Read More >>"> Simbiosis Mutualisme seri 1 (Bagian 9. Jantung Hati Gue) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Simbiosis Mutualisme seri 1
MENU
About Us  

Dari tadi siang sampai jam 4 sore ini gue masih mengajar sebelas anak SMP di rumah Bokap gue. Hari ini Nyokap mengganti white board lama dengan white board baru yang lebih gede yang baru dibeli Bokap. Dan yang keren lagi white board-nya punya dua kaki, jadi nggak perlu bingung mau ditaruh mana, tinggal seret aja ke tempat yang kita mau. Tapi gue jadi semakin heran alias bingung sama Bokap dan Nyokap, soalnya mereka beneran serius nggak pingin gue dapat kerja.

Sejurus waktu gue selesai mengajar les dan semua temen-temen Vita udah pulang, tapi cuma satu orang yang belum pulang dan masih ngobrol sama Vita. Sejenak gue memperhatikan temennya yang juga pakai kerudung. Trus hati gue bilang “Kayaknya gue pernah lihat, tapi...di mana ya?”

“Kak Deni. Nilam mau pulang dulu.” Kata Vita.

“Ooo ya udah hati-hati di jalan.”

Sejenak Nilam tersenyum sambil menganggukkan kepala. Gue pun membalas sejenak.

“O ya Kak. Vita pinjem motornya bentar ya? Vita mau nganterin Nilam pulang.”

“Pulang ke mana?”

“Ya ke rumahnya...” Jawab Vita dengan nada gregetan.

“Maksudnya rumahnya di mana?”

“Itu loh Kak...yang dulu Kak Deni nganterin Vita malem-malem, Vita mau ngembaliin buku.”

Dengan kening berkerut rapat sejenak gue tertegun, mencoba mengingat, trus gue manggut-manggut. Sementara si Vita langsung mengambil kunci scoopy yang digantungan dekat kulkas.

“Oooh iya iya iya, Kak Deni inget sekarang.”

“Ya udah Kak, Vita anterin Nilam pulang dulu ya...” Kata Vita sambil berlalu. Mendadak gue tersentak kaget saat baru ingat dan sadar, kalo rumahnya Nilam kan dekat sama cewek manis itu. Kayaknya gue yang harus nganterin si Nilam nih.

Gue cepat menyusul si Vita di teras rumah. Sambil merebut kunci motor gue bilang “E ee eeeh tunggu-tunggu, biar Kak Deni aja yang nganterin Nilam. Kamu di rumah aja, bantuin Ibu.”

“Lho kenapa? Nilam kan temen Vita, bukan temen Kak Deni.”

“Yaaa emang temen kamu, tapi kan Kak Deni yang ngajar les, jadi Kak Deni harus bertanggungjawab sama murid les Kak Deni, makanya Kak Deni yang anterin Nilam pulang.” Gue tegas.

“Udah yuk Nilam, Kak Deni anterin. Mumpung belum maghrib.” Kata Gue sambil balik badan. Sementara Vita semakin cemberut melihat gue berjalan santai, trus naik scoopy.

“Ya udah nggak apa-apa Vit, biar Kak Deni aja yang nganter aku.” Kata Nilam.

“Iya iya, tapi jangan macem-macem sama Kakak aku ya.” Suara Vita tegas trus cemberut. Membuat gue tersenyum melihat Vita yang cemberut. Setelah Nilam duduk di belakang gue, gue langsung tancap gas.

Sejurus waktu Scoopy hitam berhenti di depan rumah Nilam, tapi sorot mata gue celingukan ke rumah nomor 11 K. Rumahnya sepi banget, pasti cewek itu belum pulang kuliah. Oh iya, kata Pak Paimin nama cewek itu Meyda. Dan dia...S2 kedokteran spesialis organ dalam.

“Tapi...masak gue suka sama Meyda. Dia kan...pasti lebih tua dari gue.” Ucap gue pelan sambil terus melihat rumah 11 K.

