Read More >>"> Melankolis (Satu) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Melankolis
MENU
About Us  

Bogor, 23 Mei 2014

 

Aku berada di tempat yang dapat menghipnotis siapapun untuk enggan beranjak dari singgahnya. Hamparan pasir putih nan lembut dengan gulungan ombak biru serta semilir angin menemani keterpukauan kami. Aku di sini bersama dengan sahabat terbaik yang pernah ada. Biar aku beritahu kalian, laki-laki yang ada disebelah kiriku bernama Daniel. Mungkin setelah aku menceritakan ini kalian akan berpikiran bahwa ini hanyalah bualan semata, tapi tidak. Ini adalah kenyataan dan aku mengalaminya. Daniel, salah satu siswa teladan di sekolahku ini adalah seorang ketua umum PMR dan juga Rohis, bahkan dia sempat direkrut oleh pembina OSIS karena kinerjanya dalam sebuah organisasi yang memang terkenal bagus. Selain itu, Daniel memiliki paras yang bisa dikatakan tampan untuk anak seusia kami, sampai-sampai dia bisa menjadi idola sekolah kami mengalahkan Kak Alif si komandan Paskibra yang kepopulerannya di atas Daniel dulu. Hampir semua siswi aku dengar sedang membicarakan sosok Daniel yang bla bla bla sampai aku muak mendengarnya. Aku akui bahwa beberapa pernyataan mereka tentang Daniel ada benarnya, tetapi dia tidak sesempurna itu. Banyak siswi yang iri melihat kedekatanku dengan Daniel termasuk teman sekelasku Bella. Ya, Bella memang menyukai Daniel sejak SMP, maka dari itu ia merasa risih setiap kali aku sedang bersama Daniel. Ia pikir aku akan menyukai seseorang seperti Daniel? Hello! Hal itu adalah sebuah pengecualian dalam hidupku.

Namun demikian, aku tetap kagum pada sosok di sebelahku ini. Ia tidak pernah merasa tinggi karena pencapaiannya, tidak pernah merasa keren karena kepopulerannya, tidak juga sombong karena keberadaan ekonomi keluarganya yang mapan. Memang seperti seorang tokoh di dalam sebuah novel yang seakan-akan mendekati kata sempurna, tetapi kalian salah. Satu hal yang Daniel tidak bisa dapatkan; pacar. Keindahan fisik dan prestasi tidak membuat Daniel mudah mendapatkan seorang pacar, itu karena ia tidak mau direpotkan oleh seorang perempuan yang sewaktu-waktu bisa bersifat posesif, angkuh, menyebalkan, dan mengganggu. Aku pun sama seperti dirinya; tak merasa butuh akan seorang pacar, karena aku telah mendapatkan orang-orang sebaik dan dewasa seperti Daniel disekitarku.

Tak sadar, ternyata sedari tadi aku terus memperhatikan wajah teduh Daniel yang tengah tertidur di hamparan pasir putih dengan kedua tangan yang ia liap ke belakang kepalanya, seolah menjadi bantal, dan kaki kanan yang bertengger manis di atas lutut kirinya. Sesekali aku tersenyum mengingat betapa konyolnya aku karena harus bergantung pada seorang Daniel.

"Lo kenapa ngeliatin gue dari tadi, hm?" tanya Daniel dengan mata yang masih tertutup, membuatku gelagapan karena merasa terciduk.

"Gue cuman ngeliatin bentar doang ih!" jawabku asal.

Mendengar jawabanku barusan, Daniel tertawa garing dan membuka matanya perlahan. Aku refleks menggeser bokongku ke belakang. Orang lain pasti berpikiran kalau kami itu adalah sepasang kekasih. Karena dilihat dari jauh pun gelagat persahabatan kami lebih condong ke arah sana. Tetapi itu tidak akan pernah terjadi. Aku hanya menganggap Daniel sebagai seorang sahabat dan kakak laki-laki saja. Tidak lebih dan tidak kurang.

