Read More >>"> The Difference (Chapter 5) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - The Difference
MENU
About Us  

Setelah selesai mandi dan sholat, aku berdoa. Tiba-tiba, seseorang mengetuk jendela kamarku. Aku mengira itu adalah anak kecil yang sedang bermain, tetapi saatku menoleh ke arah jendela, ternyata itu adalah Davin. Aku sangat kaget dan panik mengapa ia bisa ada di jendela kamarku. Aku melepas mukena dan langsung mendekat ke jendela. Aku membuka jendelanya dengan perasaan panik karena di rumahku tidak boleh ada cowok yang main, kecuali bersama teman yang lain.

                “Davin! Lo ngapain pagi-pagi ke sini ya ampun.” tanyaku dengan panik.

                “Kenapa sih? Santai aja kali.”

                “Bukan gitu, Vin. Tapi rumah gue gak boleh ada cowok kecuali sama temen-temen cewek lain. Lah, lo dateng sendiri, pagi-pagi pula.”

                “Emang kenapa?”

                “Enggak papa, sih. Ya udah lah lo tunggu di depan gang aja nanti gue nyusul. Lagi pula ini masih pagi Davin, kan si Gita nyuruh nya jam 10.”

                “Selow elah. Jalan aja dulu. Udah ah, gua mau masuk.”

Davin pergi menjauh dari jendela menuju pintu masuk rumahku

                “Ah si Davin, ih!”

Baru saja aku menutup jendela kamarku, tiba-tiba ia sudah mengetuk pintu rumahku. Aku segera berlari ke depan ruang tamu. Ternyata pintunya sudah dibuka oleh papa. Akupun masuk ke kamar lagi lalu mengintipnya dari pintu kamar. Davin memberi salam dengan sopan.

                “Assalamualaikum, Om. Permisi saya mau ketemu Diana, kita udah janjian kerja kelompok sejarah di rumah teman, namanya Gita.” salam Davin dengan sangat sopan.

Ada yang salah ya dengannya? Kok dia memberi salam? Sangat sopan pula sama papa.

                “Waalaikum salam, sebentar ya, Nak. Saya panggil Diana dulu. Kamu duduk aja dulu.” jawab papa dengan sangat ramah.

Papa berjalan menuju kamarku. Aku langsung berlari ke kasur dan pura-pura bermain ponsel. Papa masuk kamarku, ia berdiri di samping pintu kamar.

                “Dek, kamu dicariin tuh sama temen kamu. Emang mau kerja kelompok?”

                “Iya, Pa. Tapi kerja kelompoknya jam 10, sekarang baru setengah 8.” alasanku agar aku tidak terkena omelan papa.

                “Ya udah, kamu beres-beres dulu aja deh. Kasian temennya nanti lama nunggunya.”

Loh? Ada apa dengan papa? Tumben papa malah membela teman cowokku? Ada apa juga dengan Davin? Kok bisa berubah seketika? Aneh.

                “Iya, Pa.”

Papa keluar dari kamarku.

Aku bersiap-siap ganti baju lalu pergi ke ruang makan untuk pamit pada mama. Ketika aku pamit pada mama, ia malah memberikanku 2 roti untuk makan di jalan.

                “Mama ngapain bawain roti? Nanti juga aku makan di sana.”

                “Hush, kamu itu. Kita gak boleh tungguin orang ngasih makan ke kita. Kita harus cari makan sendiri. Gak enak dong di rumah orang kamu cuma numpang makan. Udah nih, bawa bekelnya. Sengaja mama bawain 2 biar bisa makan sama temen kamu itu.”

Mama memaksaku untuk membawa rotinya. Akhirnya aku membawa 2 roti itu di dalam tas.

Aku menghampiri Davin di ruang tamu lalu kami pamit pada papa.

                “Pa, aku ke rumah teman dulu, ya.” pamitku sambil salim.

                “Iya, hati-hati, ya. Pulangnya jangan sore-sore.”

                “Iya, Pa.”

                “Assalamualaikum.” salamku bersamaan dengan Davin.

Aku langsung menoleh ke Davin dengan heran. Heran karena dia masih mengucap salam dan juga heran kenapa bisa bersamaan.

