Read More >>"> Aku Sakit (Chapter 6 ) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Aku Sakit
MENU
About Us  

 Guru les privat baru yang dibilang papa tempo hari, hari ini mulai aktif mengajar menggantikan Bu Saras. Namanya Bu Dona. Judes. Itulah kesan pertama ketika bertatap muka dengannya. 

Bu Dona juga sangat serius ketika memberikan materi. Bahkan aku tidak pernah menjumpai guru se-serius Bu Dona. Sepanjang beliau berbicara, terdengar seperti orang marah-marah.

Hari ini Bu Dona menerangkan materi pelajaran Matematika selama dua jam. Jadi, materi di sekolah untuk minggu muka diterangkan lebih dulu di rumah. Bu Dona juga memberikan beberapa pertanyaan untuk memastikan apakah materi yang diajarkannya masuk ke otakku.

Ah, otakku sangat letih memikirkan materi pelajaran di sekolah. Pulang jam dua tiga puluh, langsung dilanjutkan les pukul tiga hingga pukul lima sore. Dan itu dilakukan setiap Senin hingga Jumat. Benar-benar membuatku penat.

“Bella!” panggil Mama saat aku berniat kembali ke kamar, setelah pertemuan pertama dengan Bu Dona.

“Iya, Mah.”  Aku berhenti di anak tangga.

“Ada Vanesa nih!” 

Keningku mengernyit lantas kembali ke ruang tamu dan menemukan cewek itu sudah berdiri di depan pintu.

Vanesa mengenakan sweater khasmir, sepatu kets, dan rok di atas lutut. Dia mencangklong tasnya di pundak kiri, sembari menenteng seragam kotak-kotak untuk hari Rabu. Setelan seragam itu masih berada di gantungan. Aku berpikir, tidak mungkin rumah Vanesa kebanjiran.

Sekali lagi aku memperhatikan Vanesa meringis.

“Maaf Tante, Vanesa nggak ngasih tahu Bella sebelumnya. Ng, Mama sama Papa lagi ke Bandung, karena ada kerabat Mama yang meninggal. Pulangnya besok pagi. Jadi, boleh nggak Vanesa menginap di sini?”

“Boleh,” sahut mama, “tentu boleh sayang ...” lalu menoleh ke arahku. “Bella, bantuin temanmu bawain barang-barangya, dong.”

Senyum Vanesa melebar. “Makasih, Tante.”

“Nggak perlu sungkan, anggap saja rumah sendiri. Oh ya, Tante turut berbela sungkawa untuk kerabat mamamu.”

“Iya Tante, makasih!”

 Aku mengambil seragam itu dari tangan Vanesa. Kemudian kami berjalan menuju kamar.

“Kok, lo tadi siang nggak bilang kalau mau menginap di tempat gue?” 

“Sori, tadi siang gue belum kepikiran. Eh, nyampai rumah gue takut sendirian. Pasti sepi ntar malam, cuma ada Bik Inah sama Mang Jaja, jadi kupikir mendingan menginap di rumah lo, ” tutur Vanesa ketika kami melangkah di anak tangga. Sementara mama kembali ke dapur menyiapkan makan malam.

Aku membukakan pintu kamar lalu menggantung seragam Vanesa di balik pintu.

“Gue pinjem baju ganti sama handuk lo ya, Bell.” Vanesa menjatuhkan pantatnya di sisi ranjang dan meletakan backpak-nya di bawah kaki.

“Iya gampang. Underwear, mau pinjam juga?” tanyaku setengah meledek.

“Eh, nggak usah. Kalau itu sih gue bawa sendiri.”

“Kirain.”

Handuk bersih, celana pendek bunga-bunga, t-shirt lengan panjang ungu, kukeluarkan dari dalam lemari.

“Nih, lo duluan aja yang mandi. Sikat gigi ada di dalam.” Aku meletakan barang-barang itu di tepian kasur.

Vanesa lantas memungutnya, dan mengambil underwear dari dalam tas dan berkata, “Thanks, ya, Bella yang baik hati!” 

“Auw, sakit tahu!” Vanesa mencubit pipiku. Dia bergegas masuk ke kamar mandi sebelum aku berhasil membalas perbuatannya.

Dua puluh menit kemudian Vanesa keluar dari dalam kamar mandi. Kepalanya dibungkus menggunakan handuk.

“Baju lo longgar amat, Bell,” komentarnya.

“Lo kan tahu gue nggak suka pakai baju ketat.”

“Takut kelihatan seksi, ya?” 

“Seksi apaan?”

“Iya, lo itu sebenarnya seksi, cuma lo aja yang nggak nyadar. Baju-baju lo semuanya longgar, coba sesekali pakai baju ketat dikit, pasti cowok-cowok pada ngelirik deh.”

