Nol
{Epilog}
Kaki ini tak henti bergetar saat berjalan sembari membawa buket bunga tulip yang baru gua beli di toko kesukaan lo. Perlahan,gua menekuk lutut diatas tempat peristirahatan lo yang terakhir, penuh dengan rumput – rumput kecil yang mulai tumbuh.
Di ulang tahun lo yang ke 22 tahun, gua datang dengan membawa surat surat yang lo tulis dulu dalam bentuk notes. Inget kan?. Selalu gua simpan, dan gua bawa. Tulisan demi tulisan yang lo buat menjadi suatu kenangan tersendiri dan membuat gua selalu merasakan ada lo disini.
Jika ada satu kata yang akan gua sampaikan, lo bakal dengar gak?
“Maaf”
Itu aja.
Mungkin ini adalah air mata pertama gua yang jatuh karena seseorang. Itu lo.
Penuh dengan harap, lo bakal kembali disisi gua seperti waktu itu. Walau itu mustahil
-Satu-
MOYA
“AAAAA…,!!!” Teriak gue dari kamar yang hampir saja membuat Bibi Maira –Pembantu gue- kena serangan jantug kesekian kalinya.
Tiba tiba pintu kamar terbuka ,“Ya Gusti, kenapa lagi Non,?”
“Ehehehe gapapa Bi, ini artis korea cakep noh Bi, gakuat Moya liat nya,” Jawab gue sambil nyengir “Sini Bi, liat dah,” Bibi akhirnya duduk di kasur dan melihat monitor laptop gue berisi kan para cogan cogan korea yang sedang nge-dance dengan fleksibel nya, dan Bibi yang tepat disamping gue hanya bisa melongo dan melihat disetiap gerakan dance secara detail. Weh kalah gue sama Bibi.
“Duh Non, muka nya mulus mulus pisan ya, gak nahan Bibi juga, itu muka dipoles atau digosok pake apaan dah? Mau ah Bibi mukanya bisa bersih kinclong gitu,” Gue yang denger Bibi ngomong kayak gitu cuma bisa guling guling ngakak, seorang Bibi berumur ya sekitar 42 Tahun melihat Boyband korea sampai segitunya.
“Hahaha Bibi bisa aja,”
“Yaudah, Bibi mau lanjut masak, kalau liat begituan mulu sampai besok gabakal selesai Non,”
“Siap Bibi” Kata gue sambil mengacungkan jempol.
Oh iya belom kenalan sama gue ya? Hehehe gapenting juga si.
Nama gue Moya Indri Prameswari, umur 16 Tahun dan belum tua tentunya, sekarang udah kelas 11, tinggal di Bandung dan punya rencana akan pindah ke Jakarta gara gara satu keluarga ditugasin disana, penggemar K-Pop nomor satu, intinya jangan usik gue kalau lagi ngeliat bias. And BTW tadi adalah Bibi gue, namanya Bibi Maira, udah gue anggep sebagai temen sendiri, gila gak sih? Umur udah kepala 4 masih gue anggep temen. Itu karena dia selalu dengerin curhat gue, kadang juga jadi bahan lucu – lucuan gue kalau lagi badmood ,dengan wajah polosnya Bibi selalu mengungkapkan kalimat dengan aksen sunda nya yang membuat percakapan menjadi tambah lucu.
Rencana pindahan rumah gue sekitar 2 minggu dari sekarang, atau UAS semester 1 dikelas 11 ini kelar, sebenernya gue sih gak mau pindah, gue udah PW banget sama yang namanya sekolah itu, rasanya gak mau ninggalin kenang kenangan sama sahabat gue disana. Apa si lebay banget lu Moy. Ya karena tuntutan pekerjaan orang tua, gue terpaksa pindah ke Jakarta.
********
MOYA
Alarm hp emang gak pernah mempan buat bangunin gue dalam mimpi, udah banyak cara yang gue coba biar bisa bangun sendiri tanpa bantuan Bibi lagi, namun semua itu nihil dan tak akan pernah terjadi, kecuali gempa kekuatan 9,8 Skala Ritcher yang dapat membangunkan gue. Dih amit amit dah kalau sampe ada gempa.
“Ini makanan nya Non,” Bibi menyodorkan segelas susu dan 2 lapis roti.
“Mama kemana Bi?” Pandangan gue melihat sekitar ruangan, sepi, hanya Tv yang menyala dan suara pompa aquarium dekat kamar Bibi.
“Kayaknya dikamar Non, tadi si Ibu Boss besar pulang malem, istirahat mungkin ya,” Gue akhirnya tertawa lepas mendengar Bibi memanggil Mama dengan sebutan “Si Ibu Boss”, entah humor gue yang hancur atau bobrok, serius gue ngakak astaga.
“Non, Bibi minta video yang tadi malem dong, buat hiburan Bibi kalau bosen nih” Bibi memberikan flashdisk dengan kapasitas penyimpanan 8 GB, lantas gue ambil flashdisk dari tangan nya.
“Ihh Bibi udah tua masih cari brondong, itu Mang Urip nanti cemburu loh” Mang Urip adalah supir plus tukang kebon depan rumah gue, dia yang selalu nganter gue kemana pun dan kapan pun. Mang Urip sudah terikat cinta dengan Bibi Maira semenjak mereka berdua kerja disini, atau sering disebut dengan CINLOK (Cinta Lokasi), entah apa yang mereka pikirkan, gue selalu ngakak abis kalau ngeliat mereka berduan di taman depan rumah, dan mereka bakal bubar kalau Mama atau Papa dateng.
“Ih apaan sih Non,” Idih apaan sih Bi, dengan wajah polosnya, ia menunjukan sikap ngefly ketika gue bilang Mang Urip.
“Subhanallah Bi, inget umur,” Gue cuma bisa geleng geleng kepala sambil minum susu yang belum juga kunjung abis.
“Buruan atuh Non, udah jam setengah tujuh ini, ntar terlambat gimana ?” Gue tau, tujuan Bibi kayak gitu biar bisa nganterin gue kedepan rumah dan ketemu Mang Urip di depan. Dan gue bakal jadi lalat diantara percintaan dua makhluk abstrak ini.
Akhirnya pintu mobil gue tutup, tapi Mang Urip masih saja diluar mobil dengan Bibi, lantas gue ambil HP didalam tas dan siap merekam kejadian dan kemesraan dua makhluk ini dan bakal segera dipost Instagram story. Tak tahan melihat sebuah kemesraan yang akan terjadi lama bila tidak dihentikan, gue akhir nya menurunkan jendela mobil dengan perlahan dan berteriak.
“Mama.. eh udah bangun ya !!” Mereka berdua kaget dan langsung membubarkan diri masing masing, Hahaha, jahat gak si jadi PHO? Gapapa lah.
“Ih Non, ganggu aja”
“Mang Urip mah gak liat jam, udah jam 15 menit lagi jam tujuh loh,”
“Astaghfirullah, kenapa gak bilang dari tadi Non?” Pengen teriak boleh gak? Eh jangan, abis ntar suara gue.
Akhirnya sampe, pas banget, jam 7 kurang 5 menit.
“Aku masuk ya Mang,”
“Oke Non”
Didepan gerbang, gue disambut dengan Reno dan Syika, mereka bertiga adalah sahabat gue, sahabat yang sebentar lagi bakal gue tinggal pindah. Stop.. jangan nangis pagi – pagi
“Moya !!” Sahut Syika dan Reno bersamaan.
“Halu halu, lah tumben kalian berdua gak langsung ke kelas?”
“Nunggu Moya dong” Oke gue tau, pasti mereka bakal minta contekan PR, emang sih, gue penggemar korea, tapi soal tugas tugas sekolah gak bakal gue lewatin gitu aja, motivasi gue rajin belajar adalah, biar gue bisa ke korea dan ketemu para bias bias gue yang cakep Subhanallah.
“Najis, udah tau gue, mau liat PR kan?”
“Enggak” Ujar mereka kompak. Lah tumbenan amat?
“Lu gak mau cerita ke kita?”
“Cerita apaan? Horor? Please ya gue parno sama yang gituan,”
Tiba tiba Syika mendekat dan memeluk gue “Lu kenapa sih gamau jujur ke kita,” Gue setengah mati bingung, tadi kayaknya mereka biasa biasa aja dah, kok jadi gini, bingung gua serius.
“Hah cerita apa Syik?” Gue mengelus rambut Syika yang masih dalam pelukan gue.
“Lu mau pindah kan setelah selesai UAS? Kok lu gitu sih sama kita, kita udah jadi sahabat lo dari kecil, tapi kenapa lo tutupin gini,” Ok gue ngerti, ini masalah gue pindah ke Jakarta, sengaja gue gak ngasih tau mereka, dengan tujuan agar mereka gak terlalu sedih, tapi diluar ekspetasi, mereka justru lebih terlihat sedih ketika tau gue akan pindah.
“Aduh maaf ya Syik, Ren. Gue gak ada maksud buat tutupin itu, mungkin dengan cara gue ngasih tau ke lo berdua tentang gue pindah, kalian gabakal sedih” Gue yang sedari tadi berusaha untuk tidak mengeluarkan air mata, akhir nya turun juga dah, elah.
“Gapapa, yang penting kita udah tau, daripada sedih sedihan sebelum lo pergi. Mending habis ini kita pergi jalan jalan gitu siapa tau bisa terkenang gitu,” Kata Reno ke kami berdua. Oke jalan jalan, sedangkan minggu depan nya UAS, yaudah deh gapapa kalau gitu, yang penting mereka senang dan nanti ujung ujung nya mereka harus bahagia setelah gue pindah.
“Hmm ok oke,” Jawab gue dan menghapus air mata.
“Habis pulang sekolah, ok?”
“Iya” Jawab Syika
Diperjalanan menuju kelas, angin mulai berhembus menyapu daun daun di taman depan sekolah, kayaknya sih mau turun hujan lebat. “Hmm. Btw, ntar kalau kalian kangen video call aja nanti ya”
“Idiwwww Ge-er banget lu, ngapain kangenin lu” Cetus Syika dengan gaya alay nya. Eh kampret ya lu Syik, tadi lu misu misu meluk gue sambil nangis.
“Oh yaudah bagus ya, ntar kalau lu nelpon, gue gak akan angkat”
“Yailah canda Moy, hehe”
Kring kring kring !!!!
Bel sekolah bunyi tepat diatas kuping gue, fix telinga gue berasa ngiung ngiung
“Duh, gila ini bel sekolah, sakit kuping gue jadinya,”
“HAHAHA, sarapan pagi itu Moy,”
Masih dengan kuping gue yang ngiung ngiung akhirnya gue masuk kelas dan duduk ditempat kursi Nyai.
Akhirnya Pak Jaka guru fisika kelas 11 masuk, oke ini bakal jadi waktu paling membosankan dipagi hari, segala guru killer sih.
“Syika, Reno.. Denger gak bapak bilang apa? Ngobrol mulu,” Bentak Pak Jaka pada mereka berdua. Emang ya, mereka kalau pacaran emang gak tau waktu. Ya. Mereka pacaran, kebayangkan? Kalau mereka berdua lagi bareng, ya terpaksa gue bakal jadi nyamuk atau pun lalat dari mereka berdua. Gue memilih mereka sebagai sahabat bukan karena mereka berdua orang kaya atau apapun, gue milih mereka berdua sebagai sahabat karena mereka udah berjasa banget, mereka berdualah yang menolong gue saat terlambat dihari pertama masuk sekolah, kalau bukan karena itu, mungkin gue udah dicap sama orang-orang anak bandel. Hari pertama udah buat masalah, kan gila.
“Tolong mbak nya, jangan pacaran pas lagi pelajaran Pak Jaka ya,” Sahut gue dari depan kursi mereka berdua, tiba tiba ada tangan yang menoyor kepala gue dari belakang.
“Mbak nya jangan jadi pelakor (Perebut Laki Orang) ya..” Jawab Syika dari belakang. Eh kampret, ngapain gue rebut laki lu Syik, mending gue sama tempat pensil gue deh.
“Aduh dedek Moya gak denger,” Cetus gue dengan nada anak bayi sembari memeluk tempat pensil Gudetama yang dikasih sama tetangga gue.
“Jijik !” Jawab mereka kompak dan gue bales dengan muka cemberut.
Bel istirahat akhirnya berdering, inilah yang dinamakan “Nikmat Tuhan mana yang kau dustakan”. Ketika pelajaran membosankan akhirnya selesai. Gue, Syika and Reno langsung capcus ke kantin dan langsung memesan batagor Mang Japri, batagor yang paling enak dan murah yang pernah gue makan.
“Mang, biasa, tiga porsi, punya ku gak pakai saus yak,” Pinta gue, dan diacungkan jempol oleh Mang Japri.
“Eh lu pada mau beli minum apa? Gue mau Es Teh,” Tawar Reno yang bangkit dari kursinya.
“Gue samain deh” Jawab gue.
“Sama deh” Syika menyahut.
“Dih plagiat”
“Suka suka wee” Oke, gue dapet lidah dia lagi melet ke gue, its time to take gunting and potong potong lidah Syika become a slice like pizza. Murka gue.
Mang Japri akhirnya datang dengan 3 piring yang ia bawa bersama nampan, entah kenapa perasaan gue jadi gak enak gini. Mungkin ini bakal jadi makan batagor terakhir gue disini. I will miss it.
“Ini” Mang Japri menyodorkan 3 piring ke meja kami.
“Oke, makasih bang”
“Ehh gue mungkin bakal kangen kali ya dengan batagor ini,” Kata gue, Syika yang sedang melahap batagor tiba tiba berhenti dengan pose mulut yang masih terbuka dan batagor yang tersangkut dimulut nya. HAHAHA pengen nabok sih ngeliatnya.
“Ihh iya ya, lu sih ah pake segala pindah,”
“Ya mau gimana lagi”
“HEIIII” Tiba tiba Reno datang dari arah entah kemana, langsung membuat gue dan Syika kaget.
“Untung gue ga mati keselek batagor Reno !!” Bentak Syika.
“Uluhh maap sayang…” Oke gue melihat hal yang menjijikan depan gue, kalau bukan sahabat gue, gue udah ambil setruman dan setrum mereka berdua.
“Pliss deh, inget gak Friend’s Rules kita? Pasal pertama, dilarang mesra mesraaan depan Moya yang cantik ini,” Kata gue.
“Eh iya, lupa ada yang jomblo,” Jawab Reno.
“Cari kapelan gih Moy, lu ga bosen sendiri mulu?” Tanya Syika pada gue.
“Pacar? Gue ada, lagi di korea semua tapi, hehehe” Nyengir gue kayak kuda.
“Tuh, elu mah cuma selalu mengandalkan bias, bias itu beda loh sama kehidupan asli kita Moy, kalau bias hanya fantasi belaka sedangkan sekarang lo hidup di dunia nyata Moy, lo harus bisa bedain, apalagi.. itu kan “cinta” dan cinta itu bukan fantasi belaka Moy, cinta itu ada, dan nyata” Ujar Syika, iya sih bener juga ya, kalau gue selalu mengandalkan bias yang sering gue tonton di laptop bareng Bibi, bisa bisa gue nikah sama laptop dong? Ih amit amit.
“Hmm iya sih ya, bener juga,” Gue pasrah, kali ini Syika bener.
“Gimana kalau pas lu pindah ke Jakarta lu cari doi gih, denger denger nih katanya orang Jakarta cakep cakep, sapa tau lu minat,”
“Ihh apaan si, sebagai perempuan, biarkan dia yang deketin gue, gue mah ogah nyari.. entar dikira gue murah” Jawab gue.
“HAHAHA iya deh iya, yaudah gue tunggu doi lu nanti di Jakarta” Ujar Reno
Kring !
Bel jam istirahat selesai gaes, pas banget sama batagor gue abis. Dalam perjalanan menuju kelas, secara tak kasat mata gue liat Bu Lina – guru biologi- berjalan masuk dalam kelas. Reflex gue, Syika and Reno langsung lari daripada harus kena semprotan dari Bu Lina.
“Pagi semua !!!” Sapa Bu Lina. Aduh please deh bu, ini dah jam 11.
“Siang !!” Serempak semua menjawab itu, gue cuma bisa ngakak di belakang karena ekspresi Bu Lina yang kaget dan salting.
Biologi akhirnya selesai, dan hari ini adalah hari special karena kita semua pulang jam 1. Hmm, mungkin gue harus SMS Mang Urip kali ya?.
“Mang aku sama temen mau pergi yak, gausah jemput, ntar pulang sendiri”
“Yailah Non, bilang kek dari tadi”
“Lah kenapa mang?”
“Mang Urip dah di depan gerbang nih” Gue melihat keliling, and bener, mobil mang Urip ada didepan sekitar 40 Meter dari jarak gue berdiri.
“Hahaha yaudah Mang, pulang aja atuh,”
“Yaudah Mang Urip pulang ya Non” Akhirnya mobil hitam didepan pergi.
Entah apa yang gue pikirkan beberapa detik yang lalu, kenapa gue gak jalan ke depan mobil itu dan bilang langsung ke Mang Urip tanpa harus SMS-an. Oke pulsa gue berkurang 3000.
“Yuk, jadi kan?” Sahut Syika.
“Iya jadi,”
“Mau kemana? Ke taman jomblo aja kuy, banyak jajanan tau” Ujar gue. Sekaligus memberikan kode agar mereka berdua gak mesra mesra mulu depan gue.
“Yaudah deh, tapi emang boleh ya kalau udah punya pasangan masuk tanpa jombs?” Senggol Reno dengan Syika. Idih amit, geli gue.
“Ini kan judul jalan-jalan nya mau perpisahan karena gue mau ke Jakarta, ini kenapa gue terpojokan seperti ini ya, mbak nya” Ujar gue, Syika dan Reno hanya membalas senyum dan memeluk gue, yah elah, ini depan gerbang weh. Yah yaudah, yang penting mereka seneng dah.
“Ih canda doang Moya” Kata Syika masih dengan posisi meluk gue.
Diperjalanan gue cerita kenapa gue pindah ke Jakarta. Ya. Gue pindah ke Jakarta karena Bokap and Nyokap tugas, dan mungkin bakal lama, jadi gue harus ngikut pindah ke sana juga. Gakpapa asal Bibi and Mang Urip ikut mah gue capcus dah, and jangan lupain laptop gue yang memori nya habis gara gara bias. Ya, Bias.
“Ada cimol, mau gak?” Tawar Reno.
“Mau kalau lu yang bayar,”
“Santai, gue beli sama gerobaknya” Eleh Reno, lu beli air mineral yang gelas aja masih ngutang sama Mak Rin.
“Gaya lu Ren”
Akhirnya kita bertiga duduk disalah satu bangku dengan sebungkus cimol ditangan kita masing, dan gue duduk ditengah antara mereka, baru kali ini gue gak merasakan jadi nyamuk diantara mereka berdua, gue merasakan akan ada memori kuat setelah gue pindah nanti, gak ada yang kayak mereka,yang gak egois, selalu mengisi hari gue dan partner in crime gue. Canda tawa hari ini diselimuti dengan haru yang gak bisa gue ungkapkan disini, dan akhirnya waktu memisahkan gue dan mereka, its time to go home now.
“Oke its time to go home now” Ujar gue, gak tega sih sebenernya.
“Yeah I know it” Jawab Syika. Secara reflex gue peluk mereka sekuat kuat nya, bodo amat ini taman mau se-rame apa, gue bakal kangen kalian. Iya. Kalian yang selalu ada buat gue.
Suara kendaraan yang padat menemani gue sembari menunggu angkot menuju rumah datang, Reno dan Syika sudah balik duluan. Kalau ngomongin angkot, jadi flashback masa masa gue pertama kenal dengan Syika. Di angkot lah gue kenal dengan dia. Jadi, waktu itu ada anak SMP yang nge-rokok dalam angkot, ya gimana gak kesel, tapi apa boleh buat, gue mending diem dari pada bikin masalah satu angkot, akhirnya Syika masuk, dan mengambil gunting dari tempat pensil, secara frontal ia menggunting rokok yang masih nyangkut di mulut bocah itu. “Lu berhenti atau gue potong sama sekalian bibir lo” Hahaha, dia ngomong itu di angkot, sedangkan keadaan angkot terbilang ramai. Akhirnya bocah itu keluar. Semenjak kejadian itu, gue kenalan sama dia-syika.
“Hahaha canda tawa terisi diakhir akhir perpisahan kita kawan, terimakasih untuk semua yang telah kalian lakukan pada gue, jaga Syika ya Ren jangan bikin dia kecewa. Hehehe”
*********
Moya
“Bibi.. !!” Teriak gue dari kamar.
Prankkkkk
Wait? Suara pecah? Langsung lah gue lari kebawah.
Oh my God, tangan Bibi berdarah,
“Bibi.. Bibi gak papa?” Tanya gue panik, Ok. Gue nangis.
“Iya non Bibi gak papa, berdarah dikit kok” Apasih Bi, tangan nya sampe gabisa bergerak gitu. Akhirnya terpaksa gue ambil alat P3K dan membantu Bibi untuk berdiri dan mencuci darah nya.
“Sakit Non” Rintih nya saat gue menempelkan kapas yang udah gue oles dengan obat merah ke tangannya . Nangis gue makin menjadi.
“Bibi kok bisa jatuh sih?” Tanya gue yang masih tersedu nangis. Ga tega.
“Tadi Bibi denger Non teriak, Bibi kaget, lagi pegang piring. Yaudah jatuh deh Bibi nya” Ujar Bibi dengan senyum. Please deh Bi, Bibi lagi sakit begini masih bisa senyum? Ya Tuhan.
“Ihh bibi” Nangis makin menjadi hingga air mata gue jatuh tepat ke telapak tangan bibi “Maafin Moya Bi, Moya gak tau,”
“Gapapa atuh Non” Tangan yang udaah gue perban malah dibuat Bibi untuk mengusap air mata yang ada di pipi gue, duh Bibi.