                “Waalaikum salam.” jawab papa sambil tersenyum.

Di perjalanan, aku melihat pemandangan sekitar yang masih pagi dengan udara yang masih sejuk. Aku teringat, untuk pertama dan terakhir kalinya aku dibonceng oleh Dion sehabis dari mall, tetapi sekarang aku dibonceng oleh cowok lain. Maaf ya Dion, kami hanya berboncengan untuk kerja kelompok kok, bukan yang lain.

                “Kita langsung ke rumah Gita, kan?” tanyaku memecahkan keheningan.

                “Enggak lah. Gak enak ke rumah orang pagi-pagi.”

                “Lah, lo tadi ke rumah gue pagi banget woy!” jawabku kesal.             

                “Hahaha lu kan bukan orang, tapi malaikat.”

Davin… jangan mulai ini, aku mohon jangan mulai ini. Aku tidak ingin mengecewakan Dion. Namun, apa boleh buat ini membuat bibirku tersenyum bahagia.

                “Malaikat pencabut nyawa sih, sayangnya.” lanjutan perkataan Davin.

Davin tersenyum karena sudah berhasil menipuku.

Kamu tau apa rasanya terjatuh dari lantai 20? Iya, pertama memang terasa seperti terbang di udara padahal ujung-ujungnya terjatuh dengan keras.

                “Ihh!! Ngeselin banget sih lo!” omelanku super kesal.

                “Haha, kita ke mana nih?”

                “Serah.” jawabku jutek.

                “Ih jangan baper dong. Diana baper dah sama gua.”

Aku terdiam dengan perkataan Davin. Aku tidak membawa perasaan, dan aku tidak akan pernah membawa perasaanku karena perasaanku sudah terbawa ke Amerika.

                “Ke pinggir jalan aja ya, ngadem aja dulu, capek gue bawa motor.” saran Davin.

Aku mengacuhkan saran dari Davin yang membuatku terjatuh.

Setelah menemukan tempat untuk istirahat di pinggir jalan yang sepi, Davin menepi ke pinggiran jalan. Kami duduk di rumput dengan udara pagi yang masih segar dan jalanan yang sepi, juga angin sepoi-sepoi yang membuatku menjadi sedikit mengantuk.

Aku dan Davin memakan roti dari mama sambil menikmati indahnya langit biru pagi hari.

                “Gue bingung deh, kenapa papa sama mama gue tiba-tiba baik, ya? Padahal biasanya kalo ada anak cowok main ke rumah langsung diintrogasi mau ngapain. Kayak pacarnya kakak-kakak gue tuh, selalu digituin.”

                “Ya kan gua bukan pacar lu, jadi pasti dibolehin apalagi tujuannya kerja kelompok, haha.”

Ya, dia takkan bisa menjadi pacarku. Pastinya kedua orang tuaku dan Tuhan-ku tidak akan merestui hubungan kami, jika firasatku benar.

                “Ya iya lah, kalo Dion ke sini mah dia bakal disambut udah kayak calon suami, hahaha.” senyumanku sambil memandang langit membayangkan Dion yang ada di sampingku.

                “Yeu ngarep banget Dion ke sini.”

                “Apa sih! Dia pasti ke sini kok! Kalo enggak gue yang kesana! Pokoknya gue harus ketemu!” senyumanku seketika berubah menjadi amarah.

                “Kalo ngomongin Dion langsung baper ya, haha.”

                “Berisik elah. Udah lah, terserah mau kemana sekarang.” jawabku jutek.

                “Jangan marah-marah nanti cepet tua. Ya udah abisin dulu tuh roti.”

Aku memakan rotinya dengan sedikit kasar karena masih kesal dengan Davin.

Setelah makan, kami jalan lagi. Kami berkeliling kota sebelum ke rumah Gita. Dalam hati kecilku, aku ingin mengatakan sesuatu, tetapi aku tidak tau apa itu.

                “Andai aja gue sama Dion kayak gini ya.”

                “Haduh yang LDR jauh banget sih, ya. Tenang, nanti lu sama Dion emang gak akan naik motor bareng, tapi kali aja naik pesawat bareng. Gua doain deh.”