"Niel, gue ngerasa beruntung punya temen kayak lo." Ucapku sambil menatap arah laut lepas.

Daniel tertawa pelan kemudian menjitak pelan kepalaku. "Gue juga, punya temen yang lemotnya Masya Allah." Balasnya dengan kekehan keras.

  

***

Pagi baru, hari baru, begitu pun dengan tahun ajaran baru. Semua menantikan tahun ajaran baru termasuk aku. Memiliki ruang kelas baru, wali kelas baru, teman sekelas baru, ya mungkin memang tidak semua baru sih, tapi yang penting aku dapat terbebas dari kejahilan Leo. FYI, aku sudah 2 tahun berturut-turut sekelas dengan Daniel dan aku harap tahun ini tidak ada nama Daniel dalam daftar absensi kelasku. Semoga. Kalian tahu kenapa? Daniel itu orang yang sangat menyebalkan. Jika sekali saja aku mendapat teguran atau nilai yang buruk, pasti dia tidak akan segan untuk mengejek bahkan mengomeliku. Menyebalkan memang.

Aku memilih duduk di bangku kedua dari depan sebelah jendela yang menghadap ke arah jalan raya samping sekolah. Karena di seberang jalan raya itu ada taman yang menjadi objek wisata melepas penatku setelah bertemu dengan berbagai macam cobaan dalam pelajaran Fisika. Aku tersenyum geli mengingat betapa kekanakannya aku bermain di ayunan dengan didorong oleh Daniel.

Satu persatu teman sekelasku masuk ke dalam kelas dan memilih bangkunya masing-masing. Sudah dapat dipastikan kalau anak perempuanlah yang memilih duduk di bagian depan, dan belakang pasti anak laki-laki. Suasana kelas begitu riuh karena merasa senang dapat sekelas dengan teman akrabnya. Sudah kubilang bahwa aku tidak sekelas dengan Daniel bukan? Tapi aku kembali sekelas dengan Leo, siswa paling menyebalkan sejagat raya.

"Boleh saya duduk disini?" tanya seseorang yang aku tidak kenal. Karena memang belum ada yang menaruh tasnya disebelah bangkuku, akhirnya aku mengiyakan saja orang itu untuk duduk.

"Hei, Farah! Gue ga nyangka kita sekelas lagi!" sahut Leo girang.

Sebenarnya bukan ekspresi girang yang kumaksud, tetapi ada nada iseng di sana. Sudah kupastikan aku akan merengek kepada Daniel karena ulah si kopeah kangguru ini. Aku memutar bola mata jengah saat Leo duduk di depan mejaku. 

"Lo sana deh! Risih tau ga!" hardikku kepada Leo. Tetapi Leo malah menaikkan sebelah alisnya. 

"Gue mau kenalan sama yang disebelah lo! Dasae ge-er!" jawabnya sinis. 

Melihat kami yang terus beradu mulut, entah karena pusing, jengah, atau apapun, orang yang duduk di sebelahku pun angkat suara.

"Gue Abi." Sela nya dengan singkat, padat, dan dingin.

Kalau diperhatikan, aku belum pernah melihat dia sebelumnya. Apa memang aku yang kudet? Tetapi masa iya? Kuperhatikan wajahnya, penampilannya, dan caranya berkomunikasi dengan Leo. Sepertinya dia anak baru? Satu kata yang menggambarkannya saat ini. Supel. Lihat saja, baru beberapa jam duduk, dia sudah mengundang simpati orang lain untuk mengerubungi meja kami. 

"Daniel bisa kalah pamor nih!" bisik Leo padaku.

Benar saja, Abi adalah murid pindahan dari SMA Taruna. Saat perkenalan diri di depan kelas pun sama; guru-guru memuji kesopanan yang Abi miliki. Mungkin Abi akan menjadi saingan terberat Daniel tahun ini.

 

***

"Lesu amat neng!" goda Daniel.