“Udah Non keatas aja, beres beres barang atuh buat nanti pindahan” Gue mengangguk iya.
Lusa sudah waktunya ujian akhir semester 1, artinya sebentar lagi gue akan punya pengalaman baru dengan sekolah yang baru, gue berharap disekolah baru nanti bisa mendapatkan sahabat seperti Syika atau Reno.
Tok Tok Tok
“Dek, Mama udah dateng nih” Seru Mama dari luar pintu. Hadeh Mama, Moya juga udah tau kali.
“Duh siapa ya gak kenal” Canda gue, tanpa basa basi, Mama langsung masuk kamar dan membuat gue geli, Mama menggelitik paha gue.
“AHAHAHAHAHA geli Mah…”
“Biarin, kan kita gak kenal” Ucap Mama sambil terus membuat gue guling guling karena geli.
“HAHAHA canda Mah” Akhirnya Mama berhenti menggelitik paha gue sembari mengacak acak rambut gue. Aduh sakit perut gue ketawa mulu.
“Jadi gimana?”
“Hah? Jadi apaan Ma?” Tanya gue bingung.
“Yeuh ni anak, kan kita mau pindah, jadi gimana? Kamu ikut kan?”
“Iya ikut Ma” Gue mengangguk dan dibalas dengan senyuman dari Mama.
Setelah Mama keluar dari kamar, its time to ngebias. Entah dari kapan gue suka dengan Kpop, apalagi dengan salah satu boyband disana. Masih sama dengan pertanyaan Bibi yang masih tersangkut dipikiran gue dan sampai sekarang gue gak tahu apa jawabannya ‘Itu muka muka nya mulus amat ya, di gosok pake apaan sih?’.
“Emang ya, bias gue cakep banget,” Gumam gue pelan.
Tapi gue masih bingung apa yang dimaksud sama Syika, maksud nya kita gaboleh bikin sama antara cinta kita dengan idola dan cinta kita terhadap dunia nyata, bukan nya sama aja ya? Cuma cinta doang kok, dipermasalahin amat ya.
.Dua.
Moya
Jam 7 kurang 20 menit, seperti biasa, gue harus bergegas menuju sekolah. Mungkin hari ini sedikit berbeda. Hari ini UJIAN !!!, untung gue masih ada sedikit waktu buat belajar.
Kring Kring
Bunyi bel dua kali pertanda semua peserta wajib memasuki ruangan nya, sayang banget gue, Reno dan Syika gak satu ruangan, itu pasti udah di acak sesuai absen, haduh.
“Semua tas diletakkan kedepan” Semua murid dari kelas 10 sampai kelas 12 berjalan dengan membawa tas mereka kedepan, walau masih ada tuh kertas kertas kecil yang nyelip di bawah meja “Contekan”.
Kring Kring Kring
Bunyi bel 3 kali pertanda ujian bermulai. Ujian biologi menjadi ujian nomor 1 di UAS kali ini. Beberapa menit mulai berlalu, satu demi satu manusia dalam ruangan ini mulai meninggalkan ruangan ujian ini,entah mereka yang terlalu pinter dengan semua soal biologi yang amat sulit ini, atau mereka menggunakan jimat untuk menyelesaikan nya.
Apa kabar dengan gue yang baru mengerjakan 16 soal dari 30, ternyata bukan ujian olahraga doang yang bikin keringetan, ujian biologi pun yang gak pake fisik sama sekali berhasil membuat tangan gue basah dan lembab. Panik? Banget !! sisa waktu cuma tinggal 20 menit lagi, apa daya gue yang cuma bisa mengandalkan kekuatan dari Tuhan aja.
“Gimana biologi nya? Susah gak” Tanya Selfi temen satu ruangan gue yang baru saja selesai. Gak susah sel, tuh liat aja gue gak jawab beberapa soal.
“Cuma bisa pasrah sama yang diatas aja deh” Jawab gue tanpa semangat sambil nunjuk atas.
Entah Selfi stress atau dia agak miring, dia malah melihat keatas “Sama yang diatas? Genteng? Lu nempel contekan di genteng?” Gue yang liat kelakuan Selfi cuma bisa tepok jidat.
“Duh ni anak, dah minum obat lu?”
“Gue baru minum kiranti nih, boleh minum obat lagi emang? Kalau suruh minum obat gue mau, obat buat sakit hati”
Tepok jidat kepala Selfi.
“Eh sakit weh”
Di kantin akhirnya gue bisa bertemu Reno dan Syika.
“Heh” Tepuk gue dari belakang sampe Syika kaget.
“Kebiasaan kan”
“Gimana ? Biologi nya, mantap kan?” Ujar Reno sambil mengangkat jempol nya.
“Muantapp pak !!” Balas gue.
“Ini mas” Tiba tiba ada seseorang dengan membawa nampan berisi somay berada didepan kami bertiga.
“Sini aja pak, taruh disana” Perlahan piring yang semula ada diatas nampan pindah ke meja.
“Tuh makan, gak usah malu malu, Reno traktir” Kata Syika, sambil menujuk Reno dan dibalas dengan nyengir kuda dari dia.
“Lah? Tumbenan banget lo? Kesambet apaan? Kesambet ujian biologi?” Tanya gue.
“Jahat lu sama gue” Jawabnya sambil cemberut menjijikan. Hahaha
Kantin hari ini sedikit tampak sepi dan lenggang, mungkin sebagian dari penghuni kantin sedang belajar untuk ujian di jam berikutnya. Namun, kami bertiga mempunyai kepercayaan sendiri yang mengatakan bahwa, belajar satu jam sebelum ujian malah akan menghilangkan satu minggu hafalan yang telah kita pelajari. Sampai sekarang kami mempercayai nya. Maka dari itu kami pasti ke kantin, atau kalimat lain nya “Males Belajar”.
“Udah kuy ke ruangan masing masing”
“Iya nih, udah masuk” Ujar gue.
“Ok”
Kami bertiga pun berpisah di kantin, dan masuk ke ruangan masing-masing. Satu persatu siswa yang ada diluar masuk dalam ruangan sebelum bel ujian bunyi.
Kring Kring
It’s time for math
*******
Moya
Ujian semester 2 berakhir dalam satu minggu lebih, tinggal menunggu hasil dan remedial.
“Nama nama yang sudah ada di papan tulis silahkan membuat alat peraga belajar untuk kimia bab 3” Kata Bu Risa selaku guru kimia. Gue liat papan tulis dengan teliti sampai dua kali. YES !! Gak remedial.
“Reno, Syika lu remedial gak?”
“Remedial dong” Jawab Reno percaya diri. Dih seneng amat lu. Bukan Reno kalau kimia nya gak remedial, tapi jangan tanya ujian Matematika nya, karena dia adalah bapak Matematika dikelas gue.
“Lah seneng lu Remedial?” Tanya gue.
“Its me haha”
“Diem diem bae lu Syik?”
“Kok nama gue gak ada ya Moy? Aneh sih?” Jawab nya. Elu yang aneh Syika, orang mah seneng gak remedial, ini malah nyari nyari.
“Ya Tuhan, ini kenapa deh temen temen gue, yang satu seneng dapet remedial, yang satu lagi sedih gak dapet remedial” Ujar gue sambil acting doa.
“Enggak gitu, berarti gue pinter juga ya kayak lu Moy”
“Duh Duh Duh” Cetus gue sambil pegang kepala, yang membuat Syika dan Reno panik.
“Eh lu kenapa astaga??”
“Nge-fly” Jawab gue sambil nyengir. Mereka berdua langsung mendorong kepala gue sampai kepala gue jadi pusing beneran,
“Dasar, gue pites lu” Hampir aja jitakan Reno mendarat ke kepala gue.
“Hehehe ampun Mas nya”
“Eh, lu jadi kapan ke Jakarta nya?” Tanya Syika.
“Oh lu ngusir gue? Bye !” Jawab gue dengan bercanda, lalu pergi dan tertahan tangan Syika yang sigap. Persis seperti ekspetasi gue.
“Ih gue nanya please, alay ih lu”
“Hehehe biar kayak di drakor gitu, gue pergi trus ada yang nahan” Cetus gue “Kalau gak salah seminggu lagi deh Syik, knpa emang?”
“Gapapa sih” Jawab Syika, namun gue dapat melihat raut muka lu yang sedih Syik.
“Yakin?”
“Yakin Moya…” Syika memastikan dan nyubit pipi gue.
“Ih sakit”
Suara bising kendaraan mulai terdengar saat gue berjalan menuju depan gerbang untuk menunggu Mang Urip, tapi tumben sih Mang Urip belum datang.
“Loh Moya? Kok belum pulang?” Tanya seorang tukang sapu halaman sekolah.
“Iya Pak, nunggu supir saya” Jawab gue dengan sopan. Iya, harus sopan, dia udah tua banget.
“Mobil nya warna hitam bukan?” Tanya bapak itu, gue juga bingung, kok tau?
“Oh iya Pak, Bapak tau dari mana?”
“Itu mobil nya ada depan Indomaret” Hah? Lah iya mobil gue ternyata ada di Indomaret. Kok ? Mabok gue ya?.
“Lah iya Pak, yaudah saya duluan ya Pak” Setelah berpamitan dan salim dengan Bapak itu, gue langsung lari menuju mobil. Duh tau gitu mah udah cabut daritadi.
Saat sampai depan mobil dan ingin masuk, mobil ternyata mobil dikunci dan gak ada Mang Urip di dalam nya.
“Hayoo !” Mang Urip tiba tiba dibelakang dengan bawaan belanja yang sangat banyak.
“Ih Mang Urip !” Bentak gue kesel “Kok kesini, bawa belanjaan banyak banget lagi”
“Tadi si Ibu suruh Mang Urip belanja buat besok”
“Lah besok? Ngapain ?” Tanya gue bingung. Ada sunatan siapa dah? Tapi serius, ini banyak banget.
“Kan pindah nya besok, kata Ibu dipercepat aja, Non Moya juga udah libur kan?”
Gue terdiam dan memikirkan kata kata yang gue ucap ke Reno dan Syika, ‘Minggu depan gue pindah’ tapi kenyataan nya besok gue pindah.
Apa yang harus gue lakukan? Besok gue udah pindah, sedangkan sahabat gue? Saat itu juga gue langsung buka HP, Syika gue telfon.
“Syika gue besok pindah, bukan minggu depan, gimana?” Tanya gue panik.
“Hmm terus mau gimana, yaudah salam buat semua nya aja Moy” Hah? Ini Syika? Biasanya dia yang paling heboh pas tau gue pindah, enggak mungkin tiba tiba dia gitu.
“Moya? Are you there?” Sampai gue lupa, kalau gue lagi telfonan sama Syika
“Eh iya iya, ok ok” Langsung gue matikan dan fokus pada jalan.
*******
Sampai dirumah, Moya terlihat sangat bingung, semua barang barang di ruang tamu nya sudah nihil dan tiada satu pun, tiba tiba suara dari lantai 2 rumah membuat lamunan Moya di ruang tamu menjadi buyar.
“Moya !!!” Teriak Papa Moya.g
“Papa… Ih kangen Papa” Akhirnya mereka berdua berpelukan.
Memang, Papa Moya sangat sibuk, bahkan Moya hanya bisa bertemu seminggu 2 kali saja, Papa nya bekerja disalah satu perusahaan di Batam sebagai Manager.
Setelah berpelukan, Moya kembali melihat sekeliling, ia dibesarkan di Bandung, di rumah ini, yang ia pijak saat ini. Akan banyak sekali memori terkenang saat Moya pindah nanti
Bik Maira tak kalah sibuk dengan yang lain, ia mengemas barang barang yang ada di teras, sementara Moya masih saja terpaku di ruang tamu.
“Non jangan di jalan atuh, ini orang teh banyak lewat sini”
“Hehehe iya Bi” Ujar Moya, ia langsung bergegas menuju kamar dan membuka ransel sekolah nya. Perlahan ia buka resleting nya, dan betapa terkejutnya ia melihat tas nya yang berisi banyak sekali coklat dan beberapa kertas surat didalam tas nya, ia pun baru menyadari bahwa tasnya berat karena ini. Coklat dari Syika yang terlihat berwarna kuning cerah menjadi incaran Moya yang pertama, sembari memakan coklat nya, Moya membaca surat demi surat yang jelas membuat Moya tak kuasa menahan air mata.
Dear, Moya.
Eh lo Moya, iya elo, yang pernah ketemu gue pas di angkot, inget gak lu Hahaha. Iya gue tau, gue orang nya mah frontal, karena yang frontal lebih asik. Apaan sih gue, garing kriuk kress. Oh iya Moy, gud bay my pren, yahh gak ketemu lo lagi dong habis ini, ntar gak ada nyamuk antara gue dengan Reno dong? Hahaha. Yaudah lah ya, mau diapain, udah ditakdirkan mungkin ya kita berpisah sampai sini, maaaapppp banget dah kalau gue sama Reno gak bisa nemenin lo besok buat pisah, ya lu tau la, gue sama Reno kan remedial. Yaudah si itu aja, moga dapet doi ya lo, jangan jomblo mulu, jangan nonton korea korea mulu,AND INGET, CINTA SAMA IDOLA KAGAK PAPA, ASAL JANGAN SAMPE CINTA LO SAMA IDOLA DISAMAIN SAMA CINTA DENGAN ORANG DI DUNIA NYATA.
Lup Yu Moy :)
-Dari Syika Cantik Banget Imoet Banget Lucu Banget
Tak sadar, akhirnya Moya selesai membaca semua surat dari kawan kawan kelas nya, rasa terharu dan lucu saat membaca surat surat itu berbaur menjadi satu.
Tiba tiba pintu terbuka “Moya, astaga kasur mu berantakan lagi. Itu apaan kertas berserakan diatas kasur, trus itu kok banyak cokelat” Tak menghiraukan ucapan Mama nya, Moya terus berlanjut membaca surat dari guru kelasnya “Hayo, ketawa ketawa sendiri, ada apa tuh” Tanya Mama dengan senyum jahil nya. Lalu mencubit paha Moya
“Hehehe, liat deh Mah. Teman teman Moya, ada yang kasih Moya cokelat sama surat, tapi Moya gak tau, tiba tiba ada di tas Moya Mah”
“Wah baik baik juga ya, nah yaudah, gimana kalau kita kerumah Reno atau kerumah Syika buat bilang terimakasih” Tawar Mama.
“Hmm, mau nya sih gitu”
“Eh? Terus kenapa?” Tanya Mama bingung.
“Mereka pada remedial Mah, tuh baca surat nya dari Syika” Moya memberikan surat nya.
“Oh, yaudah deh, jadi gimana? Besok berangkat?”
“Ya udah deh, kasihan Bi Maira nya udah beres beres tuh,” Jawab Moya dan dibalas senyum oleh Mamanya.
********
Moya
Mang Urip sedang ngopi depan pintu rumah, ia beralasan agar tak mengantuk saat menyetir. Yailah Mang, berangkat nya juga siang, paling cuma 4 jam, ini kan gak libur. Sedangkan Bi Maira masih sibuk dengan piring piring yang ada didalam lemari untuk dipindahkan kedalam kardus. Jadi teringat waktu itu tangan Bibi berdarah kena pecahan piring gara gara gue. Kasihan.
“Bi, mau di bantu nteu?” Tawar gue dengan aksen aksen sunda.
“Nteu ah neng, gpp Bibi bisa sendiri”
“Hmm, yaudah Bi, aku mau bantu Papa aja”
Gue jalan kekamar Papa, dan masuk kedalam nya. Woh, gila. Kamar nya berantakan banget. Kapal pecah? Lebih kayak nya dari itu.
“Ya Allah Pa, itu kamar apa kamar, berantakan amat da”
“Itu, Papa lupa taruh sertifikat rumah, duh bisa brabe kalau gini mah ya” Papa mengusap kepala nya, pertanda bingung dan panik “Ntar bisa bisa kita tidur dalem mobil”
Gue yang dari tadi mencoba mencari dengan melihat sekeliling kamar dan berdiri diatas kasur, ternyata melihat map merah yang berada dekat diatas lemari yang mungkin cuma bisa dilihat kalau naik keatas kasur.
“Map nya warna merah bukan Pah?” Tanya gue
“Iya ya, ambil Moy”
Dengan sekuat tenaga, gue berusah berjinjit dan akhir nya dapet.
“Duh, selamat deh Papa, kalau kita pindah rumah gak bawa ini, mungkim kita tidur dijalan nanti”
“Papah” Pasang gue dengan muka datar.
“Pah…” Panggil gue
“Naon Moy?”
“Nanti rumah ini bakal gimana? Dijual kah? Atau..”
“Rumah ini bakal dijual lah Moya”
“Hmm..” Dengus gue.
Akhir nya barang barang selesai dikemas, semua yang ada didalam rumah sudah kosong dan berpindah ke mobil angkut. Gue yang udah siap berangkat ke Jakarta akhirnya menaiki mobil bersama Mang Urip, Papah dan Mamah, jangan ketinggalan, Bi Maira pun sudah ada didalam mobil. Diluar dugaan, benar kata Mang Urip, walau ini hari ini tidak libur, macet menjadi hambatan mobil gue untuk sampai. Padahal, gue udah gak sabar lagi untuk melihat rumah baru nya. Dan lama kelamaan, gue terlelap dalam tidur.
.Tiga.
Moya
Perlahan, gue membuka mata, mencoba membenarkan posisi duduk gue, sambil memfokuskan pandangan yang masih blur. Akhirnya gue bisa duduk dengan posisi nyaman dan melihat sekeliling luar jendela,macet. Entah pikiran gue yang masih melayang layang karena habis bangun, banyak suara ramai dari luar mobil.
“Kasih jalan Mas..” Kata pria itu dengan membawa tandu bersama satu orang lagi dibelakangnya dan diatas tandu tersebut ada pria yang masih remaja sedang berbaring diatasnya dengan lemas dan ada sedikit darah disekitar kening nya.
Gue yang melihat itu, langsung menegakan pundak, ternyata ada kecelakaan yang terjadi tidak jauh dibelakang mobil gue, mungkin karena sangat macet, ambulan saja tak bisa dilewati, maka anak itu diangkat dengan tandu.
“Ada apa Ma?” Tanya gue.
“Hmm ga tau, tapi liat deh” Mama menyodorkan Hp nya dengan aplikasi maps “Gak jauh dibelakang kita ada yang kecelakaan, tuh tadi yang diangkat pake tandu, mungkin korbannya. Habis mau diapain? Macet gini, udah malam pula, hujan lagi” Cetus Mama.
“Iya ih, kasihan ya”
Gue pun kembali merebahkan badan diatas jok tempat duduk, dan melihat air yang jatuh dari kaca. Tak lama kemudian, mobil kembali mulai berjalan lagi.
“Masih lama gak Mang?”
“Sebentar lagi, habis keluar tol juga sampai kok”
Setelah beberapa jam gue diperjalanan, kalau nanti sampai dirumah baru, gue pastikan tubuh gue wajib merebah di atas kasur. Wajib.
Beberapa jam kemudian, setelah mobil kami keluar dari tol, akhirnya sampai juga, rumah dengan dua tingkat dan taman yang cukup besar didepan halaman rumah serta dua lampu taman yang cantik terpasang disana.
“Ini rumah kita, Pah?”
“Iya, ini rumah kita”
Gue, dan yang lain turun dari mobil dan menunggu mobil box yang membawa barang barang, sembari menunggu dan mengusir kebosanan, mending gue jalan jalan dikomplek ini. Iya tau, udah jam 8 lewat 10 malam, tanda nya semua orang mungkin sudah berada didalam rumah.
“Bi, ikut aku yuk” Ajak gue
“Kemana Non? Udah malem juga, disini aja, bentar lagi juga datang mobil nya”
“Keliling komplek Bi”
“Eleuh.. yaudah, jangan lama lama yaa”
Akhirnya Bibi dan gue keluar dari teras dan mengambil sandal. Saat hendak pergi keluar rumah, terlihat seorang Ibu dengan memakai baju hitam sedang menangis dan berlari kecil menuju mobil yang ada diteras nya. Entah apa yang terjadi, dia sangat sedih, terlihat dia selalu menutupi mukanya dengan kain hitam, namun suara tangis nya masih terdengar. Sebagai tetangga baru, apalagi rumah itu tepat berada didepan rumah gue, akhirnya gue dan Bi Maira mencoba mendekati ibu itu.
“Permisi ibu” Sapa Bibi dengan sopan.
“Iya” Jawab Ibu itu
“Ada apa ya Bu? Bisa saya bantu?”
“Anak saya Mba, suami saya mba…..” Tangis Ibu makin keras, dan menjadi. “Anak saya dan suami saya kecelekaan”
“Innalillahi..” Ujar gue berbarengan dengan Bibi.
“Lalu bagaimana, apa semua baik baik saja?”
“Alhamdulillah, anak saya hanya sedikit luka dibagian kepala, kata orang orang yang melihat kecelekaan itu, anak saya bisa langsung keluar dari mobil dan terbentur jalan. Tapi….” Ibu itu kembali menangis, sesekali nafasnya sesak, gue dan Bibi pun juga ikut terbawa emosi nya.
“Tapi suami saya tidak bisa diselamatkan, suami saya berada didalam mobil, dan mobil itu terkunci tidak bisa terbuka, akhir nya mobil yang suami saya kendarai terguling” Lanjut nya.
“Apa Ibu sudah konfirmasi kebenaraan nya?” Tanya Bibi lagi.
“Sudah, tadi saya baru ditelfon polisi, anak saya dan suami saya berada di rumah sakit yang sama, kaki saya sudah lemas mba mendengar tadi telfon dari polisi”
“Sekarang ibu mau kerumah sakit? Ibu ikut dengan mobil kami saja, saya takut Ibu malah terjadi apa apa saat dijalan, kondisi Ibu juga sedang panik, alangkah baiknya tidak menyetir dulu.” Tawar gue
“Terimakasih ya Mba”
Akhirnya, gue berlari menemui papa dan mama, gue ceritakan persis seperti ibu itu bilang tadi. Papa dan Mama membolehkan Mang Urip untuk mengantar ibu itu kerumah sakit.
