Read More >>"> Dinding Kardus (Dokter Azhar) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Dinding Kardus
MENU
About Us  

Uang lima ribu miliki Asep, Ajat belikan gorengan. Untuk kami berikan pada Pak Wasid. Saking senangnya mendapat makanan enak, kami lupa tidak menawarinya. Aku takut dia juga sedang kelaparan. Sudah hampir satu jam kami di klinik, Pak Wasid dan Dani belum juga keluar. Aku cemas.

Ajat kembali membawa sekantong gorengan. Dia memberikannya padaku.

“Biar aku sama Asep yang jaga parkiran. Kau antar gorengannya sana.” Ajat menyuruhku sambil menyodorkan gorengan yang dia beli.

“Hm, oke.”

Pak Wasid sudah tidak ada di antrean. Aku mencoba mengintip dari jendela klinik. Mereka sudah di dalam. Aku mencoba masuk. Seorang petugas klinik menghalangiku. Aku coba meyakinkannya kalau aku saudara si pasien. Dia tetap tidak membolehkanku masuk. Keras kepala sekali.

“Bu, biarkan saja, dia memang saudaranya.” Seru dokter yang sedang memeriksa Dani.

Dokter ini kan…

-----

“Sudah kuduga kalian memang berteman.” Ucap dokter yang tadi memberi kami makan.

Aku tertawa kecil, malu menatapnya.

“Kau sudah mengucapkan terima kasih belum, Ujang!?” Pak Wasid bertanya dengan nada tingginya.

“Eh, belum, hehe.” Jawabku dengan malu. “Terima kasih pak dokter.” Aku menoleh pada dokter baik itu.

“Sudahlah, jangan terlalu dipikirkan pak.”  Jawab dokter sambil tersenyum simpul.

Dia lanjut memeriksa Dani. Kuberikan gorengan tadi pada Pak Wasid. Dia langsung memakannya dengan lahap. Sudah kuduga, dia pasti lapar. Mungkin sejak pagi dia memang belum makan apa-apa.

Keadaan Dani terlihat semakin memburuk. Dia lebih lemas dari sebelum kami bawa ke sini. Aku bahkan tidak bisa mengajaknya bicara. Dia banyak diam. Entah suaraku terdengar atau tidak.

“Tenanglah, dia akan baik-baik saja.” Dokter berusaha menenangkanku.

“Kamu tunggu saja di luar, Jang.” Pak Wasid menatapku dengan mata sembap.

Aku tidak bisa membantah. Sambil keluar, aku bertanya-tanya, seperti ada yang disembunyikan dariku. Entah apa. Aku tidak paham banyak tentang orang sakit. Apalagi, melihat mata Pak Wasid yang sembap seperti tadi, aku semakin curiga. Dia tidak pernah terlihat selemah itu sebelumnya.

“Dani baik-baik saja kan, Jang?” Asep menghadangku dengan pertanyaan yang tidak ingin kujawab.

“Entahlah…” aku tidak bisa berbicara banyak.

“Hey, bukannya kau dari dalam?” Ajat menyentakku.

“Dokter menyuruhku tenang, lalu Pak Wasid memintaku untuk keluar. Aku tidak tahu apa-apa…”

“Tapi kau melihatnya kan? Kau pasti sempat melihat keadaan Dani kan?” Asep kembali menyerangku dengan pertanyaan yang tidak ingin kujawab.

Aku hanya mengangguk.

“Lalu, bagaimana?” Wajah mereka mulai terlihat cemas.

“Dia memang tidak terlihat baik-baik saja. Tapi dokter memintaku untuk tenang, katanya Dani akan ‘baik-baik saja’, sudahlah, aku tidak mau membahasnya.”

Aku berlari meninggalkan mereka. Firasatku berkata buruk. Kata-kata Pak Wasid masih terngiang di kepalaku: Kau rela membiarkan temanmu dalam keadaan seperti ini? Ini gejala tifus! Banyak yang sampai meninggal karena tifus…

-----

Kolong jembatan yang menjadi rumah kedua bagi kami berempat kosong. Aku bersembunyi di sini. Entah kenapa setelah melihat keadaan Dani seperti tadi, rasanya aku ingin menangis. Di antara kami, aku memang yang paling mudah menangis, menghamburkan air mata.

