Read More >>"> Koma (Metamorfosis Lara) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Koma
MENU
About Us  

Mobil Sesil berhenti di depan pagar rumah Lara. Mereka melihat ada mobil lain terparkir di pekarangan rumah. Mobil Vanda.

Lara turun dari mobil, membawa turun pula tas belanjaan. "Ayo, mampir?"

"Lain kali saja, Ra." Sesil menolak sambil melirik mobil Vanda. 

"Nanti aku jelasin padanya." Lara memahami arti lirikan itu. "Lagipula aku bingung harus menjelaskan apa pada Ibuku tentang ini semua." Memperlihatkan tas belanja.

"Um," Sesil berpikir sejenak, lalu membuka pintu mobil dan keluar. "Ayo!"

Lara melangkah mendahului kelompok Sesil. Kepulangannya disambut tatapan cemas bercampur heran Maira dan Vanda.

"Lara?" Maira memandangi putrinya dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ada perubahan yang mencolok pada diri putrinya. Rambutnya tidak lagi keriting, melainkan lurus dan tergerai ringan dengan guntingan simetris pada poni yang tertata rapi. Rambutnya pun sudah berganti warna menjadi kecoklatan. Bibirnya dipolesi lipgloss warna pink lembut yang tak pernah dilakukannya.

Metamorfosis Lara membuat Maira pangling.

"Rambut kamu... Bunda lebih suka warna aslinya."    

"Maaf, aku pulang telat, Bun. Dan warna ini tidak permanen. Besok juga akan hilang." Lara merasa bersalah tidak memberitahukan tentang keterlambatan dan pewarnaan rambutnya. Lalu dia beralih pada Vanda. "Sudah lama menunggu, Van?"

"Lumayan." Vanda memandangi Lara dan Sesil bergantian dengan tatapan heran.

"Oh, ya, ini Sesil, Bun. Rena dan Keke. Mereka teman sekelas aku dan Vanda." Lara memberitahukan.

"Sore, Tante," sapa Sesil mengumbar senyum yang dibuat-buat. Rena dan Keke mengangguk hormat.

"Hm." Pandangan Maira berpindah pada tas belanja yang dijinjing putrinya. "Bisa kamu jelaskan?"

"Oh, ini... " Lara menoleh pada Sesil.

"Begini, Tan," sambut Sesil. "Semua itu Saya yang beli sebagai ungkapan terima kasih Saya pada Lara yang sudah membantu Saya memahami pelajaran Matematika. Bukankah ilmu itu mahal? Benar'kan, Ra?"

"Eh, benar." Lara menjawab gugup.

"Oh, syukurlah." Maira berucap lega.

"Ibu pikir apa?" selidik Lara.

"Bukan apa-apa," jawab Maira. "Um, Ibu tinggal kalian dulu."

Sesil menyikut lengan Lara.

"Bun," panggil Lara sebelum Maira beranjak. "Sesil cuma sebentar saja. Dia mau pamit pulang."

"Oh."

"Maaf, Tan. Saya permisi dulu." Sesil menyalami Maira.

"Kami juga permisi, Tan." Rena dan Keke menyusul.

"Jangan bosan main ke rumah, ya?" ujar Maira berbasa-basi.

Sesil mengangguk, lalu putar badan keluar dari rumah bersama Rena dan Keke. Maira pergi meninggalkan Vanda dan Lara di ruang tamu.

"Ungkapan terima kasih, huh?" sindir Vanda seraya memandangi sekilas tas belanja Lara.

"Ke kamar, yuk," ajak Lara.

Vanda mengekori Lara masuk ke kamar. "Apa kamu tidak curiga?" Duduk di sudut ranjang.

"Curiga?"

"Iya. Selama ini sikap Sesil selalu buruk padamu."

"Sifat manusia selalu berubah-ubah sama seperti alam."

"Benar, tapi ini Sesil. Ini pasti trik darinya."

"Dia sudah minta maaf."