“Maaf bu, dirumah sakit mana ya?” Tanya Mang Urip
“Rumah Sakit Darma Melati Pak”
“Iya bu”
Mobil melaju kencang menembus ramai nya jalan di Jakarta, belum sempat merasakan rumah, gue akhirnya ikut membantu ibu itu. Mama dan Papa berada dirumah, ia khawatir mobil box yang mengangkut segala furniture rumah tak kunjung sampai.
Mobil berhenti tepat berada dijalur UGD, bau obat obatan menusuk hidung gue saat membuka pintu rumah sakit. Gue dan Bibi mengekor dibelakang Ibu itu, wajar, kita berdua gak tau apapun. Karena kita berdua baru saja satu jam yang lalu berada di Jakarta.
Ibu itu langsung berlari menuju resepsionis UGD, dan kami berdua pun ikut dibelakang nya “Suster, anak dan suami saya yang baru saja terjadi kecelakaan, diruangan mana?” Tanya Ibu itu panik.
“Atas nama Alingga Pitossa dan Mahendra Pitossa bu?”
“Iya, Alingga anak saya, dan Mahendra suami saya”
“Anak Ibu ada diruang 3, dia mengalami sedikit luka kecil di kening kanan nya Bu, belok saja dari sini ke kanan, dan suami Ibu atas nama Mahendra berada diruang otopsi dan sebentar lagi akan di pindahkan ke ruang jenazah, belok kiri dari sini Bu”
“Terimakasih suster” Ibu itu langsung menuju ruang 3, tempat anak nya berada.
“Bu..” Panggil Bibi.
“Iya?”
“Yang sabar ya Bu” Ujar Bibi dan mengelus pundak nya
“Iya Mba, makasih ya”
Pintu ruangan 3 terbuka, terlihat seorang remaja terbaring lemas diatas kasur putih rumah sakit, terlihat tag nama yang tergantung didepan kasur nya bernama “Alingga Pitossa”.
“Alingga…” Ibu itu memuluk anaknya erat. Gue dan Bibi duduk dikursi pojok kamar ruangan pasien.
“Ayah.. ayah mana Bu?” Ibu itu terus memuluk dan tak berhenti menangis.
“Ayah sudah tenang, dia sudah bersama Tuhan, Alingga yang sabar ya”
Anak itu menangis dalam tenang, tak terdengar suara tangis nya, namun terlihat air mata yang begitu deras mengalir dan memeluk erat ibunya, gue dan Bibi hanya bisa terenung menunduk kebawah.
“Maafin Alingga Bu, Alingga gak sempat untuk menyelamatkan Ayah, Alingga keluar terlebih dahulu sebelum akhir nya mobil Ayah terguling dan meledak, maaf Bu..”
“Enggak, Alingga gak salah apa apa, ini semua kehendak Tuhan”
Gue yang mendengar itu akhirnya mencoba melihatnya, Bibi pun ikut pula melihat dia.
Hah???? Dia? Dia yang tadi terbaring diatas tandu pas di tol? Lah kok bisa? Muka nya persis parah, dan ada luka di kening nya. Persis yang tadi gue liat di tol saat macet.
“Non, itu anak yang tadi bukan sih?” Bisik Bibi.
“Iya Bi, Iya. Persis banget kan Bi?”
“Iya Non”
“Tadi Moya juga lihat ada luka dikening nya Bi, dan liat deh, itu di kening dia ada perban.”
“Tapi cakep juga ya Non cowonya, mirip artis korea yang sering ditonton Non Moya, putih Indo gitu, tinggi, mancung, alis nya tebal banget, trus liat deh, rahang nya macho.”
Hmm, sekilas iya sih, ya cakep, idaman perempuan banget deh. Ya, tapi apalah gue, gabakal juga di notice sama dia.
“Non? Diem aja?” Tanya Bibi yang kebingungan melihat gue tiba tiba membisu melihat cowok itu. “Hayo, suka ya?”
“Apaan sih Bi, kenal aja enggak”
“Hahaha” Ketawa Bibi terbahak membuat Ibu dan cowok itu menatap ke gue dan Bibi. Mampus, cakep banget.
Ibu itu menghampiri kami berdua dan memeluk Bibi.
“Terimakasih ya Mba, berkat Mba dan adik ini, saya bisa bertemu dengan anak saya, terimakasih sekali lagi”
“Iya bu, sebagai tetangga baru juga, saya juga berhak membantu “ Ibu itu tersenyum dan kami berdua berpamitan keluar.
Mang Urip yang sedari tadi ngopi bersama satpam dekat parkiran akhir nya berdiri.
“Lah? Udah selesai?” Tanya Mang Urip.
“Udah, yuk balik aja” Jawab Bibi.
Akhirnya kami semua masuk dalam mobil dan terus berjalan ditengah malam, sekilas gue melihat jam yang ada didekat radio mobil, jam 23:45.
“Trus kenapa? Anak nya masih sehat?” Tanya Mang Urip yang memecah suasana sunyi dalam mobil
“Anak nya sih Alhamdulillah cuma luka dibagian kepala, kecil lagi. Tapi, ya suami nya, meninggal ditempat” Jawab Bibi lagi
“Lah kok bisa?”
Akhirnya gue ikut bicara “Si anak nya itu lompat duluan keluar sebelum mobil itu jatuh, ayah nya gak bisa keluar karena pintu nya macet akhir nya ikut jatuh bersama mobil ke jurang dan meledak”
“Oalah Innalillahi”
“Tapi ya Non..”
“Apa Bi?”
“Nanti kita punya tetangga cakep berarti ya”
“Astaghfir Bibi, masih sempet aja”
“Halah, kamu juga suka kan? Dari tadi senyam senyum mulu di rumah sakit liat anak nya”
“Bii -_-”
Mang Urip hanya bisa tertawa geli setelah mendengar apa yang dibilang sama Bibi.
*********
Hari ini sudah hari ke 8 Moya tak masuk sekolah. Pukul 5 Moya masih belum bangun, tidak seperti rutinitas biasanya ia sekolah, kedua orangtua nya belum mencari sekolah dekat sini. Sebenarnya ada satu sekolah dekat dengan rumahnya, namun Moya ragu dengan lingkungan nya, ia juga dapat informasi bahwa kualitas pendidikan disitu sangat rendah.
Tok Tok
Ketukan pintu membuat Moya terbangun
“Hah??” Jawab nya
“Mama sudah dapat sekolah nya nih, mau lihat lihat ga?”
“Iya nanti”
“Ih sekarang, nanti keburu administrasi nya tutup”
“OTW”
“Bohong, tidur lagi ya? Mama gelitik nih paha nya”
“Doh, iya iya”
Moya akhirnya sudah siap,kedua orangtua nya pun juga, Bi Maria memasak udang telur asin kesukaan keluarga ini.
“Non hari ini sekolah?” Tanya Bi Maria yang sedang meletakkan piring diatas meja
“Enggak Bi, cuma mau lihat lihat, kalau cocok baru deh”
“Yaudah semoga cocok deh”
Semua menikmati makanan yang dimasak Bi Maria, Mang Urip pun tak kalah lahap, apalagi yang masak sang pujaan hatinya. Setelah selesai makan, Moya dan kedua orangtuanya pergi kesekolah yang akan di survei.
“SMA Bina Kasih” Batin Moya melihat plang dipintu gerbang.
“Ini sekolah nya” Ujar Mama.
Moya melihat sekeliling lingkungan sekolah, taman yang luas dan banyak bangku kayu yang terletak dibawah pohon membuat Moya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan sekolah barunya. Dan sepertinya sekolah ini mahal. Batin nya lagi.
“Atas nama siapa anak nya Bu?” Tanya salah satu petugas administrasi
“Moya Indri Prameswari”
“Ok, besok sudah diperbolehkan sekolah ya Bu, untuk perlengkapan seragam dan yang lain nya bisa Ibu datang ke ruangan seragam Bu”
“Iya terimakasih atas kerja sama nya Bu”
******
Moya
“Moya ayo bangun sayang, sekolah woi” Teriak Papa dari depan pintu kamar, yaelah Pa, masih pagi juga.
“Ntar, masih pagi Pa”’
“Pagi apa? Ini udah mau jam 7 loh”
Gue yang mendengar itu, langsung masuk ke kamar mandi.
“Hari pertama udah terlambat, duh murid teladan banget ya” Ucap Mama yang sedang makan bersama.
“Lagian gak ada yang bangunin”
Uhukk
Papa keselek, haha lucu masa.
“Subhanallah, tadi papa bangunin bilang nya masih pagi”
“Hehe”
Setelah sarapan selesai, gue berangkat dengan Mang Urip dengan mobil yang beda.
Mobil bergerak dengan cepat nya. Gue yang dibelakang juga ikut terpental kesana kemari. Dan akhirnya sampai.
Didepan gerbang, banyak sekali cowo yang sedang duduk nongkrong dengan pembicaraan yang gue denger sama sekali gak berfaedah. Lalu gue mencari dimana ruangan kelas 11, entah dimana, tapi gue gak menemukan ruangan kelas 11.
“Bisa dibantu kak? Murid baru ya” Tanya seorang murid perempuan yang gue lihat di tag name dada nya sih Liza Resya P.
“Iya anak baru, mau cari kelas 11 Ipa.1 dimana ya? Hehe”
“Oh kamu Moya? Anak baru dari Bandung?”
Lah tau darimana? Famous kali ya gue.
“Nah iya”
“Wih….” Dia memperhatikan dari ujung jari kaki gue sampai keatas ubun ubun kepala dengan detail nya, semacam penyidik KPK.
“Ahh…” Teriak dia “Cantik banget, akhir nya punya teman sekelas yang berkelas sedikit lah, cantik.”
Woi, ngefly gue, pegang woy pegang terbang nih gue.
“Sekelas? Wah kita sekelas?”
“Iya, gua juga anak Ipa.1”
“Hmm ke kelas yuk”
Liza langsung menarik tangan gue dan sedikit berlari. Di koridor banyak ada beberapa cowo sedang dengan earphone mereka dan buku, mirip cogan kutu buku di novel novel. Ganteng.
“Hai guys, ini nih naks baru impor Bandung”
Semua memerhatikan gue, semua.
Ibu yang kemarin ada diruang administrasi datang. Kayak nya sih, dia kepala sekolah disini.
“Selamat pagi kelas Ipa.1”
“Pagi Bu Karima” Serentak satu kelas.
“Liza, kamu ngapain kamu berdiri disini?”
“Hehe enggak Bu, tadi dari luar”
“Ini Moya Indri Prameswari, atau Moya, dia pindahan dari Bandung, harap kalian bisa bergaul dengan dia ya, mengerti semuanya?”
“Mengerti Bu..”
“Nah Moya, sekarang kamu duduk dikursi tengah itu, ada disamping Liza ada dua bangku kosong”
“Iya bu, terimakasih”
Dengan dugaan gue, gue bakal duduk samping Liza. Bingung, masih ada satu bangku kosong lagi samping gue, siapa ya?
“Liza..?” Panggil gue.
“Yes? Mau ke kantin ya? Yuk gua temenin” Yeuh ni anak, gue padahal mau nanya kenapa kursi samping gue kosong. Tapi gapapa, gue mau jajan juga sih.
“Hmm ayok dah”
Sambil menyusuri koridor, gue mencoba membuka HP. Tiba tiba di Line sudah ada roomchat dengan anggota 3 orang, namanya “De Nyamugs”. Ternyata Reno dan Syika yang buat, gue pun senyum senyum sendiri, jadi inget gue sering ke kantin buat beli batagor bareng mereka berdua.
“Ih serem banget lu Moy” Cetus Liza yang melihat gue senyum sendiri didepan layar Hp.
******
Moya
Hari pertama pembelajaran disekolah baru akhirnya berakhir, kalau diliat, enak juga sekolah disini, orang nya ramah ramah, dan yang penting sih, kelas nya pake AC. Hehe
“Moy, gue balik duluan ya, noh si doi udah jemput –tukang ojek-“
“Sip”
Akhirnya sepi, dan Mang Urip belum kunjung datang, gue mencoba mencari tempat yang nyaman untuk duduk, dan akhirnya terpilih disalah satu bangku dibawah pohon mangga. Sejuk.
“Permisi” Kata salah satu cowo, tag name nya Andrian.
Berkat seragam sekolah ini, gue bisa tau nama semua siswa disini, karena terdapat tag name yang terletak di dadanya.
“Oh iya kak, hehe kenapa?”Tanya gue sopan.
“Itu, tas gue lo dudukin” What the… ? Malu banget gue
“Hah?” Gue berdiri, dan benar, tas ada diatas tempat gue duduk tadi.
“Duh maaf, gak kelihatan, bener deh kak, lagian tas tipis banget sih, isi nya apaan? Kertas? Belajar apa belajar, gak niat amat dah” Cerocos gue tanpa berhenti dan tanpa gue pikir, akhirnya gue sadar apa yang gue omongin tadi dan menutup muka gue dengan kedua telapak tangan karena malu.
Cowo itu terkekeh
“Lo lucu juga, sini gua bawa pulang” Dan memegang rambut gue.
Gue mematung, dan akhirnya dia pergi dengan tas yang ia pakai bekas bokong gua tadi.
Ganteng, ganteng banget, mirip cowo cowo ala novel, gak dingin sih, tapi ganteng. Duh hari pertama udah begini, meleleh gue lama lama kalau disekolah ini.
“Non Moya… astaghfirullah, Mang Urip daritadi manggil gak dijawab”
“Eh udah dateng Mang?”
“Baru dateng tadi atuh, lagian gak bilang pulang jam 2, Mang Urip dateng jam setengah 3”
“Aku juga baru tau Mang, noh bilang atuh ke Mama”
“Yaudah, mau balik gak? Atau sama cowo tadi tuh? Sampe bengong gitu ngeliat nya Neng Hahaha” Asem banget.
“Gak Bi Maira, gak Mang Urip sama ae”
Sampai dirumah, seperti biasanya, sepi, dan tak ada orang kecuali gue dan Bi Maira.
“Bi…” Panggil gue dari ruang tamu.
“Naon?” Sahut nya
“Mau curhat” Teriak gue
“Yaudah..” Bibi juga tak kalah berisik
“Tadi Moya ketemu cowo cakep banget Bi, banget.. Tapi Moya malah malu-malu in”
“Lah kenapa” Teriak Bibi lagi dari dapur, suaranya tak kalah dengan ikan yang sedang di goreng
“Moya kenal sama dia gara gara tadi Moya duduk, gak ngeliat ada tas gitu, eh Moya dudukin, yaudah dia tiba tiba dateng ngomong ‘permisi’ , duh Moya malu Bi.”
“Hahaha lagian punya mata gak dipakai sih”
“Ih tapi Bi, bener bener gak kelihatan. Trus dia pas mau pamit bilang ‘lo lucu juga’ trus dia megang…”
“Megang apa Non? Astaghfirullah”
“Ihh Bibi segala dipotong sih, megang rambut Bi”
“Alhamdulillah, untung aja”
Biasanya curhat dilakukan dekat dekatan dan tenang, tapi curhat dengan Bibi berbeda, kita berdua malah saling teriak teriak, Bibi di dapur sedangkan gue ada diruang tamu, kita berdua juga berusaha melawan suara ikan yang sedang digoreng Bibi. Mantap.
Hari mulai sore, sepertinya hujan bakal turun. Mendung. Gue yang dikamar melihat keluar jendela, sejuk. Tiba tiba terlihat motor besar bewarna hijau mencolok terparkir didepan rumah cowo itu. Kalau masih inget sih, nama cowo nya Alingga.
Perlahan cowo itu membuka helm nya, benar. Itu cowo yang gue temuin di rumah sakit, emang bener kata Bibi. Cakep. Kelihatannya juga dingin, banget malah.
“Hayo… senyam senyum aja” Demi apapun, kaget gue, mungkin gue terlalu fokus melihat cowo itu sampai Bibi masuk kamar gak gue denger.
“Bibi mah, masuk ketuk pintu napa”
“Ya Allah, Bibi udah ketuk berapa kali, dikira Non Moya lagi tidur, eh ternyata…” Bibi tersenyum jahil
“Bibi… -_-”
“Makan gak? Tadi ikan goreng nya udah jadi, buruan, nanti tuh ikan jadi dingin kan gak enak”
“Iya ntar”
“Oh, jadi masih bertahan melihat tetangga Non?” Bibi dengan cepat nya lari keluar dari kamar. Gue yang melihat Bibi lari cuma bisa geleng kepala. Nih orang gak inget umur apa yak. And benar, sesuai dugaan gue, akhirnya hujan pun turun.
.Empat.
Moya
"Moy !!!" Gue yakin, ini Liza. Gue memutar kepala, dan bener.
"What?"
"Najis sok inggris banget lo" Lah? Tengil juga ni anak.
"Apa buruan"
"Ke kelas bareng, hehe"
"Bodo" jawab gue singkat. Dan langsung dapat ekspresi cemberut dari Liza.
Hari ini, koridor lenggang. Mungkin gue yang bangun terlalu pagi, atau emang pada gak masuk sekolah kali ya.
Akhirnya, setelah berjalan dengan putri solo (Liza) - gue sampai juga di dalam kelas, gue duduk. Dan tersadar.
Wait, ada yang aneh. Kok ada tas disamping gue? Ini tas siapa? Bukannya bangku ini kosong ya? Apa ada anak baru?. Pertanyaan itu langsung berputar dalam otak gue.
"Liz.. Ini siapa dah samping gue?
" Lah? Demi apa lo? Lo ga tau? Gila sih, lo ga tau dia, dia famous woi, followers instagram nya bejibun, tapi post nya cuma 3"
"Bodo amat sih, mau seleb atau enggak.. Gue nanya, ini siapa???"
"Hmm gausah nanya deh, kayak nya orang yang tadi kita omongin ada di belakang lo"
Gue memutar badan 180°, dan...
WHAT???? COWO ITU???? ENGGAK... INI MIMPI KAN. PLEASE JELASIN KALAU INI MIMPI
"Gimana? Selesai nge-gosip gue nya?" Tanya cowo itu dengan suara berat. Terlihat tag name di dada nya alingga pitossa. Persis sama yang ada di rumah sakit waktu itu. Alis nya tebel, rahang kuat, pokok nya perfect deh.
"Lagian, nge -gosip lu itu seru woi" Cetus Liza
Sedangkan gue, terpaku dengan pandangan gue yang menghadap pada buku tulis diatas meja gue. Gue berharap ini mimpi. Iya, mimpi.
"Hmm, elo?" Tunjuk Alingga ke gue, fix kalau ada tisu, udah gue habisin buat ngelap keringet. Gugup
"Elo yang dirumah sakit waktu itu?" Lanjutnya.
"Ohh jadi kalian udah saling kenal?" Cetus Liza lagi.
"Enggak, gue sama Bibi gue..............." Tiba-tiba jari telunjuk Alingga menahan bibir gue.
"Cerita nya nanti aja, jangan disini, please" katanya sambil senyum.
Woi !!! Jantung gue, tolong, ini kenapa? Ada apa? Woi people, help me.
"Uh so swit" Liza terkekeh
"Liza -,-" jawab dia datar.
*********
Moya
Jam istirahat tiba, akhirnya gue bisa menghirup nafas segar dari pohon yang mengeluarkan oksigen. Bayangkan, saat pelajaran biologi 2 jam, gue samping dia, gimana jantung ga copot woi.
Habis ini fix, gue bakal tukeran sama Liza, biar Liza ada ditengah, gue ga mau ada samping dia. Bisa bisa gue jadi salfok mulu ke dia.
"Liza !!" Teriak gue dari belakang
"Apa si fans?"
"Najis dih.. Kok lu baru ngasih tau gue, kalau ada orang disamping gue, cowo lagi...." Omongan gue terputus.
"Ganteng lagi... Kan?" Liza kembali terkekeh
"Ganteng? Hmm manusiawi lah ya hehe" lah kok gue jadi bercanda gini? Gue kan harus nya marah sama Liza.
"Enggak... Kembali ke yang tadi, kenapa lo gak ngasih tau gue tentang Alingga itu"
"Lah lu ga nanya Moya syantiq ulala"
Lah, iya sih. Bodo ah. Marah.
"Lagian, kek nya lu sama dia akrab deh?" lanjut Liza.
"Hmm maksud?" Tanya gue bingung
"Ya lu bayangin lah, Alingga kan dingin banget. Trus, tadi gue liat, lu sama dia biasa aja, dia kalau ketemu sama cewe lain, agak ogah"
"Gila.. Lu ga tau? Pas pelajaran biologi, gue ga bisa fokus gara gara tu cowo"
"Asoyy salfok mba nya"
"Auah" gue meninggalkan Liza dibelakang
Kantin hari ini juga cukup sepi, ada apa ya? Kok tiba tiba sepi. Hanya ada beberapa cowo, dan salah satu nya gue kenal sama tuh cowo. Adrian. Cowo yang gue dudukin tas nya. Kalau di lihat, cowo itu brandal. Iya. Brandal sekolah. Eh, tapi cakep.
*********
Adrian dan teman nya sedang berkumpul, seperti biasa, ia selalu nongkrong di kantin bila istirahat sudah tiba.
"Lo gua tantang, deketin tuh cewe" Reza menunjuk Moya. Moya pun tersadar.
"Gua? Gak. Makasih"
"Cupu" Cetus Reza, Adiran yang tak terima, langsung menerima tantangan nya, sebenarnya Adrian juga tidak rela kalau ia mempermainkan perempuan seperti Moya. Ia terlalu baik.
"Oke, gua bakal deketin dia, apa imbalan nya?"
"Hmm, bawa dia ke tempat biasa"
Siapa yang tak tau Adrian Rahardian P. Anak berandal sekolahan, namun berandal dalam diri dia tertutupi dengan muka ganteng nya, semua yang pertama kali melihat nya pasti akan mengira bahwa anak itu baik.
