Read More >>"> Kala Saka Menyapa (Saka Draka Emerladie) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Kala Saka Menyapa
MENU
About Us  

Jadi benar ya sekali umur bertambah maka berkali-kali lipat masalah pun tumbuh?

Aku merasa ingin kembali dimana bebanku hanya tentang berebut boneka berbie dengan Camil.

Semudah itu, tinggal pamerkan air mata, jeritkan tangis, masalahku beres. Ayah membelikan barbie baru, atau nanti ibu yang memaksa Camil mengalah.

Tapi ya ini perbedaannya sekarang dan dulu. Durasi waktu seakan mengujiku kuat atau tidak, semesta pun terus bersaksi, membisu tanpa membantu.

"Lo ngerti first impression gak sih,Ra?" greget Sisca.

"Cuma mau survei aja kan? Enggak bakal langsung magang hari ini? Jadi santai aja, gak usah ribet deh." malasku memasuki gedung bertingkat tinggi.

"Ya tetep aja kita harus keliatan antusias walau cuma pengenalan lingkungan." oceh Sisca. "Dapet materi tentang grooming dan wiraga- wiraga itu kan?"

Aku memintonkan raut lesu. "Saka, Sis."

"Saka?" tanya balik Sisca. "Kenapa dia?"

"Gue sebel sama dia!" emosiku mengingat segala penuturan Chelsea kemarin.

"Kenapa emang? Oh," Sisca membulatkan matanya sesudah menerka-nerka apa yang terjadi antara aku dan Saka. "Saka udah ubrak-abrik lo ya, dia mainnya hebat kan? Lo pasti puas."

Astagfirullah, tidak heran sih jika otaknya berspekulasi seperti itu. Kebanyakan makan micin, secara hobinya jajan otak-otak, basreng begituan. "Bukan itu!"

"Terus apa?" tanyanya sambil menebak-nebak lagi. "Oh, apa jangan-jangan Saka itu ayah dari Samella? Kayak drama-drama gitu, Ra. Kita cari kemana-mana eh tahunya dia yang di dekat kita. Ujug-ujug gitu, Ra."

"Kebanyakan nonton drama lo. Pacarku mantan suami teman ibuku,  Aku dinikahi cucu dari ayahku." kataku menyebut judul-judul sinetron  yang ngawur.

"Tapi beneran tahu Ra. Lo kan bilang si Saka itu aneh, dia mendadak ngedeketin dan tahu tentang lo segala. Bisa aja dia itu pernah ada di masa lalu lo." pendapatnya.

"Dia orang terniat yang mau masuk hidup gue. Kata Chelsea gue udah diincar Saka dari dulu makanya Saka tahu tentang gue." curhatku padanya.

Sisca membulatkan mata. "Serius?"

Sedikit ragu aku mengangguk. Sisca  minim berekspresi. Aneh rasanya secara Sisca ini riangnya kelewat batas, mulutnya juga bawel tiada henti.

Entah mungkin dia ketempelan setan di gedung ini atau apa tapi dia begitu asing. Sisca beraut terkejut, air liurnya meneguk susah. Matanya mengerjap-ngerjap beralih dari satu sisi mengarahku.

"Ra, apa ini ada hubungannya sama Same?" tanyanya buatku bingung.

"Ngomong apa sih lo? Kita lagi bahas Saka kok larinya ke Same!" beteku.

Sahabat orokku masih pelit ekspresi, dia kokoh mempertahankan kecengoannya. Sekilas tangannya menunjuk satu ruangan.

Di sisi itulah tulisan 'Saka Draka Emerladie' tertera. Pada sebuah pintu coklat muda.

"Dia ayah Samella, Ra." yakinnya lagi.

"Lo emang udah enggak waras sih Sis!" desisku. "Enggak mungkinlah."

"Kata lo Saka udah ngincer lo dari dulu. Lo tahu alesannya kan?" tanya Sisca serius. "Karena dia ayah Same. Dia mau bertanggung jawab, Ra. Makanya dia gencar nyari tahu tentang lo, ngincer lo dari dulu."

Astagfirullah. Apa benar ini sebuah realita? Bukan sedang di alam mimpi? Sumpah, ini seperti kisah klasik yang banyak unsur kesengajaannya, terlalu dibuat-buat hingga mudah ditebak.

.

.

.

***

Hidup ini tentang apa yang sedang terjadi dan sudah terjadi. Di dalamnya ada kisah yang mungkin berbekas dan kemudian dinamakan kenangan.

Katanya kenangan itu awal dari sebuah rindu. Kita bisa rindu karena pernah bersama membingkainya.

Ada tawa manis melapisi. Tak aneh bila seseorang mengatakan indah. Ya, rindu itu indah. Tak seberat yang dipikir.

Tapi terkadang kita lupa pada kenangan buruk. Adakah yang rindu bila tentang masa terpuruk?

"Selamat mengemban tugas baru." itulah awal dari semuanya terjadi.

Entah berkah atau jadinya musibah, ibu dan ayah sama-sama dipindahkan tugas dengan posisi lebih tinggi.

Tahu bukan jika posisi meninggi, maka tugas pun menggunung. Imbasnya jelas mengena aku dan Camill.