Entah apa yang menyebabkan diriku malas dan lelah seperti ini. Sebenarnya minggu pertama sekolah tidak mempersulit seorang Farahdilla, rupanya? Karena kedatangan Leo ditambah Abi yang saat ini menjadi chairmate-ku malah membuat hari-hariku dikelas menjadi argh. Ada rasa penyesalan, kenapa aku tidak berdoa untuk sekelas dengan Daniel sih dulu? Andai saja ada Daniel, dua manusia ujung kulon ini pasti sudah dikerangkeng.

"Farah, lo kenapa sih?" tanya Daniel penasaran.

Aku menghela napas kasar lalu menutup wajahku dengan buku Fisika yang sedari tadi menjadi alasan kami di sini. Ada raut wajah khawatir yang Daniel tunjukkan, tapi sepertinya. . .sudahlah.

"Kayaknya lo bakalan punya saingan deh, Niel," ucapku sambil menyeruput jus sirsak favoritku. 

Daniel yang tidak mengerti maksud ucapanku hanya tersenyum simpul sambil mengendikkan kedua bahunya lalu kembali fokus dengan kumpulan angka dan simbol yang memuakkan bagiku.

"Gue gak pernah punya saingan, Far. Semuanya gue punya, termasuk lo; cewek rese yang nyusahin gue mulu-" Daniel menggantungkan ucapannya saat melihat ekspresi wajahku yang mulai masam.

"-tapi ngangenin." Akhir dari ucapan dan usapan lembut di puncak kepalaku mengalahkan rasa masamku tadi. 

"Serius, Niel, ada murid baru dikelas gue. Lebih baik dari lo deh keliatannya," pancingku agar Daniel tidak memperhatikan tulisan abstrak itu.

Aku mulai menceritakan kejadian minggu ini yang tengah menjadi topik hangat di kelasku. Berbagai macam gaya pun sudah kupraktikkan, tapi tidak jua bisa membuat fokus Daniel teralih. Lama-kelamaan aku pun bosan. Aku kembali duduk di kursiku, dan kembali menyeruput jus sirsak sampai tandas.

Daniel yang menyadari kekalahanku pun mulai beringsut menjauh dari buku-buku berwarna oranye itu. Kini ia menutupnya dan mulai bergabung makan denganku. Aku terlanjur kesal, tak perduli dia akan dan sudah bicara apa saja, yang penting tidak menggangguku.

"Sorry, gue ga bermaksud buat bikin lo kesel. Gue penasaran kenapa lo semangat banget nyeritain tu orang?" tanya Daniel, akhirnya.

Kalau aku pikirkan lagi, benar juga. Untuk apa aku begitu semangat membicarakan duo racun itu? Sepertinya gue harus cuci darah.

"Gak ngerti gue juga," jawabku singkat.

Daniel kembali menatap ekspresi yang aku saja tidak bisa menebak ekspresi apa yang kulontarkan tadi.

"Gue harap, gue posisi yang gue dapet gak akan lo ganti ya, Far." Ada maksud tersirat atas ucapan Daniel tadi, tapi begitu aku tanya maksud dari  ucapannya tadi dia berdalih dan terus berdalih.

 

***

 

How do you feel about this chapter?