Adrian berdiri dan mendekati Moya serta Liza yang sedang meminum jus sirsak. Kedatangan Adrian sempat membuat Moya takut dan gugup, tangan nya mulai memegang rok nya kuat kuat hingga basah.
"Lo Moya? Yang kemarin bukan?"
"Iya kak, hehe"
"Gak usah manggil 'kak', gua anak 11 IPS.1"
Moya terkejut, dan tersentak. Ia adalah teman angkatan nya.
"Hmm Moy, lo kayak nya harus hati hati" bisik Liza.
"Hah? kenapa?" Balas Moya dengan bisikan, sedangkan Adrian masih bingung dengan apa yang mereka lakukan. Sadar karena Adrian memperhatikan mereka, Liza mengurungkan niat nya untuk memberi tau pasal Adrian pada Moya.
"Dia............."
"Apa apa?"
"Ntar deh, orang nya masih disini"
Adrian tambah bingung, mereka terus berbisik bisik. Dan penasaran.
"Oh iya, gua mau ketemu lo di taman sekolah, oke?" Ajak Adrian. Moya kembali terkejut mendengar perkataan Adrian. Nih orang baru aja kenal langsung ajak ketemuan? Moya bergumam pelan.
"Hmm gak janji ya" Jawabnya gugup.
"Gak papa"
Adrian berbalik arah dan kembali ke kerumunan nya.
"Duh. Gaswat gaswat. Dia playboy loh" Liza heboh setengah mati.
"Yaelah Za, gue dia cuma mau ketemuan doang, gak salah kan?"
"Ah terserah lo, mending habis ini lo kerumah gua, kita nonton drakor"
"Lah demi apa lu suka drakor?"
"Demian"
"Bodo"
.Lima.
Moya
Gue sengaja pulang cepat dan langsung ke rumah Liza, Adrian yang sudah lama menunggu gue di taman kayak nya mulai bosan. Gue sengaja ngintip saat gue ada dalam mobil. Ih kasian. Cogan pula.
"Liza, itu Adrian nungguin kita, kasihan tau."
"Kasihan? Ga salah gua denger? Please deh, gausah punya rasa kasihan sama dia"
"Hmm yasudah"
Tiba tiba salah satu pesan masuk dalam hp gue.
Nomor Tidak Diketahui
"Mau ketemuan, hmm tapi malu haha, mau lanjutin masalah yang tadi"
Dengan cepat, gue langsung kasih tau sms itu ke Liza.
"Liza.. Liat" Liza mengambil hp gue.
"Wait, coba gue samain dengan nomor WA nya Adrian, gue dapet waktu itu hehe" Liza langsung mencari kontak nya. Ternyata nomor ini dengan nomor Adrian itu beda.
"Gue sih yakin, Adrian pakai nomor baru buat SMS elu, buktinya tuh dia suruh lo ke taman, persis sama yang tadi dia ngomong di kantin" ujar Liza dalam perjalanan.
Kembali hening.
“Alingga kayak nya naksir elu” Kata Liza memecahkan suasana hening.
Jantung gue berdetak lebih keras ketika mendengar nama Alingga, gue membayangkan tubuh dia yang lemas dan terbaring diatas tandu. Disekolah pun begitu, dia duduk samping gue. Iya samping gue. Tapi Liza? Bukan nya dia pacarnya Alingga?
"Heh bengong aja lo" Kata Liza yang membuyarkan lamunan gue
"Suka yaa sama Alingga?" Lanjut Liza.
"Ih enggak, gue bingung, kenapa Alingga mau duduk disamping elu pas gue belom masuk ke sekolah ini" Kata gue bohong, padahal yang gue pikirkan adalah kejadian saat Alingga kecelekaan dan Bapak nya meninggal.
"Haha, panjang sih cerita nya"
"Yah, ceritain dong Za" Pinta gue.
"Yaudah, jadi... Alingga itu, waktu itu kan dia anak pindahan.."
"Wait, dia anak pindahan?" Gue memutus omongan Liza yang sedang cerita.
"Iya, dia tuh masuk ke sini tuh kelas 11 semester 1, nah lu masuk sini kelas 11 semester 2. Lanjut gak nih?"
"Hooh"
"Nah, dia hari pertama masuk tuh dapet kursi samping Mira, yang pas banget samping dia tuh kaca yang menghadap ke koridor. Ya lu tau lah dia, famous gitu. Setiap jam istirahat, dia tuh merasa risih dan gak nyaman, karena sering di liatin sama adik kelas, atau kelas samping."
"Ohh, trus dia pindah tukeran sama Bagas? Jadi tadi nya Bagas ada di samping lu? Nah sekarang Bagas ada di samping Mira gara gara si Alingga minta tukeran?"
"Nah iya, tuh lu tau"
Gue berusaha mengerti, hari semakin sore. Mobil tak kunjung juga sampai dirumah Liza, beginilah suasana kota Jakarta, macet, macet dan macet.
Selang beberapa menit, akhirnya gue sampai juga di rumah Liza. Liza langsung membuka pintu gerbang nya.
"Mau minum apa lu?" Tawar Liza “Teh aja kali yak?”
"Iye serah"
Tak lama, segelas teh dengan es batu datang dibawakan oleh Liza, layaknya pembantu. Hehe.
"Makasih ya Bi" Kata gue.
"Lah? Tengil astaga"
Liza membuka laptop nya, dan menurunkan screen bioskop yang turun dengan pencetan remote. Gue juga baru tau, ada screen bioskop yang menempel di tembok nya. Kamar nya berlapisi wallpaper beberapa landmark negara negara seperti taj mahal, dan opera house.
"Mau nonton apa nih?" Tanya Liza
"Ya serah lu dah"
"Nih, mau liat drakor ini gak? Cowo nya mirip banget sama Alingga versi dewasa"
"Lah? Masa? Yaudah, liat deh hehe"
"Nih"
Setelah 2 jam berlalu, satu episode drama selesai. Dan benar, pemain laki dalam drama korea tersebut mirip dengan Alingga, hanya berbeda pada kulit dan usia nya. Kulit Alingga putih, namun putih asia tenggara. Sedangkan pemain drama tersebut memiliki kulit putih korea.
Perbandingan kemiripan nya 11 : 13 lah ya.
"Moya !!" Pukul Liza pada pundak gue
"Apaan si? Sakit weh, lu mah badan kecil, tenaga kuli."
"Ah bodo. Liat nih, liat !!!" Liza menyodorkan HP nya, dan sekilas gue melihat siluet Alingga.
"And?" Tanya gue
"Ih lu mah, ini nih momen langka, Alingga nge post."
"Lah emang kenapa?"
"Liat" Liza menunjuk followers instagram Alingga yang hampir 27K. Itu followers banyak amat dah. "Followers nya segini" lanjut Liza.
"Tapi liat, post nya cuma 4, kemarin sih 3."
2873 Like, 78 Comment
5 Menit Yang Lalu
Foto tersebut di post 5 menit yang lalu, dan sudah di like sebanyak itu? Gila.
.Enam.
Moya
Ahhh !!! Hari ini libur, nikmat Tuhan mana yang kau dustakan. Libur !!!!
Tapi liburan di Jakarta, yaa agak beda lah dengan libur di Bandung. Kalau di Jakarta, keluar rumah sedikit, macet. Kalau di Bandung, sedikit lenggang si, walau agak macet dikota nya.
"Bi, jalan jalan yuk" Ajak gue.
"Kamu aja, Bibi lagi banyak kerjaan"
"Yah, yaudah gak usah. Oh iya bi.."
"Yes?"
"Tau gak sih, Alingga Pitossa? Tetangga depan rumah kita? Yang pernah kita bantuin itu"
"Iya, kenapa emang? Hayo hayo" Bibi menggoda.
"Ih enggak Bi, dia satu sekolah ternyata sama aku, satu kelas sama aku, dan yang parah, SATU MEJA SAMA AKU"
"Hah????" Bibi terkejut. "Wah bener deh ini mah"
"Bener apa Bi?"
"Bener kalau jodoh"
"Idih Bi -,-"
Dari memperpanjang kasus, mending gue capcus
Bibi tidak bisa ikut jalan jalan, gimana kalau gue ajak Liza aja ya? Sekalian, gue mau ke toko buku.
Saat membuka Line, group Reno dan Syika sedang ramai, ini group cuma 3 member, tapi rame nya luar biasa.
Akhirnya gue close chatroom group ini, dan mencari kontak Liza.
Gue: Liza.. Gue tunggu di PIM ya
Liza: Maaf ya Mba, saya sudah disini
Gue yang membaca pesan ini tersentak dan kaget. Jelas, gue ga percaya lah.
Gue : No pict? HOAX
Liza sent you a photo
Lah iya, bener ni anak. Dukun ya?
Gue : OTW
Gue langsung menuju kamar untuk siap siap.
Tak lama kemudian, akhirnya gue sampai. Gue memutuskan untuk mencari Liza ke toko kosmetik, dia pasti disana.
"Baaa!!!" Liza tiba tiba ada di belakang, dengan baju kuning yang sangat jreng.
"Gila Liza, gila lu ih" Bentak gue pada Liza.
"Hehe"
Tiba tiba dari belakang terlihat sesosok pria dengan tubuh yang sedikit tinggi, wajah nya tampan. Tampan gilaaaa. Alis nya tebal, rahang nya tegas. Dia pakai baju biru berlapis jaket tipis hitam. Iya. Dia Alingga. Dia sudah disini bersama Liza.
“Eh elu" kata nya, tapi pandangan nya masih terfokus dengan HP
Gue yang gugup mencoba mendekati Liza, dan berbisik.
"Kok, lu bawa dia? Please deh" tanya gue yang bingung setengah hati.
"Lah, gak napa kan?"
"Gosip mulu ya, udah yuk, jalan." Alingga merangkul gue dan Liza. Iya. Merangkul. Jantung berasa mau copot. Tapi, gue ga bisa mengungkapkan nya. Apalagi, gue belum pernah pacaran. Wait, kalau dia udah disini sama Liza, berarti.. Apa jangan jangan, Liza pacaran sama Alingga Itu bener? Gak mungkin kan gue merebut kebahagian orang lain. Apalagi kebahagian sahabat gue sendiri.
Apasih gue, jadi galau sendiri.
"Hmm mau kemana Le?" Tanya Liza pada Alingga.
"Katanya mau ke toko buku? Yaudah kesana aja" Kata Alingga
"Ok"
Mereka berdua sangat akrab. Pake banget. Liat Liza yang kayak gitu sama Alingga, jadi cemburu. Ehh... Ga boleh, ga boleh.
"Moya? Lo mau beli buku apa?" Tanya Alingga.
Akhh !!! Dia sebut nama gue, iyaaa nama gue woi.
"Moya???" Tanya nya lagi. Ternyata gue melamun, please deh Moy, gausah gitu napa.
"Ehh iya, apa ya.. Ini aja deh" gue asal mengambil buku yang ada disamping gue, tanpa gue lihat.
"Hahaha" Alingga dan Liza tertawa bersama , gue pun bingung kenapa mereka tertawa melihat gue.
"Seriusan lu mau beli itu?" Tanya Liza. "Lu hamil apa? Hahaha" tertawa mereka semakin kuat.
Dan gue lihat buku yang gue pegang. Sial. Ternyata ini sumber nya, gue ambil buku yang judul nya "Menjaga Kehamilan Sejak Dini"
"Ehh astaga, salah salah. Haha" gue berusaha tertawa, tapi malah garing.
"Le, gua beli ini ya? Novel yang baru keluar, katanya sih bagus" Ujar Liza
"Yauda, ambil aja."
"Moya, lo jadi beli apaa?" Tanya Alingga lagi.
"Hmm, ini deh" gue memastikan buku yang gue ambil, agar tidak jadi kesalahan kayak tadi. Gila sih, itu kesalahan fatal banget. Gue ngambil buku tentang kehamilan. Hadeh -,-
"Yaudah, itu ya." Ucap Alingga.
Ia mengeluarkan dompet dari saku celana belakangnya. Dan membayar 7 buku novel yang di beli hari ini.
"Gimana? Mau makan dulu ga?" Tanya Alingga
"Enggak deh," kata gue
"Yaudah yuk, langsung pulang" Ujar Liza.
Kalau dipikir, sifat dingin Alingga tak terlihat sekarang, sifat dingin nya hanya terlihat saat dia di kelas. Ada apa ya?.
Di mobil, posisi gue berada dibelakang. Sedangkan mereka berdua didepan. Mereka tampak sedang bercanda, saling tertawa, gue di belakang cuma bisa melihat keluar jendela dengan latar mobil yang sangat padat. Sembari mendengarkan percakapan mereka berdua. Lucu. Iya, lucu :")
Cemburu? Udah enggak sih, asal mereka bahagia, gue mah bahagia.
Anggep aja, kayak bias gue yang di korea akan menikah. Gapapa. I'm fine.
"Moy? Lo ga turun?" Tak sadar, ternyata mobil sudah sampai didepan rumah gue.
"Eh astaga, iya iya, Thanks ya Ling and Liza"
"Ok" jawab mereka kompak.
Akhirnya mobil Alingga meninggalkan gue, dan semakin menjauh.
Saat melangkah ke depan gerbang, ada motor besar warna merah terparkir di depan garasi rumah. seumur umur, gue belom pernah liat ada motor disini.
Gue jalan menuju teras, dan gue tersentak kaget melihat pria yang ada didepan teras.
"Ehh? Adrian???" Ucap gue terkejut. “Lo ngapain disini?”
“Mau kesini aja, tapi lu nya juga baru pulang, takutnya lo capek. Hmm.. lainkali aja deh”
“Ih enggak, ga papa” Sebenernya gue risih juga sih, ada apa
“Enggak Moy, yaudah gua balik ya”
Akhirnya Adrian pulang, mesin motor menyala dengan keras nya. Gue masih bingung, kenapa tiba tiba Adrian ada disini, trus sekarang dia pulang.
“Bibi, itu ada orang, kok main masuk aja”
“Gak tau tuh Non, udah Bibi bilang, kalau Non Moya gak ada, dia malah ngotot mau nunggu disini”
“Lah gimana sih, pas aku nya dateng, dia malah minta pamitan.”
“Hmm.. tapi cakep juga Non, mirip Alingga.”
“Iya deh terserah Bibi”
“Eh enggak. Cakepan Alingga tapi, hehe”
Gue bergegas menuju kamar, HP kembali berdering, satu SMS masuk dalam HP.
Nomor Tidak Diketahui
“Makasih mau ketemuan sama gua, walau cuma sebentar tadi. Hehe.”
Tuh kan bener, ini tuh nomor Adrian kan? Tapi, kenapa dia ganti nomor, sedangkan teman teman nya punya nomor Adrian yang tidak sama dengan nomor ini. Halah. Bingung gue.
Alingga
Akhirnya sampai rumah, hmm.. kok gua tiba tiba rindu Ayah? Ada apa ya?. Ayah, Alingga rindu sama Ayah, rindu ketika Ayah selalu bercerita pengalaman Ayah waktu SMA setelah pulang kerja, dan Alingga selalu tiduran di paha Ayah. Ayah selalu mengelus rambut Alingga saat kepala Alingga berada di paha ayah. Aku rindu Ayah. Bisa kah kita bersama lagi? Seperti dulu Yah, iya, Seperti dulu.
Tanpa gua sadar, tenyata, air mata turun perlahan, Ibu yang melihat gua mengeluarkan air mata, tiba tiba memeluk dengan eratnya.
“Ibu juga kangen Ayah Nak,”
Gua tersenyum dan mencoba menghapus air mata Ibu
“Ibu jangan sedih, Alingga ada disini”
Pelukan Ibu semakin kuat, gua hanya bisa mengelus pundak nya pelan dan mencoba agar Ibu tenang.
“Ibu, kalau Alingga gak beritahu tentang meninggalnya Ayah ke teman teman, apa berarti Alingga jahat?” Tanya gua.
Gua merasa udah membunuh Ayah sendiri, gua selalu merasa bersalah tidak membuka pintu mobil, sehingga Ayah terjebak didalam mobil dan terguling.
“Enggak Nak, Alingga gak jahat. Alingga juga bukan pembunuh”
Hujan pun turun, Ibu melepaskan pelukan nya dan tersenyum lagi. Gua memutuskan untuk ke kamar, dan mengecek Hp. Ternyata Moya belum juga balas SMS yang gua kirim tadi.
Jendela kamar gua menghadap persis kedepan rumah Moya, hujan yang membasahi jendela, membuat titik titik abstrak dengan tetesan air. Sungguh pemandangan yang indah.
Moya
Hujan ternyata turun, gue suka banget nih ketika hujan turun, karena dengan turun nya hujan, gue bisa merasakan sejuk nya perkotaan dan bau bau aroma air bila terkena aspal, seketika gue langsung duduk dan menghadap ke jendela, persis banget sama rumah nya Alingga. Jendela membasah dengan membentuk titik titik air yang indah. Sangat indah.
.Tujuh.
Moya
Bu Rini -guru biologi- masuk kedalam ruangan sambil membawa kertas hasil ulangan. Wah, ternyata bukan cuma pas ngeliat cogan jantung gue berdebar debar, ngeliat kertas hasil Ulangan yang dibawa Bu Rini aja udah berasa pengen pipis, apakah ini yang dinamakan cinta? . lah najis wkwkwk
"Selamat Pagi semua" Sapa Bu Rini
"Pagi Bu" Jawab kami serempak
"Hari ini, Ibu akan membagikan ulangan kemarin ya, hari ini ibu senang sekali"
Lah tumben Bu, biasanya judes dah, kesambet apaan dah? Apa jangan jangan, yang remedial dikit ya? Ahh senang nya. Udah Moy, jangan menghayal tinggi tinggi, nanti pas jatuh, sakit. Iya, sakit, kayak ngeliat Liza sama Alingga bahagia. Ehh apaan dah.
"Seneng kenapa Bu? Jarang jarang loh Ibu seneng? Wah, ga ada yang remdial ya?" Cetus Liza pada Bu Rini
"Ohh tidak dong. Ternyata yang gak remedial cuma 3 loh. Hebat bukan?" Senyum Bu Liza pada kita.
Tuh kan, bener, sakit kan. Sakit bu, sakit. Ibu tadi seneng seneng gue kira yang remedial cuma dikit, ternyata ada 27 orang yang remedial, sisanya 3 orang yang gak remedial. Dih ibu. Tapi, semoga gue diantara 3 itu, ya.. Walau gak mungkin si.
"Siapa aja Bu yang gak remedial?" Ujar Liza lagi.
"Yang pasti mah, Alingga gak bakal tuh yang namanya remedial" Kata Mira.
"Ibu sebutkan ya. Alingga Pitossa. Liza Resya P. Ini 'P' nya apaan sih. Duh Liza… Dan yang terakhir, Moya. Moya, kamu kalau nulis nama, pakai nama lengkap dong"
Hah? Apa? Hahaha.. Mimpi kan gue? Iya kan?. Ahhhhh ga mungkin? Seriusan gue gak remedial? Hoyeee...
"Seneng amat lu" Ucap Liza yang melihat gue kegirangan sambil memegang pipi.
"Hmm tapi Moya.." kata Bu Rini "Kamu mau pengayaan? Nilai kamu 77, mepet banget sama KKM"
Yailah bu, ini mah sama aja. Gue pengayaan juga deh.
"Bu, Alingga sama Liza berapa?" Tanya Mira.
"Alingga, yaa seperti biasalah 100. Liza, kamu kurang teliti di pilihan ganda, jadi kamu dapet 98"
"Moya !!!" Bentak Bu Rini, gue pun terkejut "kamu jadi pengayaan tidak? Bengong mulu"
"Hah? Iya bu iya"
"Ya udah, pengayaan nya di samakan kayak remedial aja ya tugas nya, tuh tanya teman mu"
Yailah bu, ini mah sama aja gue kayak remedial. Duh -,-
********
Akhirnya Moya menyelesaikan pengayaan nya tepat pada waktu istirahat. Liza mengajak Moya untuk ke perpustakaan.
"Moy, ke perpustakaan kuy"
"Hmm ok, sebentar, gue kumpulin ini dulu sama dikasih nama"
"Yaudah, buruan"
Moya meletakkan kertas pengayaan ulangan biologi kedepan meja guru, dan bergegas menghampiri Liza yang sudah menunggunya di depan pintu kelas. Dan mereka berdua akhir nya berjalan melewati tangga belakang untuk ke perpustakaan.
"Kayak nya disekolah ini gak ada yang bandel bandel gitu ya? Trus yang brandal juga ga ada" tanya Moya
"What? Lo bilang apa? Ga ada yang bandel? Ga ada yang brandal?. Please deh, lo baru masuk disekolah ini sekitar 2 Minggu, belum kelihatan aja."
"Ouh, emang siapa?"
"Noh si Adrian, gebetan lo, dia kan anak brandal, sering ngerokok lah, nongkrong lah. Dan yang parah, dia playboy."
"Ah masa? Gue ga percaya, dia tuh muka muka nya kayak anak alim gitu, trus baik lagi" Kata Moya terkejut
"Lu gatau aja, dia tuh ya sering banget ganti ganti cewe, dan parah nya, cewe bekas pacaran dia, langsung keluar dari sekolah tanpa sebab"
"Ih serem ya. Tapi masih ga percaya gue" Kata Moya tak percaya.
"Yeuh, lu kebanyakan nonton drakor gini nih. Makanya, jangan muka doang di lihat, di lihat tuh hatinya"
Ngomong ngomong masalah muka, Moya jadi terpikir, kenapa muka Alingga dan Adrian agak mirip mirip. Yaa kalau sekilas. Batin Moya.
Tak lama, mereka pun sampai di perpustakaan, kosong. Hanya penjaga perpustakaan saja yang ada didalam sini.
Liza sibuk dengan mencari buku resep masakan diet, entah apa yang dipikirkan Liza, body dia sudah perfect, tapi masih saja minta untuk diet.
