Read More >>"> Bumi yang Dihujani Rindu (Cerita Dari 'Aini) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Bumi yang Dihujani Rindu
MENU
About Us  

Duhai Pemilik Dhuha

hamba bersimpuh

Dengan tangan menadah

Dalam sesungguh jiwa

Mentaubati sejagat dosa

 

Duhai Pemilik jiwa

Pemilik ampunan tanpa jeda

Terimalah sejumput doa

Meminta pengampunan atas dosa

Peluklah hamba

Dengan Rahman Rahim-Mu yang baka

 

Kamis, 5 September 2013

Handphone-ku berdering tepat di hitungan zikirku yang ke sembilan puluh. Kuabaikan. Lalu kulanjutkan zikir itu. Mencoba khusyu. Merapal rangkaian doa permohonan pengampunan yang diajarkan Sang Nabi penuh syahdu. Kugenapi zikir yang biasa didawamkan Sang Nabi usai dhuha hingga lafaz yang ke seratus.

Allohummaghfir-Lii Wa Tub ‘Alayya, Innaka Antat Tawwabur Rohiim.

Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Aku beranjak menuju meja belajar sambil melipat sajadah. Kuambil handphone di atas meja. Kulihat, ada tiga panggilan tak terjawab di sana. Bibirku melengkung senyum saat tahu siapa peneleponnya. Ada nama seorang gadis yang muncul di sana. Telepon gadis manis yang sebentar lagi berusia genap tujuh belas tahun itu selalu membuat rinduku membuncah. Noor ‘Aini, adik kesayanganku. Seorang gadis manis yang piawai memainkan biola berkulit hitam manis itu adalah salah satu penyebab rinduku. Tanpa menunggu lama, aku langsung menghubungi adikku.

‘Aini langsung berbicara panjang lebar tentang kejadian yang dialami hari ini bakda telepon tersambung. Aku hampir tak diberikan kesempatan berbicara. ‘Aini terus berkicau membicarakan seseorang yang siang tadi bertamu ke rumah. Sudah sekitar sebulan lalu, Pak Ramli, lelaki tetangga kampung itu telah membuat ‘Aini risih dengan sikapnya. ‘Aini curiga kalau Pak Ramli sebetulnya memiliki niat lain padanya. Bukan sekadar memberikan bantuan secara tulus. Tapi ada maksud tertentu di baliknya.

‘Aini pernah memperlihatkan isi pesan WhatsApp Pak Ramli padaku. Lelaki berwajah tampan dan cukup gagah di usianya yang memasuk usia empat puluh lima itu kerap menawarkan tumpangan kendaarn ke sekolah. Bahkan menawarkan pula untuk mengantarkan ‘Aini pulang ke rumah selepas pulang sekolah. Tak hanya itu, Pak Ramli sangat perhatiaan saat Emak sakit beberapa waktu lalu.

Aku teringat cerita ’Aini beberapa waktu lalu. Saat itu Emak bangun dari tempat tidur menuju ruang tamu. Batuk Emak makin parah. Bahkan hingga mengeluarkan darah. Emak lemas, lalu pingsan. ’Aini panik saat melihat kondisi Emak terkulai tak berdaya. Tiba-tiba Pak Ramli datang membawa mobil dan parkir. Pak Ramli yang juga membawa makanan, turun dari mobil. Dia kaget luar biasa saat melihat kondisi Emak dan ’Aini yang terlihat panik. Pak Ramli dan Aini membawa Emak ke Rumah Sakit. Tak lama selepas Emak sadar, ‘Aini meneleponku. Memberikan kabar tentang Emak sekaligus menceritakan kecurigaan ‘Aini tentang Pak Ramli.

“Pak Ramli itu kenapa baik banget sama keluarga kita ya? ’Aini curiga deh Bang.”

“Curiga gimana? Jangan suudzon. Nggak baik,” jawabku waktu itu.

“Orang kaya Pak Ramli itu emang wajib disuudzonin.”

“Abang ingat kan cerita ’Aini tentang Kak Rini?”

“Siapa?” tanyaku sambil mengingat.

“Istri keduanya Pak Ramli,” jawab ’Aini.

“Yang kakak kelas ’Aini itu?”