Doa? Nah itu dia yang ingin aku tanyakan!

                “Vin, gue mau tanya sesuatu deh sama lo. Tapi mungkin ini agak pribadi ya.”

Aku agak gugup untuk menanyakan ini karena kata mama itu tidak sopan kalau bertanya soal agama kepada seseorang.

                “Apa?”

Aduh, aku takut menyinggung perasaannya kalau aku tanya.

                “Apaan? Lu suka sama gua? Hahaha.” ledekan Davin memecahkan suasana tegang.

                “Ih, apa sih. Ah jadi gak mood gue tanya.” ujarku kesal.

                “Ya elah apa sih jangan buat gue kepo.”

Tanya atau tidak ya?

Tiba-tiba, ponselku bergetar dari dalam tas. Aku segera mengambilnya, ternyata ada panggilan video yang masuk dari Dion. Seketika aku menjadi panik! Mengapa Dion menelpon di saat aku sedang bersama Davin?

                “Eh! Dion video call lagi! Vin gimana ini!” tanyaku dengan panik.

                “Ya angkat lah.”

                “Ih nanti kalo ketauan gue lagi sama lo gimana!”                   

                “Selow udah angkat aja.”

Akupun mengangkat panggilan video dari Dion.

                “Hallo An, aku udah beli SIM CARD plus handphone baru haha. Nanti kamu add ID aku yang baru aja ya, nanti aku kirim. Gak usah pake yang ini lagi ya. By the way kamu lagi di jalan ya?”

                “Iya, On. Aku lagi dianter temen aku, mau kerja kelompok.”

                “Oh gitu, ya udah deh kalo kamu lagi di jalan. Nanti aku video call lagi yaa, bye.”

                “Bye.”

Untung Dion tidak bertanya lebih lanjut tentang sama siapa dan di mana.

                “Huh, untung Dion gak ngasih gue seribu pertanyaan.”

                “Artinya dia udah percaya sama lu. Aduh, kalo gua jadi Dion sih, gua bakal tanya sama siapa, kemana, di mana, haha.”

                “Ya makanya itu. Alhamdulillah, deh.”

Bersyukur punya pacar yang benar-benar menaruh kepercayaan sepenuhnya kepadaku, walaupun kami terpisah 15.000 kilometer.

                “Sekarang udah jam 9, kita langsung ke rumah Gita, nih?”

                “Iya.”

Kami berjalan menuju rumah Gita.

Sesampainya kami di rumah Gita, aku mengetuk pintu rumah Gita. Tak lama kemudian, Gita membuka pintu rumahnya. Aku dan Davin memasuki rumah Gita, kami bertiga duduk di sofa ruang tamu. Sambil menunggu Daffa datang, kami menyicil mengerjakan tugas. Gita menawarkan aku dan Davin untuk makan.

“Ehm, gak usah, Git. Kita udah makan kok tadi.” tolakkan Davin dengan halus.

Sepertinya hari ini Davin sedang kesambet, daritadi halus mulu sama orang, kecuali kepadaku, sih.

                “Oh gitu, ya udah deh nonton TV aja. By the way nanti jadi nonton kan?”

Tadi mama hanya memberikanku roti, ia tidak memberiku uang.

                “Ya ampun, Git! Gue lupa bawa uang!”

                “Yah, Na. Gue pengen banget nonton.”

                “Ya udah, lo sama Davin aja deh.”

Ekspresi Davin seketika berubah.

                “Et, kalo lu gak ikut gue juga lah.”

                “Yah.”

Sedangkan ekspresi Gita menjadi murung, aduh maaf ya, Git.

Setelah Daffa datang, kamipun mengerjakan tugas kelompok di ruang tamu sambil memakan cemilan. Ketika pukul 11:45, tugasnya hampir selesai. Gita memohon untuk menemaninya menonton bioskop, lagi-lagi dengan ekspresi yang melas.

                “Eh, nonton sekarang dong, please.

                “Git, masalahnya gue gak bawa uang. Kalo bawa gue temenin deh.”

                “Gua ada uang kok, An. Mau minjem?” tawaran Daffa.

