Read More >>"> Sweet Notes (Aku Terlalu Jauh) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Sweet Notes
MENU
About Us  

Termenung sendiri dibawah pohon sepertinya sudah menjadi bagian dalam hidupku. Menatap kosong ke arah langit ditemani sendiri dalam pilu. Begitulah, seperti melayang-layang ke udara teringat masa-masa kelam di masa lalu yang membuat kepala sakit tak karuan. Sewaktu dunia masih berpihak pada keluargaku. Jangankan emas, apapun bisa dibeli dengan harta dari orang tuaku. Tapi sayang, semua itu membuatku sempat tamak dan tak bisa membedakan mana orang yang sungguh tulus ingin berteman atau hanya ingin memanfaatkan.

Betapa kerasnya hidup aku lalui dengan sepenuh hati. Mau tak mau memang harus aku lalui. Berteman sepi, dan kesendirian meskipun sebenarnya pendiam bukanlah ciri dari seorang aku. Saat itu umurku masih sepuluh tahun, seorang gadis kecil yang belum begitu mengerti keadaan mengerikan dalam masyarakat. Yang dia tahu hanyalah aku ingin, dan orang tuaku harus membelikannya. Tak masalah bagi mereka menuruti semua keinginanku karena pada dasarnya mereka punya segalanya.

Masih terngiang-ngiang sorak gembira anak-anak kecil seusiaku, apalagi banyak dari mereka selalu menemaniku kemanapun aku pergi dengan imbalan aku memberikan sedikit uang sakuku untuk mereka. Ternyata kenyataan yang sebenarnya bukanlah sedemikian. Sampai akhirnya aku mengetahui sifat asli mereka. Dengan kejamnya mereka bilang dihadapanku bahwa mereka hanya menginginkan uang sakuku saja dan tak pernah sedikitpun ingin berteman denganku. Mereka bahkan mencela semua yang ada pada diriku. Dari ujung rambut sampai ujung kaki, sungguh entah dari mana anak-anak kecil itu sudah memiliki niat jahat bagaikan monster. Mereka menakut-nakutiku seakan-akan mereka adalah penguasa segalanya.

Keadaan bertambah buruk tatkala Ayah meninggalkanku untuk selama-lamanya. Ibu bekeeja membanting tulang untuk menghidupiku. Ekonomi keluarga yang semakin tak karuan membuat suasana semakin tidak mengenakkan. Mereka yang mendengar aku jatuh miskin semakin menjadi-jadi. Mencaci makiku sepenuh jiwa mereka. Tak ada tawa riang dan sorak dari mereka. Aku hanya terdiam saat kelas dimulai dan terdiam pula saat istirahat tiba. Mengunjungi kantin? Itu adalah sesuatu yang buruk. Semua mata pasti memandangku dengan tatapan rendah seakan-akan aku ini sampah masyarakat. Kenapa mereka membenciku? Aku bahkan tak mengerti apa alasannya.

Bukan hanya iblis-iblis kecil itu, bahkan orang-orang dewasapun sama halnya. Saat itu ada sebuah festival paduan suara dan aku terpilih menjadi salah satu pesertanya karena diminta juga oleh Kepala Sekolah. Seorang guru perempuan datang mendekatiku dan melihatku sesaat kemudian pergi dan kembali dengan sekotak baju seragam untuk paduan suara. Seragam itu adalah bekas dari acara tahun lalu dan beliau bilang yang mendapatkan seragamlah yang mengikuti pentas jika tak mendapatkan berarti dia tak ikut. Semua anak riang mengambil satu persatu seragam yang ada di dalam kotak itu. Namun sayang, ketika memasuki giliranku, kotak itu sudah kosong tak berisi apapun. Aku hanya menghela nafas. Guru itu hanya memandangku dengan mata sinis dan kemenangan.

Aku tertunduk malu dan ingin memukul-mukul diriku sendiri. Aku tergelagap saat seorang siswa berkata bahwa dia punya seragam itu dirumahnya dan tersenyum padaku. Aku melihat senyum mengembang itu penuh ketulusan kemudian aku mengangguk dan meminjam seragam itu darinya. Aku memang bisa mengikuti pentas itu berkat temanku tadi namun guru itu tetap saja mencari-cari alasan agar aku tak mengikutinya. Dia berkata padaku bahwa aku tak bisa tersenyum dan kurang menarik jika di tempatkan di barisan paling depan. Kemudian aku dipindahkan ke belakang meskipun sebenarnya aku tak terlihat di belakang karena aku tak begitu tinggi. Aku mengalah, bisa mengikuti pentas ini saja aku sudah bahagia. Setidaknya pentas itu akan membanggakan ibuku pikirku dalam hati. Meskipun batinku tercabik-cabik menanggapi iblis-iblis kecil dan dewasa itu.