“Kak Deni ngomong sama siapa?” Tanya Nilam agak keras.

“Oh, ahmmm...nggak ngomong apa-apa kok.” Jawab gue terbata-bata.

Sementara itu Nilam tersenyum, trus sejenak melihat rumah yang tadi gue lihat. Trus tanya “Oooo Kak Deni mau ke rumah Bu Dokter ya? Kak Deni sakit?”

“Bu Dokter?” Gue mengulang heran.

“Iya, itu rumah Bu Dokter Meyda, Dokter muda. Bu Dokter Meyda lulusan terbaik dari fakultas Kedokteran UNG dan sekarang sedang melanjutkan S2. Orangnya baik loh Kak, cantik lagi, trus agamis banget alias religius.”

“Kok kamu tahu banyak? Kamu sering sakit ya?”

 “Yeeeaaa Nilam nggak pernah sakit. Bu Dokter Meyda kan Kakak sepupu Nilam, dan Dokter Meyda sama keluarganya baru pindah ke kompleks ini.”

Gue cuma manggut-manggut sambil sedikit bengong.

“Kalo Kak Deni mau berobat, Nilam anter ngambil kartu berobat. Biar nggak ngantri.”

“Oh eeee...kapan-kapan ajalah sakitnya, eh ke Dokternya.” Di ujung kata-kata gue nyengir.

“Ya udah kalo gitu, makasih Kak udah dianterin.”

“Iya sama-sama.” Setelah itu Nilam balik badan, trus membuka pintu pagar.

“Eh tunggu.” Suara gue agak keras. Akhirnya Nilam berhenti dan balik badan lagi.

Trus gue tanya “Ahmmm tapi...kok Kak Deni baru tahu di sini ada Dokter praktek?”

“Ya soalnya buka prakteknya baru, tapi banyak pasien yang cocok sama Dokter Meyda. Mungkin pasien-pasiennya denger kabar burung kalo Dokter Meyda buka praktek, jadi sebelum dipasang papan prakteknya udah rame. Jam prakteknya setiap hari...Selasa, sama Sabtu aja sih...soalnya Bu Dokter juga harus praktek di rumah sakit. Itu yang Nilam tahu.”

Dengan kening berkerut gue kembali manggut-manggut, tanda kalo gue serius mendengarkan.

“Jadi mau berobat?” Tanya Nilam.

“Oh, kapan-kapan ajalah. Kan deket.” Jawab gue sambil nyengir.

“Ya udah Kak, Nilam masuk dulu.”

“Iya iya, makasih ya infonya.”

“Oke Kak.”

Setelah itu gue menghidupkan mesin scoopy, trus gue putar gas perlahan hingga scoopy hitam ini melaju melewati rumah 11 K. Sejenak pandangan gue melongok ke halaman rumah 11 K dan terlihat seorang Ibu sedang duduk santai di teras. Gue pun tersenyum padanya sambil sejenak menganggukkan kepala. Ternyata sang Ibu membalas tersenyum seraya sejenak menganggukkan kepala. Hingga akhirnya Scoopy hitam terus melaju menjauh dari rumah 11 K.

Setelah gue memasukan scoopy ke garasi, gue cepat turun dan cepat masuk rumah, trus naik ke lantai dua dan cepat masuk kamar. Gue buru-buru masuk kamar mandi supaya nggak keduluan si Vita. Hari ini gue bahagia banget, sampai-sampai tanpa gue sadari, gue nyanyi-nyanyi sambil mandi.

Selesai mandi gue buru-buru mencari baju koko sama sarung, soalnya gue mau ke masjid. Sejenak gue mengintip langit sore, kayaknya bentar lagi bedug maghrib. Baju koko udah ketemu, karena menggantung di kastok, tapi....gue masih bingung mencari sarung. Sampai gue mengeluarkan isi lemari, cuma gara-gara mencari sarung. Hari ini gue pingin pakai sarung, biar gue kelihatan tambah ganteng, dan mudah-mudahan...gue bisa ketemu dia.

