Read More >>"> Hati Langit (Bismillah) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Hati Langit
MENU
About Us  

Permulaan yang benar bagi umat manusia adalah ketika segala sesuatunya diawali dengan menyertai kehadiran Ilahi Rabbi. Ketika Al-Qur’an ditiupkan ke dalam hati Nabi Muhammad Shallallahu’Alaihi Wasallam dan kemudian kepada para sahabat, serta generasi-generasi berikutnya, bahwasan-nya Sayyidina Ali Ra mengatakan:

“Bahwa seluruh Al-Qur’an itu terkandung didalam surat Al-Fatihah”, sedangkan surat Al-Fatihah itu sendiri terkandung di dalam Bismillah (basmallah).

Kutipan Blog “Sufi Keheningan”

Kalimat suci ini merefleksikan kandungan prinsip keEsaan Ilahi, kebergantungan seluruh keanekaragaman kepada yang Esa, kesementaraan dunia, dan kualitas-kualitas positif dari eksistensi manusia itu sendiri.

Dalam hal ini, Allah Subhannahu wa Ta'ala menurunkan kalimat suci “Bismillah” dalam wujud fisik (yang tersurat) pada sebuah kitab suci Al-Qur’anul Kariim yang secara langsung dapat dipahami oleh pikiran yang sehat.

Karena kalimat suci “Bismillah” itu sendiri, memiliki realitas-realitas dasar dan perbuatan-perbuatan sebagai tangga bagi pendakian jiwa dari tingkat yang dapat dilihat dan didengar menuju ke Yang Gaib, yang juga merupakan keheningan di atas setiap bunyi.

Wujud fisik (Bismillah) inipun didasarkan pada ilmu pengetahuan tentang dunia bathin yang tidak hanya berkaitan dengan penampakan lahir semata, tetapi juga dengan realitas-realitas bathin “Bismillah” itu sendiri (yang tersirat).

Hanya bagi orang yang mampu melihat realitas-realitas tersebut atau pun orang yang telah dilatih untuk memperoleh penglihatan “Al-Bashirah” (penglihatan bathin) atas sesuatu yang tersembunyi dibalik rahasia “Bismillah”, dan dikarenakan “Bismillah” ini merupakan pula pesan dari ruang inti perbendaharaan yang gaib (khaza’in al-ghoybi), maka siapapun yang menerima pesan kalimat suci ini di dalam hatinya ia seakan menikmati alunan nyanyian alam rahim yang membawa jiwanya sebelum episode perjalanan duniawinya yang singkat.

 Agama Islam tidak berdasarkan ketegangan dramatis antara langit dan bumi, atau pengorbanan heroik dan penyelamatan melalui campur tangan Tuhan, akan tetapi Agama Islam bertindak untuk mengembalikan kesadaran manusia, bahwa alam semesta adalah Kalam Ilahi dan pelengkap ayat-ayat suci tertulis yang diwahyukan dalam bahasa Arab.

***

Hal tersulit di dunia ini dalam kebaikan adalah ketika kita tidak mampu ikhlas (penerimaan) dan sabar dalam melakukan kebaikan disetiap harinya, mengeluh dengan apa yang dikerjakan, meronta dengan pada apa yang sudah ditekuni, dan merajuk untuk sesegera mungkin terselesaikan.

Faktanya, sangat dibenarkan walaupun kalimat suci bismillah dilantunkan berkali-kali, berulang-ulang namun kembali pada persoalan diri, mampukah bathin melakukannya? Jawabannya adalah naluri. 

Manusia ketika dilahirkan sudah ditanamkan naluri di mana terdapat suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari namun ada sejak lahir dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik). Jika sesuatu diniatkan dengan hal baik yang disertai bismillah terlebih dahulu, maka dipastikan kebaikan selalu mengiringi setiap langkah karena tidak ada niat buruk yang berubah baik meskipun dilakukan dengan cara yang baik.

***

Dzikri, sapaan untuknya.

Pria yang kerap menjadi panutan kawan-kawannya, entah itu perbuatannya, perkataannya, pemikirannya, atau bahkan dalam hal terumit sekalipun.

Bagaimana tidak menjadi panutan bukan?

Seorang tahfidz yang dapat dikatakan paham betul akan agama yang selalu dipercayai dan diyakini dengan sepenuh hati dan jiwa. Bahkan tak diragukan ilmu-ilmu yang telah dipahaminya selama masa pembelajaran di sepanjang hayatnya.

Namun, pada dasarnya seorang tahfidz tidak menjanjikan bahwa dirinya untuk selalu melakukan hal dengan sempurna, melakukan dengan benar, dan seolah-olah tidak pernah berbuat salah, seperti yang terlihat oleh khalayak umum mengenai pandangan yang terdapat dalam diri seorang tahdfiz. Tak ada jaminan yang menyatakan bahwa seorang tahfidz akan masuk surge dengan segala ilmu yang dimilikinya entah itu ilmu tauhid, ilmu fiqih, dan yang lainnya.