"Gue tahu caranya bahagia kayak dulu. Ayok, ikut gue." ajak Camil dahulu kala.

Gerbang menuju kebebasan mulai diselami bahkan memberi kepuasan. Aku terperosok hingga terlanjur nyaman di dalamnya.

Hanya dengan meneguknya sebotol, kesenanganku membumbung tinggi, dunia khayalku berfantasi memberi hidup yang lebih baik.

Bayangkan dengan bermodal tetap bertahan di tempat itu aku bisa ditemani banyak orang. Dipeluk-peluk, diperlakukan manja, dicium mesra hingga ditiduri dengan efek luar biasa bahagia.

"Camill sudah bukan lagi gadis, Yah." satu kalimat yang kemudian menghentak sanubari ayah dan ibu. "Camil sudah tidak suci lagi, Camil pengen mati aja jadinya."

"Aku tidak mau sekolah lagi, perut ini semakin membesar, Yah. Malu sama teman sekolah." penyesalanku menjadi penyesalan orang tuaku juga.

Dari situlah semuanya hancur. Lewat kehancuran, titik balik pemikiran akhirnya tiba. Bukan lagi harta yang diutamakan, melainkan keutuhan keluarga.

"Andai dulu kita bersyukur, Bu. Tidak terlalu terobsesi pada harta dan tahta. Mungkin semuanya akan baik." sesal ayah pada ibu.

"Iya bener Yah. Penyesalan emang datangnya selalu belakangan." pilu ibu seraya menyeruput teh hangatnya.

Nostalgia terharam bagiku, tapi ayah dan ibu belum juga paham. Mereka masih sering membawanya ke permukaan, membuatku mau tidak mau ikut pula tenggelam.

Aku menutup laptop, mencukupkan tugas. Informasi mengenai tempat magang dan segala yang berkaitan sudah ku rangkum.

Tinggal enyah saja ke kamar dan menghapalnya, takut-takut akan ditanyakan saat magang nanti.

"Bibun kok pergi?" tahan Same yang baru datang bergabung. Rona sumeringahnya sedikit lunturkan lara  ayah dan ibu.

"Di sini dulu." pintanya.

"Apa sih Same? Banyak tugas nih." ketusku merasa sebal.

"Bibun enggak malam mingguan?" tanyanya. "Ditinggal papah usaha udah kayak ibu toyib aja ya Bib? Berasa jomblo, kesepian."

Menganga sempurna. Waw rasanya, Samella sekecil itu sudah mengenal malam minggu, ibu toyib dan jomblo?

Apa ini karena kesalahanku? Terlalu sibuk kuliah dan sekarang berlanjut magang membuat Samella dibiarkan tumbuh bebas bersama lingkungan yang seadanya.

Kurang didikan. Ayah dan Ibu  nyatanya tidak berperan penuh dalam mengawasi, mereka bekerja dan Samella dititip bibi yang selalu membawanya berinteraksi di lingkung perkomplekan.

"Same punya temen baru, dia ganteng Bibun. Nanti Same boleh main kan sama temen Same? Malam mingguan gitu Bib." nyelenehnya.

"Ngeri, turunan dari papahmu pasti." komentarku berdesis pelan.

Sama halnya sepertiku, Ibu melongo menatap tak percaya. Beliau mati kata saat Same mengalihkan izinnya pada ibu.

Sementara ayah lebih kalem merenungkannya. Bukan, sepertinya ayah tidak sedang mengupas topik yang sama.

Terbukti dengan matanya yang sesekali terpaku menatap judul tulisan di pangkuanku.

"Emerland Dieksparta Coorperation." eja ayah.

Ibu terkejut mendengarnya. "Tempat magang Camil di Amerika kan?"

"Kamu gak bilang bakal magang di satu company yang sama seperti kakakmu, Ra." ungkap ayah.

"Kara males kalo bilang. Nanti ayah sama ibu nginget-nginget yang lalu. Bikin galau." kataku.

Ibuku entah bertujuan seperti apa, dia bergeser pindah kedudukan mendekatiku.

Samella dibiarkannya kebingungan. Ibu lebih fokus mengelus rambutku, membisikan sesuatu.

"Tuhan kiranya udah jawab doa kita. Ini satu jalan buat cari tuan yang kakakmu maksud." tenang ibu. "Emerland company itu pemiliknya Emerladie family. Kakakmu sempat bercerita sedikit tentang asal-usulnya. "

Oke, tidak salah kok jika keningku menaut bingung. Ada kesal kemudian. "Kenapa Ibu enggak bilang dari awal. Mungkin aku akan lebih mudah mencari kalo udah ada titik jelasnya."

"Ibu kira kamu udah tahu. Bukannya Camill cerita pas ada kamu juga? kalo dia emang berasal dari keluarga Emerladie, kakakmu juga pernah bertemu sekilas sebelumnya di company itu?" cerita Ibu.

Iya, emang aku lupa. Otakku tidak cukup ruang untuk mengingat jika terus ditekan-tekan. Ayah kan selalu nekan aku agar segara menemukannya.

