Read More >>"> SEMPENA (Berpisahan dengan Desa Pancarona ) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - SEMPENA
MENU
About Us  

2 jam tak terasa , Sempena telah tidur dengan lelap , langit telah berubah menjadi malam hari dan udara dingin mulai masuk dari jendela kamar Sempena yang tidak ia tutup. 

"Tok , tok , tok" , suara ketukan pintu yang terdengar sangat keras hingga sampai ke telinga Sempena, membuatnya terbangun dari tidur lelapnya. Dia langsung berjalan menuruni tangga menuju ke pintu rumah kakek gimbal untuk mengetahui siapa yang telah mengetuk pintu. Saat pintu itu terbuka terlihat Kakek Gimbal bersama seluruh penduduk desa, Sempena merasa kebingungan mengapa Kakek Gimbal bersama seluruh penduduk desa. Sebelum Sempena bisa berkata satu kata pun, kakek gimbal dan seluruh penduduk desa pancarona menariknya dan mengajaknya menuju ke suatu tempat.

"He..hey , kalian ingin mengajakku kemana ?"

"sudah diam saja Sempena, nanti kau akan tau"

"iya nanti kau akan tau Sempena"

Karena Sempena percaya pada kakek gimbal dan seluruh penduduk desa pancarona maka ia membiarkan dirinya ditarik oleh kakek gimbal tertuduh penduduk desa pancarona menuju ke suatu tempat. Beberapa menit berlalu kakek gimbal , Sempena, dan Seluruh penduduk desa panjang sampai di pusat kota. Di pusat kota tersebut telah memasang hiasan-hiasan yang sangat indah di sana juga telah tersedia makanan yang banyak , Sempena hanya terdiri dari mengapa seluruh penduduk desa dan kakek gimbal menyiapkan semua ini.

"Ada acara apa ini?"

"Ini adalah pesta perpisahanmu Sempena!" , Teriak salah satu penduduk desa. Sempena masih bingung apa maksud dari kata itu. Lalu kakek gimbal menjelaskan kepadanya bahwa , Sempena telah mengatakan siap untuk memulai perjalanan ke Nirwana Nusantara oleh karena itu kakek gimbal menyarankan bahwa besok pagi acara waktu yang tepat bagi Sempena untuk memulai perjalanannya. Karena wilayah besar berdimensi Bumantara Nusantara yang akan ia lewati adalah tempat para suku Jawana. Sebuah suku yang dahulunya membantu sang Cakrawala menyegel Janardana jangan kakek gimbal pernah mendengar bahwa suku itu hanya bisa muncul saat bulan ganda purnama, dan kebetulan bulan karena purnama akan dimulai dari besok dua hari kedepannya. 

Sempena yang mendengarnya merasa sangat senang dan tidak sabar lagi untuk memulai perjalanannya menuju wilayah besar pertama dimensi bumantara Nusantara. Sempena juga mengatakan bahwa seharusnya kakek gimbal dan seluruh penduduk desa tidak perlu melakukan pesta sewa ini hanya untuk perpisahan mereka saja. Namun kakek gimbal mengatakan bahwa pesta ini perlu diadakan agar Sempena merasa senang di malam terakhir dirinya di desa pancarona ini selain itu di akhir pesta ini seluruh penduduk desa akan mengadakan ritual yang bernama Tetembang.

Tetembang adalah sebuah ritual khas desa Pancarona, di mana seluruh penduduk akan menggabungkan sihir mereka dan berdoa agar seseorang yang diinginkan mereka bisa selamat. Sebagai tanda hormat terhadap ritual khas Desa pancarona ini akhirnya dia membiarkan penduduk desa untuk mengadakan pesta dan ritual ini.

Malam ini dipenuhi dengan pesta yang meriah dan makanan-makanan yang lezat. Lemper, nagasari, putu, apem, kue lumpur, es lilin dan masih banyak lagi makanan-makanan lezat yang disediakan di pesta ini. Para penduduk desa yang memiliki tipe sihir maron dan dewa menggunakan sihir mereka untuk membuat kembang api, pemanas api, dan embun cahaya yang berterbangan. Selain itu para penduduk desa yang memiliki benda pusaka seperti angklung ,seruling , rebana dan alat musik lain juga menggunakan benda pusaka mereka untuk membuat nyanyian-nyanyian yang indah.

Saat hari sudah mulai tengah malam dan kedua bulan sudah tepat di atas Desa pancarona, para penduduk pancarona mulai duduk membentuk lingkaran melingkari Sempena. Seluruh penduduk desa berpegangan tangan dengan erat lali mulai melakukan ritual Tetembangan dengan menyanyikan lagu-lagu yang berisi mantra-mantra sihir di dalamnya ,dari dalam diri mereka keluar cahaya dan aura sihir yang sangat hebat dan berwarna-warni. ketulusan Hati para penduduk desa pancarona yang menginginkan Sempena selamat dari bahaya-bahaya yang akan datang ke tempatnya membentuk sebuah berlian yang memiliki warna pelangi.