Akhirnya gue menyerah dan berdiri sambil menghela nafas panjang. Kesal gue bilang “Hadddduuuuuh di mana...sarung gue! Mana itu sarung satu-satunya lagi. Dan dipakenya kalo lebaran doang, setahun sekali. Eh dua kali, Idul Fitri sama Idul Adha.”

Dengan kening berkerut gue manggut-manggut pelan, trus tegas bilang “Ooo mungkin Nyokap tahu.”

Gue cepat membuka sedikit pintu kamar, trus kepala gue sedikit melongok keluar ke luar kamar. Keras gue bilang “Ibu..tahu sarung Deni nggak?”

Setelah itu telinga gue teliti mendengar, tapi ternyata Nyokap nggak menjawab. Akhirnya gue tanya lebih keras “Ibu...sarung Deni di mana?”

Ternyata Nyokap masih nggak menjawab. Pelan gue bilang “Haaa...ke mana sih Ibu.”

Akhirnya gue cepat pakai parfum. Trus gue memakai baju koko warna coklat muda, tapi gue masih memakai handuk. Setelah itu gue turun ke lantai satu, mencari Nyokap ke ruang tengah, tapi ruang tengah ternyata kosong. Gue juga pergi ke dapur, tapi ternyata di dapur Nyokap juga nggak ada, dan rumah ini sepi banget.

“Ke mana semua orang di rumah ini.” Ucap gue pelan sambil menggaruk kepala. Nggak lama kemudian Bokap keluar kamar. Seperti biasa Bokap udah rapi memakai seragam resmi sholat, baju koko putih dan sarung, juga peci.

“Eh Deni. Kamu ini apa-apaan sih! Pakai baju setengah-setengah, ikut-ikutan siapa kamu?!” Di ujung perkataan suara Bokap lebih tegas sambil meneliti gue. Membuat gue tersentak kaget dan langsung melihat baju sama handuk yang gue pakai.

“Ayo cepat ganti! Sebentar lagi azan maghrib.” Bokap tegas.

Gue cuma nyengir sambil menggaruk kepala. Nggak lama setelah itu terdengar suara motor masuk ke garasi rumah. Pasti itu Nyokap sama si Vita. Nggak lama kemudian Nyokap sama Vita masuk ke dalam rumah, tapi wajah Nyokap pucat banget dan lemes. Setelah Vita menuntun Nyokap, Nyokap pun duduk di sofa ruang tengah.

“Ibu dari mana?” Tanya gue sambil mendekati Nyokap.

“Ibu habis dari Dokter.” Jawab Nyokap pelan.

“Ibu sakit apa?” Tanya gue sambil duduk di samping Nyokap.

“Ibu nggak apa-apa, mungkin cuma masuk angin aja.”

Setelah itu Vita membawa segelas teh hangat, trus meletakannya di meja di depan Nyokap. Nggak lama kemudian azan maghrib berkumandang keras. Sejenak Nyokap meneliti gue yang masih duduk di sampingnya. Trus Nyokap tanya “Deni, pakaian kamu kok kayak gini? Kamu mau ke masjid atau mau mandi?”

Dengan wajah tegas Bokap menghampiri, trus sejenak duduk di sofa. Setelah itu Bokap tegas melihat gue dan bilang tegas “Tuh kan, apa Bapak bilang! Cepat ganti handuknya! Trus ke masjid. Kamu ini aneh-aneh aja.”

Ternyata Nyokap malah tersenyum kecil sambil menggelengkan kepala melihat gue.

“Abisnya...tadi kan Deni nyari sarung...tapi nggak ketemu. Sarung Deni kan cuma satu, nggak sebanyak punya Bapak.” Kata Gue sambil cemberut.

“Ooo kamu nyari sarung? Mau pakai sarung? Bilang dari tadi, biar Bapak ambilkan dulu.” Suara Bokap tegas. Setelah itu Bokap cepat masuk ke kamarnya.