Dengan kondisi Dani yang kulihat tadi, aku putus asa. Aku salah. Kalau saja aku tidak terlambat menyadari kalau Dani sakit, mungkin tidak akan seperti sekarang. Dia anak yang riang. Dia temanku. Dia tidak pernah mengeluh, sekalipun dipukuli habis-habisan oleh para preman. Dia kuat. Anak yang kuat.

Walau tetap saja, keyakinan bahwa dia anak yang kuat tidak bisa membuatku tenang.

“Jang!”

Ajat berlari menghampiriku terengah-engah.

“Kenapa?” Jawabku sambil menyeka air mata.

“Dani… dia…”

“Dani kenapa Jat!?”

“Tenang dulu,” aku mengangguk. “Dani dibawa ke rumah sakit. Pak Dokter yang tadi membawa Dani menggunakan mobilnya. Pak Wasid ikut ke sana.”

“Dia baik-baik saja kan?”

“Daripada hanya bertanya, kita susul saja dia ke rumah sakit.” Jawabnya dengan nada kesal.

Aku mengangguk. Lantas pergi, katanya Dani dibawa ke rumah sakit Al-Islam. Asep tidak mau ikut katanya. Dia memang tidak perlu ikut. Apalagi menjadi tukang parkir penghasilannya lumayan. Aku mengerti. Bukan dia tidak peduli pada Dani. Justru karena peduli, dia bekerja untuk bisa memberi Dani makanan yang bergizi.

Agar tidak terlalu mahal, kami pergi menggunakan Bus Damri jurusan Ledeng-Cibiru. Perjalanan ke sana cukup jauh. Tidak mungkin kami menyusul hanya mengandalkan jalan kaki.

Jalanan tidak terlalu macet. Kami sampai dengan cepat. Tepat di halte seberang rumah sakit Al-Islam. Ketika hendak membayar, Pak Sopir tidak menerimanya. Dia membiarkan kami naik gratis. Dia baik sekali. Katanya: “Aku tahu kalau kalian anak jalanan. Kita sama-sama makan dari jalanan. Sesama manusia jalanan, kita harus saling memberi.” Dia baik sekali.

Setelah berterima kasih, aku dan Ajat segera masuk ke rumah sakit. Bangunannya sangat besar. Aku tidak tahu bagaimana cara menemukan kamar Dani. Ini kali pertama aku ke rumah sakit. Ajat juga, dia tidak tahu di mana Dani dirawat. Lalu seorang suster yang melihat kami kebingungan membantuku mencari kamar Dani.

“Dani apa namanya dek?” Tanya suster.

“Dani Firmansyah, sus.” Jawabku.

“Oh, dia di kamar 3Z, tidak terlalu jauh dari sini. Mari saya antar.”

Suster baik itu mengantar kami sampai di kamar Dani. Di luar kamar aku bertemu Pak Wasid. Dia terlihat amat lelah. Aku lupa tidak membawa apa-apa untuk dimakan. Dia sudah membantu kami dari pagi, sampai sekarang sudah hampir malam. Kalau tidak ada Pak Wasid, mungkin tidak akan ada yang menyelamatkan Dani.

“Dani di mana, Pak?” Pak Wasid tersadar dari kantuknya.

“Dia di dalam, tenang saja, dokter sedang berusaha menyembuhkannya.”

“Maaf jadi merepotkan Pak…” ucapku pada Pak Wasid.

Plak!

Dia menamparku dengan keras. Matanya terlihat marah mendengar ucapanku. Aku tidak mengerti, apa yang salah dengan ucapanku? Padahal aku hanya ingin meminta maaf sudah sangat merepotkannya.

“Kalau aku tidak membantumu, lalu siapa yang akan membantu gelandangan seperti kalian!? Sudah, jangan meminta maaf, kalian sudah kuanggap sebagai anak sendiri.”