Daffa mengeluarkan dompetnya dan melihat isi dompetnya.

                “Boleh?”

                “Ya kalo gak boleh, gak akan ditawarin, Neng. Astaga.” sambung Davin.

Tuh, dia bilang astaga kan.

                “Hehe, ya udah deh.”

Kami bersiap-siap untuk berangkat ke mall. Kebetulan Daffa juga membawa motor, jadi bisa berdua berdua. Daffa dan Davin sudah menaiki motornya masing-masing, sedangkan aku dan Gita masih berdiri di halaman rumah Gita.

                “Gue sama Daffa atau Davin?” tanyaku bingung.

Davin  menarik tanganku dari atas motornya.        

“Sama gua lah. Ayo, Na.” 

Entah mengapa aku senang dan nyaman ketika Davin memegang tanganku. Dion maaf….

Sesampainya di mall, kami langsung menuju bioskop. Terakhir aku ke mall, saat aku bersama Dion. Ah Dion, mengapa kita tidak  bisa seperti ini lagi? Cepat pulang ya, On. Supaya kita bisa jalan bersama lagi. Supaya kita bisa mengenang masa lalu dan melampiaskan 3 tahun tanpa kebersamaan kita.

Setelah membeli 4 tiket bioskop, kami segera masuk ke ruangan teater dan mencari bangku kami masing-masing.

                “Fix, gue pojok! Gak ada yang boleh nempatin.” pesan Gita sambil berlari ke arah pojok.

Aku berjalan santai melewati kursi-kursi bioskop.

“Gue terserah di mana aja.”

                “Gua samping lu.” sambung Davin sambil menatap mataku.

Buat baper aja terus, Vin.

Di tengah-tengah film, sesuatu bergetar dari dalam tasku. Ternyata itu adalah ponselku yang menyala karena mendapat pesan baru dari Dion.

“ID aku yang baru Diioonnn.”

“Nanti aku invite. Kok belum tidur?”

“Iya, aku gak bisa tidur. Mau temenin video call gak?”

Yah, On. Lagi di bioskop.

“Yah, On. Aku masih di rumah temen.”

“Gak papa, aku jadi kenalan sama temen kamu.”

Aduh bagaimana ya. Samping aku Davin pula.

“Emm gimana ya. Nanti aja ya, On. Aku mau ngerjain tugas.”

“Oh gitu, ya udah deh. Soalnya handphone yang ini mau di kirim ke Indonesia buat saudara aku besok pagi.”

“Oke, kalo udah sampe rumah aku line.”

“Kalo bisa sebelum jam 5 sore di kamu ya, soalnya udah mau dipaketin nih.”

“Ok.”

Aku merasa bersalah dengan Dion. Kemarin, Dion menemaniku di saat aku tidak bisa tidur. Namun, mengapa aku tak bisa menemani Dion di saat Dion tidak bisa tidur. Habis, mau bagaimana, aku tidak mungkin melakukan panggilan video dengan Dion di saat sampingku adalah Davin.

                “Jujur aja kali kalo lagi nonton.” saran Davin sambil melihat layar handphoneku yang masih merupakan obrolanku bersama Dion.

                “Apa sih, Vin. Ikut-ikut aja.”

Aku mengunci layar handphoneku.

                “Dia itu udah sayang, jadi dia gak akan nyalahin keadaan. Lebih baik jujur sakit kan daripada bohong. Dia juga bakal ngerti kok kalo urusan lu bukan dia doang.”

Iya sih, tapi entah mengapa kalau sedang bersama Davin, aku selalu berbohong kepada Dion. Padahal kalaupun aku jujur juga takkan terjadi apa-apa.

                “Bukan gitu sih, Vin. Tapi gue gak mau ngecewain dia aja gitu. Kemarin gue video call sama dia dan kayaknya dia emang sayang banget sama gue.”

                “Dia kecewa kalo dia tau bukan dia doang yang ada di hati lu. Tapi kenyataannya kan emang dia doang yang ada di hati lu.”

Kenyataannya? Aku pikir sekarang bukan hanya dia.

                “Udah, lu nonton aja buat refreshing. Filmnya komedi kok.”