Dan gilanya Saka, jika benar dia yang jadi ayahnya Same harusnya dia bilang saja. Jangan membuatku harus ketar-ketir mencarinya padahal dia ada di dekatku.

Karena aku dulu mabuk, jadi tidak tahu. Yang paham kan Saka, jadi dia yang salah. 

How do you feel about this chapter?

0 0 1 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Cinta dibalik Kebohongan
730      496     2     
Short Story
Ketika waktu itu akan datang, saat itu kita akan tau bahwa perpisahan terjadi karena adanya sebuah pertemuan. Masa lalu bagian dari kita ,awal dari sebuah kisah, awal sebuah impian. Kisahku dan dirinya dimulai karena takdir ataukah kebohongan? Semua bermula di hari itu.
Raha & Sia
2602      1056     0     
Romance
"Nama saya Sia Tadirana. Umur 17 tahun, siswi kelas 3 SMA. Hobi makan, minum, dan ngemil. Sia nggak punya pacar. Karena bagi Sia, pacaran itu buang-buang waktu." *** "Perkenalkan, nama saya Rahardi. Usia saya 23 tahun, seorang chef di sebuah restoran ternama. Hobi saya memasak, dan kebetulan saya punya pacar yang doyan makan. Namanya Sia Tadirana." Ketik mereka berd...
Wedding Dash [Ep. 2 up!]
2630      996     8     
Romance
Arviello Surya Zanuar. 26 tahun. Dokter. Tampan, mapan, kaya, dan semua kesempurnaan ada padanya. Hanya satu hal yang selalu gagal dimilikinya sejak dulu. Cinta. Hari-harinya semakin menyebalkan saat rekan kerjanya Mario Fabrian selalu mengoceh panjang lebar tentang putri kecilnya yang baru lahir. Juga kembarannya Arnaferro Angkasa yang selalu menularkan virus happy family yang ti...
Drifting Away In Simple Conversation
262      179     0     
Romance
Rendra adalah seorang pria kaya yang memiliki segalanya, kecuali kebahagiaan. Dia merasa bosan dan kesepian dengan hidupnya yang monoton dan penuh tekanan. Aira adalah seorang wanita miskin yang berjuang untuk membayar hutang pinjaman online yang menjeratnya. Dia harus bekerja keras di berbagai pekerjaan sambil menanggung beban keluarganya. Mereka adalah dua orang asing yang tidak pernah berpi...
Konspirasi Asa
2146      684     3     
Romance
"Ketika aku ingin mengubah dunia." Abaya Elaksi Lakhsya. Seorang gadis yang memiliki sorot mata tajam ini memiliki tujuan untuk mengubah dunia, yang diawali dengan mengubah orang terdekat. Ia selalu melakukan analisa terhadap orang-orang yang di ada sekitarnya. Mencoba untuk membuat peradaban baru dan menegakkan keadilan dengan sahabatnya, Minara Rajita. Tetapi, dalam mencapai ambisinya itu...
Teater
18668      2739     3     
Romance
"Disembunyikan atau tidak cinta itu akan tetap ada." Aku mengenalnya sebagai seseorang yang PERNAH aku cintai dan ada juga yang perlahan aku kenal sebagai seseorang yang mencintaiku. Mencintai dan dicintai. ~ L U T H F I T A ? Plagiat adalah sebuah kejahatan.
Got Back Together
297      245     2     
Romance
Hampir saja Nindyta berhasil membuka hati, mengenyahkan nama Bio yang sudah lama menghuni hatinya. Laki-laki itu sudah lama menghilang tanpa kabar apapun, membuat Nindyta menjomblo dan ragu untuk mempersilahkan seseorang masuk karna ketidapastian akan hubungannya. Bio hanya pergi, tidak pernah ada kata putus dalam hubungan mereka. Namun apa artinya jika laki-laki hilang itu bertahun-tahun lamanya...
Journey to Survive in a Zombie Apocalypse
1187      552     1     
Action
Ardhika Dharmawangsa, 15 tahun. Suatu hari, sebuah wabah telah mengambil kehidupannya sebagai anak SMP biasa. Bersama Fajar Latiful Habib, Enggar Rizki Sanjaya, Fitria Ramadhani, dan Rangga Zeinurohman, mereka berlima berusaha bertahan dari kematian yang ada dimana-mana. Copyright 2016 by IKadekSyra Sebenarnya bingung ini cerita sudut pandangnya apa ya? Auk ah karena udah telan...
Power Of Bias
1048      600     1     
Short Story
BIAS. Istilah yang selalu digunakan para penggemar K-Pop atau bisa juga dipakai orang Non K-Pop untuk menyatakan kesukaan nya pada seseoraang. Namun perlu diketahui, istilah bias hanya ditujukan pada idola kita, atau artis kesukaan kita sebagai sebuah imajinasi dan khayalan. Sebuah kesalahan fatal bila cinta kita terhadap idola disamakan dengan kita mencitai seseorang didunia nyata. Karena cin...
For One More Day
433      296     0     
Short Story
Tentang pertemuan dua orang yang telah lama berpisah, entah pertemuan itu akan menyembuhkan luka, atau malah memperdalam luka yang telah ada.