Mataku berkaca-kaca mendengar jawabannya, Ajat juga. Kami memeluk Pak Wasid dengan haru. Kulepaskan segala rasa sakit yang sejak dulu melilit hatiku. Dia memang sosok ayah bagiku selama ini. Pak Wasid membalas pelukan kami.

-----

Dokter keluar dari kamar Dani. Dia Pak Dokter yang di klinik tadi pagi.

“Bagaimana keadaan Dani, Pak?” Tanyaku sambil menghampirinya.

“Dia harus dirawat dulu untuk sementara waktu.” Jawabnya lirih, hampir tidak terdengar.

“Tapi, biaya perawatan kan…” Pak Wasid menundukan kepalanya.

“Tidak apa-apa Pak, biar saya yang menanggung biayanya.” Tukas Pak Dokter, dia tersenyum padaku. “Oh iya, nama saya Azhar. Azhar Khalid.”

“Dokter serius?” Pak Wasid belum memperkenalkan nama saking kagetnya.

“Serius Pak, insya Allah. Nama bapak siapa?”

“Oh iya, nama saya Wasid. Ini Ujang dan Ajat, sedangkan yang dirawat namanya Dani, dan yang sedang di parkiran namanya Asep.”

“Iya, Asep itu yang Dokter beri makanan di warung makan.” Ucapku menambahkan.

“Oh iya saya ingat.” Dia tersenyum simpul, perangainya sangat tenang.

Dokter Azhar ternyata sangat baik. Dia memiliki dua janji kepadaku. Memberi seragam tukang parkir, dan menolong biaya perawatan Dani. Padahal kami baru kenal tadi pagi. Tidak kusangka masih ada orang baik yang mau peduli atas kehidupan seorang gelandangan.

-----

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 1
Submit A Comment
Comments (12)
  • AyPurnama

    @Itikittiy aku masih muda kok kwkwk

    Comment on chapter Rongsokan
  • AyPurnama

    @Itikittiy ikutin terus ya:D

    Comment on chapter Rongsokan
  • Itikittiy

    kak Zar kamu itu emang masih muda atau tipe yang gak mau di pandang tua?

    Comment on chapter Kakak
  • Itikittiy

    lah! bukannya kalian emang udah saling sayang sedari dulu yak? aku doain kalian gak di bully karena masalah kasta ....

    Comment on chapter Pergi
  • Itikittiy

    Benarkah?! aku baru tahu tifus seberbahaya itu. Alhamduliliah aku bisa sembuh dari penyakit itu dulu. tapi malah datang yang baru.lagi gak ada habis nya wkwkwk

    Comment on chapter Dokter Azhar
  • Itikittiy

    ceritanya memang sedih tapi aku lebih banyak berbahagia melihat pertemanan mereka

    Comment on chapter Klinik 24 Jam
  • Itikittiy

    makanan sisa dan gak sehat aku juga gak di buang di beri ke ikan peliharaan. tapi kaliankan lebih mulia masa makannya sama

    Comment on chapter Makanan Halal
  • Itikittiy

    Denden khilaf sesaat lucunya

    Comment on chapter Copet Kecil
  • Itikittiy

    rumput yang higienis karena sudah di masak aku mau coba......

