina Arundati. Tidak lupa juga deretan botol parfum yang menghiasi meja rias di dalam kamar Metta. Tentunya, deretan sepatu-sepat...
My Soulmate Is My Idol
2032      793     0     
Romance
Adeeva Afshen Myesha gadis cantik yang tak pernah mengenal cinta sampai dia menyukai salah satu penyanyi bernama Gafa Aileen, sebenarnya sebelum Gafa menjadi penyanyi terkenal Adeeva sudah menyukainya. "Gafa itu punya suara yang lembut, dia pembawa warna baru di hidup gue. Meskipun sekarang gue tau Gafa ga suka Gue tapi Gue yakin bakal bisa bikin Gafa jatuh cinta sama gue" ~Adeeva Af...
Delilah
7805      1674     4     
Romance
Delilah Sharma Zabine, gadis cantik berkerudung yang begitu menyukai bermain alat musik gitar dan memiliki suara yang indah nan merdu. Delilah memiliki teman sehidup tak semati Fabian Putra Geovan, laki-laki berkulit hitam manis yang humoris dan begitu menyayangi Delilah layaknya Kakak dan Adik kecilnya. Delilah mempunyai masa lalu yang menyakitkan dan pada akhirnya membuat Ia trauma akan ses...
between us
260      173     1     
Romance
gimana rasanya kalau di antara kita ada beribu masalah... apakah aku sanggup
Irresistible
541      390     1     
Romance
Yhena Rider, gadis berumur 18 tahun yang kini harus mendapati kenyataan pahit bahwa kedua orangtuanya resmi bercerai. Dan karena hal ini pula yang membawanya ke rumah Bibi Megan dan Paman Charli. Alih-alih mendapatkan lingkungan baru dan mengobati luka dihatinya, Yhena malah mendapatkan sebuah masalah besar. Masalah yang mengubah seluruh pandangan dan arah hidupnya. Dan semua itu diawali ketika i...
Ignis Fatuus
1566      576     1     
Fantasy
Keenan and Lucille are different, at least from every other people within a million hectare. The kind of difference that, even though the opposite of each other, makes them inseparable... Or that's what Keenan thought, until middle school is over and all of the sudden, came Greyson--Lucille's umpteenth prince charming (from the same bloodline, to boot!). All of the sudden, Lucille is no longer t...
Abay Dirgantara
5285      1222     1     
Romance
Sebenarnya ini sama sekali bukan kehidupan yang Abay inginkan. Tapi, sepertinya memang semesta sudah menggariskan seperti ini. Mau bagaimana lagi? Bukankah laki-laki sejati harus mau menjalani kehidupan yang sudah ditentukan? Bukannya malah lari kan? Kalau Abay benar, berarti Abay laki-laki sejati.
Midnight Sky
1294      616     2     
Mystery
Semuanya berubah semenjak kelompok itu muncul. Midnight Sky, sebenarnya siapa dirimu?
Ellipsis
1829      765     4     
Romance
Katanya masa-masa indah sekolah ada ketika kita SMA. Tidak berlaku bagi Ara, gadis itu hanya ingin menjalani kehidupan SMAnya dengan biasa-biasa saja. Belajar hingga masuk PTN. Tetapi kemudian dia mulai terusik dengan perlakuan ketus yang terkesan jahat dari Daniel teman satu kelasnya. Mereka tidak pernah terlibat dalam satu masalah, namun pria itu seolah-olah ingin melenyapkan Ara dari pandangan...