☕☕☕
Saat ini Apy dan Ares tengah duduk disalah satu rumah makan di dekat museum. Mata Apy langsung berbinar-binar saat seorang pelayan mengantarkan pesanan mereka.
"Sas efharisto." ucap Ares saat sang pelayan telah menyajikan menu di meja makan.
Apy tidak terlalu heran saat Ares mengatakannya dalam bahasa Yunani. Toh, lelaki dihadapannya nya ini sebelumnya sudah pernah kemari.
"Aku pernah mendengar dari orang-orang jika soulvaki terenak berada di restoran di kota Thesaloniki." ucap Apy saat tau jika hidangan di depannya adalah soulvaki dan minuman berwarna merah yang entah apa namanya.
"Oh ya? Menurutku disini cukup enak. Apalagi jika bersamamu." jawab Ares dengan mulut penuh makanan.
Apy sendiri bingung harus menanggapi ucapan Ares seperti apa. Entah kenapa ada sesuatu yang bergejolak di dalam tubuhnya yang tidak ia pahami. Jadi, yang ia lakukan hanya bergerak canggung memakan soulvaki miliknya.
"Dulu aku juga makan disini bersamanya." ucap Ares di tengah kegiatan makannya.
Apy masih terdiam, bingung apa yang harus dikatakan. Jika ia bertanya, itu artinya dia harus siap mengenal Ares lebih dalam. Sampai saat ini Apy sendiri tidak dapat mendeskripsikan perasaannya kepada Ares. Entah kenapa Apy merasa jika Ares adalah pribadi yang susah di tebak. Detik ini ia menjadi konyol, detik berikutnya ia nampak menakutkan, dan sedetik kemudian ia nampak murung. Nmun, entah kenapa Apy mulai terbiasa dengan sikap lelaki itu.
"Kau bisa bercerita jika ingin," ucap Apy pada akhirnya.
"Tidak masalah, kita lanjutkan saja makanannya. Ngomong-ngomong setelah ini kita kemana?"
"Jika menurut jadwal, kita akan ke
syntagma square." jawab Apy.
Tanpa disuruh dua kali pun, kini Apy dan Ares melanjutkan perjalanan. Setelah dari 28is Oktovriou, kini mereka melaju kearah selatan menuju Pl. Sintagmatos untuk sampai ke Syntagma Square.
Syntagma square merupakan alun-alun yang paling penting di Athena karena merupakan pusat kegiatan komersial dan politik Yunani. di komplek Syntagma square ini kita dapat melihat Parliament Centre, Tomb of the Unknown Soldier dan Guard Evzones.
Begitu turun dari bus, Apy pun mulai melangkahkan kakinya. Tempat yang pertama di tuju adalah Tomb of the Unknown Soldier.
Di area ini terdapat banyak sekali burung dara yang berkeliaran. Beberapa pengunjung juga nampak memberinya makan. Setelah melewati air mancur di halaman tengah Tomb of the Unknown Soldier, Apy pun dapat melihat dengan jelas gedung tersebut. Didepan gedung tersebut terdapat Guard Evzones yang menjaganya. Selain itu, setiap beberapa waktu mereka juga melakukan semacam upacara yang menjadi incaran para turis yang datang ke sini. Tak heran banyak juga yang memfoto bahkan mengambil video.
Dengan riang Apy berlari kearah kumpulan burung dara yang ada disekitarnya dan membuatnya terbang seketika. Apy tertawa senang melihatnya bahkan Ares pun sama.
"Aku sangat menyukai burung dara," ucap Ares.
"Kenapa?"
"Karena mereka melambangkan kesetiaan. Sejauh apapun mereka pergi, mereka akan tetap pulang kerumahnya." ucap Ares.
Senyum Apy luntur seketika. Dari awal perjalanan, Ares nampak selalu bernostalgia. Ia selalu mengaitkan tempat-tempat yang mereka kunjungi dengan kenangan masa lalunya. Masa lalunya dengan sang wanita pujaan. Dari situ Apy bisa menyimpulkan bahwa Ares pasti sangat mencintai wanita itu. Entah kenapa Apy merasa tidak terima.
Walau Apy selalu gagal menebak apa yang akan dilakukan Ares, namun ia sungguh tidak keberatan. Ia tidak peduli jika lelaki berambut gondrong dengan celana sobek-sobek itu ternyata dapat meniru gaya patung perunggu, atau berkelahi di dalam museum bahkan menjadi seseorang yang bijak untuknya.