Nggak lama kemudian Bokap keluar sambil bawa sarung. Sigap gue berdiri kaget melihat sarung yang dibawa Bokap dan tegas gue bilang “Itu kan sarung Deni, Kenapa ada di kamar Bapak? Waaaah jangan-jangan Bapak udah kehabisan stok sarung ya? Makanya Bapak pinjam sarung Deni.”

Dengan berat Bokap menghela nafas, menggelengkan kepala, trus bilang lebih tegas “Sudah cepat ganti! Nanti keburu qomad.”

Lagi-lagi Nyokap malah tersenyum sambil menggelengkan kepala. Tanpa bertanya lagi gue cepat mengambil sarung, trus gue lari ke kamar gue di lantai dua. Setelah itu gue sama Bokap cepat pergi ke masjid.

Petang ini untuk pertama kalinya gue sholat memakai sarung selain di hari lebaran dan kayaknya membuat Bokap seneng banget, soalnya dari tadi Bokap senyum-senyum. Sorot mata gue bergerak mencari cewek berhijab yang dulu pernah gue lihat, namanya...Dokter Meyda. Selesai sholat maghrib Bokap masih seperti biasa, selalu jalan di depan gue sambil ngobrol sama temennya. Sementara gue jalan pelan sambil sesekali nengok ke belakang, berharap gue bisa melihat Dokter Meyda. Sejenak gue berhenti berjalan dan melihat beberapa jamaah yang masih keluar dari masjid, tapi gue nggak melihat Dokter Meyda. Membuat gue semakin lemas dan lemas juga gue menghela nafas panjang. Kayaknya Bu Dokter nggak sholat berjamaah malam ini.

“Mungkin...gue emang nggak jodoh ketemu sama Bu Dokter malam ini, tapi...entar kalo gue udah sukses, gue mau langsung ngelamar Bu Dokter. Nggak usah pakai pacaran! Biar lebih nikmat.” Di ujung perkataan gue tersenyum lebar, trus gue balik badan.

“Kak Deni...” Suara anak cewek keras memanggil gue.

Gue menoleh dan balik badan lagi, ternyata gue melihat si Nilam sedang jalan sama Bu Dokter. Membuat gue bahagia dan mendadak terperangah dengan mata nggak berkedip bersamaan jantung gue semakin keras berdetak. Sigap kedua tangan gue cepat memegang dada sebelah kiri, tepat di atas jantung gue.

“Deni, kamu kenapa?” Suara Bokap keras dari belakang gue, trus Bokap cepat berlari mendatangi gue dan merangkul gue.

“Deni, kamu nggak apa-apa?” Tanya Bokap panik.

Setelah itu orang-orang yang berlalu lalang cepat menghampiri gue sama Bokap, bahkan Nilam dan Bu Dokter juga cepat lari menghampiri gue. Melihat orang-orang udah banyak berkerumun di dekat gue dan Bokap yang masih merangkul gue, membuat gue jadi heran, kenapa sama semua orang ini? Kayak semut aja mereka tiba-tiba aja deket-deket sama gue yang imut, walaupun nggak manis.

“Kenapa semuanya di sini? Bapak juga, kenapa pakai merangkul Deni segala?”Tanya gue dengan kening berkerut.

“Kamu nggak apa-apa? Jantung kamu sehat?” Tanya Bokap panik.

“Memang anaknya kenapa Pak Sumantri?” Tanya Pak Rt.

“Anak saya punya kelainan jantung, jantungnya pernah bocor. Saya khawatir jantung anak saya bocor lagi.” Suara Bokap panik.

“Ooo...” Orang-orang serentak.

“Tapi Deni nggak apa-apa Pak, Deni sehat.” Gue memaksa senyum.

“Ya sudah Pak, anaknya nanti dibawa ke rumah sakit saja.” Kata Pak Rt. Orang-orang mengiyakan.

“Udah Pak, nggak usah merangkul Deni terus. Malu ini, banyak orang. Nanti dikira Deni anak manja.” Bisik gue pelan.

