Read More >>"> Patah Hati Sesungguhnya adalah Kamu (Teman Baru) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Patah Hati Sesungguhnya adalah Kamu
MENU
About Us  

Pagi ini di kelas gue kedatangan murid baru. First impression gue, “kenapa ganteng parah nih anak”, kelas 3 SD sudah cukup pinter kan ya, tau mana orang yang enak dilihat sama nggak. Seketika semua cewek langsung naksir dan cari perhatian ke dia kecuali gue yang masih sangat-sangat cupu sampai-sampai ada cowok yang nembak gue lewat surat, gue ga paham harus ngerespon apa, akhirnya gue tipex tulisannya dan gue balikin suratnya (maksudnya sih jangan suka gue). Ajay, begitu biasanya temen-temen memanggilnya. Satu semester berlalu, ternyata dia lumayan pinter juga. Belum juga sekalipun mengobrol kenapa gue makin penasaran sama dia, please jangan suka, inget saingan banyak. Ajay semakin hari semakin banyak temen, sedangkan gue, ada temen yang mau duduk sebangku udah untung. Entahlah, ini yang murid baru gue atau dia?

Kelas 4, diawali dengan bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan gak sedikit penjual mainan di depan sekolah. Bel istirahat berbunyi, gue beli pistol air di depan. Setelah bayar dan mau pergi, eh dari belakang tiba-tiba ada yang merebut pistol air gue. Ternyata si Ajay, wkwkwk, untuk pertama kalinya gue dan dia berinteraksi meskipun sedikit absurd sih. Maklum jaman SD, kejar-kejaran menjadi trending game. Tetep gue harus hati-hati kejar-kejaran sama cowok karena kebetulan ayah gue guru olahraga di sini. Kesel dan seneng ngeblend di pikiran gue. Ga nyangka aja setahun sekelas tapi baru sekarang cerita kami bisa dimulai.

“Jay, balikin.”

“yaelah, pinjem kali, Nay. Pelit amat!”, sambil masukin air ke pistol gue.

Gue langsung diem tanpa ngelanjutin obrolan pertama ini. Awkward banget, dia tahu kalo nama gue Nayla tanpa harus ada embel-embel, eh siapa dah nama lu? Mulai saat itu, gue dan Ajay berteman baik. Seneng banget rasanya bisa deket dia meskipun cuma temen. Selang beberapa hari, datang lagi murid baru cewek, Diva namanya. Dia baik, cantik, pinter, dan beberapa cowok di kelas suka sama anak baru ini. Gue dan Diva punya hobby yang sama yaitu menulis diary dan bertukar setiap hari. Itulah yang membuat gue dan Diva akhirnya menjadi sahabat. Otomatis juga Diva akrab dengan Ajay. Sebelum deket sama mereka berdua sebenernya gue punya temen yang cukup deket sih, namanya Eki. Dia cowok berkaca mata yang polos banget menurut gue, tapi yang membuat gue cocok main dengan dia selain kepinterannya, lagi-lagi karena hobby yang sama yaitu menyanyi. Jadi Eki gue rekrut deh. Akhirnya kami menjadi “4 sekawan” yang kemana-mana bareng. Gue seneng banget punya temen kayak mereka, mungkin karena sebelumnya gue yang cara bertemennya random banget, ga tau yang namanya sahabat itu apa. Sekarang gue mengerti apa itu “persahabatan”. Hari-hari berlalu dengan sangat menyenangkan.

Seperti biasa gue dan Diva bertukar diary. Tulisan Diva hari ini tidak seseru biasanya karena ada kalimat yang sulit kupercaya. Ternyata Diva menyimpan perasaan buat Ajay. Gue memilih mendukung Diva dong daripada persahabatan ini rusak dan rasa ini gue simpan baik-baik. Ajay dan Diva menjadi lebih dekat. Mereka terlihat banget kalo punya perasaan yang sama. Gue stay cool, lagian gue masih bisa seru-seruan sama mereka.

