Read More >>"> THE LIGHT OF TEARS (BAB 7 : Roh Jahat yang Tak Berwujud) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - THE LIGHT OF TEARS
MENU
About Us  

BAB 7

Roh Jahat yang Tak Berwujud

 

Kekecewaan yang belum sembuh di hati Salim menjadikannya pribadi yang tempramental. Ia belum bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Apalagi dengan keadaan. Ia tak mampu mengontrol emosi yang datang menghadangnya. Salim yang begitu dekat dengan Bapak sangat terpukul ketika Bapak meninggal. Kini figur seorang ayah tidak bisa lagi kami rasakan. Kepergian Bapak membuat perubahan yang sangat amat drastis dalam rumah kami. Salim kini lebih betah berada di luar rumah. Ia menjadi liar seakan tak punya rumah. Kepergian Bapak menjadi cambuk batin untuknya. Ia bagai bangunan yang runtuh. Jiwanya hancur. Keonaran yang dibuatnya menjadikan tetangga resah dan sering mengeluh ke Mama karena anak-anak mereka sering dibuat sampai menangis karena Salim selalu menggangu mereka. Di rumah pun demikian adanya. Ia selalu marah-marah jika keinginannya tidak tercapai. Membanting barang-barang yang terlihat oleh matanya. Apapun yang dia katakan tidak bisa dibantah. Sifatnya yang arogan dan temperamental membuat semua orang yang mendekatinya jadi tidak betah. Ia bersikap seperti anjing pemangsa gila yang tak diberi makan. Ia lincah dan bertenaga. Saat ia sedang marah, para tetangga menduga kalau Salim kerasukan setan yang merasuk ke dalam raganya. Kentalnya kepercayaan warga daerah kami tentang roh jahat yang bersarang di raga manusia kala itu masih sangat kuat. Salim memang sangat sering mengamuk tanpa bisa mengontrol dirinya. Ia bagai granat aktif.

Para tetangga yang sering melihat kelakuannya makin menguatkan pikiran mereka masing-masing kalau Salim benar-benar sedang dipengaruhi oleh setan yang tinggal dalam tubuhnya. Desakan para tetangga yang menyarankan Mama untuk meminta orang pintar alias dukun agar mengusir roh jahat di tubuh Salim akhirnya disetujui Mama. Mama yang sebenarnya tidak percaya akan hal seperti itu kini pasrah juga mengikuti saran para tetangga.

           Sore menjelang Magrib kala itu, mamanya Mail salah satu tetangga persis sebelah rumah kami ternyata punya kenalan dukun. Kebetulan saat itu Salim sedang bermain di luar. Kami menunggu hampir setengah jam di rumah. Yang ditunggu akhirnya muncul juga menampakkan batang hidungnya. Kaget melihat ramainya orang yang sedang menunggu kedatangannya membuat ia heran. Ada Mama, aku, Zura, Iman, tetangga 5 orang, serta seorang dukun. Dengan muka kebingungan, ia pun masuk dalam rumah.

“Nak duduk sini. Duduk samping Mama,” Mama memanggil Salim yang baru melepas sandalnya. Salim keheranan dan masih tetap berdiri seperti patung yang tak ingin beranjak dari depan pintu rumah. Mama tetap memanggil Salim. Mama berdiri seraya membujuk Salim untuk mengikuti ritual hari itu.

Ahhh, ada apa ini, Mama? Tidak mau saya,” Salim menolak dan terlihat bingung serta masih tak beranjak dari tempatnya. Mama bangun dan memegang tangan Salim untuk ikut bersamanya. Salim pun pasrah untuk duduk di sebelah dukun tersebut, walau dengan muka yang benar-benar tak sedap untuk dipandang. 

Salim hanya bisa diam mengerutkan muka dan dahinya seperti mentimun keriput yang sudah hampir busuk kemakan waktu. Dengan berbagai doa yang dilantunkan, dukun itu sesekali mengucapkan beberapa kalimat yang tidak kami pahami. Mulutnya komat kamit tak karuan dengan mantra mujarabnya. Entah apa yang diucapkannya. Hampir 20 menit ritual yang diniatkan untuk mengusir roh jahat itu berlangsung. Dengan berbagai bacaan yang dilantunkan oleh dukun, Salim malah makin kebingungan dan makin tidak betah berlama-lama duduk di sebelah sang dukun.

Salim masih tidak menyangka kalau pikiran-pikiran primitif seperti itu masih dilakukan dizaman ordebaru saat itu. Hingga akhirnya ritual pun selesai. Salim beranjak dari tempat duduknya.