"Tidak tulus."

Lara mengerang, putar badan menghadap Vanda, menatapnya lama-lama.

"Apa?" Vanda balas menatap, tepatnya menantang.

"Aku lebih mengenal Sesil daripada kamu."

"Bahkan kamu tidak tahu jika dia mengancammu."

"Apa maksudmu?"

"Baca saja sendiri pesan yang dia kirim di hape kamu."

Lara meraih tasnya, mengeluarkan ponsel dan membuka pesan masuk.  "Tidak ada."

"Periksa lagi."

Lara men-scroll pesan ke bawah. "Tidak ada."

"Mana kutahu. Mungkin kau sudah menghapusnya."

"Ah, sudahlah," kata Lara. "Aku ada titipan untukmu."

"Dari Sesil? Tidak sudi aku menerimanya."

"Bukan."

"So?"

Lara mengeluarkan amplop putih dari tasnya, lalu memberikannya pada Vanda. "Aku tidak sempat memberikannya padamu di sekolah. Pak Hendro benar-benar menyibukkanku hari ini."

"Apa ini?"

"Lihat saja sendiri."

Vanda membuka amplop dengan dahi mengkerut. "Foto Sello?"

"Dan sehelai rambutnya."

"Untuk apa?"

"Dia memintamu untuk menaruhnya di bawah bantal sebelum kamu tidur."

"Aku tidak mengerti."

"Aku juga tidak. Tapi kamu diminta tidur pada pukul sepuluh."

"Eh, siapa dia mengatur jadwal tidurku?"

Lara mengangkat bahunya. "Mungkin dengan begitu komunikasi kalian tidak putus karena akan selalu terhubung lewat mimpi."

"Apa?" Tawa Vanda pecah. "Jaman sudah canggih begini masih percaya hal seperti itu." Mengembalikan amplop pada Lara. "Kamu saja yang melakukannya. Bukankah kamu menyukai Sello?"

Wajah Lara bersemu merah.

"Benar'kan?" goda Vanda.

"Apa, sih?"

"Akui sajalah."

"Dengar," kata Lara. "Dia menggilaimu, menyukai, bahkan rela melakukan apa saja asal bisa selalu dekat denganmu, termasuk melakukan hal bodoh seperti ini." Mengangkat amplop.

"Oh, ya?" Vanda tersenyum. "Lalu foto-foto di hapemu itu apa? Fokus kamera lebih diarahkan kepada Sello."

"Itu kebetulan saja."

"Kebetulan hati yang mendorongnya?" Vanda menyindir.

"Bukankah kedatanganmu untuk belajar Matematika?" Lara mengalihkan pembicaraan.

"Ups, lupa."

Lara mengganti bajunya dengan pakaian rumahan, kaos longgar dan celana pendek kusam. Vanda memperhatikannya tanpa berkedip.

"Kamu sudah ada kemajuan sekarang," ujar Vanda ketika mereka memulai pelajaran.

"Tentu saja. Aku melatihnya dengan menjawab soal-soal yang rumit."

"Bukan itu."

"Jadi?"

"Kamu tidak sekaku sebelum aku mengenalmu."

"Oh."

Vanda menarik wajah Lara, berhadapan dengannya. "Kau tahu," desahnya. "Sejak pertama bertemu, aku sudah punya feeling padamu." Dia mendekatkan mukanya perlahan-lahan dengan sorot mata sendu dan desah nafas memburu.

Mata Lara melebar antara takut dan gugup. "Apa yang kamu lakukan?" Melarikan wajahnya cepat-cepat.

Vanda tersadar dari gairah yang menggelincirkan. "Oh, maaf."

"Kau..." Lara tidak meneruskan ucapannya. "Ya, Tuhan! Aku tidak percaya ini. Kau... sebaiknya kau pergi dari sini."

"Lara, aku... "

"Ucapanku tadi cukup jelas!"

