Read More >>"> Bumi yang Dihujani Rindu (Aku Ragu) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Bumi yang Dihujani Rindu
MENU
About Us  

Tidak hanya Felix saja yang meragukan kenabian Muhammad sholallahu alaihi wassalaam. Kiara pun pernah mempunyai pemikiran demikian. Beberapa hari sebelum akhirnya Kiara mempersaksikan iman Islam di hadapanku saat kami berada di tepi sungai Saskatchewan, ia sempat menyatakan keraguannya. Kiara meragukan ajaran Sang Nabi hanya lantaran beliau berpoligami.

“Aku percaya ajaran agamamu baik, Fyan. Hanya saja aku masih meragukan apakah benar Muhammad itu seorang utusan Tuhan?”

Pertanyaan Kiara sebelum dirinya menjadi seorang muslimah itu menjadi salah satu diskusi menarik usai aku mengajar private Bahasa seperti biasanya di kediaman Fritz. Seperti yang sudah-sudah, selalu saja pertemuan dalam private Bahasa itu menjadi ajang diskusi yang hangat. Bukan hanya membahas tentang pelajaran yang baru saja aku berikan. Tetapi juga tentang diskusi keagamaan. Biasanya Fritz dan Felix yang menjadi pendengar setia. Sementara Kiara, selalu menjadi penanya yang kritis. Sementara aku seolah dipaksa harus tahu dan harus bisa menjawab segala pertanyaan yang diajukan. 

“Jadi kau percaya ajaran Islam itu baik?” tanya Fritz.

Kiara mengangguk.

“Aku rasa hampir semua ajarannya baik,” jawab Kiara “kecuali hal yang satu itu. Poligami.”

“Hanya gara-gara poligami, kau tidak percaya bahwa beliau adalah seorang nabi?” tanya Fritz.

Lagi-lagi Kiara mengangguk.

“Bukankah para Nabi yang diceritakan dalam kitab sucimu juga melakukan praktik poligami?” ucapku balik bertanya, “Bagaimana mungkin kita bisa memprotes sebuah tindakan yang sama namun dilakukan oleh orang yang berbeda? Bukankah kita harus adil dan bijaksana dalam menilai sebuah perkara?”

Kiara memegang dagunya dengan tangan kanan. Kulihat, ia juga mengerutkan dahi seolah ujung-ujung alis dekat area hidung saling berkaitan. Entah, apa yang ada dalam pikirannya. Mungkin saja ia heran kenapa aku malah menyerang balik cerita poligami yang ada dalam kitab sucinya. Aku berusaha sebisa mungkin menjawab pertanyaan Kiara.

“Sebelum kau membahas lebih jauh, kau tahu kan bahwa istilah ‘nabi’ dalam ajaran Kristen dan ajaran Islam itu memiliki definisi yang berbeda, Fyan?” ucap Felix.

“O … berbeda?” ucap Fritz.

Felix mengangguk.

“Iya, benar berbeda,” jawabku, “jadi meskipun ada tokoh yang diceritakan dalam Islam sebagai seorang Nabi, belum tentu demikian menurut ajaran Kristen. Bisa jadi dalam ajaran Kristen mereka hanya sebagai orang saleh. Sebagai hamba yang diperkenan Tuhan saja.”

Correct,” sahut Felix.

“Bahkan kalau tidak salah ada juga Nabi perempuan kan?” tanyaku.

“Perempuan menjadi Nabi?” heran Fritz.

“Ada.” Kiara dan Felix kompak menjawab.

***

Memang tidak boleh gegabah. Menyamaratakan sebuah kata hanya karena tertulis dengan susunan huruf yang sama. Sebab setiap agama tentu memiliki definisi yang berbeda. Sebagaimana istilah nabi dan rasul. Kedua istilah itu dipakai dalam ajaran Islam dan Kristen. Namun, ternyata memiliki definsi yang berbeda. Kita tidak bisa menyamaratakan penyematan gelar atau julukan nabi dan rasul kepada seorang tokoh tanpa melihat latar belakang referensi yang digunakan. Apalagi memaksakannya harus sama ketika berhadapan dengan audiens yang berbeda keyakinan dengan kita.