“Apa-apaan ini? Kayak orang tidak punya Tuhan saja. Kenapa percaya sama beginian, hah? Sebenarnya saya yang gila apa orang-orang ini?” kata Salim dengan kesal dan langsung pergi. Mama berusaha menjelaskan ke Salim namun ia langsung pergi tanpa mempedulikan kami. Sebenarnya kami memiliki jalan pikiran yang sama. Keluargaku memang tidak percaya akan hal-hal seperti itu, karena kami memiliki keyakinan yang kuat akan sang Pencipta. Namun, untuk memuaskan keinginan dan rasa penasaran para tetangga dengan kenakalan Salim,  sehingga terlaksanakanlah ritual itu.

            Hari demi hari telah berlalu setelah ritual pengusiran roh jahat yang diduga bersarang di tubuh Salim terlaksana. Semua tetangga jadi penasaran, apakah ada perubahan yang terjadi pada Salim ketika sudah selesai dilakukan ritual yang dianggap pengusiran roh jahat itu?Apakah benar roh jahat di tubuh Salim sudah hilang apa masih ada? Demikianlah pikiran-pikiran yang bersarang di otak beberapa tetangga yang masih percaya akan hal gaib seperti itu. Alhasil, ternyata sifat dan kelakukan Salim sama sekali tidak berubah setelah dilakukannya ritual tersebut. Salim masih saja sering marah-marah dan mengamuk. Kenakalannya tidak ada yang berubah. Mulai hari itu tidak ada lagi yang mempercayai kalau dalam tubuh Salim bersarang roh jahat maupun jajaran setan lainnya. Salim nakal tidak ada hubungannya dengan pikiran primitif orang-orang yang mengatakan bahwa Salim kerasukan roh jahat.

Zaman yang serba canggih. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang serba maju, namun masih ada saja yang mempercayai hal-mistik seperti itu.

**********************************************

Beberapa minggu setelah malam ritual, Salim jadi jarang keluar kamar. Dia hanya mengurung dirinya dalam kamar. Masih banyak orang yang mengatakan kalau kenakalan Salim selalu berlebihan. Suka marah-marah, merusak barang, membanting barang jika marah, membentak, pulang malam hanya untuk kepentingan bermain, serta keingintahuan yang besar untuk mengotak atik barang terutama barang elektronik.

Takkk… takkk… tukkk… brukkk… hampir setiap malam kudengar suara itu yang berasal dari dalam kamar Salim. Aku benar-benar penasaran dengan apa yang terjadi. Aku hanya mengkhawatirkan keadaannya. Ya, walaupun kakakku yang satu ini sangat amat menyebalkan karena setiap hari ½ uang jajanku selalu dipalaknya. Uang jajan yang kudapatkan dari Mama Rp 400,00 Jadi, tiap hari yang ada di saku sekolahku hanya Rp 200,00. Sisanya raip sudah berpindah ke saku Salim. Rp 200,00? Cukup beli apa ini kalau dizaman sekarang? Bentuknya pun mungkin sudah jarang ditemui. Tapi jangan salah, 200 ini masih banyak manfaatnya saat aku SD. Aku bisa membeli coki-coki, es, dan tuli-tuli maupun ubi goreng.

Sikap Salim yang semena-mena padaku tidak pernah kuadukan pada Mama. Semuanya hanya bisa kupendam sendiri. Tahu sendiri kalau Salim sudah marah. Barang-barang yang tidak bisa terbang, jadi bisa melayang olehnya. Barang-barang yang masih bagus tertata jadi berantakan karenanya. Barang-barang yang masih berfungsi dengan baik, bisa rusak sekejap jika disentuhnya. Kadang kupikir, kayaknya dia anak pungut dari mamaku. Dia jauh berbeda dengan kami. Apa mungkin dulunya dia tertukar di RS, ya? Husss… pikiranku mulai mengada-ngada.

Brukkk… Brukkk… Suara itu lagi-lagi mengagetkanku. Hampir tiap malam aku mendengar suara seperti itu, seperti barang-barang yang berjatuhan di dalam kamarnya. Aku semakin penasaran, sebenarnya apa yang dia lakukan setiap malam di kamarnya. Besok kuniatkan untuk tahu apa yang sedang dia lakukan.