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (2)
  • dede_pratiwi

    nice story, kusuka bahasa yg dipakai ringan. keep writing...udah kulike dan komen storymu. mampir dan like storyku juga ya. thankyouu

    Comment on chapter Casanova
  • yurriansan

    Mainstream si, tp jokes nya bikin ngakak...????

    Comment on chapter Casanova
Similar Tags
Novel Andre Jatmiko
7596      1698     3     
Romance
Nita Anggraini seorang siswi XII ingin menjadi seorang penulis terkenal. Suatu hari dia menulis novel tentang masa lalu yang menceritakan kisahnya dengan Andre Jatmiko. Saat dia sedang asik menulis, seorang pembaca online bernama Miko1998, mereka berbalas pesan yang berakhir dengan sebuah tantangan ala Loro Jonggrang dari Nita untuk Miko, tantangan yang berakhir dengan kekalahan Nita. Sesudah ...
Love Finds
13687      2505     19     
Romance
Devlin Roland adalah polisi intel di Jakarta yang telah lama jatuh cinta pada Jean Garner--kekasih Mike Mayer, rekannya--bahkan jauh sebelum Jean berpacaran dengan Mike dan akhirnya menikah. Pada peristiwa ledakan di salah satu area bisnis di Jakarta--yang dilakukan oleh sekelompok teroris--Mike gugur dalam tugas. Sifat kaku Devlin dan kesedihan Jean merubah persahabatan mereka menjadi dingin...
Sherwin
328      212     2     
Romance
Aku mencintaimu kemarin, hari ini, besok, dan selamanya
Intuisi Revolusi Bumi
920      464     2     
Science Fiction
Kisah petualangan tiga peneliti muda
Alicia
1084      504     1     
Romance
Alicia Fernita, gadis yang memiliki tiga kakak laki-laki yang sangat protektif terhadapnya. Gadis yang selalu menjadi pusat perhatian sekolahnya karena memiliki banyak kelebihan. Tanpa mereka semua ketahui, gadis itu sedang mencoba mengubur luka pada masa lalunya sedalam mungkin. Gadis itu masih hidup terbayang-bayang dengan masa lalunya. Luka yang berhasil dia kubur kini terbuka sempurna beg...
Please stay in my tomorrows.
335      236     2     
Short Story
Apabila saya membeberkan semua tentang saya sebagai cerita pengantar tidur, apakah kamu masih ada di sini keesokan paginya?
Chocolate Next Door
305      212     1     
Short Story
In which a bunch of chocolate is placed on the wrong doorstep
Someday Maybe
9428      1807     4     
Romance
Ini kisah dengan lika-liku kehidupan di masa SMA. Kelabilan, galau, dan bimbang secara bergantian menguasai rasa Nessa. Disaat dia mulai mencinta ada belahan jiwa lain yang tak menyetujui. Kini dia harus bertarung dengan perasaannya sendiri, tetap bertahan atau malah memberontak. Mungkin suatu hari nanti dia dapat menentukan pilihannya sendiri.
IMAGINATIVE GIRL
2052      1084     2     
Romance
Rose Sri Ningsih, perempuan keturunan Indonesia Jerman ini merupakan perempuan yang memiliki kebiasaan ber-imajinasi setiap saat. Ia selalu ber-imajinasi jika ia akan menikahi seorang pangeran tampan yang selalu ada di imajinasinya itu. Tapi apa mungkin ia akan menikah dengan pangeran imajinasinya itu? Atau dia akan menemukan pangeran di kehidupan nyatanya?
Verletzt
1179      529     0     
Inspirational
"Jika mencintai adalah sebuah anugerah, mengapa setiap insan yang ada di bumi ini banyak yang menyesal akan cinta?" "Karena mereka mencintai orang yang tidak tepat." "Bahkan kita tidak memiliki kesempatan untuk memilih." --- Sebuah kisah seorang gadis yang merasa harinya adalah luka. Yang merasa bahwa setiap cintanya dalah tikaman yang sangat dalam. Bahkan kepada...