Read More >>"> Kala Saka Menyapa (Bu, Kara Menikah? ) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Kala Saka Menyapa
MENU
About Us  

Setumpuk undangan siap diedarkan. Daftar nama tamu undangan baik dari keluarga, kolega dan teman sudah tercentang.

Aku biasa saja, Sisca yang luar biasa. Entah karena ngebet atau apa malah dia yang terlampau semangat. Mempotret undangan lalu disebarkan di media sosial dan grup-grup.

"Anjir, anjir." komentarnya mendapati salah satu nama di undangan. "Lo ngundang Ronal jelek? Ih ngapain sih?"

"Lo nyebar di grup, otomatis Ronal juga tahu. Dia bakal dateng pasti." ungkapku.

"Ronal jelek enggak masuk grup keles." kesal Sisca. "Udahlah pokoknya gak usah dikirim."

"Dia temen gue. Temen nyontek gue, wajib diundang lah." jelasku tersenyum.

Lucu rasanya, Sisca seketika meninggalkan tumpukan undangan. Rautnya memberenggut kesal, tak berselera lagi membahas.

Dia lebih menekuri ponselnya, sedikit-sedikit jemari lainnya bergerak memainkan sedotan di gelas.

"Lo undang Gibran?" tanyanya kemudian.

Aku mengangguk seraya mengunyah sisa steak di piring. "Kenapa?"

"Dia mau kasih gue kejutan masa? Yang nikah kan lo." heran Sisca. "Lagi di parkiran dia."

Saat itu juga mataku melotot. "Gibran? Di depan?"

Berselang sebentar dari anggukan Sisca, netraku mampu menangkap keberadaan Gibran. Dia berjalan mengarah ke mari.

Dan seketika, aku manggut-manggut tahu maksud kejutan yang disentil Sisca barusan. Sambil menahan senyum ku biarkan Sisca dalam fokusnya. Enggan memberi tahu bahwa Gibran sudah ada di belakang tak jauh dari kursinya.

"Lihat! Mantan gue udah move on, gak kayak mantan lo. Bersyukur banget jadi lo masih dicintai, ayoklah pepet lagi." celoteh Gibran membuat Sisca menoleh.

Tidak sekedar menoleh, ku rasa Sisca syok berat. Matanya membundar sempurna, mulutnya menganga lebar. Ponselnya hampir jatuh, beruntung masih bisa terkontrol.

Gibran datang bersama Ronal bebek mantannya, kontan mengejutkan. Mati-matian Sisca membuang kenangan, menghack, blokir semua akun Ronal semata untuk sukses move-on.

"Nyebelin banget anjir! Gibran sinting!" umpat Sisca pelan.

"Supprise kan?" puas Gibran cengengesan.

"Gue gak lagi ulang tahun Pea!" sebal Sisca.

"Iyalah kan kamu ulang tahunnya bulan kemaren tanggal 15." timpal Ronal ikut duduk bergabung.

"Asik, ciye, ciye." goda Gibran. "Mau dong diinget-inget gitu."

Aku terkekeh geli. Ronal bebek dihadapanku amatlah berbeda. Dia tidak krempeng lagi, sudah berisi baik badan, otot bahkan otaknya.

Terlihat dari fisiknya dan name tag-nya. Embel-embel dr. di depan namanya sudah membuktikan bahwa dia berotak, tak lagi kosong seperti dulu yang bisanya nyontek dan nyontek saja.

"Gue kira lo masih di Amrik Kar."  kata Ronal.

"Gue cuma lima tahun. Sempet gap-year makanya saat lo-lo udah jadi orang, gue masih kuliah." beberku merasa iri pada Gibran yang sudah jadi guru, Ronal sudah berprofesi dokter.

"Lo tahu gak Ron? Masa mantan lo juga ikut-ikutan gap-year?" cerocos Gibran yang digelengi Ronal. "Cuma karena gagal move on dari lo, dia gap year. Busyet kan? Katanya dalam setahun itu buat semedi ngilangin bayangan lo."

Sisca menimpuk kepala Gibran dengan beberapa undangan. "Jangan ngarang lo! Tahu apa lo tentang gue? Ketemu juga baru kemaren-kemaren! Sok tahu banget sumpah!"

"Aih, apa sih Sis?" kilah Gibran menghentikan aksi brutal Sisca. "Gue lagi cerita mantannya Ronal. Emang lo mantannya Ronal?"

Sisca terbata. Dia bergegas meninggalkan area, sudut mataku mengikuti arahnya dan selalu toilet tempat tersering wanita itu kunjungi saat di restoran.

Sedari dulu Gibran memang rajanya jail. Hidupnya penuh tawa, Pembawaannya riang dan ceria. Dia seperti manusia anti galau.

Saat masih bersamaku. Dia hampir tidak pernah galau atau frustasi menghadapi kecemburuan, kemarahan dan segala macam bentuk kekanak-kanakanku.