Sedangkan Moya mencari buku. Yang paling penting adalah, Moya tidak mencari buku tentang kehamilan lagi, saat melihat buku bertumpuk di perpustakaan, ia teringat kejadian memalukan di toko buku mall. Ia ditawarkan Alingga untuk membeli buku, justru Moya mengambil buku tanpa ia lihat, dan ternyata buku tentang kehamilan.
"Moy, lu mau makan apa? Ke kantin yuk, gue jajanin deh"
"Hmm.. Pengen batagor gue"
"Yaudah kuy"
Sembari mereka makan, terbersit dalam pikiran Moya untuk menanyakan sesuatu yang selama ini ia bingungkan.
"Adrian kok mirip Alingga sih?" Tanya Moya pada Liza
*Uhuk
Liza tiba tiba batuk
“Eh? Apaa? Maaf? Hehe ga denger”
“Hmm ga jadi, ga penting juga sih” Jawab Moya.
“Yeuh lu Mah”
Mereka berdua akhirnya makan bersama hingga bel kelas berbunyi.
******
Moya
Akh ganteng banget sih lu Alingga, siapa sih yang bisa nahan kegantengan dia, ga ada. Dan gak bakal ada. Seriusan deh. Pakai earphone putih sembari membaca buku pelajaran, gak kurang apa coba? Kakinya saling sahut menyahut mengikuti nada lagu yang ia dengar.
Tapi ya Le, coba lu bisa tau pikiran gue sekarang, gue suka sama lu Le, tapi mau gimana? Gue cuma bisa nge-bias lu doang sekarang. Lu pacaran kan sama Liza? Tapi kenapa ya, pas gue baru pertama kali datang kesekolah ini, justru Liza malah dukung gue sama Alingga daripada harus sama Adrian.
“Woi !” Kejut Liza, membuyarkan gue yang sedang menghayal ria.
“Ih, apaan sih?” Kebiasaan deh Liza.
“Kok lu suka bengong gitu sih Moy? Ga takut kemasukan apa?” Tanya Liza yang langsung membuat gue langsung sedikit parno mendengar kata ‘kemasukan’
“Dih, apaan sih Liz, horor banget lu. Gue tuh lagi menghayal bias gue.”
“Lah siapa Bias lu?” tanya Liza
Lu mau tau bias gue siapa Liz? Bukan bias sih, dia melebihi bias kalau bisa. Tapi, yakin lo gak marah sama gue? Gue suka sama cowo lo, Alingga. Iya, Alingga Pitossa, yang sekarang ada disamping lu. Tenang Liz, I’m Fine.
“Itu loh yang waktu itu kita pernah nonton drama korea nya kalau ga salah nama drama nya ‘strong woman’, siapa sih?”
“Oh, Park Hyung Sik?”
“Nah iya itu”
Iya Liz, kalau lu perhatikan, dia mirip banget kan sama Alingga? Mirip banget.
“Ngomong apaan dah lu pada?” Cetus Alingga sembari membuka headphone yang dari tadi masih tersumpal ditelinga nya
“Kepo lo tapir” Kata Liza dan dibales dengan muka datar ala Alingga. Iya, mereka lucu, lucu banget.
Pak Nurdin –guru sejarah- masuk dan membuat seluruh kelas terdiam dari aktifitas mereka. Entah kabar gembira atau bahkan kabar buruk yang ia akan bawa, yang jelas, senyum lebar dari dia sangat terpancar. Jangan seperti Bu Rini, yang datang datang dengan senyum, ternyata memberitahukan bahwa semua murid remedial Biologi kecuali Alingga, Liza dan gue, gue gak remedial sih, tapi pengayaan. Ya sama aja.
“Siang semua nya” Sambut Pak Nurdin
“Siang Pak” Jawab serentak.
“Karena hari ini guru guru akan rapat bersama kepala sekolah……….” Belum selesai Pak Nurdin ngomong, riuh kelas mulai memecah dengan teriakan dan sorak senang “Tapi..” Sambung Pak Nurdin, semua terdiam “ Buka Halaman 76 dan kerjakan sampai nomor 36 ya, dikumpulkan hari ini ke ketua kelas, Alingga. Dan, jika tidak mengumpulkan, maka tidak ada absen hari ini, terimakasih.”
Semua terdiam. Bener kan? Intinya, jangan terbuai dengan senyuman guru, terkadang senyuman tersebut berubah menjadi ancaman, iya. Ancaman besar.
Gue dan Liza mengambil buku tulis berbarengan, setelah buku tersebut kami letakkan diatas meja, Liza tiba tiba kebelet ingin kekamar mandi.
“Eh, kayak nya gue itu deh”
“Apaan ?” Tanya gue bingung
“Biasa… bocor” Bisik Liza
“Yaudah sana, tapi tugas nya gimana? Gue gak ngerti sama sekali sama pelajaran Sejarah”
Pelajaran Sejarah adalah pelajaran yang gue gak suka, bukan karena gurunya, melainkan isi dari pelajaran tersebut, itulah kenapa orang bilang ‘Matematika itu lebih mudah daripada sejarah, karena mengulang masa lalu itu sulit’. Lah baper sendiri gue? Wkwk
“Itu tuh, tanya Alingga aja, gak tahan nih gue” Bisik Liza lagi.
“Hmm yaudah”
Jelas. Gue gak akan mau buat deketin Alingga lagi, gue takut terlanjur cinta sama dia yang udah punya sahabat gue. Tapi, kalau mau jujur, Liza tadi nyuruh gue buat nanya dan mendekat ke Alingga, gue pasti mau. Tapi gue tau diri kok.
“Sini elah” Tangan Alingga menarik pundak gue, gue hanya lemas dan mengikuti tangan nya. Berasa dipeluk. Ehh. Seketika gue membeku ditempat.
“Gausah kaget gitu kali mukanya, ini juga bukan pertama kali kan gua ketemu lo? Gua liat lo kok dimobil” Muka gue pasti gak ke kontrol, antara seneng, dan khawatir. And wait? Di mobil? Kapan?
“Hah? Kapan? Dimobil?”
“Lah tumben, biasanya kalau ada cewek ngeliat gue, gak bakal lupa” Dih, PEDE banget lo, gapapa, untung ganteng. Gue sering heran sendiri, kenapa kalau sama cewek lain Alingga dingin banget, tapi kalau sama gue enggak tuh. Ah. Gue nya aja ke ge-er an.
“Dih PEDE amat lu” Jawab gue
“Lah gak inget? Gua kan baring diatas tandu tuh, pas kecelekaan, ga inget?”
Wait? Hah? Dia inget wajah gue? Sedangkan dia sendiri lagi terbaring lemas diatas tandu. Ini mimpi bukan sih?
“Hah? Lu inget gue? Kok? Kan lu kalau gak salah pingsan deh?” Apa gue ga inget ya? Ahh.
“Hah Hoh mulu lo kek sapi,” Bodo amat Ling, tapi lo lucu. Banget.
“Dih, gue nanya serius juga”
“Iya, lu yang ada dalam mobil kan? Trus kalau ga salah ada ibu ibu dibelakang lu, lambai lambai gitu ke gua”
Sebentar, gua berusaha mengingat siapa yang ada dibelakang gue. Dan… Itu Bibi !!! Oh my God, ngapain coba lambai lambai.
“Oh, Hahaha itu Bibi gue”
“Oh, pantes”
“DOR !!!” Tiba tiba Liza datang dengan memukul meja, jelas membuat gue kaget dan Alingga gak kaget sama sekali. Aneh. Gue langsung balik ketempat duduk gue semula.
“Duh cucwittt banget sih kalian, aku ikutan dong” Ujar Liza.
Maaf Liz.
“Yaudah lanjut sejarah nya yuk” Ajak gue. Sebenernya hanya untuk mengalihkan.
******
Kring Kring Kring
Bel pulang berbunyi, sepeti biasa, Moya akan dijemput dengan Mang Urip. Tapi, Mang Urip belum kunjung datang, mungkin macet?. Pikir Moya.
Angin mulai bertiup kencang, pertanda hujan akan turun dengan deras. Moya yang semula berada di depan gerbang, kini kembali menuju koridor lagi karena hujan mulai turun, ia sendiri, tak ada orang dikoridor ini, kecuali seseorang yang akan datang padanya.
“Moy? Lo gak pulang?”
“Eh Adrian” Moya terkejut “Iya belum, tunggu supir aku”
“Kaku amat, santai la”
“Hehe iya” Jawab Moya gugup
“Pulang bareng gue yuk? Mau gak?” Ajak Adrian.
“Ehhh gausah Adrian, gue sendiri aja, paling sebentar lagi dateng kok”
“Oke, gue duluan ya”
Adrian memegang tangan Moya, dan mendekatkan tangan nya menuju bibir dan menciumnya, Moya terbujur kaku. Adrian melambaikan tangan nya dan dibalas dengan Moya dengan posisi masih membeku.
Sekilas Moya mengelus tangan nya.
Mati aja gue kalau gini mah, udah mati aja. Batin Moya.
“Non Moya !!” Teriak Mang Urip dari mobil. “Ayo atuh naik, keburu hujan”
“Eh iya Mang” Moya berlari kecil menuju mobil dan masuk, ia mengeluarkan ponsel nya dan membuka Line
Moya: “Guys, duh..”
Syika: “Apasih Moya syantiq”
“Ini gawat !!”
Reno: “Apa apa?”
“Tangan gue guys, tadi gue tuhkan pulang agak lama”
Syika : “Trus?”
“jangan diputus ih, nah trus dia tuh ngajak gue boncengan, gue tolak tuh kan”
Reno : “Dih, kesempatan”
“Bukan itu masalah nya, dia pas pamitan cium tangan gue”
Reno:” WTF?????”
Syika : “Lo main main kan?”
“Enggak ini serius”
Syika : “Ganteng gak?”
“Mayan sih kata gue mah”
Moya sent photo
Syika : “Astaga cakep banget, reno kalah”
Reno : “Aku melihat mu Beb”
Syika : “Hehe, eh iya Moy, tapi hati hati aja”
:)
Tak sadar, Moya sudah sampai dirumah, ia segera memasukkan Hp nya kedalam tas, percakapan dengan teman lamanya masih terngiang dipikiran Moya. Maksud dari ‘hati hati’ yang Syika ucapkan itu apa ya ?. batin nya.
“Eh Moya, dah pulang Moy?” Tanya Bibi.
“Iya Bi, oh iya. Mau curhat Bi”
“Ntar aja, nanti Bibi ke kamar deh, ini lagi ngepel dapur, kamu mandi dulu gih”
“Oh, yaudah deh”
Mamah Moya adalah seorang yang sangat sibuk, terlebih lagi Papanya, mereka bekerja diperusahaan yang sama dan terletak di Batam, sangat mustahil bila mereka pulang setiap hari. Mungkin seminggu sekali. Jadi ia mengandalkan Bibi nya yang ada dirumah.
Moya
Woh gila dingin banget, abis ujan, mandi pula. Mantap.
Sambil menunggu, gue coba menstalk beberapa akun social media nya Adrian. Sedikit sih followers nya, ya mungkin karena instagram nya di gembok alias dikunci. Ganteng sih orang nya, kayak nya juga romantis. Tapi, apa bener ? Kata Liza, dia orang nya playboy dan brandal sekolah, tapi muka dia tuh sama sekali gak keliatan sama sekali, iya sih, jangan liat seseorang dari cover nya, tapi sifat dia juga gak mencerminkan kalau dia itu playboy atau brandal. Hmm..
“Mau ngomong apa Non?” Tanya Bibi
“Itu Bi, aku tuh sebenernya nih.. suka sama Alingga” Belum selesai gue bicara, Bibi udah heboh sendiri. Duh.
“Tuh kan Non !! Bener yang Bibi bilang, ahai. Cinta pada pandangan dirumah sakit ya ceritanya”
“Haha, apaan sih Bi, enggak. Dia tuh baik Bi orang nya, tapi sayang banget kalau dia tuh ternyata udah punya pacar, dan pacar nya itu sahabat aku sendiri Bi. Nah, trus aku tuh dideketin sama cowo, namanya Adrian.”
“Yang waktu itu kerumah? Trus mirip Alingga bukan?”
“Nah iya Bi, mirip banget, tapi cakepan Alingga lah”
“Subhanallah, laku juga ya ternyata Non” Yeh Bibi, kampret kali ah.
“Ih Bibi mah, dan.. tau gak sih, tadi pas aku nunggu Mang Urip, kan mau hujan tuh, trus aku ke koridor dan liat ada Adrian, awalnya sih mau pamitan.. eh, pas selesai pamitan, dia cium tangan aku Bi”
“Astaghfirullah, sini tangan nya Non” Gue menyodorkan tangan kanan gue bekas ciuman Adrian, ternyata Bibi mengelusnya perlahan.
“Gapapa deh, Bibi dapet sisa nya hehe”
“Yeuh Bibi”
Curhatan ala Bibi selesai, Bibi melanjutkan pekerjaan nya. Mengisi kegabutan, gue akhirnya mengambil binder baru yang diberikan Mira saat perpisahan dengan sekolah lama gue. Gue tulis beberapa paragraf, bagaimana gue bertemu dengan Alingga, dan sampai tangan gue jatuh pada bibir Adrian. Gue yang tak sadar, tiba tiba menjatuhkan air mata tepat dibawah tulisan
Cukup menjadi teman lo, gue udah bahagia kok. Gue sadar, gue makhluk yang mudah baper pada orang yang bahkan udah milik sahabat gue sendiri.
Gue menutup binder tersebut, dan terlelap.
***********
Moya
Mobil warna merah milik Mama terparkir didepan garasi membuat gue senang tak terkira. Akhirnya Mama pulang. Yes !
“Mama” Sambut gue dan memeluknya
“Moya sayang,” Balas nya “Besok jalan jalan mau gak?”
“Yah, besok aku masuk Ma. Lusa aja gimana? Kan ada tanggal merah tuh”
“Ya udah, bisa kok”
Mama akhirnya masuk kamar dan istirahat, hari ini gue berencana untuk keliling komplek menggunakan sepeda. Mumpung pagi, lumutan mulu gue dirumah.
Embun masih menyelimuti jalan, lampu lampu jalan masih menyala, mungkin satpam belum mematikan nya. Jalur sepeda juga terlihat sepi, bahkan tidak orang, lagian siapa sih yang mau naik sepeda di hari Minggu masih jam setengah enam, orang mah tidur kali. Sambil menghilangkan kesunyian yang ada, gue menyetel lagu BTS – Spring Day. Duh pas banget. Antara lagu dan kayuhan sepeda saling saut menyaut, dingin dan masih diselimuti kabut kabut tipis. Perfect.
Alingga
Pagi ini, gua berencana untuk naik sepeda dan keliling komplek, hawa nya masih dingin dengan kabut tipis sejuk dipandang. Sekarang kan gua punya tetangga baru, si Moya. Apa gua ajak aja kali ya? Eh jangan deh, gua malu.
Gua keluarkan sepeda dari garasi, dan mengayuh nya dengan perlahan sambil menikmati keciauan burung dikomplek. Jalur sepeda terlihat sepi, sampai gua melihat seorang bayangan kabut perempuan. Moya?
Bener, itu Moya, gua mempercepat agar bisa ketemu Moya.
“Moya?” Sapa gua
Moya yang terkejut, tiba tiba menabrak trotoar disamping jalur sepeda dan otomatis masuk kedalam taman disampingnya dan terjatuh. Duh elah, kenapa segala kaget coba, gua cuma nyapa lo doang kali. Lebay.
Gue yang melihat Moya meringis kesakitan langsung mendekati dia, kasihan amat lu. Lagian, gua manggil lu doang, langsung nyusruk ketaman masa.
“Moy, lo gapapa?”
“Gapapa kok, kayak nya berdarah sih sikut gue, tapi fine,”
“Coba gulung lengan baju lu, sini gua lihat” Pinta gua
“Eh, gak usah, serius”
Duh ni anak, ngeyel banget da. Akhirnya gua bertindak dan meraih tangan kiri Moya lalu menggulung lengan baju nya.
Bener, lecet dan berdarah. Yaelah, gimana nih, anak orang lagi.
“Aww” Moya meringis sakit
“Wait wait”
Gua meniup perlahan darah yang mengalir dari tangan Moya. Meniup nya perlahan, tak sadar Moya fokus melihat gua. Yeuh ni anak.
“Are you okay?” Tanya gua
“Okay,” Jawab dia gugup, lah kenapa dah.
Moya
Aww sakit, Alingga kenapa sih lu segala kagetin gue gitu, liat kan? Berdarah nih sikut gue.
Alingga menggulung lengan kiri gua dan meniup tepat disiku gue yang berdarah. Ah so switt banget, bibir nya itu loh deket banget sama sikut gue. Pakai liptint apa lipstick sih lu? Tuh bibir kayak bias gue. Merah aw aw.
“Are you okay?” Tanya dia.
Kayak nya dia sadar kalau gue dari tadi ngeliatin dia mulu, ya iyalah, siapa si yang gak mau liat muka se-ganteng elo?
“Okay,” Jawab gue, yah geter suara nya. Gugup
Hmm gimana ya, kalau mau pulang jauh juga, gue udah didalem komplek nya, sedangkan rumah gue terletak dekat dengan pintu keluar komplek. Tapi lutut sama sikut gue sakit, gimana? Sikut gue masih berdarah lagi. Sial
Alingga membuka kancing baju biru nya dan melepaskan nya, tersisa baju putih lengan pendek daleman nya.
Urat dan otot ditangan nya terlihat jelas,di tambah dada nya yang tercetak bidang. Kaum hawa yang melihat dia seperti ini kalau gak pingsan, pasti teriak. Untung gue bisa nahan. TAHAN MOYA !!!!!!!!!!!
AKH !!!!!! Rasanya gue pengen teriak sekarang, apa apaan sih ini.
“Alingga lu ngapain?” Tanya gue kaget, plus gugup, plus plus lah.
“Santai elah, nih pake baju gue buat gulungan lukanya, anggep aja perban”
“Tapi….” Belom selesai gue ngomong, tiba tiba Alingga meraih tangan gue dan melilitkan baju biru nya tepat disikut gue dengan perlahan, tapi tetep sakit walau udah pelan pelan.
“Aww” Ringis gue, membuat Alingga malah memperkuat ikatan bajunya. Tambah sakit lah ih.
“Dah kan?” Tanya dia, dan gue mengangguk iya.
“Mau pulang atau gimana?” Tanya Alingga sembari berdiri dari duduk.
“Hmm gue mau pulang aja”
“Oh yaudah”
Gue akhirnya pulang sendiri, yaelah. Peka kali, gue kan mau dianterin elu. Hehe maruk amat gue ya.
Di perjalanan, gue berasa diikut seseorang dengan suara sepeda yang sedang di kayuh, ternyata Alingga ngikutin gue dari belakang, eh ternyata dia ikut.
“Lah? Gue kira lo masih mau lanjut” Tanya gue yang fokus dengan jalan.
“Ninggalin lo? Gila kali ya, nanti lu nyusruk lagi”
Dih, itu juga gara gara lo kali, gue nyusruk ke semak semak taman kan karena kaget, kaget banget malah. Plus gugup sih. Elo sih ah
“Please, itu gara gara lo kagetin gue, jadi kayak gitu deh”
“Lah gua? Kok gua? Gua manggil lo doang kali, lo aja lebay”
Mendengar kata lebay, gue langsung memberhentikan sepeda dan memutar balikkan mata gue dengan tatapan mata tajam pada Alingga
“Iya iya, hukum alam pertama, cewe selalu benar. Gue minta maaf” Kata dia
“Nah tuh tau” Gue melanjutkan goes nya
Ahh lucu banget sih lu, ada ya makhluk kayak lu, andai aja gue bisa dapetin lu.
“Lo pacaran ya sama Adrian?” Pertanyaan itu terlontar dari mulut Alingga, belum sempat gue jawab, ternyata gak sadar, gue udah sampai didepan rumah. Alingga memutar stir nya ke arah kanan dan masuk kedalam rumah.
Asal lu tau ya Ling, gue cuma suka sama lu, iya elu, yang udah sama sahabat gue. Entah kapan gue suka sama lu.
“Sampai ketemu dikelas Moya” Ia melambaikan tangan nya dan gue balas dengan acungan jempol. Idaman banget lu.
Bibi yang sedang menyiram tanaman, terkejut melihat gue dengan sikut yang diselimuti baju.
“Non? Itu kenapa? Baju siapa deh?”
“Tadi tuh Bi, si Alingga. Aku lagi naik sepeda, tiba tiba dari belakang dia kagetin aku, ya jatoh la. Nah terus berdarah”
“Oh yaudah, sini Bibi obatin dulu”
Bibi beranjak dari taman, dan satu hal, keran yang ia pegang belum dimatikan. Haduh
“Bi, keran nya itu loh” tunjuk gue pada keran yang masih mengeluarkan air dengan derasnya
“Lah iya, hehe”
Delapan
Terik matahari menyengat para peserta upacara, bahkan dari mereka banyak yang pura pura ke kamar mandi, dan mengulur waktu didalam kamar mandi. Moya yang ingin melakukan itu juga terurung, karena notabane Moya adalah siswa baru. Ia tak mau mencemarkan nama baik nya. Liza daritadi membujuk Moya agar mengikuti nya, dengan alasan kekamar mandi padahal ingin mengadem.
“Moy, ayolah, panas gila nih”
“Lu aja sih sendiri, atau gak, sama Alingga tuh” Tunjuk Moya
“Lah ya kali gue ke kamar mandi sama Alingga”
“Hahaha” Moya terbahak
“Ayok napa buruan” Liza langsung menarik tangan Moya dan berlari menuju kamar mandi, Moya meringis kesakitan karena sikut yang berdarah waktu itu masih terasa perih. Liza pun jadi bingung sendiri melihat Moya meringis.
“Lah kenapa dah lu? Sakit apa? Gue narik nya gak kenceng kenceng banget” Tanya Liza yang sudah sampai depan kamar mandi.