Aku bukanlah murid yang pintar namun tidak begitu buruk dalam prestasi. Aku selalu menduduki lima besar dalam sekolahku waktu SD itu. semua tugas-tugas aku kerjakan sendiri tanpa merepotkan iblis-iblis kecil itu, bahkan mereka yang memintanya secara paksa kepadaku. Bukan terima kasih yang aku dapatkan namun sindiran yang meyakitkan mereka bilang aku mendapatkan nilai-nilai bagus dan peringkat karena kebetulan dan mungkin saja aku tak akan mendapatkannya di sekolah lain yang lebih bagus. Kata-kata itu dilontarkan begitu saja tanpa ada rasa dosa. Aku masih berjalan tertunduk waktu itu, hingga seorang temanku menyapaku untuk mengajak berkompetisi dalam sebuah lomba membaca ayat suci Al-Qur’an. Awalnya aku ragu kemudian aku mengikutinya memasuki mushola.

Disana duduklah seorang guru agama yang baik hati. Beliau mendekatiku dan menatapku dengan senyuman yang menyejukkan. Beliau menyuruhku berwudhu dan membuka Al-Qur’an. Kemudian aku membacanya perlahan. Beliau berkata bahwa aku layak ikut dalam kompetisi itu. Akhirnya aku memberanikan diri untuk mengikutinya, meskipun kenyataan pahitnya adalah iblis-iblis jahat itu juga ikut dalam kompetisi itu.

Perlombaanpun dimulai aku duduk menjauhi iblis-iblis itu dan mencoba menenangkan diri dan memperkuat niat kalau aku bisa. Sampailah pada urutanku, aku berjalan landai membawa Al-Qur’an itu. Mengawalinya dengan Ta’awud dan basmallah kemudian membacanya. Lima menitpun berlalu kemudian aku kembali ketempatku. Beberapa hari kemudian aku terkejut ketika mendengar kabar dari guruku bahwa aku mendapatkan juara 1 dan mendapatkan sebuah Al-Qur’an sebagai hadiahnya. Aku sangat bahagia sekali, begitupun Ibuku. Meskipun gunjingan dari iblis-iblis kecil itu masih ada. Mereka berkata aku hanya menang karena kasihan, atau menang karena kebetulan.

Masa-masa sulit itu akhirnya selesai ketika aku mengikuti tes masuk SMP terkenal di Kotaku. Aku bisa lolos seleksi 80 besar itu. Saat itu aku berdoa pada Tuhan agar aku dijauhkan dari Iblis-iblis betina itu. Ternyata Tuhan mendengar permintaanku. Aku tidak sesekolah dengan orang-orang jahat itu.

Pikirku melayang tinggi, seakan-akan semuanya berhenti begitu saja. Padahal aku salah, semuanya masih berlangsung, hanya saja aktornya telah berganti. Masuk ke dalam SMP favorite serta kelas favorite itu membuatku pusing. Isinya hanya anak-anak yang pandai-pandai, aku tak ada apa-apanya. Hampir setiap hari mereka selalu pamer juara-juara mereka. Sedangkan aku tak ada sedikitpun yang bisa aku pamerkan. Aku tak cantik, aku tak pintar aku buruk dalam segala hal.

Bekal bermusik dari kakakku aku lanjutkan. Kala itu aku bermain gitar dan mengikut beberapa kompetisi bermusik dan aku meraih juara dua tingkat Kabupaten waktu itu. Tak menarik dan tak membanggakan jika diceritakan dikelasku. Apalagi aku anak yang bodoh dalam pelajaran-pelajaran waktu nitu, sehingga teman-temanpun enggan berteman denganku. Pernah aku mempunyai sahabat waktu itu, awalnya persahabatan kami biasa-biasa saja sampai akhirnya mereka menjauhiku dengan alasan aku mengganggu konsentrasi belajar mereka. Baiklah, alasan yang tidak logis namun aku biarkan saja. Baiklah Vi, bukankah kau sudah biasa sendiri selama ini menghadapi iblis-iblis kecil masa lalumu itu? aku berusaha menguatkan diriku sendiri.

Nilaiku biasa-biasa saja sehingga aku memutuskan untuk melanjutkan ke sebuah SMA nomor dua di kotaku. Di sana aku bertekat untuk emnjadi pintar dan mengembangkan semua bakat yang ada. Aku tak akan membiarkan diriku hidup dalam bullian orang lain dan aku tak akan membiarkan itu terjadi kembali. Tekadku terwujud aku meraih juara satu pararlel satu sekolah untuk IPS. Hatiku bersorak gembira, apalagi teman-temanku tak ada yang sejahat iblis-iblis itu. Aku adalah murid kesayangan guru-guru disana. Aku merasa nyaman disana.

Baiklah, aku melayang terlalu jauh. Sudah jam berapakah ini? Oh Tuhan,, bagaimana cara melupakan luka itu? sungguh hati ingin memaafkan namun sangat sulit sekali. Sungguh aku bersyukur menjadi mantan korban bullying yang kuat dan tegar seperti ini. Aku menganggap semua ini sebagai ujian mental untuk bekal dimasa depan. Satu hal yang masih aku pegang saat ini adalah diam itu menyenangkan.

 

Terbangkan aku bersama kapas itu

Menjelajahi luasnya angkasa

Hingga aku lupa rasa sakit yang pernah ada

                                         Malang, 13 Agustus 2017

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (4)
  • Ce_Mal15

    Keren kak

    Comment on chapter Aku Mencintaimu dalam Diam
  • Vebby_thatha

    Wih keren

    Comment on chapter Kita Berbicara Melalui Awan
  • Vebby_thatha

    Wih ngena banget isinya.. pernah kayak gitu juga..