Puh, aku tidak ingin meladeni candaan Vanesa. Seksi apanya, yang ada cowok-cowok malah geli. “Udah ah, gue mau mandi juga sebelum papa pulang.” 

***

Selesai berpakaian aku turun ke dapur lantas membantu Mama menyiapkan makan malam. Sementara Vanesa masih di kamar mengeringkan rambut.

Aku menata meja dengan piring main course dan meletakan mangkuk sup di sampingnya beserta set peralatan makan; pisau, sendok dan garpu. Menu makan malam hari ini sup jamur, salad kacang polong, nugget, dan steakSteak yang kuletakan di samping mangkuk sup jamur itu terlihat begitu menggoda. Bentuknya bulat pipih disirami saus lada hitam ditemani sayur buncis dan irisan wortel. Tapi jangan salah, semua yang terlihat di meja makan tidak seperti apa yang terlihat. Itu semua adalah ...

“Hey, Vanesa! Ayo sini kita makan malam bersama!” ujar Papa ketika mendapati Vanesa turun dari tangga.

Vanesa berjalan dengan sandal selop putih. Rambutnya terurai.

“Sore, Om!”

“Ayo, kemarilah!”

Vanesa berdiri di samping kursi kosong. Menatap meja makan yang penuh dengan menu makanan. Dia pasti berpikir makanan itu sangat lezat.

“Waah ...” decak Vanesa.

“Jangan takut, ini semua makanan sehat dan tidak ada kolesterol, kok.”

“Iya, ini semua vegetarian,” aku memberitahu. Vanesa memelengkan kepala ke arahku. Mulutnya seketika menganga. Aku tahu dia setengah tak percaya sekaligus agak kecewa. Dia pikir aku bergurau.

Serasa belum cukup dengan kejutan menu makan malam, lantas mama menghampiri kami. Mama membawa satu jug besar berisi jus brokoli.

“Ini jus brokoli, bagus untuk kesehatan kulit,” kata mama. Padahal sesungguhnya mama juga tak suka jus brokoli. Semua ini karena untuk papa.

Mulut Vanesa makin melebar.

“Nes, ayo duduk!” aku memberi isyarat.

Setelah papa memimpin doa, papa menanyakan perihal orangtua Vanesa.

“Bagaimana kabar papa dan mama, Nes?”

“Baik Om,” jawab Vanesa, “sekarang lagi di Bandung karena kerabat mama ada yang meninggal.”

“Oh, Om turut berbela sungkawa.”

“Iya Om, terima kasih.”

Sementaraitu, mama menuangkan jus brokoli ke dalam gelas collins dan memberikannya pada papa. Dia menuangkan segelas lagi lalu menyodorkannya padaku.

“Bella, tolong kasihkan ini untuk Vanesa.”

Tanpa aba-aba Vanesa langsung menyela, “Nggak usah Tante, makasih. Minum air putih aja, Tante.”

Kuinjak kaki Vanesa, memberi isyarat agar tidak menolaknya. Kalau tidak, papa akan menceramahinya panjang lebar. Kenapa Vanesa? Kamu nggak Suka? Itu bagus buat kesehatan kulit. Meski rasanya mungkin kurang enak, kamu harus mencobanya. Om dulu juga nggak suka, tapi .... bla-bla-bla. Bisa-bisa Papa terus mengoceh soal jus sampai kami kehilangan selera makan. Untunglah Vanesa mengerti maksudku sehingga dia pun mengambil jus itu.

Wajah Vanesa berubah ungu ketika menengguk jus itu. Dia mencari sesuatu sebagai penawar. Dimasukannya potongan nugget ke dalam mulut. Bukannya sembuh, wajahnya malah makin keruh karena menahan rasa sayur bayam. Aku ingin memberitahu supaya tak terkejut, tapi tak berdaya. Sekarang giliran Vanesa menginjak kaki kananku dan melotot.

“Kamu tahu Nes, Om sama papamu dulu sahabat baik,” ujar Papa tiba-tiba.

Vanesa menanggapinya sambil menahan rasa mual. “Pa-papa juga pernah bercerita, Om.”

“Ah, Om jadi ingat, dulu waktu SMA, papamu itu saingan terberat Om. Suatu hari, ada lomba olimpiade Matematika. Om bertanding lebih dulu melawan papamu. Siapa yang menang, dia yang mewakili sekolah. Tapi untunglah Om berusaha lebih keras, dan akhirnya Om yang terpilih.”

“Om hebat!” Vanesa meringis pahit.