“Benar, Bang. Setelah lulus, Kak Rini nikah sama Pak Ramli,” jawab ’Aini, ”Denger-denger karena keluarga Kak Rini punya hutang budi sama Pak Ramli.”

“Masa sih? Memangnya masih zaman ya menikah karena punya hutang budi?”

“Entahlah. ’Aini khawatir, Pak Ramli memanfaatkan kebaikannya pada keluarga kita, Bang.”

“Memangnya kita punya hutang budi apa ke Pak Ramli?”

“Coba mak pikir, tempo hari Pak Ramli bayarin biaya rumah sakit Emak. Terus hampir tiap hari ke sini bawa makanan inilah itulah.”

“Biaya rumah sakit, bukannya dari kiriman Abang?”

“Iya, tapi waktu itu nggak cukup. ’Aini juga sudah kumpulin uang kiriman Abang sebelum-sebelumnya, tapi tetap nggak cukup karena sebagian sudah ’Aini pakai buat bayar sekolah, beli buku.”

“Insyaallah segera Abang ganti uangnya Pak Ramli.”

“Iya, Bang. ’Aini nggak mau nanti bernasib sama seperti yang dialami dengan Kak Rini.”

***

Teleponku dengan ’Aini masih membahas tentang Pak Ramli. Aku menyimak ceritanya. ’Aini menceritakan kepadaku kejadian yang menimpanya tadi sore. Saat itu ’Aini baru saja keluar dari kantor ekspedisi setelah mengirimkan paket baju jahitan Emak kepada pelanggan. Saat menuju pulang tiba-tiba Pak Ramli menghampiri dan menawarkan tumpangan kepada ’Aini.

’Aini tak menggubris. Dia memilih untuk melanjutkan lagi perjalanannya. Pak Ramli terus memaksa, Namun ’Aini terus menolak. Dari arah belakang, ’Aini mendengar suara meninggi. Suara yang sudah tak asing lagi. ’Aini memalingkan wajahnya ke sumber suara. Terlihat seorang wanita dengan wajah memerah. Matanya membelalak. Gerahamnya digigit sekuat-kuatnya. Deru napasnya memburu dipadu gejolak amarah yang segera membuncah. Rini tengah memergoki suaminya yang sedang berusaha merayu ’Aini. Rini berjalan mendekat. Pak Ramli terlihat salah tingkah. Keringat sebesar biji jagung mendadak meluncur dari peipisnya. Pak Ramli pucat.

“Oh jadi ini pelakornya. Hebat... kecil-kecil sudah jadi pelakor,” tuduh Rini.

“Astagfirullah Mbak Rini. Jangan salah paham mbak. Saya ....”

“Saya apa?” Rini tak memberika kesempatan kepada ’Aini untuk menjelaskan kejadian sebenaranya.

“Pantas saja sekarang nggak betah di rumah. Ternyata Abang ada main sama perempuan lain,” hardik Rini ke Pak Ramli.

“Astagfirullah ... Mba. Demi Allah saya nggak ada hubungan apa-apa dengan Pak Ramli.”

“Sabar Rin,” ucap Pak Ramli menenangkan istrinya, “Malu dilihat banyak orang.”

“Halah, alasan. Emang dasar kamu. Nggak nyangka ya kecil-kecil ternyata perusak rumah tangga orang,” kesal Rini sambil mendorong ’Aini hingga terjatuh.

***

“Sabar ya, Dik.” Aku berusaha menenangkan ’Aini yang menceritakan kejadian tak menyenangkan itu.

“Ngomong-ngomong, Emak mana?”

“Astagfirullah, maaf Bang, sampai kelupaan.”

“Kamu nyerocos terus, nggak kasih kesempatan Abang bicara.”

“Hehehe … iya Bang, maaf,” Ucap ‘Aini, “Emak ada. Lagi di dapur. Sebentar Bang.”

Kutunggu beberapa saat. Samar terdengar langkah ‘Aini menuju Emak di dapur. Lalu terdengar suara minyak panas di penggorengan. Entah, apa yang Emak masak di ujung sana. Aku hanya bisa membayangakan makanan terlezat yang sudah lama sekali kurindukan yang diracik dari tangan Emak.

“Telepon dari Bang Sofyan, Mak,” samar terdengar ucapan ‘Aini.