“Ya sudah kalau kamu sehat, Bapak pulang duluan sama Pak Rt.” Bokap tegas. Setelah itu Bokap pergi sama Pak Rt dan orang-orang juga berhamburan, cuma Nilam dan Bu Dokter cantik yang masih berdiri.

“Ya sudah. Ayo Lam, kita pulang sekarang.” Kata Bu Dokter pada Nilam.

“Iya Kak.”

“Eh tunggu. Ehmm...” Gue mau ngomong, tapi bingung mau ngomong apa.

“Kak Deni sakit lagi?” Tanya Nilam.

Gue pun tersipu malu di depan Bu Dokter dan gue heran jantung gue yang tadinya keras berdetak, mendadak jadi terasa tenang banget. Sementara itu terlihat Bu Dokter masih menundukkan pandangannya, cuma sesekali dia melihat gue.

“Oh iya Kak Mey, kenalkan ini Kak Deni. Kak Deni guru les Nilam.”

Bu Dokter pun tersenyum sambil menelungkupkan kedua tangan, trus bilang “Medya.”

“Deni.” Gue tersenyum sambil menelungkupkan kedua tangan.

“Kalian mau pulang kan? Silahkan.” Ucap gue.

Setelah itu Bu Dokter berjalan lebih dulu ke depan dan Nilam mengikuti, tapi gue cepat menyusul Bu Dokter dan berjalan di sampingnya, nggak terlalu dekat dan nggak terlalu jauh sih. Akhirnya kita berdua eh bertiga jalan bareng, gue sama Bu Dokter jalan di depan, sedangkan Nilam jalan di belakang. Begitu bahagianya hati gue walaupun cuma jalan bareng dan nggak terlalu deket, tapi seenggaknya gue masih bisa melihat wajah Bu Dokter, walaupun cuma sesekali.

“Kalo boleh tahu...Bu Dokter ini...mengobati apa?”

“Mengobati yang sakit, tapi Allah yang memberi kesembuhan.” Bu Dokter santai sambil tersenyum.

“Haaa dasar Deni, kalo nanya yang bener?” Ucap gue pelan sambil nyentil kepala gue. Abis itu Nilam pura-pura batuk, tapi gue nggak nengok dan pura-pura nggak dengar. Nilam nggak tahu apa, gue pingin ngobrol sama Bu Dokter.

“Saya Dokter umum dan baru buka praktek di rumah.”               

“Ooo...” Gue manggut-manggut.

“Tapi...kayaknya saya pernah lihat Bu Dokter di kampus apa...gitu...Bu Dokter kuliah lagi? Atau ngajar mahasiswa?”

 “Iya saya sedang melanjutkan kuliah, saya ambil spesialis.” Kata Dokter Meyda sambil tersenyum, tapi dia masih nggak menoleh dan nggak menatap gue.

“Ooo spesialis apa Dok? Eh emm Dokter Meyda.”

“Spesialis organ dalam.” Dokter Meyda tersenyum.

“Organ dalam? Apa seperti...jantung?”

“Iya.”

Perlahan senyum gue semakin lebar dan mengembang eh mekar kayak kembang. Subhanallah...ternyata Bu Dokter Meyda sedang ambil spesialis organ dalam, jantung. Kayaknya gue bakal sering-sering berobat sama Dokter Meyda.

“Kakak...” Suara Nilam keras.

