Aku adalah seorang mahasiswi. Akibat dari Covid-19 yang menyerang dunia, banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya tempatku menuntut ilmu berubah sistem belajarnya menjadi daring. Semenjak berlakunya daring tersebut, tugas yang diberikan oleh dosenku amatlah banyak, dengan deadline yang begitu mepet, kuota internet banyak terkuras sehingga menguras dompet. Kegiatan yang dilakukan hanya di rumah saja, membosankan, kalau anak sekarang bilangnya gabut. Tujuannya memang baik yaitu agar mengurangi manusia terinfeksi virus corona. Aku hanya menghabiskan waktuku di depan layar laptop, sambil mengerjakan tugas dan juga berchatting ria bersama temanku. Tepat waktu itu malam hari, dimana waktu yang digunakan anak muda untuk santai-santai nikmati waktu ataupun istirahat. Aku mendapat notifikasi chat dari dosenku di grup media sosial. Pukul 23.10, aku penasaran.
Sebelumnya kami mengikuti perkuliahan pagi seperti biasa melalui daring. Beginilah chatnya.
List daftar absen 23 Maret 2020. Batas absensi berlaku sampai selesai jam perkuliahan.
1.
2.
3.
... Bambang NIM: 09090909
Sampai terakhirnya ada yang menyisip absen, ketahuan dengan dosenku.
Dosenku: Si Bambang ini sedikit nakal
Aku yang membacanya entah darimana rasanya kalimat itu lucu sekali. Dan aku berinisiatif untuk mengshare ke teman dekatku. Namun kelucuan bagiku itu hanya sementara, karena tanpa sengaja aku membalas pesan dosenku di grup tersebut.
Aku: Lawak kali we dosenku, masa malam-malam dia cuma mau bilang gitu aja? Apa ga tidur ya dia? Wkwkwkk
Tiba-tiba juniorku ngechat, “Kak, pesan kakak yang di grup itu salah kirim”
Langsung aku cek dan menarik pesan tersebut. Sangat disayangkan, dosenku telah membalas pesan itu balik sebelum aku menarik pesan. Dengan isi “Sudah yang lainnya tidur, matikan hpnya”. Malam itu juga aku gelisah, tidak bisa tidur. Aku kepikiran, sampai aku chat teman-temanku minta saran. Dari sekian temanku yang jawab, hanya beberapa jawaban yang menurutku cukup waras. Dan besok paginya aku minta maaf, dan merasa bahwa aku sebagai seorang mahasiswi tidak sopan mengirim pesan seperti itu. Untungnya dosenku baik, beliau tetap membalas pesanku dan mengingatkan aku supaya lebih berhati-hati dan cermat agar tidak tergesa-gesa.
Semangat tyy