Read More >>"> Dua Sisi (8 - Mimpi atau Nyata?) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Dua Sisi
MENU
About Us  

Maaf untuk aku yang membiarkanmu terluka.

-Dua Sisi-

Chandra yang baru saja datang ke sebuah studio tempat dimana ada sebuah pemotretan iklan langsung disambut baik oleh semua staff yang berada disana. Semua orang disana mengenalnya sebagai seorang atlet yang tengah hangat jadi perbincangan. Seseorang yang waktu itu memberikan kartu nama pada Chandra, menyambut pemuda itu dengan suka cita.

"Terima kasih karena mau bekerjasama dengan kami. Kamu telah melakukan keputusan yang benar."

Chandra menyaut dengan senyum seadanya.

"Ya sudah, mari saya antar ke kamar ganti."

Chandra mengangguk, namun belum sempat melangkah seseorang datang mengintrupsi.

"Lho, mantan?"

Chandra berdecak, dia tau siapa seseorang yang secara terang-terangan memanggilnya dengan sebutan 'mantan'. Hanya ada satu pelaku.

"Wah, kalian pernah punya hubungan?"

Jiyo tersenyum bangga, "ya gitu. Chandra harusnya bangga pernah pacaran sama saya,"guyon gadis itu.

"Engga kebalik nih?"sahut Chandra.

"Ya 'kan gue susah dimiliki."

Chandra berdecak, tak habis pikir dengan sikap Jiyo. Gadis itu memang mudah bergaul dan walaupun mereka sempat berjarak sejak putus nyatanya gadis itu tak canggung. Justru menganggap seolah tak pernah terjadi sesuatu kemudian bersikap sok akrab.

"Tapi tetep lo kepincut sama gue. Mana yang katanya susah dimiliki? Sama gue aja luluh,"sahut Chandra. Sekat canggung yang sempat hadir mulai mengikis berkat sikap Jiyo yang terbuka. Menganggap masa lalu hanya bagian dari perjalanan hidup yang tak perlu diratapi lagi.

Jiyo menjetikkan jarinya, "iya juga ya. Kok gue bego ya dulu luluh sama gombalan lo?"

"Sampe sekarang pun tetep bego."

Bukannya kesal akan ucapan Chandra. Jiyo justru tertawa. Dia tau Chandra bercanda. Jiyo senang tak ada lagi dinding es diantara mereka. Karena sesungguhnya Jiyo tak suka kecanggungan. Dia ingin yang menjauh untuk mendekat dan dekat semakin dekat. Membangun hubungan bernamakan teman apa salahnya. Dia tak suka mencari musuh.

"Maaf, nona Jiyo model cantik kita. Pinjam mantannya sebentar ya,"Amir-pria paruh baya yang memberikan kartu nama pada Chandra- mulai membuka suara, cukup sudah mereka bernostalgia.

Jiyo tersenyum lebar, "sure, i don't need him again because he has become my ex."

Chandra memutar bola matanya malas.

"Chandra, kamu bisa pakai ruangan sebelah sana,"tunjuk Amir pada sebuah ruangan dengan pintu bercat putih.

Chandra mengangguk, ketika dia hendak melangkah. Lagi. Langkahnya terinterupsi. Chandra berbalik malas.

"Apa lagi?"

"Nanti bisa anter gue? Mobil gue masuk bengkel."

Chandra mengangkat sebelah tangannya, "okeh,"lantas dia berjalan menuju ruangan yang ditunjuk Amir.

"Kalian keliatan cocok. Kenapa bisa putus?"tanya Amir.

Jiyo mengedikkan bahu, "because we have many differences."

***

"Nih,"Rose menyerahkan helm yang baru dia pakai dengan gerakan malas kepada Jasper.

"Lemes bener kakak gue, heran deh."

Rose berdecak, lantas kembali menggerak-gerakkan tangannya karena Jasper yang tak kunjung mengambil helm yang dia ulurkan.

"Jangan banyak pikiran, teh. Bang Chandra mungkin lagi sibuk sama turnamennya jadi engga bisa anter. Positive thinking, my sister! "

Rose mengangguk. Moodnya sedang tidak baik hari ini. Salahkan saja Chandra, sejak kemarin sulit dihubungi. Dan sekali muncul, Chandra hanya mengiriminya pesan berisi permintaan maaf karena tidak bisa mengantarnya berangkat ke kampus. Tanpa kata sayang, tanpa basa-basi seperti ucapan selamat pagi yang biasa Chandra lakukan setiap menelpon atau memberi pesan. Dan tanpa bercerita apapun. Termasuk insiden Johan. Rose belum tau cerita lengkapnya versi Chandra.

"Idih, mukanya kok ditekuk mulu sih, teh. Tuh, tuhkan jadi makin jelek 'kan? Masa adeknya udah seganteng ini tapi kakaknya kucel begitu,"ucap Jasper mencoba menghibur.