Serentak gue sama Dokter Medya tersentak kaget sambil sigap berhenti melangkah. Trus serentak juga kita berdua menoleh ke belakang, melihat Nilam yang cemberut sambil mendekap mukena. Eh Nilam malah cepat menarik tangan Dokter Meyda, trus cepat berjalan meninggalkan gue. Sedikit menoleh Dokter Meyda cuma tersenyum. Lemas gue pun menghela nafas panjang memandang Dokter Meyda sampai hilang di belokan. Subhanallah...bahagianya ketemu jantung hati gue, walaupun ada gangguan.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Move On
208      174     0     
Romance
"Buat aku jatuh cinta padamu, dan lupain dia" Ucap Reina menantang yang di balas oleh seringai senang oleh Eza. "Oke, kalau kamu udah terperangkap. Kamu harus jadi milikku" Sebuah awal cerita tentang Reina yang ingin melupakan kisah masa lalu nya serta Eza yang dari dulu berjuang mendapat hati dari pujaannya itu.
Nobody is perfect
12138      2173     7     
Romance
Pada suatu hari Seekor kelinci berlari pergi ingin mencari Pangerannya. Ia tersesat, sampai akhirnya ditolong Si Rubah. Si Rubah menerima si kelinci tinggal di rumahnya dan penghuni lainnya. Si Monyet yang begitu ramah dan perhatiaan dengan si Kelinci. Lalu Si Singa yang perfeksionis, mengatur semua penghuni rumah termasuk penghuni baru, Si Kelinci. Si Rubah yang tidak bisa di tebak jalan pikira...
Babak-Babak Drama
421      287     0     
Inspirational
Diana Kuswantari nggak suka drama, karena seumur hidupnya cuma diisi itu. Ibu, Ayah, orang-orang yang cuma singgah sebentar di hidupnya, lantas pergi tanpa menoleh ke belakang. Sampai menginjak kelas 3 SMP, nggak ada satu pun orang yang mau repot-repot peduli padanya. Dian jadi belajar, kepedulian itu non-sense... Tidak penting! Kehidupan Dian jungkir balik saat Harumi Anggita, cewek sempurna...
Story Of Me
3192      1148     6     
Humor
Sebut saja saya mawar .... Tidaak! yang terpenting dalam hidup adalah hidup itu sendiri, dan yang terpenting dari "Story Of me" adalah saya tentunya. akankah saya mampu menemukan sebuah hal yang saya sukai? atau mendapat pekerjaan baru? atau malah tidak? saksikan secara langsung di channel saya and jangan lupa subscribe, Loh!!! kenapa jadi berbau Youtube-an. yang terpenting satu "t...
You Can
994      630     1     
Romance
Tentang buku-buku yang berharap bisa menemukan pemilik sejati. Merawat, memeluk, hingga menyimpannya dengan kebanggaan melebihi simpanan emas di brankas. Juga tentang perasaan yang diabaikan pemiliknya, "Aku menyukainya, tapi itu nggak mungkin."
NAZHA
396      296     1     
Fan Fiction
Sebuah pertemuan itu tidak ada yang namanya kebetulan. Semuanya pasti punya jalan cerita. Begitu juga dengan ku. Sang rembulan yang merindukan matahari. Bagai hitam dan putih yang tidak bisa menyatu tetapi saling melengkapi. andai waktu bisa ku putar ulang, sebenarnya aku tidak ingin pertemuan kita ini terjadi --nazha
The War Galaxy
11253      2327     4     
Fan Fiction
Kisah sebuah Planet yang dikuasai oleh kerajaan Mozarky dengan penguasa yang bernama Czar Hedeon Karoleky. Penguasa kerajaan ini sungguh kejam, bahkan ia akan merencanakan untuk menguasai seluruh Galaxy tak terkecuali Bumi. Hanya para keturunan raja Lev dan klan Ksatrialah yang mampu menghentikannya, dari 12 Ksatria 3 diantaranya berkhianat dan 9 Ksatria telah mati bersama raja Lev. Siapakah y...
Perfect Love INTROVERT
9201      1710     2     
Fan Fiction
Kenangan Masa Muda
5725      1617     3     
Romance
Semua berawal dari keluh kesal Romi si guru kesenian tentang perilaku anak jaman sekarang kepada kedua rekan sejawatnya. Curhatan itu berakhir candaan membuat mereka terbahak, mengundang perhatian Yuni, guru senior di SMA mereka mengajar yang juga guru mereka saat masih SMA dulu. Yuni mengeluarkan buku kenangan berisi foto muda mereka, memaksa mengenang masa muda mereka untuk membandingkan ti...
THE WAY FOR MY LOVE
412      317     2     
Romance