“Coba gantikan Emak sebentar.”

“Ok Mak.”

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya aku dapat mendengar jelas suara wanita paling merdu di dunia. Suara penuh dengan nasihat-nasihat sederhana yang meneduhkan. Suara yang mulai lirih karena menua, tapi tetap kutemukan semangat dan cinta di dalamnya.

Assalamu’alaikum …,” ucap Emak.

Suara Emak memang selalu meneduhkan. Bak selimut di malam hari saat turun hujan.

Wa’alaikumsalam …,” jawabku penuh takzim, “Hmmm … harumnya masakan Emak sampai tercium ke sini hehehe.”

“Pasti kamu sudah kangen masakan Emak.”

“Kangen banget, Mak.”

Aku masih begitu merasakan kehangatan sebuah keluarga meski saat ini jarak telah memisahkannya.

“O iya Bagaimana kabar di sana, Nak?”

“Alhamdulillah baik, Mak. Sofyan sudah packing barang. Insyaallah jika tidak ada halangan minggu depan akan pulang.”

“Aaamiin,” jawab Emak.

“Asiiik,” terdengar girang ‘Aini di ujung sana, “Bawa jodoh sekalian, Bang!”

“Hahaha …,” tawaku cekikikan, “iya, entar jodohnya Abang koperin.”

“Ish emangnya baju, masuk koper.”

“Titip salam yaa buat Pak Ramli,” ledekku pada ‘Aini.

“Abaaaaaang …. ” teriak ‘Aini jengkel.

“Sudah-sudah jangan godain adikmu terus.”

“Awas ya, kalau Abang pulang, ‘Aini cubitin Abang nggak pake ampun.”

“Awas itu gosong,” ucap Emak ke ‘Aini. 

“O iya, Mak, insyaallah besok Sofyan kirimkan uang buat bayar hutang ke Pak Ramli.”

“Nggak usah, Nak. Bagaimana nanti dengan biaya tiket pesawat dan lain-lainnya?”

“Insyaallah, ada Mak.”

Sekitar sepuluh menit akhrnya aku menyudahi telepon. Tadinya aku ingin menyampaikan sesuatu kepada Emak. Tentang perasaan hatiku yang berbungan dilanda cinta. Tadinya aku ingin meminta restu pada Emak untuk melamar seorang gadis yang telah membuatku jatuh cinta. Tapi semua urung kulakukan. Percuma saja. Untuk apa restu Emak, jika Om Thimoty telak menolakku mentah-mentah? Biarlah semua mengalir apa adanya. Aku percaya bahwa jodoh tak akan ke mana.

 