"Jas, sebelum sepatu melayang kena kepala mending pulang aja sih,"kesal Rose.

Jasper mengiyakan. Namun sebelum benar pergi menaiki motor besarnya. Diacaknya rambut sang kakak sampai suara protesan terdengar menyambangi telinganya. Jasper terkekeh.

"Dah, teh oceku yang kucel."

"Jasper!"

Motor besar yang dinaiki Jasper lantas melaju pergi sebelum sebuah sepatu melayang mengenainya.

Tepat setelah motor Jasper pergi, mata coklat Rose tak sengaja melihat sesuatu yang membuat netranya memanas. Darahnya tampak berdesir. Moodnya yang buruk semakin buruk. Dan sekuat tenaga Rose menahan desakan pada pelupuk matanya yang mulai berair.

Rose tak sengaja melihat pemandangan yang amat membuat hatinya berdenyut sakit.

Chandra baru saja lewat bersama...


 

..mantannya.

Mengendarai motor melewati Rose yang berdiri mematung di depan pintu masuk.

Rose jelas kecewa. Kecewa karena Chandra telah mengingkari janjinya.

Lagi-lagi Chandra membuatnya kecewa.

"Chan, kamu bohong. Kamu bilang cuma aku yang boleh duduk di jok belakang Rosemary nyatanya kamu membawa cewek lain."

***

"Selamat siang wahai para calon tenaga medis! Yuhuuu! Spada!"dengan tak tau malunya Lisa datang ke kantin fakultas keperawatan yang kebetulan dekat dengan gedung milik kedokteran beserta teriakan memalukannya. Memecah kedamaian kantin dengan suara cempreng gadis calon teknisi itu.

Rose tak bergeming. Duduk termenung dengan tatapan kosong. Sedari tadi tangan gadis itu memegangi perut menahan lilitan rasa nyeri yang menyerang tanpa ampun. Sedang di sebrangnya ada Namira, si calon dokter. Berpaling dari buku tebalnya hanya karena teriakan memalukan Lisa.

"Dateng-dateng tanpa buat kehebohan bisa engga?"tanya Namira.

Lisa menyengir,"duh, tentram bener ya disini. Kalau kantin anak teknik mah berisik. Rusuh sana-sini. Pokoknya beda jauh deh,"ucap gadis berponi itu kemudian duduk di sebelah Rose.

"Rose,"panggil Namira karena merasa Rose sedari tadi diam.

"Rose, Roseanne!"

Setelah dapat tepukan di bahu lantas Rose tersadar.

"Anjir! Lo kenapa oce? Muka lo kok pucet? Sakit ya?"ucap Lisa khawatir.

Rose tak menjawab, hanya meringis sambil menahan sakit yang makin menjadi pada perutnya.

"Magh lo kambuh?"duga Namira.

Rose mengangguk, "PMS juga."

"Eh, anjir! Itu sih sakitnya jadi double-double!"sudah dapat ditebak suara siapa itu. Jelas bukan Namira yang selalu bersikap tenang.

"Mending lo ijin aja deh, Rose."

Lisa mengangguk, setuju dengan usul Namira.

"Jangan ngeyel, gue tau lo engga mau ketinggalan materi. Tapi ijin sehari apa salahnya sih, Rose? Engga buat lo bego kok,"tutur Lisa mengintrupsi Rose yang hendak buka suara.

"Tapi gue engga mau pulang ke rumah,"ucap Rose sambil menggigit bibir bawahnya.

"Terus lo mau kemana?"

Rose mengedikkan bahu. Tak tau mau kemana.

"Lis, sakit Lis, rasanya sakit banget."

"Ya makanya dari itu lo ha-EH kok malah nangis?!"

"Sakit banget ya?"tanya Namira khawatir.

Rose mengangguk tak sanggup buka suara. Sebenarnya dia menangis bukan hanya karena sakit pada perutnya tapi juga pada hatinya. Hatinya sakit, teramat sakit.

"Gue engga kuat. Rasanya sakit banget,"ucapnya disela tangis.

"Rasanya sakit sama sesak jadi satu, gue engga kuat,"tangis Rose mengencang. Membuat sebagian meliriknya penasaran. Sedang Lisa dan Namira makin dirundung kekhawatiran.

"Ke kosan gue aja hayuhlah. Istirahat disana,"tawar Lisa.

"Iya, lo ijin aja. Sekarang kesehatan lo yang paling penting,"tambah Namira.

Rose hanya mampu mengangguk. Dia sudah lelah. Lelah pikiran dan juga hati.

***

"Rose."

Rose masih terpejam kala suara berat seseorang yang terus berada dalam pikiran gadis itu terdengar oleh indera telinganya. Setelah itu, Rose merasa ada yang mengusap-usap kepalanya lembut.