“Oh, iya dong, Om memang hebat, tapi papamu juga nggak kalah hebat. Papamu sekarang punya perusahaan besar dan maju di jakarta.”

“Tapi, Om lebih hebat. Berantas terorisme yang sedang melanda negeri ini. Itu kan bukan pekerjaan mudah, Om.”

“Itulah, Om selalu mengingatkan pada Bella. Sebagai generasi muda, kalian juga harus rajin-rajin belajar. Meski kalian perempuan, jangan mau kalah sama laki-kali. Kalian mau di zaman sekarang cuma jadi Ibu rumah tangga?”

Mendengar ucapan Papa, sendok mama terjatuh. Menimbulkan bunyi metal beradu dengan mangkuk sup porselin. Akan tetapi, agaknya papa tak bisa memahami bagaimana perasaan mama. Sementara Vanesa yang memahaminya, melirik ke arahku.

“Omong-omong, bagimana sekolahmu?” lanjut Papa.

“Baik Om. Lumayan,” balas Vanesa singkat. Sepertinya sekarang dia mengerti tentang sikap papa.

“Lumayan?” papa menegaskan. “Masih kalah dong sama Bella?”

Vanesa menyingkirkan piring nugget bayamnya yang masih tersisa. Lalu menanggapi perkataan papa. “Bella kan paling pandai di sekolah Om.”

“Vanesa juga jangan mau kalah, dong. Kamu pasti bisa seperti Bella. Itu semua karena Om mengawasi ketat sekolah dan pergaulan Bella. Kalau tidak, Bella nggak akan bisa sempurna dalam nilai akademis seperti sekarang.”

Uhuk! Vanesa tersedak. Dia terpaksa meminum jus brokolinya meski harus menahan rasanya yang aneh. Kemudian menanggapi lagi. “Tapi, papa sama mama Vanesa nggak menuntut Vanesa jadi sempurna Om, papa sama mama senang dengan prestasi Vanesa sekarang ini.”

“Pah!” mama memotong pembicaraan mereka sambil melirik ke arah papa.

“Ah, sudahlah, habiskan saja makanan kalian,” ujar papa.

Aku memeriksa piring Vanesa dan memberi tahu, “Itu steak tahu dengan saus lada hitam, tapi enak kok, ini salah satu masakan kesukaan mama.”

Aku berusaha mencairkan suasana. Kulihat mama pun melayangkan senyum simpul ke arah kami.

“Oh iya Tante, ini enak kok, Vanesa suka. Mungkin lain kali Vanesa akan suruh Bik Inah memasaknya.”

 

***

Selepas makan malam, kami berdua duduk-duduk di balkoni membicarakan soal makan malam tadi.

“Bella, tiap hari lo makan makanan seperti itu?”

Aku malah terkikik.

“Kok malah ketawa sih?”

“Habisnya, muka lo lucu banget pas minum jus brokoli sama ngunyah nugget bayam.”

“Ih, lo tuh ya, seneng lihat gue menderita.”

"Nggak, lah!"

“Tapi Bell,” lanjut Vanesa “gue sekarang jadi tahu banget sikap papa-lo itu kayak apa. Pantaslah mama sama papa lo sering berantem. Papa lo narsistik banget, menganggap dirinya paling penting, hebat, suka membanggakan dirinya sendiri. Perfeksionis juga. Itu termasuk golongan penyakit psikologi lho, Bell.”

Sejenak aku terdiam. Tak tahu harus menanggapi apa. Mungkin perkataan Vanesa benar. Aku juga pernah berpikir seperti apa yang dipikirkannya.

“Eh, kok malah bengong!” Vanesa menepuk pundakku.

Aku terkesiap, lalu mengalihkan pembicaraan, “Kita dengerin lagu buat audisi besok aja yuk, besok kan nggak ada pelajaran. Lo mau bawain lagu apa?”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (5)
  • rezagustin

    yang nyangka bella hamil silakan balas komenan saya

    Comment on chapter Chapter 1
  • eR

    good story kak...
    banyak anak yg ngerasain ini :')

    Comment on chapter Chapter 1
  • Ardhio_Prantoko

    Next chapternya ditunggu. Mampir ke punyaku ya.

    Comment on chapter Chapter 1
  • Lovender

    Mampir kak ke ceritaku https://tinlit.com/story_info/4028

    Comment on chapter Chapter 1
  • ciputcute

    Nyimak kak .. ditunggu next chapternya.