1 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (1)
  • nidamrths

    sukaaaaa::*

    Comment on chapter Prolog
Similar Tags
Frekuensi Cinta
220      185     0     
Romance
Sejak awal mengenalnya, cinta adalah perjuangan yang pelik untuk mencapai keselarasan. Bukan hanya satu hati, tapi dua hati. Yang harus memiliki frekuensi getaran sama besar dan tentu membutuhkan waktu yang lama. Frekuensi cinta itu hadir, bergelombang naik-turun begitu lama, se-lama kisahku yang tak pernah ku andai-andai sebelumnya, sejak pertama jumpa dengannya.
Carnation
407      291     2     
Mystery
Menceritakan tentang seorang remaja bernama Rian yang terlibat dengan teman masa kecilnya Lisa yang merupakan salah satu detektif kota. Sambil memendam rasa rasa benci pada Lisa, Rian berusaha memecahkan berbagai kasus sebagai seorang asisten detektif yang menuntun pada kebenaran yang tak terduga.
Black Lady the Violinist
13239      2423     3     
Fantasy
Violinist, profesi yang semua orang tahu tidak mungkin bisa digulati seorang bocah kampung umur 13 tahun asal Sleman yang bernama Kenan Grace. Jangankan berpikir bisa bermain di atas panggung sebagai profesional, menyenggol violin saja mustarab bisa terjadi. Impian kecil Kenan baru kesampaian ketika suatu sore seorang violinist blasteran Inggris yang memainkan alunan biola dari dalam toko musi...
My Sweety Girl
9537      2222     6     
Romance
Kenarya Alby Bimantara adalah sosok yang akan selalu ada untuk Maisha Biantari. Begitupun sebaliknya. Namun seiring berjalannya waktu salah satu dari keduanya perlahan terlepas. Cinta yang datang pada cowok berparas manis itu membuat Maisha ketakutan. Tentang sepi dan dingin yang sejak beberapa tahun pergi seolah kembali menghampiri. Jika ada jalan untuk mempertahankan Ken di sisinya, maka...
Love Dribble
9097      1661     7     
Romance
"Ketika cinta bersemi di kala ketidakmungkinan". by. @Mella3710 "Jangan tinggalin gue lagi... gue capek ditinggalin terus. Ah, tapi, sama aja ya? Lo juga ninggalin gue ternyata..." -Clairetta. "Maaf, gue gak bisa jaga janji gue. Tapi, lo jangan tinggalin gue ya? Gue butuh lo..." -Gio. Ini kisah tentang cinta yang bertumbuh di tengah kemustahilan untuk mewuj...
Communicare
12334      1746     6     
Romance
Menceritakan 7 gadis yang sudah bersahabat hampir lebih dari 10 tahun, dan sekarang mereka dipersatukan kembali di kampus yang sama setelah 6 tahun mereka bersekolah ditempat yang berbeda-beda. Karena kebetulan mereka akan kuliah di kampus yang sama, maka mereka memutuskan untuk tinggal bersama. Seperti yang pernah mereka inginkan dulu saat masih duduk di sekolah dasar. Permasalahan-permasalah...
Phased
5003      1569     8     
Romance
Belva adalah gadis lugu yang mudah jatuh cinta, bukan, bukan karena ia gadis yang bodoh dan baperan. Dia adalah gadis yang menyimpan banyak luka, rahasia, dan tangisan. Dia jatuh cinta bukan juga karena perasaan, tetapi karena ia rindu terhadap sosok Arga, abangnya yang sudah meninggal, hingga berusaha mencari-cari sosok Arga pada laki-laki lain. Obsesi dan trauma telah menutup hatinya, dan mengu...
CALISTA
281      217     0     
Fantasy
Semua tentang kehidupan Calista, yang tidak hanya berisi pahit dan manis. Terdapat banyak rasa yang tercampur di dalamnya. Ini adalah kisah dimana seorang Calista yang mendapatkan pengkhianatan dari seorang sahabat, dan seorang kekasih. Disaat Calista berusaha menyelesaikan satu masalah, pasti masalah lain datang. Akankah Calista dapat menyelesaikan semua masalah yang datang padanya?
Rela dan Rindu
6969      1852     3     
Romance
Saat kau berada di persimpangan dan dipaksa memilih antara merelakan atau tetap merindukan.
Iblis Merah
7776      2179     2     
Fantasy
Gandi adalah seorang anak yang berasal dari keturunan terkutuk, akibat kutukan tersebut seluruh keluarga gandi mendapatkan kekuatan supranatural. hal itu membuat seluruh keluarganya dapat melihat makhluk gaib dan bahkan melakukan kontak dengan mereka. tapi suatu hari datang sesosok bayangan hitam yang sangat kuat yang membunuh seluruh keluarga gandi tanpa belas kasihan. gandi berhasil selamat dal...