Ibarat bebek dan ayam. Keduanya adalah unggas, tapi memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dan lainnya. Maka kita tidak bisa menyamakan keduanya. Kita tidak bisa juga memaksakan kepada orang lain bahwa kedua itu hewan yang sama meski keduanya termasuk ke dalam hewan golongan unggas.

Aku melanjutkan penjelasanku yang sempat tertunda. Aku merujuk istilah nabi menurut definisi Alkitab, sebab pembahasan poligami kali ini berhubungan dengan tokoh yang ada dalam Alkitab.

“Jika mengacu pada tulisan Rashi[1], maka kita dapat mengetahui bahwa ada 55 nabi yang diakui dalam tradisi Yahudi. Terdiri dari 48 nabi laki-laki dan 7 nabi perempuan[2],” ucapku menyebutkan sumber tulisan yang berasal dari Shlomo Yitzchaki, seorang Rabi Yahudi yang hidup sekitar tahun 1040 hingga 1105 di Prancis, “Abraham, Yakub, Daud, Salomo, Musa adalah beberapa tokoh yang masuk di dalamnya.”

Mereka terbengang saat aku menjelaskan definisi itu dari sumber di luar islam. Seolah tersihir dengan kata-kataku, mereka hanya terdiam menyimak penjelasanku.

“Bukankah Abraham pun berpoligami?” tanyaku pada Kiara, “Apa kau lupa bahwa dalam Alkitab menceritakan bahwa Abraham memiliki tiga istri: Sara, Hajar dan Ketura[3]?”

Fritz dan Felix kompak melihat ke arah Kiara seolah ingin mendengar jawaban dari mulutnya.

“Bukankah Yakub pun berpoligami?” ucapku lanjut bertanya, “Lea, Rahel, Bilha dan Zilpa adalah istri serta budaknya[4] yang akan melahirkan 12 suku Israel.”

“Ya. Benar,” jawab Kiara singkat.

“Dan dari 12 suku Israel itu, nantinya akan lahir Daud dan Salomo[5]. Menurut catatan Injil Matius dan Injil Lukas mereka adalah leluhur Yesus. Pun keduanya melakukan poligami,” lanjutku menjelaskan, “tak tekecuali Musa, di mana Tuhan telah menurunkan Taurat padanya. Pun melakuan praktik poligami[6] kan?”

Kulihat Fritz dan Felix mengangguk pelan.

“Lantas, apakah dengan praktik poligami yang dilakukan para Nabi itu membuat kau meragukan mereka sebagai manusia terpilih di antara sekian banyak manusia sebagai utusan Tuhan?”

Kiara menggeleng.

“Lalu bagaimana bisa kau hanya mengkritisi kenabian Muhammad karena melakukan praktik poligami sementara tidak untuk yang lainnya?” ucapku, “ini nggak fair Kiara.”

***

[1] Rashi adalah akronim dari RAbbi SHlomo Itzhaki (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rashi)

[2] http://www.jewfaq.org/prophet.htm#

[3] Kejadian 16:3, Kejadian 23:1

[4] Lea Istri pertama (Kejadian 29:22-23), Rahel istri kedua (Kejadian 29:30), Bilha (Kejadian 30:4), Zilpa (Kejadian 30:9).

[5] Daud (I Samuel 25:43-44, 27:3, 30:5, II Samuel 3:1-5, 5:13, 16:22, I Tawarikh 3:1-9, 14:3.), Salomo (1 Raja-raja 11:3)

