Yang namanya jodoh tidak ada yang tahu kapan datangnya, bisa aja lu ketemu jodoh lu saat lu SMA, atau bisa jadi ketemu saat lu baru masuk kerja, bahkan ada yang ketemu saat dia masih TK, ga ada yang tau. Walaupun lu udah berencana menikah di umur yang tergolong muda, tapi kalau lu belum bertemu dengan the one, ya mau ga mau lu harus menemukan dulu si the one. The one itu maksudnya si jodoh lu ya. Bukan orang yang namanya Dewan, kocak bet lu.
Saat gua SMA gua punya temen akrab yang obsesi banget sama menikah di umur 25 tahun, kenapa? Karena kakak dia menikah di umur segitu. Dan dia percaya banget kalau saat kita SMA itu adalah masa di mana kita harus menemukan jodoh kita, kenapa? Karena kakak menikah dengan pacarannya saat dia SMA. Hmm ini kenapa temen gua obsesi banget sama kakanya yak.
“Ki, lagi ngapain?” tanya Ane.
“Engga Ne, dari awal gua udah bilang jangan sama si Radit kan. Yang lain juga pada bilang kan?” jawab gue yang lagi sibuk main game.
“Bah, yang bilang gua mau cerita soal Radit siapa? Ngasal deh lo.”
“Ohh bukan? Jadi mau cerita apa?”
“Ini…. Gue mau cerita soal ini….. itu temen gue punya cowok, tapiii masa ya temen gue ini ga di chat satu mingguan gituu.” Pengen gua timpuk.
“Demi apa sih lu ga chatan udah satu minggu?” Gua udah tau itu soal dia.
“Iya Kiiiii, gimana dong? Gua mau nyamperin ke kelasnya tapi takut.”
“Putusin sumpah, lu mah di bilangin ga pernah denger. Apa lagi pas ulangan.”
“Ki, gua takut ngeliat ke belakang kalau ulangan, kalau gurunya liat gimana?”
“Lah kemarin pas ulangan, si Pak Adam keluar tetep aja ga mau nyontekin.”
“YA MASA ULANGAN AGAMA JUGA LO NYONTEK, AGAMA LOH INI. AKHIRAT LOH INI URUSANNYA!”
“YA LU EMANG PELIT AJA, GA USAH BAWA-BAWA AGAMA!”
Gua diem, Ane diem, orang di kelas pada ngeliatin, Subway Surfers gua ketabrak kereta.
“Kii bantuin gueee.”
“Emang lu buat salah apa?”
“Ga ada sumpah, bahkan gua yang terakhir chat, ngucapin selamat pagi. Nih,” dia ngeliatin chatnya mereka, dan memang dari bukti chat yang korban tunjukan kepada saya, tidak ada tanda-tanda korban berbuat kesalahan.
“Udah lah Ne, udahin aja. Masa lu ga di chat satu minggu tanpa ada buat kesalahan lu diem aja.”
“Lah gue ga diem aja, ini kan gua cerita ke lo.”
“Jujur, ini lu pertama kali cerita ke orang atau udah ada cerita ke orang lain sebelumnya?” tanya gua sembari membuka game lain.
“Hmm dua hari yang lalu gue cerita ke Ai, terus kemarin ke Wahyu.” Gua adalah pilihan ketiga dia, saya merasa di duain.
“Terus mereka nyuruh lu ngapain?”
“Putusin.”
“YAUDAH PUTUSIN LAH!”
“GA MAOOOOOO, MASIH SAYAAAANG!”
“UDAH GILA APA LU YA?!”
“IYA EMANG, GUE GILA GARA-GARA CINTAAAAA!”
Gua diem, Ane diem, temen-temen di kelas ga ada yang liatin, COC gua gagal dapet bintang tiga.
“Kiii, ga mau putusss.”
“Begini Sahabat, gua akan ngasih tau lu rahasia para lelaki,” sambil mendekatkan diri untuk berbisik.
“Ihhh ga mau ah.”
“Hah apaan sih lu, gua mau ngasih tau kenapa Radit diemin lu.”
“Ohh apa tu? Kenapa tu?”
“Jadi gini, cowo yang punya pacar kalau tiba-tiba berbuat ulah, atau membuat masalah tanpa sebab, itu ada alasan besar di belakangnya.”
“Apa itu alasannya?”