 

Kukuruyuuu…”

Bunyi ayam berkokok Subuh itu. Seperti biasa, Mama membangunkan kami untuk sholat Subuh. Dan lagi-lagi Salim yang sangat sulit untuk dibangunkan. Dia kan seperti kelelawar yang disaat orang-orang tidur dia masih beraktifitas dan disaat orang bangun dia masih terlelap.

“Nak, bangun, Nak. Sholat dulu,” Mama mengetuk pintu kamar Salim.

“Iya, Ma… Nanti dulu,” suaranya terdengar seperti orang mabuk.

1 jam kemudian Mama kembali membangunkan Salim.

“Nak, bangun… ke sekolah. Kamu ga sekolah, ya, hari ini? 20 menit lagi jam 07.00,” seperti biasa Mama mengetuk pintu kamar Salim dengan sangat perlahan. Mama memang manusia tersabar dan terlembut yang pernah kutemui.

Krekkk… Suara pintu Salim berbunyi. Ia membuka pintunya.

“Mama kenapa baru bangunkan saya jam segini?” Salim membuka pintunya dengan mendobrak lebar. Ia panik karena sudah telat ke sekolah. Aku pun mulai beraksi. Niatku pagi ini adalah disaat Salim keluar dari kamar, aku berniat melihat isi dalam kamarnya. Apa yang dia lakukan beberapa hari ini adalah pertanyaan besarku.

Surprice… Ada baskom berisi air. Baskom berisi air? Untuk apa ini? Airnya nampak keruh. Buku pelajaraannya pun berserahkan di lantai. Bukan cuman itu saja. Ada radio rusak milik keluarga kami di dalam kamarnya. Radio usang itu sudah lama tak terlihat. Kupikir telah lenyap, walaupun kini radio itu sudah tak berwujud layaknya radio. Radio yang telah berubah wujud menjadi puing-puing rongsokan. Kulihat di sekeliling radio itu ada tang serta obeng. Sepertinya Salim yang telah membedah radionya. Apa yang ingin ia lakukan dengan radio usang ini? Apa ia ingin menyaingi kepopuleran C.Marconi si penemu radio pertama? Radio ini tidak akan bisa berputar seperti sediakala. Radio ini sudah pernah dibawa Almarhum Bapak ke teknisi untuk di-service, tapi hasilnya nihil.

“Ada-ada saja tingkahmu, Bau e,” aku  menggelengkan kepala.

 “Ko lagi apa di depan kamarku?” suara Salim mengagetkanku dari belakang.

“Ti… tidak apa-apa. Tadi saya cari bukuku. Mungkin keserempet di tempatmu to,” aku mencari alasan sambil tersenyum gugup.

“Otakmu memang tidak pernah dipake. Mana bisa bukumu itu jalan sendiri ke kamarku. Sanaaa… sanaa!”Salim menyingkirkan aku dari depan kamarnya.

Aku pun pergi meninggalkannya sambil menggerutu tak jelas.

 

Tags: twm18

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (9)
  • iinazlah

    Mantaap

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • enhaac

    @dede_pratiwi

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • dede_pratiwi

    Wah ceritanya keren. Setting dan penokohanya kuat. Fighting...

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • mubarok

    @Nhana nice

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • mubarok

    Mantap. its totally different.
    easy to read. easy too understanding
    enak di baca. alur cerita ok

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • yurriansan

    Suka ????

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • Kang_Isa

    Halo, Indy. Ceritanya cukup menarik. Cuma di narasi awal, kayaknya kepanjangan. Bisa dipadatakn lagi. Untuk tahap pengenalan awal tokoh, memang bagus dengan narasi seperti itu. Hanya alangkah baiknya enggak terlalu melebar dari awal pengenalan tokoh. Kalau dari segi tanda baca, sudah bagus. Alur dan plotnya juga dapet. Itu aja dariku, ya. Salam semangat.

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • desioctav

    Ceritanya oke, bisa ngebawa pembacanya masuk ke cerita tersebut jadi kaya ngebayangin situasinya hehehehe
    Bahasanya juga gampang di ngerti . Semoga bisa jadi penulis terkenal yaaa....

    Comment on chapter BAB 1 : Colorful Life
  • Nhana

    So sad..
    Jdi inget teman kuliah aku dulu, yg dari kecil udh ditggal Bapakx pergi ke surga.
    Mamanya tegar bget besarin anak2x..
    Miss u teman seperjuangan, salam syg buat mama disana.