    Comment on chapter Sup
  • Itikittiy

    Terimakasih untuk mebawa ku ke tempat baca yang baru ya Ay

    Comment on chapter Rongsokan
Similar Tags
Venus & Mars
4530      1261     2     
Romance
Siapa yang tidak ingin menjumpai keagunan kuil Parthenon dan meneliti satu persatu koleksi di museum arkeolog nasional, Athena? Siapa yang tidak ingin menikmati sunset indah di Little Venice atau melihat ceremony pergantian Guard Evzones di Syntagma Square? Ada banyak cerita dibalik jejak kaki di jalanan kota Athena, ada banyak kisah yang harus di temukan dari balik puing-puing reruntuhan ...
ADITYA DAN RA
15618      2589     4     
Fan Fiction
jika semua orang dapat hidup setara, mungkin dinamika yang mengatasnamakan perselisihan tidak akan mungkin pernah terjadi. Dira, Adit, Marvin, Dita Mulailah lihat sahabatmu. Apakah kalian sama? Apakah tingkat kecerdasan kalian sama? Apakah dunia kalian sama? Apakah kebutuhan kalian sama? Apakah waktu lenggang kalian sama? Atau krisis ekonomi kalian sama? Tentu tidak...
A Ghost Diary
4683      1476     4     
Fantasy
Damar tidak mengerti, apakah ini kutukan atau kesialan yang sedang menimpa hidupnya. Bagaimana tidak, hari-harinya yang memang berantakan menjadi semakin berantakan hanya karena sebuah buku diary. Semua bermula pada suatu hari, Damar mendapat hukuman dari Pak Rizal untuk membersihkan gudang sekolah. Tanpa sengaja, Damar menemukan sebuah buku diary di tumpukkan buku-buku bekas dalam gudang. Haru...
Azzash
263      213     1     
Fantasy
Bagaimana jika sudah bertahun-tahun lamanya kau dipertemukan kembali dengan cinta sejatimu, pasangan jiwamu, belahan hati murnimu dengan hal yang tidak terduga? Kau sangat bahagia. Namun, dia... cintamu, pasangan jiwamu, belahan hatimu yang sudah kau tunggu bertahun-tahun lamanya lupa dengan segala ingatan, kenangan, dan apa yang telah kalian lewati bersama. Dan... Sialnya, dia juga s...
A - Z
2490      847     2     
Fan Fiction
Asila seorang gadis bermata coklat berjalan menyusuri lorong sekolah dengan membawa tas ransel hijau tosca dan buku di tangan nya. Tiba tiba di belokkan lorong ada yang menabraknya. "Awws. Jalan tuh pake mata dong!" ucap Asila dengan nada kesalnya masih mengambil buku buku yang dibawa nya tergeletak di lantai "Dimana mana jalan tuh jalan pakai kaki" jawab si penabrak da...
For Cello
2459      857     3     
Romance
Adiba jatuh cinta pada seseorang yang hanya mampu ia gapai sebatas punggungnya saja. Seseorang yang ia sanggup menikmati bayangan dan tidak pernah bisa ia miliki. Seseorang yang hadir bagai bintang jatuh, sekelebat kemudian menghilang, sebelum tangannya sanggup untuk menggapainya. "Cello, nggak usah bimbang. Cukup kamu terus bersama dia, dan biarkan aku tetap seperti ini. Di sampingmu!&qu...
KLIPING 2
409      344     2     
Inspirational
KLIPING merupakan sekumpulan cerita pendek dengan berbagai genre Cerita pendek yang ada di sini adalah kisah kisah inspiratif yang sudah pernah ditayangkan di media massa baik cetak maupun digital Ada banyak tema dengan rasa berbeda-beda yang dapat dinikmati dari serangkaian cerpen yang ada di sini Sehingga pembaca dapat memilih sendiri bacaan cerpen seperti apa yang ingin dinikmati sesuai dengan...
Dessert
867      443     2     
Romance
Bagi Daisy perselingkuhan adalah kesalahan mutlak tak termaafkan. Dia mengutuk siapapun yang melakukannya. Termasuk jika kekasihnya Rama melakukan penghianatan. Namun dia tidak pernah menyadari bahwa sang editor yang lugas dan pandai berteman justru berpotensi merusak hubungannya. Bagaimana jika sebuah penghianatan tanpa Daisy sadari sedang dia lakukan. Apakah hubungannya dengan Rama akan terus b...
Selfless Love
3950      1144     2     
Romance
Ajeng menyukai Aland secara diam-diam, meski dia terkenal sebagai sekretaris galak tapi nyatanya bibirnya kaku ketika bicara dengan Aland.
Error of Love
1070      507     2     
Romance
Kita akan baik-baik saja ketika digoda laki-laki, asalkan mau melawan. Namun, kehancuran akan kita hadapi jika menyerah pada segalanya demi cinta. Karena segala sesuatu jika terlalu dibawa perasaan akan binasa. Sama seperti Sassy, semua impiannya harus hancur karena cinta.