“Gini, cowo itu gampang bosen, apalagi sama yang namanya hubungan, jadi biasanya kita bakal berbuat yang engga-engga supaya si cewenya marah, terus berantem deh. Nah caranya banyak, bisa tiba-tiba chatan sama cewe lain, bisa bohong-bohong ga jelas, atau ngilang dalam waktu lama. Paham sampai sini?”
“Serius? Terus?”
“Nah 3 hal itu yang biasa dilakukan oleh para pria, alasan utama nya cuma satu, supaya di putusin sama cewenya. Makannya kemarin lu curhat sama Ai sama Wahyu pada nyuruh lu buat putusin kan?”
“Ah ga mungkin, ga masuk di akal lah, gue sama si Radit ga pernah berantem gede kok, kita adem ayem.”
“Percaya sama gua, mending lu putusin sekarang, atau ga, yaudah coba lu samperin terus ajak ngomong. Dari pada nih ya, lu di putusin tiba-tiba.”
“Ga mungkin, gua bakal chat dia malam ini terus gua bakal baik-baik nanya sama dia kenapa dia ga ngechat gua atau nyamperin gua. Ga bakal putus kita.”
Besoknya Ane di putusin.
Yah memang itulah kenyataanya, kalau tiba-tiba cowo lu ngilang, marah-marah atau melakukan hal yang membuat hubungan kalian tidak baik, percayalah dia pengen putus dari lu, tapi ga mau menjadi ‘jahat’ yang memutuskan hubungan kalian. Tapi yah ga semua cowo begitu ya, ada yang tidak seperti itu sama sekali dan mau berjuang bersama buat hubungannya, tapi ada juga yang mau menjadi yang ‘jahat’ dalam hubungannya.
Kembali ke cerita gua dan Ane. Efek dari kandasnya hubungan dia yang sudah dia jaga secara solo player selama lebih dari 9 bulan, saat ini dia sedang dalam fase galaunya. Sebenernya gua dan beberapa temen gua udah ingetin ke dia kalau dia itu ga cocok sama si Radit ini. Dan juga kita selalu mengingatkan bahwa ga banyak orang yang sukses menikah di umur 25 tahun dengan pacarnya dari jaman SMA. Sulit, bos.
Tapi dia ga boleh galau terlalu lama, karena dia masih yakin bakal dapet apa yang kakaknya dapet kalau dia berusaha, dan juga kurang dari satu bulan lagi kami UN. Yah alasan utamanya yang ke dua sih. Sampai suatu ketika dia dateng ke gua dengan senyum lebar di mulutnya.
“Kiiii, lagi ngapain neh? Hehe,” tanya Ane, gua diem dan ngeliat ke matanya dengan tajam.
“Suka sama siapa lu?”
“Ya Allah, lo punya khodam apa begimana sih? Hebat banget loh bisa langsung tau gitu.”
“Anak mana kali ini yang menjadi mangsa lu?”
“Ini Ki, dia dulu senior kita, tapi sekarang udah ga di Pekanbaru, dia di Semarang sekarang.”
“Lah lu kenal dari mana?”
“Jadi gini, kampus si abang ini adalah satah satu dari tiga kampus yang pengen gua masukin, nah kemarin gua kaya gabung gitu ke group wa anak-anak Riau di sana, nah pas lagi kaya perkenalan gitu tiba-tiba ada satu nih yang dari SMA kita, terus yaudah gua liat dong ni abang-abang. Eh ga kerasa gua udah ngeliatin nih abang-abang dua mingguan.”
“Ngeliatin? Ngeliat di mana di mana??” tanya gua.
“Di IG, Facebook.”
“Liat doang? Ga lu chat?”
“Ga berani Kiii, kan dia ga kenal ya sama gua, ntar aneh gitu ga sih kalau ada chat dari cewe yang ga lu kenal?”
“Sempit sekali pemikiranmu Sahabat, ga ada itu yang namanya cowo harus chat duluan, kalau begini terus kapan Indonesia bisa maju.” Azeeeh.
“Ga masalah tu gua yang chat duluan? Apa ga sebaiknya gua follow dulu IG dia?”
“Lah lu blom follow IG-nya? Lu liat dia dari mana?”
“IG-nya ga digembok Ki, terus yaudah gua liatin aja pake second account gua.” Cewe emang luar biasa.