Davin mecoba menenangkan dan merangkul pundakku. Davin berhasil membuatku menjadi lebih tenang, tetapi Davin juga berhasil membuatku semakin ada perasaan dengannya. Oh Tuhan, jangan biarkan hamba-Mu ini menyimpan perasaan dengan orang yang berbeda keyakinan denganku, sepertinya.

Setelah nonton bioskop, kami makan di suatu restoran. Seperti biasa, Davin selalu di sampingku yang membuatku semakin berpikir kalau Davin memang menyukaiku. Pulang dari mall sudah jam 4 sore. Davin segera mengajakku untuk pulang ke rumahku karena ia tau aku sudah berjanji dengan papa untuk tidak pulang sore.

Di perjalanan, aku  panik sambil terus melihat jam, sekarang sudah jam 16.15 pasti papa akan memarahiku.

                “Kenapa sih, panik banget? Kan udah jalan pulang.”

Davin heran melihatku yang sedang panik dari spion motor.

                “Gue gak boleh telat dari jam 5 wey. Eh, gue lupa sholat zuhur lagi! Astagfirullah. Ancur dah gue pulang-pulang.”

                “Keluarga lu taat banget sama satu agama, ya?”

                “Ya, gitu deh.”

                “Enak sih, gak kayak keluarga gua.”

Perkataannya Davin berhasil memancing rasa penasaranku untuk menggalinya.

                “Emang keluarga lo kenapa?”

                “Gak papa sih. Nanti aja gua kasih tau kalo gua udah deket sama lu.”

                “Emang kita belum deket?”

                “Menurut gua sih belum, haha. Ya udah lah, gampang nanti aja. Sekarang lu pegangan, gua ngebut ya. Kalo lu dimarahin nanti gua yang tanggung jawab, ok?”

Davin mengacungkan jempolnya dari depanku.

Jadi kita belum dekat? Padahal aku merasa sudah sangat menempel.

Sesampainya di rumah, papa dan mama sedang duduk santai di bangku halaman depan menunggu kedatanganku. Aku turun dari motor dan segera salim kepada mama dan papa.

                “Ma, Pa, maaf ya aku agak telat pulangnya. Soalnya tadi—“

                “Assalamualaikum, Om, Tan. Maaf ya kita telat, soalnya tadi di jalan macet, rumahnya lumayan jauh. Terus tadi tungguin mama temen kita pulang dulu. Gak enak kalo langsung pulang tanpa pamit. Maafin ya, Om, Tan.” penjelasan Davin dengan ekspresi melas sambil turun dari motor.

Davin?!

                “Oh gitu, iya bener tuh. Harus pamitan dulu jangan langsung asal pulang.” pembelaan papa.

                “Ya udah, lain kali jangan telat lagi. Makasih ya, Nak. Udah mau anterin Diana.” ujar mama.

                “Iya, Tan. Sama-sama. Kalo Diana pergi sama saya dan di jalan ada apa-apa sama Diana, om sama tante bisa salahin saya kok, hehe. Saya akan tanggung jawab kalo ada apa-apa sama Diana.” perjanjian Davin dengan penuh tanggung jawab.

DAVIN!!! What’s wrong with you? Mengapa ia tiba-tiba berubah 180 derajat kalau di depan mama dan papa.

Setelah Davin pamit, aku masuk ke kamar sambil tersenyum. Aku masih teringat kata-kata yang baru saja dikeluarkan oleh Davin di depan mama dan papa. Ia benar-benar membuatku luluh. Davin belum tentu nonmuslim kan, ya? Buktinya ia mengucap salam dan saat pelajaran agama ia tidak keluar kelas. Berarti, aku boleh menyimpan harapan kepadanya.

Mama memasuki kamarku sambil membawa teh hangat dan menaruhnya di meja samping kasur.

                “Nih, Na. Kamu mau minum gak? Kali aja haus.”

                “Iya nanti aja, Ma.” jawabku sambil tersenyum.

                “Kamu kenapa senyum-senyum? Emang dia siapa kamu, Na?”

                “Hah? Aku gak senyum gara-gara dia kok. Kemarin Dion video call aku, dia lagi di Hollywood.”