    Comment on chapter Surat untuk belahan jiwa ibuku
Similar Tags
Strawberry Doughnuts
537      361     1     
Romance
[Update tiap tengah malam] [Pending] Nadya gak seksi, tinggi juga kurang. Tapi kalo liat matanya bikin deg-degan. Aku menyukainya tapi ternyata dia udah ada yang punya. Gak lama, aku gak sengaja ketemu cewek lain di sosmed. Ternyata dia teman satu kelas Nadya, namanya Ntik. Kita sering bertukar pesan.Walaupun begitu kita sulit sekali untuk bertemu. Awalnya aku gak terlalu merhatiin dia...
Koma
15875      2667     5     
Romance
Sello berpikir bisa menaklukkan Vanda. Nyatanya, hal itu sama halnya menaklukkan gunung tinggi dengan medan yang berbahaya. Tidak hanya sulit,Vanda terang-terangan menolaknya. Di sisi lain, Lara, gadis objek perundungan Sello, diam-diam memendam perasaan padanya. Namun mengungkapkan perasaan pada Sello sama saja dengan bunuh diri. Lantas ia pun memanfaatkan rencana Sello yang tak masuk akal untuk...
Benang Merah, Cangkir Kopi, dan Setangan Leher
197      157     0     
Romance
Pernahkah kamu membaca sebuah kisah di mana seorang dosen merangkap menjadi dokter? Atau kisah dua orang sahabat yang saling cinta namun ternyata mereka berdua ialah adik kakak? Bosankah kalian dengan kisah seperti itu? Mungkin di awal, kalian akan merasa bahwa kisah ini sama seprti yang telah disebutkan di atas. Tapi maaf, banyak perbedaan yang terdapat di dalamnya. Hanin dan Salwa, dua ma...
Letter hopes
803      452     1     
Romance
Karena satu-satunya hal yang bisa dilaukan Ana untuk tetap bertahan adalah dengan berharap, meskipun ia pun tak pernah tau hingga kapan harapan itu bisa menahannya untuk tetap dapat bertahan.
JUST A DREAM
819      380     3     
Fantasy
Luna hanyalah seorang gadis periang biasa, ia sangat menyukai berbagai kisah romantis yang seringkali tersaji dalam berbagai dongeng seperti Cinderella, Putri Salju, Mermaid, Putri Tidur, Beauty and the Beast, dan berbagai cerita romantis lainnya. Namun alur dongeng tentunya tidaklah sama kenyataan, hal itu ia sadari tatkala mendapat kesempatan untuk berkunjung ke dunia dongeng seperti impiannya....
One Step Closer
1924      777     4     
Romance
Allenia Mesriana, seorang playgirl yang baru saja ditimpa musibah saat masuk kelas XI. Bagaimana tidak? Allen harus sekelas dengan ketiga mantannya, dan yang lebih parahnya lagi, ketiga mantan itu selalu menghalangi setiap langkah Allen untuk lebih dekat dengan Nirgi---target barunya, sekelas juga. Apakah Allen bisa mendapatkan Nirgi? Apakah Allen bisa melewati keusilan para mantannya?
Peringatan!!!
1913      819     5     
Horror
Jangan pernah abaikan setiap peringatan yang ada di dekatmu...
Di Balik Jeruji Penjara Suci
10096      2134     5     
Inspirational
Sebuah konfrontasi antara hati dan kenyataan sangat berbeda. Sepenggal jalan hidup yang dipijak Lufita Safira membawanya ke lubang pemikiran panjang. Sisi kehidupan lain yang ia temui di perantauan membuatnya semakin mengerti arti kehidupan. Akankah ia menemukan titik puncak perjalanannya itu?
The Black Envelope
2375      834     2     
Mystery
Berawal dari kecelakaan sepuluh tahun silam. Menyeret sembilan orang yang saling berkaitan untuk membayarkan apa yang mereka perbuatan. Nyawa, dendam, air mata, pengorbanan dan kekecewaan harus mereka bayar lunas.
Apakah Kehidupan SMAku Akan Hancur Hanya Karena RomCom?
3185      931     1     
Romance
Kisaragi Yuuichi seorang murid SMA Kagamihara yang merupakan seseorang yang anti dengan hal-hal yang berbau masa muda karena ia selalu dikucilkan oleh orang-orang di sekitarnya akibat luka bakar yang dideritanya itu. Suatu hari di kelasnya kedatangan murid baru, saat Yuuichi melihat wajah murid pindahan itu, Yuuichi merasakan sakit di kepalanya dan tak lama kemudian dia pingsan. Ada apa dengan m...