“Gini, kan cita-cita lu yang aneh itu mewajibkan lu untuk punya pacar dari SMA kan? Nah kita kan SMA itu cuma tinggal kurang dari tiga bulan nih. Nah kalau lu ga berbuat apa-apa sekarang, minggu depan lu ga bakal bisa ngapa-ngapain lagi, soalnya kita bakal sibuk banget sama persiapan ujian kan, bener ga?” Ane diem, sambil sepertinya berfikir bahwa yang gua ocehin dari tadi adalah hal yang benar.
“Lah iya ya Ki, gua ga sadar kalau kita udah mau lulus, woy ini gimana dong? Kalau gini ceritanya gua lulus tanpa punya pacar.” Tiba-tiba dia panik sendiri.
“Idih kenapa lu yakin banget?”
“Yakin? Yakin ga bakal punya pacar pas lulus?”
“Yakin kalau lu bakal lulus.”
Gua di tampol.
“Serius dongg, gimana iniiii?”
“Ada dua hal yang harus lu lakuin, pertama lu follow itu orang sekarang juga, nah setelah itu lu DM dia soal kampus, bilang aja lu dari di kandungan pengen banget masuk ke kampus itu, abis itu yaudah kita lihat aja ke mana arah dari percakapan kalian berkembang.”
“Percakapan berkembang? Kok gitu doang? Ga ada nembak-nembakan?”
“Lah kalau ternyata ga cocok? Jangan buru-buru Ne, yg penting kenalan dulu sekarang, lupain dulu obsesi lu nyari pacar dari jaman SMA. Keluarin hp lu, buka IG, follow dia. Itu aja dulu.”
Ane mengeluarkan hpnya, membuka aplikasi Candy Crush Saga, gua sikut kepalanya Ane, dia kesakitan sembari menutup game tadi, lalu membuka dan mencari akun si abang-abang itu di Instagram.
Dia menarik napas panjang sebelum menekan tulisan follow di akun si abang, sejujurnya gua tidak paham kenapa dia membuat ini seakan-akan adalah langkah yang besar. Jaman sekarang, di mana Instagram menguasai hampir seluruh bidang media sosial, gua ga pernah mengalami kesulitan nge-follow orang yang menurut gua menarik. Saat gua melihat seorang influencer yang komedinya cocok sama gua, gua akan langsung membuka Instagram dan mencari akun dia, kalau dia terlihat aktif ya udah gua follow. Saat gua melihat teman lama gua di Instagram ya udah gua follow, dan semacamnya. Tidak ada yang sulit untuk nge-follow seseorang di Instagram, dan gua juga lihat teman-teman gua yang lain juga sama kaya gua, yah walaupun mereka semua cowo ya. Mungkin ini adalah salah satu perbedaan pria dan wanita.
Ane terpaku di depan layar hpnya, dia belum menekan tulisan follow yang ada di sana, karena gua adalah orang yang baik dan sangat sabaran, gua pun mengambil inisiatif dan menekan tulisan follow. Ane kaget, gua ga kaget, si abang-abang juga ga kaget.
“HADOOOOH LU NGAPAIN SIH??” Ane ngamuk ga jelas.
“INI GUA BANTUIN LU BEGOOO.”
“TAPI INI JADINYA KE FOLLOW KAAAAAN!” Ane mondar-mandir ga jelas.
“KAN EMANG BEGITU RENCANANYAAAA!”
Gua diem, Ane diem, gada orang di kelas selain kita, gua ga lagi buka game.
“Makasih ya Ki, moga-moga ntar di folbek.”
“Amin.” Kita pun cabut buat nyari yang lain.
Singkat cerita, pada malam harinya dia di follow back sama si abang ini. Walaupun harus menunggu sampai UN selesai baru dia berani untuk DM si abang. Walaupun dia tidak masuk ke dalam universitas yang sama dengan abang-abang yang dia sukai. Walaupun dia sampai SMA selesai tetep tidak memiliki pacar. Walaupun sekarang dia dan si abang itu sudah tidak berhubungan sama sekali. Dan walaupun sampai di umurnya yang ke 25 dia masih belum menikah seperti kakaknya, setidaknya pada hari gua nyuruh dia buat nge-follow si abang itu, dia sadar bahwa tidak akan ada yang terjadi jika hanya menunggu, kita harus terus melakukan pergerakan untuk hidup.