“Sikut gue kemarin berdarah, kayak nya sih masih basah lukanya”
“OMG ! bilang kek dari awal, sini gue liat, berdarah lagi kayaknya”
“Hmm gausah, gapapa kok”
“Btw, itu gara gara apa? Kok bisa sikut nya berdarah gitu?”
Moya berfikir sebentar, ia jatuh gara gara Alingga, dan Liza belum tau kalau Moya dan Alingga adalah tetangganya.
“Ahh enggak, kepleset waktu itu” Jawab Moya dengan senyum paksaan.
Moya
Akhh perih banget. Segala tu orang pake narik narik gue lagi. Sekarang malah ke kantin, padahal upacara belum selesai.
“Moy, sini elah, santai aja dulu” Liza menyodorkan minuman teh kotak lantas gue terima.
“Udah yuk, balik lagi, gue takut ntar ada kesiswaan, mampus deh gue.”
“Santai elah” Entah darimana ia datang, yang jelas gue kaget dengan kedatangan Alingga.
“Bagi minum dong” Pinta dia
“Nih” Liza memberikan air mineral dingin pada Alingga, alih alih untuk diminum, ehh… malah di buat basuh muka. Akh gila. Cool banget.
Gue memundurkan diri dari Alingga, takut kena cipratan air nya.
“Oh iya Moy, tangan lo gapapa?” Tanya Alingga.
Gue bingung seribu bahasa, gue berusaha agar Liza gak mengetahui kejadian jatoh waktu itu dan berusaha bagaimana caranya agar Liza gak tau kalau gue sama Alingga adalah tetangga . Gue takut lo cemburu, dan persahabatan kita bakal hancur.
“Eh, yuk ah. Tuh Pak Ryan udah dateng, nanti kita kena marah lagi,” Gue mengalihkan pembicaraan dan menjauh dari mereka.
“Yaudah Liz, kuy ke lapangan lagi”
“Yuk Le”
Mereka romantis banget.
Tiba tiba Adrian dari arah samping datang ke hadapan gue, dan memberika teh kotak yang persis diberikan Liza tadi. Alingga yang melihat Adrian tampaknya gak senang deh, ada apa ya?
Gue hendak mengambil teh yang diberikan Adrian, tiba tiba tangan Alingga memegang tangan gue dan menepis tangan Adrian.
“Gausah diterima Moy, lo udah dapet minum kan tadi dari Liza?”
“Hmm iya sih” Jawab gue gugup.
“Oh iya, lo Adrian, gausah deket deket sama Moya” Alingga angkat bicara memberikan suatu ancaman.
Gue yang berdiri diantara mereka berdua, sama sekali tak mengetahui apa yang terjadi disini.
“Sorry, gua sama Moya udah pacaran, jadi lo gak punya hak” Adrian membalas nya.
Pacar? Batin gue. Apa gue udah kasih jawaban ke Adrian ya? Perasaan gue beluum deh.
“Cih..” Alingga membuang muka dan pergi meninggalkan gue, Liza dan Adrian.
******
Kantin mulai ramai setelah upacara selesai, Moya dan Liza memutuskan untuk tidak ke kantin karena padatnya keadaan disana. Moya dan Liza akhirnya kembali ke kelas. Saat diperjalanan nama Alingga, Moya dan Liza terpanggil keruang BP, Moya panik setengah mati mendengar namanya terpanggil.
“Moya, Alingga dan Liza !!” Bentak Bu Berta selaku kepala kesiswaan.
“Iya bu?” Jawab mereka bertiga.
“Kalian tau kesalahan kalian apa?” Tanya Bu Berta
“Hmm gak tau bu”
“Kalian tadi saat upacara berada dikantin, betul?”
“Betul Bu” Jawab mereka bertiga.
“Oke, karena kalian sudah mengakui nya, silakan jam istirahat kalian dipakai untuk membersihkan labolatorium dilantai 3”
“Iya bu” jawab mereka lagi.
Sial. Batin Moya.
Jam istirahat, waktu nya Moya, Liza dan Alingga membersihkan labolatorium lantai 3, Moya terlihat panik. Bukan tanpa sebab, ia panik karena Liza belum kunjung balik dari kamar mandi mulai dari pelajaran pertama tadi. Tak mungkin ia di toilet selama 1 jam lebih.
“Jadi gak? Yuk ke labolatorium” Ajak Alingga.
“Oh ok, tapi Liza..?”
“Udah, paling dia nyusul kali”
“Hmm ok”
Alingga dan Moya berjalan menyusuri koridor dan melewati barisan perempuan para penggemar Alingga. Moya merasa risih berada disampingnya, ia mendengar kalau mereka berdua telah pacaran, sedangkan Moya tau, Alingga berpacaran dengan Liza, jelas sekali, ini membuat Moya takut akan Liza marah padanya.
Labolatorium masih terkunci rapat, mereka berdua mematung didepan pintu lab.
“Lah kunci nya mana?” Tanya Alingga.
“Hmm, entah. Gue gak dikasih apapun tadi. Yaudah, gue ambil dulu ya dari Bu Berta” Ujar Moya.
Saat Moya ingin memutar badan nya dan mengambil kunci, Alingga memegang pundak nya dan membuat tubuh Moya berhenti. Gugup? Pasti. Batin Moya
“Gapapa Moy, biar gua aja sini, lo tunggu sini ae”
“Hmm oke”
Alingga berlari kecil menuju ruang BP yang berada dilantai 1.
Moya membuka HP dan menulis pesan pada Liza, berharap dia ada disini dan menemani nya sembari menunggu Alingga datang kembali. Ia tak mau berdua didalam labolatorium ini, apalagi dengan Alingga. Sebenarnya Moya mau mau saja berdua dengan Alingga, siapa yang tak mau kerja bareng dengan seorang cogan, tapi Moya punya batas, ia tau, kalau Alingga adalah pacar sahabatnya sendiri. Liza.
“Liza, lo dimana? Gue udah sama Alingga di lab nih”
Tak lama kemudian, Liza membaca pesan itu setelah beberap detik.
“Gue balik Moy, nyeri parah gila. Lo sama Alingga aja deh, baek baek ya say”
“Akhh !” Moya menggeram. “Segala ni anak balik lagi”
Tak sadar, Alingga sudah kembali dengan membawa kuncu ditangan nya.
Alingga mendorong dorong pintu nya, mungkin agak sedikit macet, sehingga butuh dorongan lebih.
“Bantuin kek, liatin aja terus” Alingga membuyarkan lamunan Moya.
“Eh? Iya iya hehe” Moya salah tingkah.
Moya
Akhirnya pintu terbuka setelah gue dan Alingga mendorong dorong, duh gila susah banget, gak pernah dipake apa ya?
Setelah pintu terbuka, gue mengambil batu kecil untuk menganjal nya. Dan masuk kedalam ruangan, bau alkohol.
“Ambil coba kain di dalem laci Moy”
“Ini?” Tunjuk gue pada kain yang bau nya minta ampun deh.
“Nah iya”
“Ini bau banget, lu mau pake ini?”
“Gapapa, sini gua cuci”
Sebenernya Alingga punya berapa kepribadian deh? Bingung gue. Depan orang tuh, dingin banget, sedangkan depan gue sama Liza.. ya kayak biasa aja. Andai lu bisa baca pikiran gue Le. Hah sudah la.
Gue berjalan keruangan mikroskop, dan membersihkan meja meja disana, berdebu banget, gue beberapa kali bersin saat mengelapnya.
“Alergi debu lo?” Tanya Alingga.
Ih perhatian banget deh lu, Liza beruntung ya punya lu.
“Enggak tau sih,” Jawab gue dan masih fokus dengan mengelap meja
“Hmm Moy” Panggil Alingga.
Please deh Le, gue tuh orang nya gampang banget kebaperan dan you know la.
“Yes?”
“Gua tuh……..”
Brakkk.
Perkataan Alingga terputus setelah mendengar pintu yang tertutup dengan kencangnya.
“Le, lo jangan main main deh, buka please pintu nya” Pinta gue pada Alingga, karena gue tau kalau Alingga yang menutup pintunya.
“Moy, lo liat gua disini”
Gue memutar badan, dan melihat Alingga sedang ada di wastafel yang pastinya jauh dari pintu. Trus? Itu siapa yang tutup pintu nya?
“Gue tau, gue emang takut sama yang kayak gituan, lu gausah main main deh Le”
“Moya.. gua disini? Lihat? Jauh kan?”
Bener juga sih, kok horor sih, ih apaan sih.
“Buka napa pintu nya”
Alingga berjalan menuju pintu, saat sampai pintu. Pintu susah untuk dibuka.
“Moy, bantu gua”
Gue yang mendengar, spontan lari dan memegang pintu. Tarik !
“Yah, ke kunci deh kayak nya” Ujar Alingga
Demi apa? Ahh tidak, duh gue kebelet lagi. Please, ini mimpi kan? Gak mungkin kalau gue terjebak di labolatorium kan? Gak, gak mungkin. Huaaa ! pengen nangis.
Prankkk
Tengkorak yang ada dalam ruangan mikroskop jatuh secara tiba tiba, gue spontan kaget.
“ASTAGA !!!!!” Secara langsung gue mendekat ke Alingga dan mengenggam lenganya sembari menutup mata gue.
Nyaman :)
“Tenang aja elah Moy” Alingga mengacak acak rambut gue “Itu tengkorak jatoh doang”
Doang? Gak ada angin, gak ada hujan, tiba tiba jatuh? Horor.
“Gue takut” Ucap gue. Malah dibalas dengan senyuman.
Manis.
Alingga berjalan mendekati tengkorak itu, gue dari tadi masih menarik narik baju seragam nya dan terpaksa mengikuti dia mendekati tengkorak itu juga. Jelas, gue takut.
Masalah selanjutnya, gue kebelet.
“Duh, sampe kapan nih kita disini?” Ujar gue panik.
“Sabar, gua coba cek Hp” Alingga mengeluarkan ponselnya. “Hmm, kayak nya kita harus nunggu sampai ada yang buka deh”
“Kenapa???”
“Gak ada sinyal”
Ya Tuhan, duh gimana.
Alingga akhirnya duduk disalah satu kursi dekat TV LCD dengan santai nya, gue yang dari tadi panik sendiri dan sudah berkeringat ini berjalan kesana kemari mencari kunci cadangan.
Gubrak
“Akhh !!!” Jerit gue. Sial banget gue hari ini.
Alingga langsung berdiri dan melihat kondisi gue yang tersungkur karena cairan licin yang gue injek tadi. Mantap deh, rok gue sekarang merah gara gara cairan ini.
“Ya Tuhan, ada ada aja sih lo.” Alingga menjulurkan tangan nya dan berusah membantu gue untuk bangun.
“Sakit…” Gue meringis kesakitan, ini bukan acting, ini serius. Sakit.
“Yah, sekarang lu jadi kayak orang PMS yang bocor”
Bete gila !! Apa maksud lo Alingga, kesel banget gue, gue akhirnya nangis. Bukan berarti gue cengeng, lu coba aja bayangin, sekarang gue terjebak di labolatorium dan sekarang rok gue merah gara gara tadi gue kepleset cairan merah, ditambah Alingga yang ngatain gue gitu.
“Dih nangis, ululu” Goda Alingga, lantas gue tertawa kecil “Lah? Nangis mah nangis aja kali, malah ketawa”
“Alingga !!” Teriak gue.
“Hahaha”
Alingga membuka kancing baju seragam nya dan melepaskan nya, tersisa baju putih daleman persis saat gue jatuh dari sepeda, gue yang daritadi mengelap air mata terdiam kaku.
“Le? Awas ya, gue teriak kalau lu apa apain gue”
Gue berpikir negatif, wajar lah. Lu berada dalam suatu ruangan, terjebak dan gak ada orang kecuali seorang cowo. Dan tiba tiba, dia membuka baju seragam nya.
“Dih, pikiran nya ya” Ucap Alingga.
Seperti biasa, dada bidang nya tercetak dalam balutan baju putih pendek itu. Akh pikiran gue campur aduk.
Alingga mendekat, otomatis gue mundur dan menjauh.
“Dih, sini elah,”
“LU MAU NGAPAIN !!!”
“Berisik” Alingga menutup telinga nya.
Sesaat kemudian, Alingga mengikat lengan baju seragam nya pada pinggul gue dan menutup bagian belakang rok gue yang merah. Lah?
“Dah tuh, gak keliatan merah kan?”
“Hmm..” Ucap gue males
“Gak makasih?” Ucap nya. Lah maksa sih.
“Iya makasih”
Tok tok
Pintu labolatorium terketuk, spontan gue dan Alingga yang masih sibuk dengan rok mlangsung melihat pintu itu.
“Ada orang ya???” Ucap seseorang dari luar.
“ADA PAK !!” teriak gue histeris.
Tak lama kemudian, pintu labolatorium terbuka. Akhirnya gue bisa menghirup udara segar.
“Makasih pak” Ucap Alingga pada orang yang telah membuka pintu nya.
Diluar, ternyata banyak banget orang yang berada persis depan pintu labolatorium, ada apaan dah?
Gue dan Alingga jalan menyusuri koridor.
“AHH !!!!!”
“Gila, badan kak Alingga”
“Eh? Itu baju nya kak Alingga kenapa ada di Kak Moya ya?”
Itu kata kata yang berhasil gue denger dari para perempuan tukang gosip yang berkumpul dikoridor.
Wait.. apa? Baju? Astaga ! Gue lupa, kalau baju Alingga masih nyantol dirok gue.
“Alingga !” Panggil gue dari belakang. “Baju lu?”
“Santai aja, gua sementara pakai kaos dulu, lo pake aja baju gua buat tutupin merah ,nya”
“Hmm oke”
Akhirnya kami berdua masuk kelas, semua yang sedang belajar, tercengang melihat gue dan Alingga baru saja datang.
“Bu, saya izin pulang ya sama Moya” Bisik Alingga pada Bu Sekar.
“Kenapa?”
“Saya mau anterin Moya, dia bocor bu”
“Oh yaudah, kenapa gak bilang dari tadi aja sih” Ujar Bu Sekar.
Percuma lo bisik bisik Le, gue denger elu ngomong. Lagian siapa yang bocor coba, ini kan gue ke pleset cairan merah tadi.
Akhirnya Alingga mengambil tas, gue pun ikut juga.
“Permisi Bu” Pamit gue sopan.
Di koridor, seperti biasa, para fans fans Alingga melihat nya dengan seksama, kayaknya mereka gak berkedip ya liat kak Alingga pake kaos doang.
“Moy, lama banget sih lo” Tiba-tiba Alingga menarik tangan gue dan berlari, otomatis gue ikutan.
Mereka mereka yang lihat kejadian ini, langsung pada teriak histeris. Duh kenapa sih.
Saat melewati toilet perempuan, tak sengaja gue melihat sepatu Liza, persis sepatu dia. Liza masih di sekolah? Tapi katanya, dia udah pulang bukan?
Ah sudah lah.
Gue membuka pintu mobil Alingga.
“Moya, lo kata gua sopir taxi? Depan sini sama gua”
“Hmm..”
Akhirnya kami berdua sampai dirumah.
Its time to nulis kejadian hari ini.
Alingga
Berkat Moya, gua akhirnya bisa pulang duluan. Yes ! Dan bisa cepat cepat merebahkan tubuh ini keatas ranjang.
Tak sengaja, buku biologi yang berada diatas meja belajar tiba tiba terselip sebuah kertas kecil dibagian halaman buku gua, dan gua ambil kertas kecil tersebut.
“Hari itu, baju yang ia gunakan tersemat pada sikut gue yang terluka”
Bingung gua, kertas siapa ya? Gua gak ahli dalam membaca tulisan orang seperti ini, hmm gua simpen aja kali ya.
“Nak..” Panggil Ibu dari luar, gua langsung bergegas membuka pintu nya.
“Iya Bu?”
“Loh? Kamu kok sudah sampai? Kamu bolos ya? Terus mana baju mu Nak?”
“Oh, tadi aku dihukum suruh bersihin labolatorium sekolah, terus capek, minta izin pulang deh” Ucap gua singkat.
“Duh..” Ibu mengacak acak rambut gua, “Terus baju nya? Kamu pake kaos doang?”
“Tadi Moya juga kena hukum sama aku, terus dia jatuh kena cairan merah, nah aku tutup pakai baju seragam tadi,”
“Moya? Siapa itu?”
Hah? Ibu gak tau Moya? Padahal tetangga kita tau.
“Itu loh Bu, anak yang pernah anterin Ibu kerumah sakit. Tetangga kita Bu”
“Lah? Dia satu sekolah sama kamu toh? Kenapa gak bilang, cantik lagi.”
Iya Bu, dia cantik.
“Dih apaan sih Ibu” Kata gue malu.
“Yuk turun, makan.”
Moya
Duh merah banget rok gue, persis yang Alingga bilang, kayak orang PMS sih.
“Bi !!” Teriak gue.
“Naon Non?”
“Lihat nih Bi” Sambil menunujukkan rok gue yang merah karena cairan “Rok aku merah, bisa hilang gak merah merah nya? Trus nih, baju Alingga, bisa hilang juga gak?”
Ekspresi Bibi nampak terkejut, pasti karena gue bilang ‘Alingga’, iya lah. Siapa lagi kalau bukan dia. Sampe Mang Urip aja hampir cemburu sama Alingga karena mendapatkan Bibi. Haha.
“Alingga?” Kata Bibi sambil senyum senyum jahil. “Dua baju loh Alingga pinjemin ke Non Moya, duh jangan jangan..”
“Ih apaan sih Bi? Udah buruan atuh di bersihin baju Alingga nya”
Dengan cepat, Bibi mengambil baju Alingga yang semula nya berada di tangan gue, dan mencium nya dengan tarikan nafas yang panjang. Haduh.
“Harum harum orang ganteng gini ya, harum nya cool cool gitu” Ujar Bibi.
Bi Maira.. inget usia dong, udah kepala empat masih mikir gituan, mikir tuh gimana biar bisa masuk surga Bi. Ehhhhh.
“Bi, astaga.. udah ih” Gue mendorong Bibi menuju tempat cuci.
Aneh. Tadi saat upacara udara sangat panas, sekarang awan mulai menurunkan air nya perlahan, dan its time gue menuju jendela kamar dan melihat rintikan air dari langit lewat jendela kecil dikamar gue.
Sembari melihat hujan yang turun, gue menulis sepatah kata yang terjadi hari ini. Pulpen ini tiba tiba berhenti ketika mengingat ada yang salah. Sebentar.. note tentang sikut gue beradarah !
Hilang. Iya hilang.
Gue mencari-cari kertas notes itu hingga ke tempat pensil dan kedalam tas. Gak ada.
Ah sudah lah, mungkin aja jatuh.
Sambil senyum senyum sendiri, gue membuka lembaran notes kemarin, lucu juga kalau dibuat kayak gini, jadi gak bakal lupa tuh sama yang namanya kejadian kejadian langka.
Hujan semakin terasa lebat, terdengar dari suara atap rumah, keras.
“Non, ini baju nya udah selesai,” Teriak Bibi dari luar kamar.
“Lah Bi? Udah kering emang? Kan tadi baru aja dicuci”
“Ada deh, ada rahasia nya, nih buruan anterin” Bibi membuka pintu kamar gue dan memberikan baju Alingga ke gue. Tapi ini hujan kali, masa sekarang.
“Tapi Bi, sekarang kan Huj…..” Belum selesai gue ngomong, Bibi mengeluarkan senjata andalan nya dari kantung baju nya.
“Tada !! payung”
“Hmm”
“Udah sana buruan” Bibi menarik tubuh gue keluar.
“Iya.” Dengan terpaksa, gue harus kerumah Alingga dalam keadaan hujan.
Tapi tunggu, dia kan tadi bilang kalau mau anterin gue balik kerumah, nah berarti dia sekarang udah balik ke sekolah dong? Wait. Kok ada mobil dia? Apa itu cuma alesan aja biar dia juga bisa ikut bolos. Dasar.
“Alingga !!!” Panggil gue dari luar rumah nya.
Duh buruan dong keluar, ini gue basah nih. Payung nya kecil banget.
“Eh Moya?” Sambut Alingga sembari membuka pintu nya.
Gue membeku dan terdiam depan pintu, sekarang dia berdiri dengan jarak hanya beberapa sentimeter dari gue. dia menggunakan baju hitam lengan pendek dan celana panjang. Dia ganteng banget. Ya Tuhan, sungguh sempurna ciptaan Mu, lihat lah.
Lu ganteng banget. Sayang, cuma bisa anggep lu sebuah “Bias”. Apasih Moy, bias bias mulu.
“Moy? Kok lo malah bengong sih?” Alingga melambaikan tangan nya, dan berhasil membuat gue berhenti berkhayal.
“Eh enggak, ini gue mau ngasih baju seragam yang tadi sama kemaren, udah kering” Alingga mengamati baju seragam itu, benar benar diamati.
“Ini seriusan punya gua? Ehh masuk sini dulu, nanti lo basah”
Kok lu perhatian ?. Iyalah, lo mau basah kuyup Moy?
“Hmm gausah deh” Alih alih agar dibiarkan keluar, gue malah ditarik sama Alingga dan masuk kedalam rumah nya, Ibu Alingga nampak sedang mencuci piring, ia tersenyum sekilas dan gue balas dengan senyum juga.
“Sini baju seragam gua” Pinta Alingga, gue langsung memberikan nya. “Wangi nya agak aneh ya, kayak bunga bunga gitu.”
Astaga Bibi ! jangan jangan Bibi malah ngasih pewangin gue yang bau mawar? Duh gila sih ini mah.
“Tapi gapapa, gue suka bau nya, ya walau agak feminim”
Suka? Lu suka pewangi baju gue yang bau bunga mawar?
Tak sampai situ, gue terfokus pada kertas kuning yang ada di meja ruang tamu. Kayak kenal kertasnya.