Tak lantas menjadikan diri mereka sebagai pembenaran dan ingatlah bahwa ia juga hanyalah manusia yang tak luput dari sifat lalai, sifat buruk yang terdapat dalam diri manusia.

Meneguhkan hatilah yang jauh lebih penting, jika hati sudah terpaut oleh Allah maka jalan yang di lalui akan selalu berada dalam ridho Allah. Maka ucapkan bismillah dengan segenap jiwa.

Hanya menyakinkan bahwa tidaklah sia-sia apa pun yang dilakukan dengan sepenuh hati dalam hal kebaikan maka langit mengetahuinya, langit merekam segala tindakan yang dilakukan di mana bumi sebagai tempat berpijak bahkan Allah senantiasa bersamanya.

How do you feel about this chapter?

0 1 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (8)
Similar Tags
From Ace Heart Soul
535      314     4     
Short Story
Ace sudah memperkirakan hal apa yang akan dikatakan oleh Gilang, sahabat masa kecilnya. Bahkan, ia sampai rela memesan ojek online untuk memenuhi panggilan cowok itu. Namun, ketika Ace semakin tinggi di puncak harapan, kalimat akhir dari Gilang sukses membuatnya terkejut bukan main.
Rêver
5699      1668     1     
Fan Fiction
You're invited to: Maison de rve Maison de rve Rumah mimpi. Semua orang punya impian, tetapi tidak semua orang berusaha untuk menggapainya. Di sini, adalah tempat yang berisi orang-orang yang punya banyak mimpi. Yang tidak hanya berangan tanpa bergerak. Di sini, kamu boleh menangis, kamu boleh terjatuh, tapi kamu tidak boleh diam. Karena diam berarti kalah. Kalah karena sudah melepas mi...
Asa
3861      1166     6     
Romance
"Tentang harapan, rasa nyaman, dan perpisahan." Saffa Keenan Aleyski, gadis yang tengah mencari kebahagiaannya sendiri, cinta pertama telah di hancurkan ayahnya sendiri. Di cerita inilah Saffa mencari cinta barunya, bertemu dengan seorang Adrian Yazid Alindra, lelaki paling sempurna dimatanya. Saffa dengan mudahnya menjatuhkan hatinya ke lubang tanpa dasar yang diciptakan oleh Adrian...
Who Is My Husband?
13146      2423     6     
Romance
Mempunyai 4 kepribadian berbeda setelah kecelakaan?? Bagaimana jadinya tuh?! Namaku.....aku tidak yakin siapa diriku. Tapi, bisakah kamu menebak siapa suamiku dari ke empat sahabatku??
FLOW in YOU (Just Play the Song...!)
2893      775     2     
Romance
Allexa Haruna memutuskan untuk tidak mengikuti kompetisi piano tahun ini. Alasan utamanya adalah, ia tak lagi memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti kompetisi. Selain itu ia tak ingin Mama dan kakaknya selalu khawatir karenanya. Keputusan itu justru membuatnya dipertemukan dengan banyak orang. Okka bersama band-nya, Four, yang terdiri dari Misca, Okka, dan Reza. Saat Misca, sahabat dekat A...
Praha
256      153     1     
Short Story
Praha lahir di antara badai dan di sepertiga malam. Malam itu saat dingin menelusup ke tengkuk orang-orang di jalan-jalan sepi, termasuk bapak dan terutama ibunya yang mengejan, Praha lahir di rumah sakit kecil tengah hutan, supranatural, dan misteri.
the corrupted robots
360      251     1     
Short Story
the story of the boy and his friend
Moment
273      236     0     
Romance
Rachel Maureen Jovita cewek bar bar nan ramah,cantik dan apa adanya.Bersahabat dengan cowok famous di sekolahnya adalah keberuntungan tersendiri bagi gadis bar bar sepertinya Dean Edward Devine cowok famous dan pintar.Siapa yang tidak mengenal cowok ramah ini,Bersahabat dengan cewek seperti Rachel merupakan ketidak sengajaan yang membuatnya merasa beruntung dan juga menyesal [Maaf jika ...
Katamu
2630      968     40     
Romance
Cerita bermula dari seorang cewek Jakarta bernama Fulangi Janya yang begitu ceroboh sehingga sering kali melukai dirinya sendiri tanpa sengaja, sering menumpahkan minuman, sering terjatuh, sering terluka karena kecerobohannya sendiri. Saat itu, tahun 2016 Fulangi Janya secara tidak sengaja menubruk seorang cowok jangkung ketika berada di sebuah restoran di Jakarta sebelum dirinya mengambil beasis...
Mahar Seribu Nadhom
4336      1447     7     
Fantasy
Sinopsis: Jea Ayuningtyas berusaha menemukan ayahnya yang dikabarkan hilang di hutan banawasa. Ketikdak percayaannya akan berita tersebut, membuat gadis itu memilih meninggalkan pesantren. Dia melakukan perjalanan antar dimensi demi menemukan jejak sang ayah. Namun, rasa tidak keyakin Jea justru membawanya membuka kisah kelam. Tentang masalalunya, dan tentang rahasia orang-orang yang selama in...