Buat anda-anda semua yang sudah membaca buku ini sampai di titik ini saya ucapkan terima kasih banyak. Gua baru sadar bahwa gua ga memperkenalkan diri gua secara baik dan benar ya. Maka disini izinkan saya memperkenalkan diri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan formulir pertanyaan yang baru saja saya bagikan kepada orang-orang yang sedang duduk di Starbucks tempat saya menulis chapter ini.
P: Loh kok gua ga dapet formulir nya, Riz?
J: Ye siapa suruh lu ga duduk di sini.
P: Lu biasanya di panggil apa sih di dunia nyata?
J: Dikarenakan nama gua Rizki jadi temen-temen gua biasa terbagi menjadi 3 kelompok, ada yang manggil gua ‘Riz’, ada yang ‘Ki’, ada yang ga manggil karena memang blom kenalan. Tapi kalau di rumah gua di panggil ‘Adek’ karena memang gua anak paling kecil. Jadi gua berharap lu pada manggil gua kalau ga ‘Ki’, ya ‘Riz’.
P: Apakah seluruh cerita di dalam buku ini nyata? Soalnya kaya ga mungkin aja gitu kejadian-kejadian kaya begini ada di dunia nyata.
J: Iya semuanya di buku ini berdasarkan kejadian nyata, rata-rata cerita ini dari jaman gua kecil banget sampe jaman gua SMA.
P: Gua denger-denger lu tumbuh kembang di Pekanbaru? Emang bener yak?
J: Waduh denger dari mana lu? Tapi itu bener, gua lahir di Medan tapi cuma sampe umur 2-3 tahun. Setelah itu kami sekeluarga pindah ke Pekanbaru, yang ada di Riau. Jadi gua dari TK sampe SMA di Pekanbaru.
P: Lu nulis buku ini berapa lama, cuy?
J: Cie elah pake cuy, dari tahun 2019 apa ya, lupa dah gua. Tapi dikarenakan gua ga punya dasar menulis novel atau cerpen gitu jadi cerita di awal gua nulis bener-bener biasa banget dan ga ada ciri khas gitu. Jadi yah banyak yang gua ga pake atau gua ulang penulisannya. Intinya gua ga pede sama tulisan yang di awal-awal tahun 2019.
P: Lah terus kenapa yang sekarang lu PD? Emang ada bedanya?
J: Pada awal tahun 2020 kita tahu bahwa itu awal dari masa pandemi kan, nah saat gua lagi liat-liat Instagram, gua ngeliat bang Raditya Dika ngadain kelas menulis cerpen dan naskah, yaudah gua ikut aja. Lama kelamaan bang Radit sering banget buat kelas menulis dan gua ikutin semuanya, dan karena itu gua merasa lebih pede, yah setidaknya gua tau lah dasar-dasar menulis novel. TERIMA KASIH KELAS MENULIS BANG RADIT.
P: Pernah kena covid, bro?
J: Pernah, bro.
P: Lu orang mana, Ki? Maksudnya suku lu apa?
J: Bokap gua melayu, nyokap jawa. Jadi kalau di tanya gua orang mana gua ga pernah bisa jawab.
P: Udah makan, Dek…?
J: Udah, Ma… Lah kenapa chat nyokap gua nyangkut di sini?!
P: Denger-denger lu suka banget horor, pernah liat setan ga?
J: Gua mencintai genre horor mau itu film, game, podcast atau yang lainnya. Pernah liat setan atau ga? Hmmm.
P: Lu punya pacar ga, Riz? Kalau punya ketemu di mana?
J: Skip.
P: Lah lu kuliah di Malaysia, Riz???
J: sempet, hampir 3 thaun gua di sana.
P: Denger-denger chapter ini dibuat karena lu lagi ga ada ide ya, Ky?
J: WAHAHAHAHAHAHAHAHAHAiyaAHAHAHAHAHA.
P: Fun fact soal diri kamu dong Ki, kaya sekarang kamu lagi ngerjain apa gitu atau lagi tertarik dalam bidang apa begitu?
J: Oke, gua itu anaknya kalau into sesuatu bisa bener-bener tenggelam banget dalam hal itu, nah sektar 2 minggu yang lalu sahabat gua di Malaysia, yang bernama Reza baru aja ngajarin NFT, jadi gua lagi tenggelam banget di situ. Kalau fun fact sih apaan yak, oh iya gua udah sekiatar 2-3 tahun ga make ‘wkwk’ di chat gua.
P: Wah kenapa tu ga pake ‘wkwk’?
J: Hmm, gua itu seperti kebanyakan orang Indonesia lainya, orangnya susah banget bilang engga, dan orangnya ga enakan banget terhadap orang lain, ntah bagaimana ceritanya gua berkesimpulan ini semua gara-gara ‘wkwk’. Karena gua nyadar bahwa setiap gua chat sama orang gua selalu mengakhiri percakapan dengan ‘wkwk’ padahal itu percakapan serius, jadi yaudah gua ga pake aja sekarang. Dan hasilnya cukup memuaskan sih, karena sekarang gua lebih tegas, dan kalau chatan sama gua itu lebih kelihatan di mana gua serius di mana gua bercanda.
P: Apa pandangan kau tentang politik Indonesia saat ini?
J: Menurut gua sih nanti di tahun 2024 akan…. Woy ini siapa yang nanya?!
P: …..
J: Sepertinya sudah tidak ada yang ditanyakan lagi ya? Baik saya tutup sampai di sini sesi…
P: Eh ini udah kelar nih? Udah ga ada chapter selanjutnya???
J: Whoops untung belum saya tutup ya sesi pertanyaan. Masih ada dong, 2-3 chapter lagi.
Oke sampai di sini saja ya sesi perkenalannya, saya harap ini semua cukup menjelaskan siapa saya ini, dan membuat anda-anda semua merasa lebih intim dengan saya.
Mungkin ada beberapa pertanyaan yang tidak saya jawab, mana tau jawabannya ada di chapter selanjutnya kan, who knows. Oke sampai jumpa ya di sesi tanya jawab selanjutnya, tot ziens!