Menghindari gue dicuekin mereka berdua, akhirnya gue sok-sok an ngajak ngobrol temen-temen yang lain. Pasti mereka langsung ngikutin yang gue lakuin. Jadi kami cerita-cerita dikelas secara bergantian gitu, mulai dari cerita lucu, sedih, sampai horror. Sebenernya gue membaur dengan temen-temen yang lain ngga cuma itu, juga karena biar ngga dibilang nge”geng”. Karena waktu SD “geng” suatu kumpulan anak yang dipikiran anak lain itu negatif. Jadi waktu SD, kami berempat sempet ngga disukai 2 geng yang ada dikelas. Geng pertama, dengan anggota 4 anak cewek dengan karakter masing-masing yang menurut gue aneh. Gue denger sih mereka terinspirasi sama sinetron “Kepompong”, sinetron ngehits pada tahun 2008. Ketua dari geng itu, Risa, jelas banget ga suka sama persahabatan kami ini. Ngga tau deh kenapa. Menurut cerita anak-anak yang lain, katanya Risa ngga suka sama sifatnya Diva, baginya Diva ini anak orang kaya yang sombong dan kecentilan ke cowok. Dan berita itu menyebar kemana-mana, sampai-sampai yang mau temenan sama Diva cuma gue. Lanjut ke geng kedua, dengan anggota seluruh cowok dikelas kecuali Ajay, Eki dan beberapa anak bernyali segini, iya segini wkwkwk. Geng itu sangar parah, yang jadi ketua, Dito, ngga suka banget sama Ajay, jelas sih soalnya kan Ajay lebih pinter dan cakep.

    Persahabatan kami berlanjut sampai kelas 5, semakin banyak masalah yang dibuat sama 2 geng itu. Banyaknya masalah yang datang mungkin membuat kami mulai capek dan kami sedikit lebih jauh. Diva dan Ajay udah ngga deket lagi, karena Diva udah taken sama cowok lain. Hal itu juga yang membuat Diva jarang main sama gue. Eki, yang selalu ada buat gue sekarang ini, dan gue sama Ajay lumayan sering juga lah bercanda bareng di kelas. Suatu ketika, Risa tiba-tiba nyamperin gue,

“Nay, gue mau tanya deh.”

“kenapa, Ris?”

“lu bisa ngga sih sehari aja ngga main sama Ajay. Kalian itu sok asik banget. Sombong amat cuma mau temenan sama yang pinter doang.”

“…”, gue diem ngelihatin dia, karena gue takut.

Gue berpikir apa yang harus gue lakukan agar hidup gue aman tanpa diganggu si Risa anak sok-sok an itu. Enak aja dia nyuruh-nyuruh gue buat jauhin Ajay. Emang dia siapa, bokap bukan, nyokap bukan, tetangga bukan, anak bukan (yaiyalah). Dia ga boleh terus dibiarin bertingkah kayak gitu apalagi sama anak yang selemah gue. Akhirnya setelah gue pikir-pikir, keputusan gue jatuh untuk setuju dengan tantangan dia. Daripada besok menjadi hari terakhir gue hidup, lebih baik mencari aman. Lagipula cuma sehari doang kan. Besoknya lagi bisa deket lagi deh. Oke fix, besok gue nahan ga main sama Ajay.

Keesokan harinya, gue masuk kelas dan mencari tempat duduk yang jauh dari tempat duduk Ajay. Kelihatan banget dari wajah Ajay yang bingung sama tingkah gue hari ini. Jam istirahat tiba, gue langsung ngajak Diva ke kantin biar bisa jauh dari Ajay. Di kantin ternyata masih ketemu juga,

“he Nay, lu kenapa hari ini? Lagi ada masalah apa?”

“ngga papa kok. Gue duluan ya. Ayo, Div!”

“Nay, tungguin woy.”

Gue jalan cepat sama narik tangan Diva dan kami duduk di bawah pohon yang ada di ujung sekolah, karena kalo dikelas pasti ketemu Ajay lagi. Diva juga penasaran kenapa sebenernya gue,

“lu beneran ngga lagi kenapa-kenapa, Nay?”