    Comment on chapter Aku Mencintaimu dalam Diam
  • afinreihana7

    love thisss!!

    Comment on chapter Aku Mencintaimu dalam Diam
Similar Tags
Melody of The Dream
283      163     0     
Romance
Mungkin jika aku tidak bertemu denganmu, aku masih tidur nyenyak dan menjalani hidupku dalam mimpi setiap hari. -Rena Aneira Cerita tentang perjuangan mempertahankan sebuah perkumpulan yang tidak mudah. Menghadapi kegelisahan diri sendiri sambil menghadapi banyak kepala. Tentu tidak mudah bagi seorang Rena. Kisah memperjuangkan mimpi yang tidak bisa ia lakukan seorang diri, memperkarakan keper...
Yang Terindah Itu Kamu
5865      2701     44     
Romance
Cinta pertama Aditya Samuel jatuh pada Ranti Adinda. Gadis yang dia kenal saat usia belasan. Semua suka duka dan gundah gulana hati Aditya saat merasakan cinta dikemas dengan manis di sini. Berbagai kesempatan juga menjadi momen yang tak terlupakan bagi Aditya. Aditya pikir cinta monyet itu akan mati seiring berjalannya waktu. Sayangnya Aditya salah, dia malah jatuh semakin dalam dan tak bisa mel...
Call Me if U Dare
2894      1037     1     
Mystery
Delta Rawindra: 1. Gue dituduh mencuri ponsel. 2. Gue gak bisa mengatakan alibi saat kejadian berlangsung karena itu bisa membuat kehidupan SMA gue hancur. 3. Gue harus menemukan pelaku sebenarnya. Anulika Kusumaputri: 1. Gue kehilangan ponsel. 2. Gue tahu siapa si pelaku tapi tidak bisa mengungkapkannya karena kehidupan SMA gue bisa hancur. 3. Gue harus menuduh orang lain. D...
Taarufku Berujung sakinah
5443      1534     1     
Romance
keikhlasan Aida untuk menerima perjodohan dengan laki-laki pilihan kedua orang tuanya membuat hidupnya berubah, kebahagiaan yang ia rasakan terus dan terus bertambah. hingga semua berubah ketika ia kembai dipertemukan dengan sahabat lamanya. bagaimanakah kisah perjuangan cinta Aida menuju sakinah dimata Allah, akankah ia kembali dengan sahabatnya atau bertahan degan laki-laki yang kini menjadi im...
Asrama dan Asmara
439      312     0     
Short Story
kau bahkan membuatku tak sanggup berkata disaat kau meninggalkanku.
Soulless...
5128      1138     7     
Romance
Apa cintamu datang di saat yang tepat? Pada orang yang tepat? Aku masih sangat, sangat muda waktu aku mengenal yang namanya cinta. Aku masih lembaran kertas putih, Seragamku masih putih abu-abu, dan perlahan, hatiku yang mulanya berwarna putih itu kini juga berubah menjadi abu-abu. Penuh ketidakpastian, penuh pertanyaan tanpa jawaban, keraguan, membuatku berundi pada permainan jetcoaster, ...
BACALAH, yang TERSIRAT
7944      1692     4     
Romance
Mamat dan Vonni adalah teman dekat. Mereka berteman sejak kelas 1 sma. Sebagai seorang teman, mereka menjalani kehidupan di SMA xx layaknya muda mudi yang mempunyai teman, baik untuk mengerjakan tugas bersama, menghadapi ulangan - ulangan dan UAS maupun saling mengingatkan satu sama lain. Kekonyolan terjadi saat Vonni mulai menginginkan sosok seorang pacar. Dalam kata - kata sesumbarnya, bahwa di...
Shymphony Of Secret
176      139     0     
Romance
Niken Graviola Bramasta “Aku tidak pernah menginginkan akan dapat merasakan cinta.Bagiku hidupku hanyalah untuk membalaskan dendam kematian seluruh keluargaku.Hingga akhirnya seseorang itu, seseorang yang pernah teramat dicintai adikku.Seseorang yang awalnya ku benci karena penghinaan yang diberikannya bertubi-tubi.Namun kemudian dia datang dengan cinta yang murni padaku.Lantas haruskah aku m...
Teman
1139      524     2     
Romance
Cinta itu tidak bisa ditebak kepada siapa dia akan datang, kapan dan dimana. Lalu mungkinkah cinta itu juga bisa datang dalam sebuah pertemanan?? Lalu apa yang akan terjadi jika teman berubah menjadi cinta?
Move On
200      166     0     
Romance
"Buat aku jatuh cinta padamu, dan lupain dia" Ucap Reina menantang yang di balas oleh seringai senang oleh Eza. "Oke, kalau kamu udah terperangkap. Kamu harus jadi milikku" Sebuah awal cerita tentang Reina yang ingin melupakan kisah masa lalu nya serta Eza yang dari dulu berjuang mendapat hati dari pujaannya itu.