    Comment on chapter Chapter 1
Similar Tags
House with No Mirror
305      225     0     
Fantasy
Rumah baru keluarga Spiegelman ternyata menyimpan harta karun. Anak kembar mereka, Margo dan Magdalena terlibat dalam petualangan panjang bersama William Jacobs untuk menemukan lebih banyak harta karun. Berhasilkah mereka menguak misteri Cornwall yang selama ini tersembunyi?
Catatan 19 September
22764      2708     6     
Romance
Apa kamu tahu bagaimana definisi siapa mencintai siapa yang sebenarnya? Aku mencintai kamu dan kamu mencintai dia. Kira-kira seperti itulah singkatnya. Aku ingin bercerita sedikit kepadamu tentang bagaimana kita dulu, baiklah, ku harap kamu tetap mau mendengarkan cerita ini sampai akhir tanpa ada bagian yang tertinggal sedikit pun. Teruntuk kamu sosok 19 September ketahuilah bahwa dir...
Premium
Sepasang Mata di Balik Sakura (Complete)
6883      1786     0     
Romance
Dosakah Aku... Jika aku menyukai seorang lelaki yang tak seiman denganku? Dosakah Aku... Jika aku mencintai seorang lelaki yang bahkan tak pernah mengenal-Mu? Jika benar ini dosa... Mengapa? Engkau izinkan mata ini bertemu dengannya Mengapa? Engkau izinkan jantung ini menderu dengan kerasnya Mengapa? Engkau izinkan darah ini mengalir dengan kencangnya Mengapa? Kau biarkan cinta ini da...
PENTAS
929      569     0     
Romance
Genang baru saja divonis kanker lalu bertemu Alia, anak dokter spesialis kanker. Genang ketua ekskul seni peran dan Alia sangat ingin mengenal dunia seni peran. Mereka bertemu persis seperti yang Aliando katakan, "Yang ada diantara pertemuan perempuan dan laki-laki adalah rencana Tuhan".
14 Days
797      576     1     
Romance
disaat Han Ni sudah menemukan tempat yang tepat untuk mengakhiri hidupnya setelah sekian kali gagal dalam percobaan bunuh dirinya, seorang pemuda bernama Kim Ji Woon datang merusak mood-nya untuk mati. sejak saat pertemuannya dengan Ji Woon hidup Han Ni berubah secara perlahan. cara pandangannya tentang arti kehidupan juga berubah. Tak ada lagi Han Han Ni yang selalu tertindas oleh kejamnya d...
Lost In Auto
1175      417     1     
Romance
Vrinda Vanita, adalah seorang remaja putri yang bersekolah di SMK Loka Karya jurusan Mekanik Otomotif bersama sahabatnya Alexa. Di sekolah yang mayoritas muridnya laki-laki, mereka justru suka pada cowok yang sama.
SILENT
4664      1426     3     
Romance
Tidak semua kata di dunia perlu diucapkan. Pun tidak semua makna di dalamnya perlu tersampaikan. Maka, aku memilih diam dalam semua keramaian ini. Bagiku, diamku, menyelamatkan hatiku, menyelamatkan jiwaku, menyelamatkan persahabatanku dan menyelamatkan aku dari semua hal yang tidak mungkin bisa aku hadapi sendirian, tanpa mereka. Namun satu hal, aku tidak bisa menyelamatkan rasa ini... M...
BlueBerry Froze
3436      1071     1     
Romance
Hari-hari kulalui hanya dengan menemaninya agar ia bisa bersatu dengan cintanya. Satu-satunya manusia yang paling baik dan peka, dan paling senang membolak-balikkan hatiku. Tapi merupakan manusia paling bodoh karena dia gatau siapa kecengan aku? Aku harus apa? . . . . Tapi semua berubah seketika, saat Madam Eleval memberiku sebotol minuman.
PALETTE
483      251     3     
Fantasy
Sinting, gila, gesrek adalah definisi yang tepat untuk kelas 11 IPA A. Rasa-rasanya mereka emang cuma punya satu brain-cell yang dipake bareng-bareng. Gak masalah, toh Moana juga cuek dan ga pedulian orangnya. Lantas bagaimana kalau sebenarnya mereka adalah sekumpulan penyihir yang hobinya ikutan misi bunuh diri? Gak masalah, toh Moana ga akan terlibat dalam setiap misi bodoh itu. Iya...
Kamu, Histeria, & Logika
52801      5211     58     
Romance
Isabel adalah gadis paling sinis, unik, misterius sekaligus memesona yang pernah ditemui Abriel, remaja idealis yang bercita-cita jadi seorang komikus. Kadang, Isabel bisa berpenampilan layaknya seorang balerina, model nan modis hingga pelayat yang paling berduka. Adakalanya, ia tampak begitu sensitif, tapi di lain waktu ia bisa begitu kejam. Berkat perkenalannya dengan gadis itu, hidup Abriel...