[6] Bilangan 12:1

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
My Dangerious Darling
2261      998     2     
Mystery
Vicky, mahasiswa jurusan Tata Rias yang cantik hingga sering dirumorkan sebagai lelaki gay bertemu dengan Reval, cowok sadis dan misterius yang tengah membantai korbannya! Hal itu membuat Vicky ingin kabur daripada jadi sasaran selanjutnya. Sialnya, Ariel, temannya saat OSPEK malah memperkenalkannya pada cowok itu dan membuat grup chat "Jomblo Mania" dengan mereka bertiga sebagai anggotanya. Vick...
Dream of Being a Villainess
787      424     2     
Fantasy
Bintang adalah siswa SMA yang tertekan dengan masa depannya. Orang tua Bintang menutut pertanggungjawaban atas cita-citanya semasa kecil, ingin menjadi Dokter. Namun semakin dewasa, Bintang semakin sadar jika minat dan kemampuannya tidak memenuhi syarat untuk kuliah Kedokteran. DI samping itu, Bintang sangat suka menulis dan membaca novel sebagai hobinya. Sampai suatu ketika Bintang mendapatkan ...
Lily
949      420     4     
Romance
Apa kita harus percaya pada kesetiaan? Gumam Lily saat memandang papan nama bunga yang ada didepannya. Tertulis disana Bunga Lily biru melambangkan kesetiaan, kepercayaan, dan kepatuhan. Lily hanya mematung memandang dalam bunga biru yang ada didepannya tersebut.
Segitiga Bermuda
3458      1197     1     
Romance
Orang-orang bilang tahta tertinggi sakit hati dalam sebuah hubungan adalah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Jika mengalaminya dengan teman sendiri maka dikenal dengan istilah Friendzone. Namun, Kinan tidak relate dengan hal itu. Karena yang dia alami saat ini adalah hubungan Kakak-Adik Zone. Kinan mencintai Sultan, Kakak angkatnya sendiri. Parah sekali bukan? Awalnya semua berjalan norm...
Memento Merapi
3933      1608     1     
Mystery
Siapa bilang kawanan remaja alim itu nggak seru? Jangan salah, Pandu dan gengnya pecinta jejepangan punya agenda asyik buat liburan pasca Ujian Nasional 2013: uji nyali di lereng Merapi, salah satu gunung terangker se-Jawa Tengah! Misteri akan dikuak ala detektif oleh geng remaja alim-rajin-kuper-koplak, AGRIPA: Angga, Gita, Reni, dan Pandu, yang tanpa sadar mengulik sejarah kelam Indonesia denga...
Gino The Magic Box
2397      805     1     
Fantasy
Ayu Extreme, seorang mahasiswi tingkat akhir di Kampus Extreme, yang mendapat predikat sebagai penyihir terendah. Karena setiap kali menggunakan sihir ia tidak bisa mengontrolnya. Hingga ia hampir lulus, ia juga tidak bisa menggunakan senjata sihir. Suatu ketika, pulang dari kampus, ia bertemu sosok pemuda tampan misterius yang memberikan sesuatu padanya berupa kotak kusam. Tidak disangka, bahwa ...
Jelita's Brownies
2385      1037     11     
Romance
Dulu, Ayahku bilang brownies ketan hitam adalah resep pertama Almarhum Nenek. Aku sangat hapal resep ini diluar kepala. Tetapi Ibuku sangat tidak suka jika aku membuat brownies. Aku pernah punya daun yang aku keringkan. Daun itu berisi tulisan resep kue-kue Nenek. Aku sadar menulis resep di atas daun kering terlihat aneh, tetapi itu menjadi sebuah pengingat antara Aku dan Nenek. Hanya saja Ib...
Interaksi
290      192     0     
Romance
Ada manusia yang benar benar tidak hidup di bumi, sebagian dari mereka menciptakan dunia mereka sendiri. Seperti halnya Bulan dan Yolanda. Bulan, yang terlalu terobsesi dengan buku novel dan Yolanda yang terlalu fanatik pada Korea. Dua duanya saling sibuk hingga berteman panjang. Saat mereka mencapai umur 18 dan memutuskan untuk kuliah di kampus yang sama, perasaan takut melanda. Dan berencana u...
Buku Harian Ayyana
14203      3854     6     
Romance
Di hari pertama masuk sekolah, Ayyana udah di buat kesel sama cowok ketus di angkatannya. Bawaannya, suka pengen murang-maring terus sama cowok itu! Tapi untung aja, kehadiran si kakak ketua OSIS bikin Ayyana betah dan adem tiap kali dibuat kesel. Setelah masa orientasi selesai, kekesalan Ayyana bertambah lagi, saat mengetahui satu rahasia perihal cowok nyebelin itu. Apalagi cowok itu ngintilin...
SORRY
11100      2416     11     
Romance
Masa SMA adalah masa yang harus dipergunakan Aluna agar waktunya tidak terbuang sia-sia. Dan mempunyai 3 (tiga) sahabat cowok yang super duper ganteng, baik, humoris nyatanya belum untuk terbilang cukup aman. Buktinya dia malah baper sama Kale, salah satu cowok di antara mereka. Hatinya tidak benar-benar aman. Sayangnya, Kale itu lagi bucin-bucinnya sama cewek yang bernama Venya, musuh bebuyutan...