"Rose, maaf."

Rose sepenuhnya sadar, matanya terbuka sempurna disambut manik hitam milik pemuda beralis pitak. Mata itu tampak menatapnya teduh. Tatapan yang selalu membuat Rose candu. Seketika sesak itu datang lagi. Matanya memanas.

"Rose, masih sakit perutnya? Mau ke dokter a-"

Rose mendekap erat Chandra. Dia terlalu rindu sampai melupakan rasa kecewanya.

"Chandra."

"Ini mimpi atau nyata? Kalau mimpi, biar gini aja. Aku rindu."

Dia pikir sedang bermimpi karena tidak mungkin Chandra akan datang. Jadi dia mendekap erat. Seolah tak akan bisa memeluk tubuh tegap itu lagi.

"Kamu kemana aja? Kenapa engga ngasih kabar?"

Dan tangis gadis itu pecah lagi.

Chandra mengusap punggung Rose yang bergetar karena tangis. Jujur dia tidak tega melihat Rose yang terpuruk seperti ini.

"Rose, maaf."

"Engga papa, Chandra. Aku engga papa,"balas Rose tapi masih dengan suara isakan walau tak sekencang tadi.

Seketika hati Chandra terasa perih. Tak kuasa mendengar suara tangis Rose apalagi gadis itu mengatakan baik-baik saja. Jelas Chandra tau jika Rose sedang tidak baik-baik saja.

"Aku baik-baik aja, Chan. Jangan minta maaf terus. Eum, Benarkan aku ini baik-baik aja?"

Rose, tolong berhenti mengatakan kamu baik.

Chandra diam. Suaranya tak sampai untuk mengutarakan isi hatinya. Ada cekat dalam kerongkongannya hingga hanya diam yang mampu dia lakukan.

"Chan, setelah dia kembali. Apa rasa yang dulu juga kembali lagi?"Rose kembali bula suara.

Chandra terkesiap. Rose tau?

"Chan, aku berusaha engga cemburu tapi nyatanya susah. "

"Maaf."

"Kenapa kamu daritadi minta maaf terus?"

Karena telah melanggar janjiku dengan ayah kamu. Aku sudah membuat kamu terluka.

Chandra melepas pelukan, dihapusnya jejak airmata di pipi Rose. Dia lantas kembali menghusap lembut surai legam milik Rose.

"Maaf karena engga ngasih kabar ke kamu. Janji engga akan begitu lagi."

"Janji?"

Chandra mengangguk walau sedikit ragu.

Chan, kenapa kamu terus mengumbar janji jika nyatanya kamu tidak menepati janji-janji itu?

"Nih, teh anget. Di minum ya. Kenapa bisa kumat sih? Lisa lagi cari bubur ayam buat kamu, aku tau kalau lagi kumat kamu pasti minta makan pake bubur."

Rose menerima gelas berisi teh hangat itu, diminumnya setegukkan.

"Lupa ternyata dari semalem belum makan,"jawabnya sambil menyengir. Merasa bersalah karena mengabaikan kesehatannya sendiri.

Chandra mendesis, "tuhkan. Kebiasaan."

Ini semua juga karena kamu. Aku mikirin kamu semaleman tau. Gumam Rose di dalam hati.

"Masih sakit?"

Rose mengangguk.

"Ya udah, abis makan bubur jangan lupa minum obat ya?"

Rose mengangguk lagi membuat Chandra tersenyum karena gemas. Sedang sakit saja Rose tetap menggemaskan.

"Tidur lagi gih. Lumayan sambil nunggu buburnya dateng."

Rose kembali berbaring. Dia lantas memejamkan matanya sedang Chandra kembali mengusap-usap kepala Rose sambil bersenandung. Menyenandungkan lagu penghantar tidur.

***

"Oce, ocean. Bangun."

Rose mengerjapkan matanya beberapa kali. Sosok Chandra kini digantikan oleh Lisa yang berdiri sambil memegang semangkuk bubur.

"Ternyata memang mimpi ya,"gumamnya.

"Hah? Lo ngomong apa?"

"Ah bukan apa-apa kok."

Lisa mengangguk paham.

"Nih makan dulu. Biar kuat menjalani kenyataan."

Rose diam menatap penuh selidik.

"Gue tau bukan cuma perut lo yang sakit. Nyatanya hati lo juga lebih sakit."

"Lis."

"Iya sama-sama,"sahut Lisa menyengir.

Rose mencibir tanpa suara.

"Udah buruan dimakan keburu dingin. Entar jadi engga enak."