Sejujurnya Apy sedikit tersentuh saat Ares rela berkelahi demi menjaga harga dirinya. Namun bisa saja itu hanyalah sikap Ares untuk menjaga Apy yang dianggapnya sebagai seorang adik itu.
"Dan sejauh apapun jarak diantara kita setelah peristiwa hari ini, aku yakin kamu akan selalu mengenangku. Kamu akan selalu ingat bahwa saat tour kampus kamu sempat tertinggal rombongan dan memilih untuk mengelilingi Athena bersama laki-laki sepertiku." lanjut Ares lalu mengacak pelan rambut Apy dan melanjutkan jalannya lebih dekat dengan Tomb of the Unknown Soldier.
Apy pun segera menyusul Ares dari belakang. Dan ia baru sadar jika sampai detik ini ia masih ingin tersenyum dangan kata-kata Ares barusan.
Setelah puas bermain bersama burung dara, melihat ceremony pergantian Guard Evzones, dan berkeliling melihat-lihat gedung, kini Apy dan Ares sedang duduk di salah satu anak tangga disana untuk mengistirahatkan kedua kakinya.
"Walau tidak seindah sunset di Oia, setidaknya kita bisa melihat sunset di tanah Yunani berdua." ucap Ares seraya menunjuk ke ufuk barat untuk melihat sunset.
Ares benar yang kami lihat adalah matahari yang perlahan-lahan bersembunyi ke balik bangunan-bangunan di komplek ini. Mungkin jika kita sedang di Oia, kita bisa melihat matahati yang ditelah lautan. Tapi, lagi-lagi Apy membenarkan ucapan Ares. Setidaknya ia memiliki kenangan melihat sunset di tanah yunani bersama lelaki yang sekitar 10 jam yang lalu dikenalnya.
"Aku berharap bisa ke Oia dan melihat sunset bersama seseorang yang tulus mencintaiku disana," ucap Apy lirih.
"Mungkin suatu hari nanti." ucap Ares yang diangguki Apy.
Setelah sang fajar benar-benar tenggelam, kini Apy dan Ares mulai melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan terakhir, yakni Plaka.
Saat ini Apy sedang memandang keluar jendela melihat lampu-lampu kota yang mulai menyala. Begitu juga dengan toko-toko dan bangunan di pinggir jalan membuat suasana kota nampak berkelap-kelip. Beberapa kendaraan berlalu lalang dengan arus lancar taksi-taksi kuning juga nampak berjalan melintasi jalanan kota ini.
Apy menolehkan kepalanya saat merasakan berat pada bahunya. Ternyata Ares tengah tertidur. Dari sini Apy dapat memandang wajah lelaki itu dari samping. Rambut gondrong, hidung mancung, kumis tipis serta garis rahang yang kokoh membuatnya nampak sempurna. Belum lagi kulitnya yang putih, seolah ia memiliki keturunan orang China. Lengkap dengan mata minimalisnya.
Apy sendiri juga tidak menyangka jika dirinya kini tak bisa berhenti tersenyum menatap wajah damai lalaki yang selama 10 jam ini menemaninya.
"Apa masih jauh?" ucap Ares yang membuat Apy langsing mengalihkan pandangannya keluar jendela.
Ternyata Ares sengaja menaruh kepala di bahunya. Lelaki itu hanya memejamkan mata, bukan tidur. Entah kenapa Apy merasa malu karena sudah menatap intens kearahnya tadi.
"Apy?" kata Ares yang tak kunjung mendapat balasan dari Apy.
Sebuah ide pun terlintas dipikiran Apy. Ia akan berpura-pura tidur. Semua ini karena rasa malunya. Walau sudah jelas jika Ares mungkin tidak merasakan pandangan Apy, tapi Apy tetap merasa malu. Mungkin pipinya kini kembali merona. Ia berharap Ares tidak menyadarinya.
Tak berapa lama Ares mengangkat kepalanya dari bahu Apy. Dalam hati Apy ada kelegaan tersendiri. Namun kelegaannya itu segera tertelan dikala sebuah tangan memegang kepalanya dan memindahkan kepalanya. Ares memindah kepala Apy pada bahunya. Dan stu hal yang Apy rasakan adalah rasa nyaman.
☕☕☕
dari pembukaan udah keren bangeeet. sukak, settingnya juga keren Yunani. no comment untuk soal tulisan udah sip menurutku.
Comment on chapter 0 - Leof. Andrea Syngrou AvenueSalam kenal. Mampir ya, ke Three Boys and A man, kayaknya butuh bnyk masukan disnana.trims.