Yaa Rahman, Ya Rahim

Prasangkaku selalu indah tentang-MU

Dan Engakau mengikuti prasangka hamba-hamba-Mu

Maka indahkan segala jalan hidupku

Tentang segala yang telah Kau pilihkan untukku

Ikhlaskan hati ini menjalani segala takdir-Mu

Tentang rezeki, jodoh, maut yang ada dalam genggaman-Mu

Agar selalu tertanam dalam diriku

Bahwa yang terbaik hanyalah menurut-Mu

Bukan menurutku

 ***

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
My Dangerious Darling
2262      999     2     
Mystery
Vicky, mahasiswa jurusan Tata Rias yang cantik hingga sering dirumorkan sebagai lelaki gay bertemu dengan Reval, cowok sadis dan misterius yang tengah membantai korbannya! Hal itu membuat Vicky ingin kabur daripada jadi sasaran selanjutnya. Sialnya, Ariel, temannya saat OSPEK malah memperkenalkannya pada cowok itu dan membuat grup chat "Jomblo Mania" dengan mereka bertiga sebagai anggotanya. Vick...
Dream of Being a Villainess
787      424     2     
Fantasy
Bintang adalah siswa SMA yang tertekan dengan masa depannya. Orang tua Bintang menutut pertanggungjawaban atas cita-citanya semasa kecil, ingin menjadi Dokter. Namun semakin dewasa, Bintang semakin sadar jika minat dan kemampuannya tidak memenuhi syarat untuk kuliah Kedokteran. DI samping itu, Bintang sangat suka menulis dan membaca novel sebagai hobinya. Sampai suatu ketika Bintang mendapatkan ...
Lily
949      420     4     
Romance
Apa kita harus percaya pada kesetiaan? Gumam Lily saat memandang papan nama bunga yang ada didepannya. Tertulis disana Bunga Lily biru melambangkan kesetiaan, kepercayaan, dan kepatuhan. Lily hanya mematung memandang dalam bunga biru yang ada didepannya tersebut.
Segitiga Bermuda
3460      1197     1     
Romance
Orang-orang bilang tahta tertinggi sakit hati dalam sebuah hubungan adalah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Jika mengalaminya dengan teman sendiri maka dikenal dengan istilah Friendzone. Namun, Kinan tidak relate dengan hal itu. Karena yang dia alami saat ini adalah hubungan Kakak-Adik Zone. Kinan mencintai Sultan, Kakak angkatnya sendiri. Parah sekali bukan? Awalnya semua berjalan norm...
Memento Merapi
3934      1609     1     
Mystery
Siapa bilang kawanan remaja alim itu nggak seru? Jangan salah, Pandu dan gengnya pecinta jejepangan punya agenda asyik buat liburan pasca Ujian Nasional 2013: uji nyali di lereng Merapi, salah satu gunung terangker se-Jawa Tengah! Misteri akan dikuak ala detektif oleh geng remaja alim-rajin-kuper-koplak, AGRIPA: Angga, Gita, Reni, dan Pandu, yang tanpa sadar mengulik sejarah kelam Indonesia denga...
Gino The Magic Box
2397      805     1     
Fantasy
Ayu Extreme, seorang mahasiswi tingkat akhir di Kampus Extreme, yang mendapat predikat sebagai penyihir terendah. Karena setiap kali menggunakan sihir ia tidak bisa mengontrolnya. Hingga ia hampir lulus, ia juga tidak bisa menggunakan senjata sihir. Suatu ketika, pulang dari kampus, ia bertemu sosok pemuda tampan misterius yang memberikan sesuatu padanya berupa kotak kusam. Tidak disangka, bahwa ...
Jelita's Brownies
2385      1037     11     
Romance
Dulu, Ayahku bilang brownies ketan hitam adalah resep pertama Almarhum Nenek. Aku sangat hapal resep ini diluar kepala. Tetapi Ibuku sangat tidak suka jika aku membuat brownies. Aku pernah punya daun yang aku keringkan. Daun itu berisi tulisan resep kue-kue Nenek. Aku sadar menulis resep di atas daun kering terlihat aneh, tetapi itu menjadi sebuah pengingat antara Aku dan Nenek. Hanya saja Ib...
Interaksi
290      192     0     
Romance
Ada manusia yang benar benar tidak hidup di bumi, sebagian dari mereka menciptakan dunia mereka sendiri. Seperti halnya Bulan dan Yolanda. Bulan, yang terlalu terobsesi dengan buku novel dan Yolanda yang terlalu fanatik pada Korea. Dua duanya saling sibuk hingga berteman panjang. Saat mereka mencapai umur 18 dan memutuskan untuk kuliah di kampus yang sama, perasaan takut melanda. Dan berencana u...
Buku Harian Ayyana
14209      3854     6     
Romance
Di hari pertama masuk sekolah, Ayyana udah di buat kesel sama cowok ketus di angkatannya. Bawaannya, suka pengen murang-maring terus sama cowok itu! Tapi untung aja, kehadiran si kakak ketua OSIS bikin Ayyana betah dan adem tiap kali dibuat kesel. Setelah masa orientasi selesai, kekesalan Ayyana bertambah lagi, saat mengetahui satu rahasia perihal cowok nyebelin itu. Apalagi cowok itu ngintilin...
SORRY
11111      2418     11     
Romance
Masa SMA adalah masa yang harus dipergunakan Aluna agar waktunya tidak terbuang sia-sia. Dan mempunyai 3 (tiga) sahabat cowok yang super duper ganteng, baik, humoris nyatanya belum untuk terbilang cukup aman. Buktinya dia malah baper sama Kale, salah satu cowok di antara mereka. Hatinya tidak benar-benar aman. Sayangnya, Kale itu lagi bucin-bucinnya sama cewek yang bernama Venya, musuh bebuyutan...