Putus denganku saja dia masih bisa tersenyum, bercanda bersama kawannya.

Iyalah dia kan selingkuh. Lepas dari gue, ya anugerah buat dia.

"Lo susul Kar. Gue takut dia kenapa-kenapa." khawatir Ronal.

Berbarengan dengan kepergianku ada seseorang bergabung di meja. Wanita cantik berbadan ramping tapi perutnya agak maju sedikit.

Karena penasaran, ku putuskan diam di balik pot besar di salah satu sudut ruang dekat toilet. Masih bisa ku pantau. Bukan kenalan Gibran tapi Ronal.  Mungkin wanita tersebut pacarnya atau bisa jadi istrinya, kedekatan mereka begitu intim.

"Gue yakin Sisca patah hati, dia kan belum bisa move-on sepenuhnya. Laganya emang kayak benci tapi cinta juga tuh anak." komentarku sendiri.

Ku lirik lagi wanita tersebut. Interaksi keduanya jauh dari canggung ataupun sungkan. Ada yang aneh menyegrap indraku, entah benar atau tidak gelagat Ronal seakan ingin cepat berlalu.

Benar saja, Ronal pamit pergi pada Gibran tanpa menunggu kedatanganku dan Sisca.

"Untung langsung pergi. Sisca bisa galau kalau liat." ucapku lagi.

"Sayangnya gue liat Ra." lesu Sisca. Berkeping sudah hatinya.

.

.

.

***

Mobil hitam itu lagi. Aku tahu pemiliknya. Untuk apa dia datang? Ingin memohon maaf lagi seperti kemarin, sungkem-sungkem cari perhatian?

Aku melangkah dengan tergesa. Keadaannya berbeda dari kemarin lampau saat Saka datang, malam ini terdengar lebih ramai.

Bila ku perhatikan mobil hitam yang bertengger tidak hanya satu. Ada dua tambahan mobil menambah padat pekarangan.

"Nah, Bibun mu dateng." suara Saka menyambut.

Same yang biasa menghambur ke pelukanku kini terpaku nyaman di pangkuan Saka. Rindu   menahunnya belum terobati.

Sementara di beberapa sudut terpencar orang asing. Aku bisa menebaknya, anggota keluarga Saka pastinya.

Tapi mau ngapain?

"Karena Kara sudah dateng, kita mulai saja acaranya." pengumuman ayah.

"Ini jam berapa toh nduk? Baru pulang, kasihan sekali." simpati Oma-oma di samping ayah. "Saka nanti kalo udah nikah Karanya tidak usah disuruh lembur!"

"Kara tidak disuruh bersih-bersih dulu yah?" tanya ibu.

"Enggak usahlah! Udah malem juga, kasihan pak penghulunya." ungkap ayah.

Membeliak kaget bola mata ini. Ku palingkan tatap tajam pada Saka yang dibales dengan senyum jail. Terlalu gila! Penghulu itu tugasnya menikahkan, tidak mungkin datang kemari bila tidak diberi tugas.

Dan sepertinya aku lah pemeran utamanya. Sebelum Ibu mengiringku ke salah satu pelataran yang sudah tersedia, beliau memelukku erat.

"Ayok Pak penghulu langsung saja kalau begitu." timbrung bapak-bapak sepantar ayah yang ku yakini ayah Saka.

Seakan terhipnotis aku menurut tanpa bantah. Entah aku terlalu syok. Bingung rasanya, ingin menolak, memberontak tapi sulit.

Terlalu kelu untuk melawan, terlalu beku untuk bergerak menolak. Akhirnya kata sah menepi setelah Saka mengikrarkan ijab dengan satu tarikan nafas.

Saya terima nikah dan kawinnya Caramell Dwita Delaxa binti Saputra Retra Delaxa dengan mas kawinnya yang tersebut. Tunai.

"Sah!!" kompak orang-orang membuatku makin hilang arah.

Saat ibu mencolek bahuku untuk mencium punggung tangan lelaki di sampingku, aku menurut saja.

Ketika Saka mencium keningku pun aku masih bertahan dengan kebingungan. Tadi saat ditanya-tanya penghulu sebelum ijab juga aku menjawabnya terbata.

Flash-flash yang berkeliaran menyilaukan mata seperti tidak bermakna apa-apa. Tetap raga ini linglung.

"Kara kamu kayak kesambet gitu." greget ibu.

Ku tatap ibu, wanita yang sudah melahirkanku ke dunia ini lumayan lebih rapi. Memakai kain songket, rambut digelung modern. Ada riasan make up.

Sementara aku? Jauh dari kesan pengantin.

"Bu, Kara menikah?" tanyaku konyol.

"Iyalah Ra." greget ibu.

"Yakin?" tanyaku.