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Salendrina
2133      767     7     
Horror
Salendrina adalah boneka milik seorang siswa bernama Gisella Areta. Dia selalu membawa Boneka Salendrina kemanapun ia pergi, termasuk ke sekolahnya. Sesuatu terjadi kepada Gisella ketika menginjakan kaki di kelas dua SMA. Perempuan itu mati dengan keadaan tanpa kepala di ruang guru. Amat mengenaskan. Tak ada yang tahu pasti penyebab kematian Gisella. Satu tahu berlalu, rumor kematian Gisella mu...
Senja (Ceritamu, Milikmu)
5227      1380     1     
Romance
Semuanya telah sirna, begitu mudah untuk terlupakan. Namun, rasa itu tak pernah hilang hingga saat ini. Walaupun dayana berusaha untuk membuka hatinya, semuanya tak sama saat dia bersama dito. Hingga suatu hari dayana dipertemukan kembali dengan dito. Dayana sangat merindukan dito hingga air matanya menetes tak berhenti. Dayana selalu berpikir Semua ini adalah pelajaran, segalanya tak ada yang ta...
An Invisible Star
1615      864     0     
Romance
Cinta suatu hal yang lucu, Kamu merasa bahwa itu begitu nyata dan kamu berpikir kamu akan mati untuk hidup tanpa orang itu, tetapi kemudian suatu hari, Kamu terbangun tidak merasakan apa-apa tentang dia. Seperti, perasaan itu menghilang begitu saja. Dan kamu melihat orang itu tanpa apa pun. Dan sering bertanya-tanya, 'bagaimana saya akhirnya mencintai pria ini?' Yah, cinta itu lucu. Hidup itu luc...
CATCH MY HEART
2323      858     2     
Humor
Warning! Cerita ini bisa menyebabkan kalian mesem-mesem bahkan ngakak so hard. Genre romance komedi yang bakal bikin kalian susah move on. Nikmati kekonyolan dan over percaya dirinya Cemcem. Jadilah bagian dari anggota cemcemisme! :v Cemcemisme semakin berjaya di ranah nusantara. Efek samping nyengir-nyengir dan susah move on dari cemcem, tanggung sendiri :v ---------------------------------...
About love
1037      475     3     
Romance
Suatu waktu kalian akan mengerti apa itu cinta. Cinta bukan hanya sebuah kata, bukan sebuah ungkapan, bukan sebuah perasaan, logika, dan keinginan saja. Tapi kalian akan mengerti cinta itu sebuah perjuangan, sebuah komitmen, dan sebuah kepercayaan. Dengan cinta, kalian belajar bagaimana cinta itu adalah sebuah proses pendewasaan ketika dihadapkan dalam sebuah masalah. Dan disaat itu pulalah kali...
EXPOST
9164      2002     3     
Humor
Excecutive people of science two, mungkin itu sebutan yang sering dilayangkan dengan cuma-cuma oleh orang-orang untuk kelas gue. Kelasnya excecutive people, orang-orang unik yang kerjaannya di depan laptop sambil ngapalin rumus kimia. So hard. Tapi, mereka semua ngga tau ada cerita tersembunyi di dalam kelas ini. Di sini ada banyak species-species langka yang hampir ngga pernah gue temuin di b...
Adelaide - He Will Back Soon
1180      632     0     
Romance
Kisah tentang kesalah pahaman yang mengitari tiga insan manusia.
Renjana: Part of the Love Series
186      152     0     
Romance
Walau kamu tak seindah senja yang selalu kutunggu, dan tidak juga seindah matahari terbit yang selalu ku damba. Namun hangatnya percakapan singkat yang kamu buat begitu menyenangkan bila kuingat. Kini, tak perlu kamu mengetuk pintu untuk masuk dan menjadi bagian dari hidupku. Karena menit demi menit yang aku lewati ada kamu dalam kedua retinaku.
Kyna X Faye
3609      1040     2     
Romance
Keiko Kyna adalah seorang gadis muda pemilik toko bunga. Masa lalu yang kelam telah membuat gadis itu menjauhi dunia keramaian dan segala pergaulan. Namun siapa sangka, gadis pendiam itu ternyata adalah seorang penulis novel terkenal dengan nama pena Faye. Faye sama sekali tak pernah mau dipublikasikan apa pun tentang dirinya, termasuk foto dan data pribadinya Namun ketika Kenzie Alcander, seo...
Love Warning
1241      527     1     
Romance
Dinda adalah remaja perempuan yang duduk di kelas 3 SMA dengan sifat yang pendiam. Ada remaja pria bernama Rico di satu kelasnya yang sudah mencintai dia sejak kelas 1 SMA. Namun pria tersebut begitu lama untuk mengungkapkan cinta kepada Dinda. Hingga akhirnya Dinda bertemu seorang pria bernama Joshua yang tidak lain adalah tetangganya sendiri dan dia sudah terlanjur suka. Namun ada satu rintanga...