“sebenernya sih gue lagi nerima tantangan dari si Risa, dia pengen gue sehari aja ga deket sama Ajay. Dia kayak ngancem gue gitu. Karena cuma sehari, ya gue iya in deh”

“bego lu, Nay. Omongan Risa lu dengerin. Gue bingung sekarang kenapa lu jadi juara 1 terus di kelas.”

“kenapa bawa-bawa itu, anjir. Kalo lu lihat mata Risa ngomong sama gue waktu kemarin, sumpah kayak mending mati aja deh gue. Mati syahid pasti gue kemarin.”

“terus gue harus jawab apa kalo Ajay tanya lu?”

“please jangan certain ini, Div. Bilang aja lagi ngga enak badan atau apalah,” bel masuk berbunyi.

“oke deh, yuk masuk kelas.”

Gue dan diva masuk kelas. Pandangan gue langsung ke Ajay dan dia juga ngelihat gue. Gue langsung buang pandangan dan cepat-cepat ke tempat duduk. Selama pelajaran, Ajay dan Eki tiba-tiba akrab sama Risa. Gue panas, dengan memberikan kode yang cukup keras, gue kipas-kipas dengan buku. Mana peka Ajay, kan dia ga tau kalau gue suka dia. Sampai bel istirahat kedua berbunyi, mereka malah bercanda asik banget didepan gue. Gue cukup ngerti, saat ini Ajay mulai suka sama Risa. Daripada kelas nanti kebakaran karena hati gue udah kebakar hebat, gue langsung keluar kelas. Kondisi seperti ini berlangsung sampai pulang sekolah.

Di rumah, gue certain semuanya ke mama. Mama udah jadi sahabat gue sebelum gue punya Ajay, Diva dan Eki. Mama tau banget perasaan gue ke Ajay gimana. Hal yang bisa gue lakuin saat ini cuma berbagi kisah aja sama mama. Dengan begitu, semua masalah jadi lebih ringan dihadapi. Kata mama, apapun keputusan kita kalo sudah dipikirin matang-matang pasti ada konsekuensinya dan berdampak baik, ngga harus sekarang tapi di waktu yang baik. Jadi gue ngga menyesali karena sudah menerima tantangan Risa. Gue percaya bahwa ngga ada yang namanya mantan sahabat. Sekalipun ada, sebenernya asumsi awal kita “dia kawan yang baik” ternyata salah. 

Besoknya, gue kembali duduk ditempat awal gue. Entahlah gue hari ini tetep kesel sama Ajay karena kemarin dia akrab banget sama Risa. Tapi gue ngga nunjukin. Gue udah mau main sama Ajay, eh dia malah asik ngobrol sama Risa. Gue kesel banget, sampai akhirnya gue bener-bener ga mau ngobrol sama Ajay. Gue biarin dia main sama siapa aja, terserah cuekin aja gue. Ini moment dimulainya persahabatan kami pecah.

Gue dan Ajay sering bertengkar hal-hal yang ngga penting. Sampai terjadi ngga saling sapa di antara kami. Dia semakin dekat dengan Risa, dan ternyata Risa udah suka Ajay mulai dulu. Gue dan Ajay hampir setiap hari saling sindir. Ketika ada temen yang sedikit ngeselin menurut gue,

“Nay, gue pinjem catatan lu dong.”

“yang butuh, kesini kali.”

Tiba-tiba Ajay sewot.

“parah sumpah, Nay. Lu sekarang kenapa sombong banget sih?”

“eh jay, lu tuh yang berubah. Punya temen baru aja sombong.”

“halah, lu kali yang sombong duluan.”

Suasana kelas mulai memanas, akhirnya Diva berusaha menghentikan perdebatan ini. Dan kami berhenti. Kelas 5 ini, Hubungan gue dan Ajay sangat sangat memprihatinkan. Kurang lebih satu semester setengah tiada hari tanpa adu bacot. Gue fokus belajar dan fokus mendinginkan hati saat melihat Ajay bahagia dengan Risa. Tapi gue ngga sendiri kok, masih ada Eki dan Diva yang setia menemani gue. Sampai saat ini gue masih bingung, apa ini salah gue ya ngga seharusnya gue suka sama sahabat sendiri?