"Kamu gak denger tadi Saka ngucap ijab? Gak denger semua orang bilang sah?" tanya ibu kesal. "Kamu pikir ini apa?"

"Ini mimpi bu. Mimpi buruk!" kataku. "Masa pengantin alakadarnya begini? Pakai pakaian seadanya. Lusuh, kumel, bau, gak bermake up, gak bersanggul? Apa-apaan coba!"

"Bahkan aku baru datang ngantor, Bu!" lanjutku.

"Tapi ini adanya Ra. Salah sendiri pulang malam." kata ibu. "Saka aja gak ngantor, masa kamu ngantor sampe malem gini di hari pernikahan."

Memang tadi pagi di kantor ada isu bahwa Saka sudah kembali dari Singapura. Tapi sampai jam 3 sore, dia belum menampakkan diri.

"Bu cubit aku coba!" sodor tanganku pada ibu. "Ini mimpi Bu!"

How do you feel about this chapter?

0 0 1 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Give Up? No!
404      264     0     
Short Story
you were given this life because you were strong enough to live it.
Tentang Penyihir dan Warna yang Terabaikan
6955      1965     7     
Fantasy
Once upon a time .... Seorang bayi terlahir bersama telur dan dekapan pelangi. Seorang wanita baik hati menjadi hancur akibat iri dan dengki. Sebuah cermin harus menyesal karena kejujurannya. Seekor naga membeci dirinya sebagai naga. Seorang nenek tua bergelambir mengajarkan sihir pada cucunya. Sepasang kakak beradik memakan penyihir buta di rumah kue. Dan ... seluruh warna sihir tidak men...
Petrichor
5262      1218     2     
Romance
Candramawa takdir membuat Rebecca terbangun dari komanya selama dua tahun dan kini ia terlibat skandal dengan seorang artis yang tengah berada pada pupularitasnya. Sebenarnya apa alasan candramawa takdir untuk mempertemukan mereka? Benarkah mereka pernah terlibat dimasa lalu? Dan sebenarnya apa yang terjadi di masa lalu?
Bintang, Jatuh
1821      1014     0     
Romance
"Jangan ke mana mana gue capek kejar kejar lo," - Zayan "Zay, lo beneran nggak sadar kalau gue udah meninggal" - Bintang *** Zayan cowok yang nggak suka dengan cewek bodoh justru malah harus masuk ke kehidupan Bintang cewek yang tidak naik kelas karena segala kekonyolannya Bintang bahkan selalu mengatakan suka pada Zayan. Namun Zayan malah meminta Bintang untuk melupakan perasaan itu dan me...
Satu Koma Satu
14210      2617     5     
Romance
Harusnya kamu sudah memudar dalam hatiku Sudah satu dasawarsa aku menunggu Namun setiap namaku disebut Aku membisu,kecewa membelenggu Berharap itu keluar dari mulutmu Terlalu banyak yang kusesali jika itu tentangmu Tentangmu yang membuatku kelu Tentangmu yang membirukan masa lalu Tentangmu yang membuatku rindu
Maroon Ribbon
450      314     1     
Short Story
Ribbon. Not as beautiful as it looks. The ribbon were tied so tight by scars and tears till it can\'t breathe. It walking towards the street to never ending circle.
Monday
240      187     0     
Romance
Apa salah Refaya sehingga dia harus berada dalam satu kelas yang sama dengan mantan pacar satu-satunya, bahkan duduk bersebelahan? Apakah memang Tuhan memberikan jalan untuk memperbaiki hubungan? Ah, sepertinya malah memperparah keadaan. Hari Senin selalu menjadi awal dari cerita Refaya.
Senja (Ceritamu, Milikmu)
5435      1401     1     
Romance
Semuanya telah sirna, begitu mudah untuk terlupakan. Namun, rasa itu tak pernah hilang hingga saat ini. Walaupun dayana berusaha untuk membuka hatinya, semuanya tak sama saat dia bersama dito. Hingga suatu hari dayana dipertemukan kembali dengan dito. Dayana sangat merindukan dito hingga air matanya menetes tak berhenti. Dayana selalu berpikir Semua ini adalah pelajaran, segalanya tak ada yang ta...
IMAGINATIVE GIRL
2152      1125     2     
Romance
Rose Sri Ningsih, perempuan keturunan Indonesia Jerman ini merupakan perempuan yang memiliki kebiasaan ber-imajinasi setiap saat. Ia selalu ber-imajinasi jika ia akan menikahi seorang pangeran tampan yang selalu ada di imajinasinya itu. Tapi apa mungkin ia akan menikah dengan pangeran imajinasinya itu? Atau dia akan menemukan pangeran di kehidupan nyatanya?
Loker Cantik
484      364     0     
Short Story
Ungkapkan segera isi hatimu, jangan membuat seseorang yang dianggap spesial dihantui dengan rasa penasaran