Bohong dikit tak apa ya, Ma. Sekali-kali.

                “Oh, eh iya, Na. Itu dia kayaknya sopan banget, orang tuanya ustaz dan ustazah juga?”

Seketika senyumku luntur terbawa pertanyaan mama. Kalau orang tua Davin ustaz dan ustazah juga, aku takkan berpikir 2 kali untuk menyukainya.

                “Ehm, aku gak tau, Ma. Kan baru kenal sebulan lebih.” jawabku menunduk.

                “Loh kenapa? Kayaknya kalian deket banget, loh.”

                “Ya kalo deket gak harus tau semuanya kan, Ma?”

                “Ya iya sih, tapi sebaiknya kan tau sedikit tentang dia. Jangan bener-bener gak tau.”

                “Ya udah iya, Ma. Aku mau mandi dulu ya.”

Aku berusaha mengalihkan suasana dan tidak melanjutkan percakapan yang mulai membingungkan ini.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 1 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Kenangan
578      353     1     
Short Story
Nice dreaming
Pantang Menyerah
201      174     0     
Short Story
Rena hanya ingin mengikuti lomba menulis cerpen tetapi banyak sekali tantangannya, untuk itu dia tidak akan menyerah, ia pasti akan berhasil melewati semua tantangan itu dengan kegigihan yang kuat dan pantang menyerah
Love is Possible
95      90     0     
Romance
Pancaroka Divyan Atmajaya, cowok angkuh, tak taat aturan, suka membangkang. Hobinya membuat Alisya kesal. Cukup untuk menggambarkan sosok yang satu ini. Rayleight Daryan Atmajaya, sosok tampan yang merupakan anak tengah yang paling penurut, pintar, dan sosok kakak yang baik untuk adik kembarnya. Ryansa Alisya Atmajaya, tuan putri satu ini hidupnya sangat sempurna melebihi hidup dua kakaknya. Su...
HER
539      306     2     
Short Story
Temanku yang bernama Kirane sering memintaku untuk menemaninya tidur di apartemennya. Trish juga sudah biasa membuka bajunya sampai telanjang ketika dihadapanku, dan Nel tak jarang memelukku karena hal-hal kecil. Itu semua terjadi karena mereka sudah melabeliku dengan julukan 'lelaki gay'. Sungguh, itu tidak masalah. Karena pekerjaanku memang menjadi banci. Dan peran itu sudah mendarah da...
Coklat untuk Amel
181      158     1     
Short Story
Amel sedang uring-uringan karena sang kekasih tidak ada kabar. HIngga sebuah surat datang dan membuat mereka bertemu
Tell Me What to do
435      304     1     
Short Story
Kamu tau, apa yang harus aku lakukan untuk mencintaimu? Jika sejak awal kita memulai kisah ini, hatiku berada di tempat lain?
Your Secret Admirer
2297      796     2     
Romance
Pertemuan tak sengaja itu membuat hari-hari Sheilin berubah. Berubah menjadi sesosok pengagum rahasia yang hanya bisa mengagumi seseorang tanpa mampu mengungkapkannya. Adyestha, the most wanted Angkasa Raya itulah yang Sheilin kagumi. Sosok dingin yang tidak pernah membuka hatinya untuk gadis manapun, kecuali satu gadis yang dikaguminya sejak empat tahun lalu. Dan, ada juga Fredrick, laki-l...
Give Up? No!
404      264     0     
Short Story
you were given this life because you were strong enough to live it.
KAMUFLASE KAMERA DAN CINTA
560      386     1     
Short Story
lelaki bertubuh besar berjaket hitam menunjukan senyum simpul yang khas .senyum yang membuat jantungku berdegup tak beraturan, dan senyum yang selalu mengingatkanku pada perpisahan di bulan Januari. Konflik antara Mas Pras dan Om Tegar tak kunjung usai ,Kamera lah yang membawa aku dan dia pada satu titik dan kameralah yang membuat kita....
Seperti Cinta Zulaikha
1773      1147     3     
Short Story
Mencintaimu adalah seperti takdir yang terpisahkan. Tetapi tuhan kali ini membiarkan takdir itu mengalir membasah.