OMG ! Itu kertas gue yang tadi hilang, kok bisa ada dia? Lah kok? Ahh bisa ketahuan kalau gini caranya. Alingga yang memerhartikan gue menatap tajam kertas itu, akhirnya terfokus pada kertas itu juga. Mampus.
“Itu kertas lu Moy?” Tanya Alingga sembari menunjuk kertas kuning kecil itu.
Panik? Banget. Duh kalau dia tau itu tulisan gue, habis deh gue.
“Ahh? Bukan? Lu nemu dimana deh Ling?” Jawab gue gugup dan sedikit bergetar.
“Oh, ini gua nemu di selipan buku paket biologi gua, mungkin fans fans gua kali ya. Haha” Katanya sembari tertawa ringan.
Lu bilang itu dari fans lu? Lu salah total Ling, itu dari salah seseorang yang suka dengan lu sejak kali pertama bertemu, tapi sayang, orang itu cuma bisa nge-bias lu aja dan gak bisa lebih dari itu. Lu tau siapa? Itu gue, iya gue. Nge-bias lu itu emang agak perih sih. Tapi gapapa, nge-bias lu ada serunya juga, dimana gue harus menempatkan diri dengan baik.
“Hahaha bisa ae lo” Gue juga ikut tertawa ringan. “Hmm gue balik ya, kayak nya hujan udah reda.”
Entah ini cara gue biar bisa keluar dari tempat ini, tapi alasan gue sangat gak masuk akal. Hujan masih deras diluar.
Alingga bangkit dan mendekati gue, ia memegang kening gue. Pasti mau bilang panas atau enggak. Ah basi.
“Lo gak lagi sakit kan? Itu diluar masih deres banget Moy, disini aja dulu, buru buru amat sih”
Lu gak tau perasaan gue Ling, disini perasaan gue bercampur aduk. Antara greget pengen teriak sama pengen banget tuh ngambil notes yang ada di meja. Gue takut Ling. Gue takut terlanjur suka sama lu. Dalem banget gue yak.
Ibu Alingga datang dari belakang sembari membawa nampan berisi dua cangkir teh. “Nih Moya, tante sudah bikin teh hangat buat kalian”
“Gausah malu malu, kita kan tetangga”
Iya gue tau kita tetangga, tapi jangan sampai Liza tau kalu kita adalah tetangga Ling.
“Ahaha iya” Tawa gue hambar sembari mengambil secangkir teh yang pas ada didepan gue sekarang.
“Oh iya, tante mau nanya, itu Alingga sama kamu kok bisa dihukum sih? Ada apa ini?” Ibu Alingga tersenyum jahil, persis seperti yang Bibi lakukan tadi. Kesel.
“Tadi si Moya tuh Bu, masa ke kantin pas upacara”
“Ehh apaan?” Gue yang gak terima, akhirnya angkat bicara “Gue mah ditarik si Liza, eh tiba tiba ada elu deh ngikut yeee”
“Hahaha” Ibu Alingga terbahak “Kalian lucu juga”
Lucu.
“Nah, udah reda hujan nya tuh” Ucap gue sambil melihat jendela dari ruang tamu.
“Oh yaudah, sana hush” Usir Alingga. Dih najis.
“Tante, aku balik dulu ya” Pamit gue pada Ibu Alingga
“Kesini terus dong, kasihan tuh Alingga nya gak ada temen kalau dirumah” Ucap nya.
Serius saya boleh kesini terus? Tapi saya takut Bu, ada yang cemburu. Jujur, saya mah mau kalau disuruh kesini mulu Bu.
“Iya tante” Gue keluar dan membuka pintu rumahnya, langit masih mendung namun hujan sedikit reda dibanding tadi. Saat gue menjauh dari pintu dan memutar badan untuk mengambil sendal, Alingga tengah bersandar pada pintu, kemudian melambaik ke gue.
“Hati Hati” Kata nya.
.Sembilan.
“Moy, hari ini mau ke Bandung gak? Reno sama Syika kayak nya udah kangen tuh. Mumpung hari ini libur, nah besok kan hari Jum’at, izin aja ke Ibu guru nya, biar bisa sampai hari minggu disana”
Mendengar perkataan Mamanya, Moya langsung beranjak dari singgah sana nya, yaitu sofa depan TV ruang tamu. Ia sering duduk disitu sembari membuka video K-pop.
“Serius Ma? Yaudah aku siap siap barangnya dulu ya”
“Ya kamu Whatsapp guru mu dulu dong, ntar dikira bolos”
Moya mengacungkan jempol nya dan masuk ke kamar nya.
6 stel baju ia masukkan kedalam tas ransel nya. Dan tak lupa satu hal yang terpenting dan paling penting, perlengkapan kosmetik nya.
Setelah Moya mengemaskan barang barang nya, ia beranjak pada Hp nya, ia membuka notifikasi Hp dan seperti biasa, sepi. Tak lama kemudian Moya membuka aplikasi Instagram, dihalaman pertama ia melihat profil Alingga Pitossa di bagian awal barisan Instastory, tak berfikir panjang, ia langsung membuka nya. Dan…
“Hah?????” Moya terkejut bukan main, isi dari instastory nya adalah tulisan kertas kuning kecil miliknya yang hilang dan sempat ia temukan dirumah Alingga. Dengan caption,
“Whose paper is this? Gue nemu di buku biologi gue”
Ia berharap salah satu followers Alingga tidak ada yang membocorkan bahwa kertas itu milik Moya. Walau ia tau, itu mustahil, Alingga mempunya ribuan followers.
“Mati gue kalau ada yang cepu” Gumam nya
Moya
“Ayo Moy, Mama mu udah siap tuh” Ajak Bibi dari luar
“Sebentar Bi” Teriak gue sembari menutup ransel yang susah banget buat ditutup, apa gue kebanyakan bawa barang nya?
Akhirnya, setelah beberapa menit, ini tas bisa ditutup dan mengorbankan tangan gue menjadi sedikit lecet dan merah.
Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam, lebih cepat daripada waktu itu dari Bandung ke Jakarta. Ngomong ngomong tentang itu, gue jadi inget pertama kali lihat seseorang saat kecelakaan, wajah tampan nya sedikit terbalut dengan darah dibagian kening, dan tubuh nya terbaring lemas diatas tandu medis, dia Alingga.
“Ayo turun, ambil barang nya dibelakang ya”
Gue langsung terbangun mendengarnya, dan gue melihat keadaan sekitar. Wait, ini rumah gue bukan sih? Loh kata Papa mau dijual? Kok masih ada ya. Dengan bingung, gue keluar dari mobil dan menghirup nafas dalam dalam.
“Baa !!!” Sekitar ada dua orang yang mengejutkan gue dari belakang, iya. Mereka adalah Syika dan Reno.
“Ihh kalian, eh kok tau gue udah disini?”
“Gue kan pake telepati” Kata Syika
Kangen? Banget. Padahal baru beberapa bulan gue tinggalin lu pada, udah kangenin aja sih. Kangen beli cilok bareng sama ke taman bareng.
“Iya deh Syik, biar lu seneng. Btw, masuk yuk”
“Wokeh” Ucap Reno dengan eskrim yang berada ditangan nya
******
Moya, Reno dan Syika izin keluar untuk pergi ke taman dekat rumah nya. Ia ingin bernostalgia.
Sembari membawa cimol, mereka bertiga duduk disalah satu kursi kayu yang lumayan panjang, dengan pemandangan yang langsung menghadap sebuah air mancur kecil dengan suara air yang menyenangkan.
“Kangen ya” Ucap Moya menghancurkan kesepian.
“Iya” Jawab Moya, sedangkan Reno hanya mengganguk iya.
“Gue mau cerita nih” Moya mulai ingin menceritakan pengalamannya di Jakarta dari pertama kali ia bertemu Alingga terbaring lemas diatas tandu karena kecelakaan sampai ia bertemu dengan Adrian.
“Terus jadi lu sukanya sama Adrian atau Alingga Moy?” Tanya Syika setelah Moya berbicara panjang lebar.
“Gimana ya, gue tuh suka sama Alingga tapi.. dia udah milik sahabat gue sendiri disana, namanya Liza.” Mendengar perkataan itu, Syika dan Reno menatap Moya dengan seriusnya “Sedangkan Adrian..gimana ya,gue sih gak suka sama dia, tapi dia ganteng juga. But, kalau dia ganteng tapi gue nya gak punya perasaan sama dia gimana?” Moya sedikit menjeda “Adrian juga udah anggep gue sebagai pacar dia, padahal seinget gue, gue gak pernah bilang tuh. Akhirnya gue anggep si Alingga sebagai bias gue”
“Tuh kan” Nada Syika bagai sebuah peringatan “Lu tuh ya, biaaaasssss.. mulu, Moy. Lo harus menempati kata bias dengan bener Moy, lo gak bisa gitu aja bilang kalau Alingga itu bias lu atau apalah, sedangkan lu juga jatuh cinta dengan Alingga.” Syika berhenti sejenak dan memakan cimol yang ia pegang “Bias itu sama aja dengan khayalan atau imajinasi lu sendiri, bias itu gak nyata Moy. Bias itu hanya sebatas ambang mimpi, dan gak mungkin lo bisa mendapatkan nya, kayak lu ngebias Taehyung-BTS, apa yakin kalau lo nanti bakal nikah sama tuh si Taehyung? Enggak kan? Inget ya Moya syantik. Cinta itu ada, cinta itu nyata dan bukan sebuah khayalan.” Syika kembali mengambil cimol nya dan melahap kembali.
“Tapi gak mungkin kan gue bakal pacaran sama Alingga?”
“Kalau lo ngomong kayak gitu, berarti udah ada niatan kalau lo gak mau ngejar dia kan?” Ucap Syika lagi, dan Moya mengangguk mengerti. Walau Moya tau, mendapatkan Alingga itu mustahil apalagi ia sudah punya pacar yaitu Liza, ditambah dengan Adrian yang mengejar Moya.
Seorang bapak tua menghampiri mereka bertiga yang sedang memakan cimol dengan enaknya, mereka bertiga kenal dengan bapak itu. Dia adalah penjual cimol. Tapi kenapa bapak itu kesini, mereka juga sudah membayar cimol itu dan tak ada pun masalah.
“Neng, ini tadi kan bayar nya 15 ribu ya? Tapi ada selipan 100 ribu di uang 5 ribu nya. Punya eneng ya?” Bapak itu menunjuk Syika, pertanda uang itu adalah uang Syika.
“Oh itu pak, udah buat bapak aja, itu sengaja saya selip biar gak ketahuan, eh bapak malah ngasih tau.”
Bapak itu tersenyum dan mengucapkan terimakasih pada Syika. Reno dan Moya hanya kebingungan melihat tingkah Syika.
“Ini Syika? Lah tumben baik banget” Batin Moya dan Reno bersamaan.
Suasana ditaman menjelang sore mulai ramai, mereka yang membawa pasangan nya atau sekedar membawa binatang peliharaannya jalan.
“Lu balik ke Jakarta lagi kapan Moy?” Tanya Reno
“Mama bilang sih hari Minggu” Jawab Moya.
“Lah? Seriusan? Jum’at berarti libur dong?”
“Iya lah” Jawab Moya lagi.
*****
Moya
Akhirnya sampai juga dirumah, sayang banget gak bisa main sama mereka lagi, karena mereka harus masuk besok.
Gue akhirnya dapat pelajaran dari Syika dan Reno, kalau nge-bias itu cuma khayalan aja dan fantasi belaka, sedangkan cinta itu adalah sebuah kenyataan yang berwuju dan bukan imajinasi, persis yang dikatakan Syika.
Notes buku kecil gue mulai penuh dengan catatan baper dan alay yang gue tulis sendiri, sembari mendengar lagu ‘BTOB-Remember That’ gue membuka lembaran dari awal. Kadang jadi sebuah hiburan tersendiri kalau lagi bosan.
Setelah membuka beberapa notes, gue beralih ke laptop dan menonton boygroup korea kesukaan gue, siapa lagi kalau bukan BTS. Gak lupa, gue mengajak Bibi untuk nobar bias yang kelewatan ganteng.
“Bibi !!” Teriak gue dari kamar, karena TV dirumah ini sudah tak ada, maka gue memutuskan untuk menonton nya dilaptop saja.
“Apa Non?”
“Lagi sibuk gak Bi? Nobar bias kita yuk”
“Siapa? Akang Jimin? Akang Jimin pokoknya punya Bibi ya, gaboleh rebut”
Hahaha. Gue yang mendengar itu tertawa terbahak, seorang Bibi yang sudah berkepala empat tau personel BTS, sedangkan gue gak pernah tuh ngasih tau ke Bibi tentang BTS.
“Bisa aja si Bibi mah, yaudah atuh, Moya gak ambil kok”
Sepanjang musik video BTS diputar, gue dan Bibi tak berhenti berteriak. Sebuah kelucuan tersendiri ketika melihat seorang Bibi teriak teriak depan laptop.
“Udah yuk Bi, Moya gak kuat nih liat Bibi teriak gitu. Hahaha”
“Yah, satu lagi dong, yang itu tuh” Tunjuk Bibi kesalah satu folder bertuliskan ‘BTS-DNA’
“Yaudah nih”
Setelah beberapa detik gue putar, Mama tiba tiba masuk kedalam kamar dengan pelan pelan dan melihat Bibi yang teriak teriak sendiri.
“Shht diem Moy, Mama mau video” Mama berbisik sembari menggunakan isyarat agar gue gak memberitahu Bibi kalau dia akan di video oleh Mama.
“Mantap ya Bi” Ucap Mama
“Mantap..” Jawab Bibi
Bibi tak tau kalau yang ngomong itu adalah Mama, saat berputar badan, Bibi terdiam dan mulai terkejut ketika melihat Mama ada depan pintu kamar. Hahaha ngakak.
“Astaghfir ! Eh Ibu, maaf bu. Hehe”
“Santai atuh Bi, sok atuh dilanjutkeun, gapapa”
“Eh gak Bu, saya mau nyupir, banyak banget itu” Kata Bibi gugup.
Iyalah, gugup. Pasti Bibi dalam hatinya malu banget tuh, teriak teriak depan laptop terus Mama dateng ngeliat. Haha
“Nyupir naon Bi?” Tanya Mama bingung.
“Nyuci piring Bu, maksudnya” Bibi lansung beranjak dari kamar dan menuju dapur tanpa merasa bersalah telah membuat lawakan receh’Nyupir’
“Moy, Mama mau keluar, ikut gak?”
“Kemana?”
“Ke pusat oleh oleh atuh”
“Yaudah yuk”
******
Hari ini adalah hari Jum’at, namun para siswa menyebutnya sebagai “HARPITNAS” atau Hari Kejepit Nasional, dikarena kan hari kamis nya libur dan sabtu pun libur, maka hari ini disebut HARPITNAS.
Liza yang sedari tadi sudah menunggu depan gerbang tak kunjung melihat Moya datang, daripada ia harus kena hukum karena telat masuk ke kelas, lebih baik dia pergi dan menuju kelas sekarang.
“Loh tumben, Moya kemana?” Tanya Alingga yang sadar Liza sudah datang tanpa Moya.
“Hacie.. nanyain, kangen ya? Padahal baru sehari ga masuk gila” Goda Liza
“Dih, gua kan nanya serius”
“Gak tau gue.. daritadi gue nungguin dia didepan gerbang sampe lumutan gini, liat noh rambut gue sampe lepek gini”
“Gak lo chat dia?” Tanya Alingga lagi.
“Lu aja sih, mau gue kasih nomor nya? Nih ada”
“Gua juga udah ada, tapi percuma, gua udah SMS dia, gak pernah dibales”
“Hah? SMS? Kapan lu SMS dia.. Wait..” Liza bingung setengah mati
Setelah connect, Liza langsung mengambil Hp Alingga yang terletak di sleting depan tas nya. Liza terkejut, ternyata yang selama ini SMS Moya adalah Alingga. Sedangkan, Liza memberitahukan kalau itu adalah nomor Adrian yang baru. Liza juga bingung, kenapa nomor Alingga beda dengan kontak nya yang ada di whatsapp.
“Ini nomor lo?” Ucap Liza terkejut
“Iya, ini nomor gua yang sim2, kenapa?”
“Oh My God…” Liza menutup wajah nya dan merasa bersalah.
“Why?” Tanya Alingga dingin.
“Gue bilang ke Moya, kalau nomor ini nomor Adrian, lu sih segala pake dua nomor. Gawat !!”
“Gawat kenapa??”
“Berarti Adrian… ahhh jangan jangan Adrian mau..”
Adrian Rahardian P, merupakan saudara dekat Alingga Pitossa, ayah mereka berdua adalah adik dan kakak, mereka sama sama mempunyai marga Pitossa. Dari dulu mereka berdua memang tidak akur dan tidak akan pernah akur. Adrian yang dikenal playboy dan brandal selalu saja membuang duit demi kepentingan sendiri. Lebih parahnya, Adrian tidak ada dalam pemakaman ayahnya Alingga.
Adrian masih mempunyai dendam dengan Alingga, saat Alingga pindah kesekolah nya, Adrian bukan lagi menjadi pusat perhatian para perempuan seperti dulu, Alingga seperti telah merebut semuanya dari Adrian. Namun apa daya Adrian, Alingga yang dikenal kalem, bisa berubah drastis dari sifat aslinya, ia bisa berubah layak nya seseorang dengan kepribadian ganda. Alingga bisa berubah menjadi menyeramkan ketika sedang marah, jauh dari sifat Alingga yang kalem.
Itu lah sebab Adrian masih menahan amarah nya, hingga suatu saat nanti dia bisa melampiaskan nya. Nanti.
“Gua harus bertindak” Rahang Alingga tiba tiba menjadi tegas dan tangan nya mengepal mendengar perkataan Liza.
*****
Motor hijau milik Alingga tiba tiba menutup jalan gang kecil, menyebabkan Adrian yang semula ada dibelakang nya berhenti mendadak. Alingga tau, Adrian telah mengikutinya dari tadi. Sengaja, Alingga membawa Adrian ke gang kecil seperti ini.
“Mau lo apa deketin Moya hah?” Alingga turun dari motor dan membuka helm nya.
“Kenapa lo yang ngurusin gua? Gua suka sama Moya, ada masalah?” Ucap Adrian dan ikut membuka helm nya.
“Gua gak salah denger? Lo suka sama dia? Lo cinta sama dia? Oh.. gua tau, lo mau manfaatin cewe kayak mantan gua waktu itu? Lo disuruh bawa Moya ke markas geng lu itu kan? Iya kan? Terus lo pura pura pacaran sama Moya, sedangkan lo gak suka sama Moya. Jawab !! Punya mulut gak lo?” Tak peduli, Alingga membanting helm nya hingga pecah kaca depan nya.
Dia tau darimana? Batin Adrian, ia meneguk ludahnya pertanda mulai takut.
“Sekali lagi ya, inget. Gua Alingga Pitossa bisa baca pikiran seseorang saat orang itu takut dan gugup. Lo bingung kan gua tau dari mana?”
Adrian lupa, Alingga adalah mind reader, ia bisa membaca pikiran seseorang dikala orang itu takut atau gugup, Alingga memendam bakat nya itu. Ia mempunyai bakat itu dari masih umur 5 tahun. Ia tau pikiran semua orang, termasuk Moya.
“Kali ini, lo gak bisa menghentikan gua Ling”
Adrian berdiri dan menghantam Alingga,satu pukulan hampir saja mendarat pada pelipis Alingga, dengan cepat, Alingga menahan pukulan tersebut dan memutar balikkan badan Adrian hingga Adrian tak bisa bergerak sama sekali.
Alih alih ingin memukul balik, Alingga mengurungkan niat nya.
‘Kalau bukan karena kasihan, nih orang harusnya udah habis sama gua’ Batin Alingga.
“Lo jangan lagi deketin Moya, Moya milik gua, dan lo, gak ada hak buat deketin dia” Alingga menatap tajam Adrian dan mendorong tubuh Adrian hingga tersungkur jatuh. Lalu Alingga meninggalkan Adrian.
********
Moya
Hari ini adalah hari Minggu, its time to go home.
“Hati hati ya Moy, salam buat Alingga yang ganteng itu tuh hehe” Pamit Syika.
Reno yang status nya adalah pacar Syika hanya bisa menatap datar Syika.
“Haha, iya deh. Da !!!” Akhirnya gue menutup jendela nya dan berangkat.
Dalam perjalanan yang penuh kebosanan ini, gue menulis beberapa kalimat di notes kecil gue untuk menambah sebuah hiburan.
‘Bias itu gak sama kayak seseorang yang kita cintai di dunia nyata’ –Syika Syantik
Setelah menulis beberapa kalimat, gue tertidur pulas dengan suara radio mobil yang menghantui telinga.
Setelah beberapa jam kemudian, akhirnya gue sampai juga. Pegel.
Oh iya, besok hari Senin ya? Duh mati gue. Sekilas gue lirik jam yang ada ditangan, jam ’22:34’. Rasa nya pengen nangis kalau inget besok upacara. Sedih hati ini.
Motor hijau Alingga terparkir didepan teras nya, mungkin dia baru pulang? Masa iya seorang Alingga main malem. Tak sengaja, gue melihat sepeda Alingga dekat dengan motor nya yang terparkir. Menjadi suatu kenangan tersendiri bisa bersepeda dengan Alingga, bukan bersepeda bareng sih, tapi dijatuhin sama si Alingga.
*******
“Liza..” Panggil Moya dari belakang. Namun Liza enggan untuk berbalik badan karena merajuk Moya tidak masuk tanpa memberitahunya “Ih Liza, kenapa dah ?”
“Tuh tanya sama rumput yang bergoyang, kenapa lu gak masuk dan gak ngasih kabar” Ucap Liza tanpa melihat muka Moya.
“Ulululu..” Moya langsung memeluk Liza. “ Gue tuh ke Bandung, yaa maap gak ngabarin lo”
“Hmm” Ucap Liza malas
“Iya deh, istirahat gue traktir” Moya tau jurus jitu agar Liza tak mengambek lagi.