    

Tags: twm18

How do you feel about this chapter?

1 1 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (2)
Similar Tags
Petrichor
4109      1380     2     
Inspirational
Masa remaja merupakan masa yang tak terlupa bagi sebagian besar populasi manusia. Pun bagi seorang Aina Farzana. Masa remajanya harus ia penuhi dengan berbagai dinamika. Berjuang bersama sang ibu untuk mencapai cita-citanya, namun harus terhenti saat sang ibu akhirnya dipanggil kembali pada Ilahi. Dapatkah ia meraih apa yang dia impikan? Karena yang ia yakini, badai hanya menyisakan pohon-pohon y...
Sebuah Musim Panas di Istanbul
320      219     1     
Romance
Meski tak ingin dan tak pernah mau, Rin harus berangkat ke Istanbul. Demi bertemu Reo dan menjemputnya pulang. Tapi, siapa sangka gadis itu harus berakhir dengan tinggal di sana dan diperistri oleh seorang pria pewaris kerajaan bisnis di Turki?
Kamu!
1858      705     2     
Romance
Anna jatuh cinta pada pandangan pertama pada Sony. Tapi perasaan cintanya berubah menjadi benci, karena Sony tak seperti yang ia bayangkan. Sony sering mengganggu dan mengejeknya sampai rasanya ia ingin mencekik Sony sampai kehabisan nafas. Benarkah cintanya menjadi benci? Atau malah menjadikannya benar-benar cinta??
Rêver
5503      1642     1     
Fan Fiction
You're invited to: Maison de rve Maison de rve Rumah mimpi. Semua orang punya impian, tetapi tidak semua orang berusaha untuk menggapainya. Di sini, adalah tempat yang berisi orang-orang yang punya banyak mimpi. Yang tidak hanya berangan tanpa bergerak. Di sini, kamu boleh menangis, kamu boleh terjatuh, tapi kamu tidak boleh diam. Karena diam berarti kalah. Kalah karena sudah melepas mi...
THE WAY FOR MY LOVE
406      311     2     
Romance
Mencintaimu di Ujung Penantianku
4207      1158     1     
Romance
Perubahan berjalan perlahan tapi pasti... Seperti orang-orang yang satu persatu pergi meninggalkan jejak-jejak langkah mereka pada orang-orang yang ditinggal.. Jarum jam berputar detik demi detik...menit demi menit...jam demi jam... Tiada henti... Seperti silih bergantinya orang datang dan pergi... Tak ada yang menetap dalam keabadian... Dan aku...masih disini...
Sanguine
4435      1449     2     
Romance
Karala Wijaya merupakan siswi populer di sekolahnya. Ia memiliki semua hal yang diinginkan oleh setiap gadis di dunia. Terlahir dari keluarga kaya, menjadi vokalis band sekolah, memiliki banyak teman, serta pacar tampan incaran para gadis-gadis di sekolah. Ada satu hal yang sangat disukainya, she love being a popular. Bagi Lala, tidak ada yang lebih penting daripada menjadi pusat perhatian. Namun...
ALVINO
4140      1839     3     
Fan Fiction
"Karena gue itu hangat, lo itu dingin. Makanya gue nemenin lo, karena pasti lo butuh kehangatan'kan?" ucap Aretta sambil menaik turunkan alisnya. Cowo dingin yang menatap matanya masih memasang muka datar, hingga satu detik kemudian. Dia tersenyum.
in Silence
392      268     1     
Romance
Mika memang bukanlah murid SMA biasa pada umumnya. Dulu dia termasuk dalam jajaran murid terpopuler di sekolahnya dan mempunyai geng yang cukup dipandang. Tapi, sekarang keadaan berputar balik, dia menjadi acuh tak acuh. Dirinya pun dijauhi oleh teman seangkatannya karena dia dicap sebagai 'anak aneh'. Satu per satu teman dekatnya menarik diri menjauh. Hingga suatu hari, ada harapan dimana dia bi...
complicated revenge
17281      2761     1     
Fan Fiction
"jangan percayai siapapun! kebencianku tumbuh karena rasa kepercayaanku sendiri.."