“Hehe yaudah”
Kring Kring
Bel jam pertama masuk, Moya dan Liza berdampingan masuk kelas. Moya sekilas melihat Alingga yang sudah ada dibangkunya. Alingga tampak berubah ya. Batin Moya.
“Semua buku ditaruh kedepan ya” Bu Risa masuk dan langsung mengistruksikan murid nya.
“Kenapa Bu?” Tanya Mira.
“Kita ulangan dong”
“AHHHH !” Ringis satu kelas serempak, kecuali Alingga yang tampak tenang dan biasa saja menghadap ulangan dadakan.
Jam jam ulangan memang terasa cepat, Moya yang baru saja menjawab 12 soal fisika, sudah memakan waktu sekitar 1 jam lebih. Pertanda bahwa bel akan segara berbunyi.
“Alingga, tolong kumpulkan semua jawaban teman mu ya”
Mampus. Gue belom selesai. Moya bergumam pelan.
“Iya Bu” Alingga berdiri “Kalian berdua cepetan, gua kumpulin yang lain dulu” Alingga berbisik pelan pada Moya dan Liza.
*********
Moya yang dari ulang fisika sudah tak tahan ingin ke toilet, akhirnya bisa ke toilet setelah ulangan berakhir.
“Hai Moy” Sapa Adrian dari belakang.
“Hai” Jawabnya.
“Bisa ketemuan ? atau gue nanti jemput lo deh”
“Oh yaudah iya, gue buru nih, duluan ya” Moya langsung berlalri menuju kamar mandi, tanpa menghiraukan perkataan Adrian. Ia langsung pergi.
Ditempat yang lain, Alingga dan Liza saling bertanya tanya satu sama lain perihal kedekatan Moya dan Adrian. Tentu, Alingga sangat resah apabila Moya sudah diambil kendali dengan Adrian.
“Gua takut kalau Moya nanti…”
“Lu sebenernya suka gak sih sama dia?” Liza memutus perkataan Alingga.
“Liz, lo tau lah, gua bisa baca pikiran seseorang, dia suka sama gua, tapi dia tuh ngira kalau gua pacaran sama lo Liza. Jadi dia lebih milih nge-bias gua daripada harus menerima sakit yang dalam. Dia orang yang pertama lihat gua terbaring lemas diatas tandu saat ayah gua kecelakaan. Niatnya, gua mau deketin dia dengan alasan agar dia bisa menutupi rahasia kalau ayah gua meninggal. Tapi waktu telah berkata, ternyata gua juga punya perasaan sama dia. Gua gak mau, dia jatuh ditangan yang salah.” Alingga pasrah mengatakan perasaannya.
“Tapi kenapa lo tuh telat sih ngomong nya? Nah, berarti lo harus perjuangin dia sebelum jatuh ditangan Adrian, lu tau kan kalau Adrian itu…”
“Iya gua tau”
Moya datang dengan memegang perut. Liza dan Alingga berhenti bercakap cakap ketika melihat Moya sudah datang.
“Duh nyeri banget” Ringis Moya kesakitan
“Kasian” Ucap Alingga.
“Dih” Moya berugumam pelan, namun tetap Alingga bisa dengar itu.
Bel pulang berbunyi, Moya ingat dengan perkataan Adrian, bahwa dia akan menjemputnya dirumah setelah pulang.
******
“Moya..” Sekilas Moya melihat seseorang berpakaian rapih dengan jaket kulit beserta motor merah nya. Adrian.
Dengan cepat, Moya langsung berpamitan dengan Bibi untuk keluar bersama Adrian.
“Hati hati ya Neng.”
“Iya Bi”
Ia melangkah kan kaki nya keluar dan duduk diatas motor Adrian, dengan terpaksa dia harus melingkari pinggang Adrian dengan tangan nya.
Seumur umur Moya di Jakarta, Moya tidak pernah melewati tempat ini, tempat nya sepi dengan penerangan yang minim sekali, ditambah dengan hari yang mulai malam. Moya tampak ketakutan.
Alingga yang sadar melihat Adrian keluar bersama Moya tak hanya diam, ia langsung ikut membuntuti Adrian dari belakang, agar tidak ketahuan, ia membawa motor matic nya yang tidak berisik.
“Kita mau kemana sih Adrian??”
“Udah, kamu diem aja” Adrian berucap tegas.
Moya terkejut mendengarnya, ini seperti bukan Adrian yang semula ia kenal.
Tak lama, mereka sampai disalah satu gubuk yang sedikit kumuh, namun diluarnya terdapat banyak motor besar.
“Woi Bro !” Sapa salah satu orang dalam gubuk tersebut. Moya semakin takut dan tak berkutip apapun, ia turun dengan kaki nya yang bergetar. “Wah udah dibawa tuh korban nya” lanjut seseroang itu.
Mendengar kata ‘korban’ , Moya langsung berhenti melangkah sebelum masuk kedalam gubuk itu, ia kira ini adalah pesta kecil dengan membawa pasangannya sendiri sendiri, tapi hanya ada satu wanita ditempat itu. Yaitu Moya.
“Moya ayo masuk !”
Moya kembali terkejut mendengar perkataan Adrian, Adrian menarik tangan nya dengan keras. Sekali lagi, Ia seperti bukan Adrian.
“Nih guys, gua udah bawa cewek gua. Sekarang gua udah terima tantangan lo!”
Moya tersadar, ia dimanfaatkan oleh Adrian dengan seperti ini, Moya hanya terdia dan tak berkutip sama sekali. Yang ia rasakan hanyalah rasa takut dan takut.
Tiba tiba ada suara Reza dibelakang “Perjanjian kita kan, sampe lo bisa ‘main’ dengan dia”
Adrian langsung menarik Moya kedalam salah satu bilik. Mendengar itu, Moya tak terima menjadi bahan pelampiasan nafsunya. Moya langsung berusaha pergi dan melepaskan tangan nya dari genggaman Adrian.
“Adrian ! pergi! Lepasin gue, gue gak mau jadi tempat pelampiasan nafsu lo !!”
Nihil. Moya tak bia lepas dari genggaman Adrian karena cengkraman yang cukup kuat.
Prank
Salah satu botol alkohol terjatuh dan pecah, semua menengok ketempat itu. Terdapat Alingga disana, ia sudah ada didepan pintu gubuk itu dengan botol alkohol tadi yang pecah.
“Alingga ! tolong gue !” Pinta Moya yang sudah berkaca kaca dan akhirnya tak bisa menahan tangisnya.
“Lepasin dia, atau lo dalam masalah” Alingga mengancam semua orang dalam gubuk ini, sama seperti Adrian .Disaat seperti ini, Alingga bukan menjadi Alingga yang Moya kenal.
Salah satu tonjokan mendarat disalah satu pelipis Adrian, ia meringis kesakitan. Adrian tak bisa melawan nya, apalagi teman teman nya.
Alingga adalah mantan dari geng ini, tapi setalah tau betapa gelap nya sisi geng ini, Alingga langsung memutuskan keluar. Teman teman Alingga yang ada didalam geng ini tau, kalau Alingga mempunyai kepribadian yang menyeramkan ketika berkelahi. Maka dari itu, seluruh orang digubuk ini hanya terdiam melihat Alingga yang datang. Adrian yang memegang tangan Moya, dengan terpaksa harus melepaskan nya.
Moya langsung berlari menuju keluar bersama Alingga dan sampai lah mereka ditaman komplek tempat Moya terjatuh saat naik sepeda. Saat Moya turun dari motor Alingga, dengan refleks, Moya langsung memeluk Alingga.
“Moy maafin gua” Alingga meredakan tangis Moya yang semakin menjadi dalam pelukan Alingga. “Maafin gua.” Katanya sekali lagi dengan nada pelan. Sangat pelan.
“Alingga.. sebenernya gue suka sama lo Ling, gue udah suka sejak kita ketemu dirumah sakit dan lu terbaring lemas” Kata Moya yang masih dalam pelukan Alingga. “Tapi gue tau Ling, gue gak pantes buat elu, gue cuma bias nge-bias lu, karena gue tau, kalau lu udah pacaran sama Liza” Setelah mengucapkan kalimat itu, Moya langsung melepaskan pelukannya dari Alingga.
“Enggak, lo gak cuma bisa nge-bias gua doang. Lo suka sama gua. Lo harus suka sama gua. Karena gua sekarang udah suka sama lo. Gak ada kata bias lagi buat gua, karena sekarang, gua bukan bagian dari imajinasi lo, gua sekarang adalah bagian dari kenyataan lo, kenyataan dimana, gua suka sama lo dan sayang sama lo.”
Alingga memeluk Moya setelah Moya melepaskan nya, mendengar itu, Moya langsung tersenyum dan menangis tersedu.
“Tapi Liza? Gimana dengan Liza?”
“Gua adalah mind reader, gua bisa baca pikiran orang kalau orang itu gugup atau takut. Gua selalu membaca pikiran lo, saat lo jatuh disini dan sikut lo berdarah, gua baca pikiran lo saat itu. Dan ketika lo di labolatorium sama gua, dan kita terjebak, gua juga baca pikriran lo saat itu juga. Bahkan gua tau kalau pikiran lo selalu berkata ‘Liza adalah pacar gua’” Alingga berlutut pada Moya “Denger gua ya, Liza dan Adrian adalah saudara gua, mereka berdua adalah saudara gua, maka dari itu gua deket dengan mereka, kecuali Adrian.”Alingga kembali berdiri setelah berlutut dari Moya “Jadi sekarang lo ngerti kan?”
“Maaf ya Ling” Ucap Moya dengan tatapan kebawah, pertanda penyesalan yang amat dalam.
“Enggak Moy, gua yang harus nya minta maaf. Gua terlalu takut untuk mengatakannya. Udah. Sekarang kita balik”
Moya kembali menuju motor Alingga dan mereka pulang dari taman komplek nya.
Sepuluh
“Sekarang lo tau kan Moy?” Tanya Liza pada Moya yang sedang meminum juz buah nya.
“Tapi kenapa lu gak bilang dari awal, kalau lu adalah saudara nya Alingga.”
“Lu gak kenal gue? Nih liat” Liza menunujuk tag name yang ada di dadanya
“Terus kenapa?”
“Ya Tuhan, lo ga ngerti? ‘Liza Resya P’ P nya itu Pitossa. Sama kan kayak Alingga? Trus kalau nama panjang ‘Adrian Rahardian P’nah P nya itu juga Pitossa. Tapi lu tau lah, Alingga gak bisa akur sama Adrian semenjak Alingga pindah kesini”
“Ouh ok” Moya mengerti
*****
Moya berjalan jalan dengan sepedanya saat sore tiba, entah Moya yang nyasar dan tidak tau jalan nya, ia tiba disalah satu gang kecil dan sempit. Suara yang tak asing ia dengar dari gang kecil tersebut langsung membuat Moya bersembunyi dibalik tembok salah satu gang agar tak ketahuan.
“Urusan gua sama lo belom selesai”
Itu Suara Adrian. Moya sangat yakin.
“Oh. Jadi sekarang lo udah berani?”
Alingga? Itu suara Alingga? Gumam Moya pelan.
“Udah lo gak usah banyak ngomong” Ucap Adrian ketus.
Suara besi pisau terdengar dari tempat Moya bersembunyi, sepertinya Adrian mengeluarkan pisau. Iya pisau. Batin Moya. Ia panik.
“Lo udah ganggu gua, semenjak lo ada disini, lebih baik gua bikin lo pergi dari dunia ini. Selamanya.”Lanjut Adrian.
“Payah. Main nya pakai benda tajam” Nada Alingga terlihat santai.
“Lo tau? Tadinya gue mau bunuh elu dikecelakaan itu. Gue yang nabrak lo dari belakang, kecelakaan yang merengut nyawa ayah lo, sebenernya gue gak niat bunuh Ayah lo, tapi karena lo berhasil keluar dari mobil, malah ayah lo yang mati”
Mendengar perkataan itu, Alingga tersadar, ternyata selama ini yang menabrak mobil ayah nya hingga masuk jurang adalah Adrian. Saudara nya sendiri. Perasaan sedih dan kesal yang luar biasa beraduk menjadi satu saat itu juga, sedih ketika mendengar kata ‘ayah’ dan kesal karena yang membunuh ayah nya adalah saudaranya sendiri. Adrian. Alingga seketika membeku ditempat.
Tangan Alingga mengepal dan sangat marah, ia memukul bagian pipi Adrian hingga keluarlah darah segar.
“Pukulan tadi, bukan seberapa, lo yang bunuh ayah gua”
Tanpa basa basi, Adrian menggerakan pisau nya menuju ke perut bagian bawah Alingga. Alih alih kena dengan tubuh Alingga, ada seorang perempuan terlebih dahulu ada didepan nya, sehinga pisau Adrian tidak mengenai tubuh Alingga dan malah menusuk perut perempuan itu. Ia adalah Moya, saat mendengar pisau berdecit, Moya langsung berlari tanpa berfikir panjang kedepan tubuh Alingga.
“Moya?? Astaga !” Adrian terkejut tiba tiba Moya ada dihadapan nya. Dan pisau yang tertusuk diperut Moya, kini terlepas. Darah mulai bercucuran dari perut Moya, baju biru muda yang dikenakan Moya, kini bersimbah darah. Moya terjatuh.
“Moy? Moyaa?” Alingga mengangkat kepala Moya dan memberi bantalan dipaha nya.
Adrian yang saat itu merasa bersalah, langsung menyalakan mesin motor nya dan pergi. Alingga yang sedari tadi panik langsung menelfon ambulan sembari memegang perut Moya yang bersimbah darah. Tahan Moy. Batin Alingga.
“Makasih ya Alingga, gue kira gue bakal bersama lu setelah gue tau kalau lu suka gue. Tapi mungkin takdir berkata lain” Moya tersenyum pada Alingga.
“Moy, jangan ngomong gitu, ambulan sebentar lagi datang kok. Tahan ya”
*****
Semua orang ada disini, Ibu Alingga, Papa dan Mama Moya, Liza, Bibi dan Mang Urip sampai dengan Syika dan Reno ada disini. Alingga dari tadi tidak bisa duduk dikoridor rumah sakit, ia panik. Sangat panik. Ia terus berjalan kesana dan kemari.
Syika tak kuasa menahan tangis nya, ia menangis pada bahu Reno. Sedangkan Liza bersama Bibi terus mencemaskan keadaan Moya.
Sesekali, Alingga melihat bilik kamar ruang operasi, dari celah kecil, Alingga melihat tubuh Moya terbaring dengan beberapa selang yang menempel dengan tubuhnya.
“Tante, maafin Alingga” Ucap Alingga pada Mama Moya.
Entah selembut apa hati Mama Moya, ia hanya tersenyum pada Alingga. Padahal anak nya sedang dalam ambang ambang kehidupan.
“Enggak Nak, Alingga gak salah, polisi sedang mengusut tuntas kasus ini. Jangan menyalahkan diri sendiri ya. Jika Moya memang harus menjemput panggilan Tuhan. Tante ikhlas” Mama Moya kini mengalirkan air mata yang amat dalam. Semua disini terus menunggu kabar dari dokter.
Setelah operasi selesai, dokter keluar dari ruangan nya, semua berdiri dan mendengar penjelasan dokter.
“Denyut nadi Moya belum stabil, sehingga Moya masih belum sadar. Berdoa yang terbaik saja untuk Moya ya Bu”
Lalu dokter pergi meninggalkan semua nya.
*****
Sudah 8 hari Moya dalam koma, Alingga selalu datang dan menjenguknys saat selesai pulang sekolah. Tak ada tanda tanda bahwa Moya akan sadar.
“Moya..” Panggil Alingga sambil mengusap tangan nya. “Entah gua yang bodoh atau apa, maafin gua ya.”
Liza datang setelah Alingga datang.
“Gimana keadaan nya?” Tanya Liza sembari mengganti bunga yang kemarin ia pasang.
“Seperti biasa, ya gini deh”
Ucap Alingga.
“Liza.. Alingga..” Terdengar suara pelan dan lemas dari seseorang yang berada di ranjang rumah sakit.
“Moya !! lu udah sadar?” Seru Alingga dan Liza yang terkejut.
Moya tersenyum pelan.
Liza terus menangis. Sedangkan Alingga berusaha menahannya. Berat.
“Mungkin Tuhan udah rindu sama gue, jadi gue bakal bertemu dengan Tuhan” Moya tersenyum. Senyum nya lama lama menghilang, dan mata nya kembali menutup lagi. Monitor detak jantung Moya kini mulai membuat garis. Dan
Tut………….
Garis monitor jantung Moya bergaris datar. Pertanda, tak ada lagi denyut jantung pada Moya.
“Moy? Moy?” Alingga sesekali menepuk bahu Moya. “Panggil tante sama Om” Suruh Alingga pada Liza
Liza langsung lari keluar dan memanggil Papa serta Mama Moya. Dokter yang sedang lewat dikoridor pun Liza ikut dipanggil.
Dokter terus memeriksa Moya, dengan alat alatnya. Alingga dan Liza menunggu di samping nya, berharap ada mukjizat datang.
“Anak Ibu, Moya sudah tidak bisa diselamatkan, kami sudah berusaha semampu kami” Seperti layak nya film drama. Dokter sudah menetapkan, Moya sudah tiada.
Semua dalam ruangan pasien ini, menangis. Tak terkecuali Alingga. Seseorang yang disukai dengan Moya. Dan kini Moya sudah tiada. Alingga menangis dalam diam, air mata nya keluar tanpa suara.
*******
Alingga
Gua membuka semua notes milik Moya. Mama Moya memberikan kenangan itu sebagai tanda cinta Moya pada gua yang terpendam dalam tulisan.
Seluruh tulisan nya ditulis rapih oleh Moya. Gua terkadang menjadi sangat merasa bersalah saat tau kalau Moya udah suka sama gue dari awal gua ketemu dia dirumah sakit.
Ia tuliskan semua kejadian kejadian bersama gua. Seperti pergi ke Mall, jatuh dari sepeda dan terjebak di labolatorium. Kalau saja gua lebih awal dalam menyatakan rasa gua pada Moya, mungkin kejadian ini tidak akan terjadi.
Setelah selesai membaca seluruh notes harian Moya hingga gua meneteskan air mata penyesalan, gua beralih ke baju yang gua pinjemkan pada Moya. Baju biru lengan panjang bekas sikut Moya yang berdarah dan baju seragam sekolah gua yang dipakai untuk menutupi rok dia dari cairan merah di labolatorium.
Bau baju baju yang gua pinjamkan pada Moya itu bau bunga mawar seperti yang Moya selalu pakai. Rindu. Walau baru 13 hari lo pergi, gua udah rindu lagi sama lo Moy. Andai lo bisa denger.
Tak habis habis nya gua merasa menyesal dengan diri gua sendiri, gua adalah makhluk yang bodoh, yang membiarkan waktu terus berjalan tanpa gua beri penjelasan disetiap detik nya.
“Nak…” Panggil Ibu “Sudah nak, biarkan Moya tenang.
Gak bisa Bu, Alingga gak bisa menerima diri Alingga sendiri.
“Bu, Ibu tau siapa yang bunuh Ayah? Dia Adrian bu, saudara kita sendiri.”
“Nak, dengar Ibu ya, Adrian sudah diproses di polisi, kamu gak mengungkit semua yang sudah terjadi. Dan kamu gak salah nak”
Gua peluk Ibu dengan eratnya. Beruntung sekali gua mendapatkan orang orang baik di lingkungan gua. Termasuk lo Moy.
****
Bibi yang sangat sedih akan kepergian Moya hanya bisa menyisakan kenangan bersama Moya saat menonton video Kpop.
Ia selalu membuka video BTS bersama Bibi, kenangan yang gak bakal Bibi lupakan. Bahkan Bibi sudah menganggap bahwa Moya adalah anak nya sendiri.
Sedangkan Syika dan Reno tentu saja sangat kehilangan sosok Moya, ia yang selalu menjadi nyamuk diantara mereka berdua, menjadi hiburan tersendiri bagi Syika dan Reno. Syika tak henti henti nya menangis semenjak kepergian Moya.
Semua merasa kehilangan Moya, apalagi orang orang terdekatnya.
.Akhiran.
Hari ini adalah ulang tahun Moya ke 22, Alingga menuju tempat istirahat Moya sembari membawa bunga. Sambil membaca surat yang Moya buat untuknya namun hanya tersimpan dibinder saja.
Alingga pitossa, pertama gue bertemu lu dirumah sakit, gue mulai ada rasa. Walau gue yakin kalau ini bakal jadi pertemuan kita yang terakhir. Ternyata gue salah, kita satu sekolah, satu kelas pula bahkan kita satu meja. Waktu itu, gue gugup banget ketika tau lu adalah temen bangku gue, mungkin gue yang gak mau tau, gue kira Liza adalah pacar lu, sehingga gue berhenti mengejar lu dan menganggap lu hanya “Bias” yang nyata. Tapi gue salah, bias itu hanya imajinasi dan khayalan, dan lu adalah nyata.
Inget gak? Gue jatuh dari sepeda gara gara lu, dan akhirnya sikut gue berdarah. Haha. Se-lebay itu kah gue? Sampai lu relain baju yang lu pakai dan akhirnya dibuat nutupin sikut gue yang berdarah? Atau lu inget? Yang kita kejebak di Labolatorium? Its best day ever. Gue bisa deket dengan lu, ketika tengkorak labolatorium jatuh dan gue terkejut, gue memeluk lu. Tapi serius, itu reflex. Gue kira, lu bakal ngejauhin gue atau ngusir saat tangan gue telah melilit di perut lu.
Alingga Pitossa. Gue sayang sama lu, namun maaf gak bisa ngucapin. Dengan tulisan ini, semoga perasaan gue tersampaikan. Walau gak mungkin juga sih lu bakal baca surat ini.
Alingga pun sampai di pe
:( SEDIH BAT