Seluruh penduduk desa yang melihat terciptanya berlian itu merasa sangat senang karena berlian itu adalah yang hanya bisa muncul saat seluruh hati tulus bersatu. Nama berlian itu adalah berlian gelora. Karena berlian itu adalah berlian yang langka dan jarang orang yang tahu , penduduk desa pancarona juga tidak tahu apa kekuatan dari berlian gelora tapi mereka menyuruh Sempena untuk menyimpannya karena mungkin suatu saat berlian gelora itu akan bermanfaat baginya.

Sebelum pesta itu berakhir , Sempena ingin bertanya tentang suatu pertanyaan yang mungkin ia ingin ketahui sejak lama. Dia bertanya mengapa Desa pancarona ini di kebanyakan bebatuan dan artefaknya terukir sebuah gambaran wanita yang sedang menari. Kakek gimbal menjawab dengan serius, bahwa gambaran wanita itu adalah gambaran suku Jawana. Karena lokasi desa banjarone yang dekat dengan wilayah pertama dimensi bumantara Nusantara maka mereka juga memiliki hubungan yang cukup berat dengan Suku Jawana , namun semenjak janardana kembali untuk balas dendam pada 16 tahun yang lalu , komunikasi desa pancarona dengan wilayah pertama dimensi bumantara Nusantara itu mulai berhenti. Sempena bertanya sekali lagi apa nama wilayah pertama dimensi Bumantara Nusantara itu. Dengan wajah senyum kakek gimbal menjawab bahwa nama wilayah pertama dimensi Bumantara nusantara adalah Kerajaan Halai Balai.

Setelah pertanyaan itu kakek gimbal memerintahkan agar seluruh penduduk desa kembali ke rumah masing-masing dan beristirahat serta mengajak pulang Sempena kerumahnya untuk istirahat yang cukup akan besok pagi ia bisa pergi dengan penuh energi dan semangat. Malam ini ditutup dengan kakek gimbal dan Sempena yang pulang dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya malam dan memikirkan bagaimana serunya besok saat perjalanan menuju kerajaan halai balai.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Purple Ink My Story
5939      1300     1     
Mystery
Berawal dari kado misterius dan diary yang dia temukan, dia berkeinginan untuk mencari tahu siapa pemiliknya dan mengungkap misteri yang terurai dalam buku tersebut. Namun terjadi suatu kecelakaan yang membuat Lusy mengalami koma. Rohnya masih bisa berkeliaran dengan bebas, dia menginginkan hidup kembali dan tidak sengaja berjanji tidak akan bangun dari koma jika belum berhasil menemukan jawaban ...
Project Pemeran Pembantu
3645      1271     0     
Humor
Project Pemeran Pembantu adalah kumpulan kisah nyata yang menimpa penulis, ntah kenapa ada saja kejadian aneh nan ajaib yang terjadi kepadanya dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Dalam kumpulan cerita ini, penulis menyadari sesuatu hal yang hilang di hidupnya, apakah itu?
ETHEREAL
1137      494     1     
Fantasy
Hal yang sangat mengejutkan saat mengetahui ternyata Azaella adalah 'bagian' dari dongeng fantasi yang selama ini menemani masa kecil mereka. Karena hal itu, Azaella pun incar oleh seorang pria bermata merah yang entah dia itu manusia atau bukan. Dengan bantuan kedua sahabatnya--Jim dan Jung--Vi kabur dari istananya demi melindungi adik kesayangannya dan mencari sebuah kebenaran dibalik semua ini...
Coneflower
2677      1353     3     
True Story
Coneflower (echinacea) atau bunga kerucut dikaitkan dengan kesehatan, kekuatan, dan penyembuhan. Oleh karenanya, coneflower bermakna agar lekas sembuh. Kemudian dapat mencerahkan hari seseorang saat sembuh. Saat diberikan sebagai hadiah, coneflower akan berkata, "Aku harap kamu merasa lebih baik." — — — Violin, gadis anti-sosial yang baru saja masuk di lingkungan SMA. Dia ber...
Kisah Kemarin
3691      1274     2     
Romance
Ini kisah tentang Alfred dan Zoe. Kemarin Alfred baru putus dengan pacarnya, kemarin juga Zoe tidak tertarik dengan yang namanya pacaran. Tidak butuh waktu lama untuk Alfred dan Zoe bersama. Sampai suatu waktu, karena impian, jarak membentang di antara keduanya. Di sana, ada lelaki yang lebih perhatian kepada Zoe. Di sini, ada perempuan yang selalu hadir untuk Alfred. Zoe berpikir, kemarin wak...
Aku Biru dan Kamu Abu
536      300     2     
Romance
Pertemuanku dengan Abu seperti takdir. Kehadiran lelaki bersifat hangat itu benar-benar memberikan pengaruh yang besar dalam hidupku. Dia adalah teman curhat yang baik. Dia juga suka sekali membuat pipiku bersemu merah. Namun, kenapa aku tidak boleh mencintainya? Bukannya Abu juga mencintai Biru?
Jangan Minum Ciu
174      147     0     
Short Story
Minum ciu bagus atau tidak??
LELAKI DENGAN SAYAP PATAH
7835      2511     4     
Romance
Kisah tentang Adam, pemuda single yang sulit jatuh cinta, nyatanya mencintai seorang janda beranak 2 bernama Reina. Saat berhasil bersusah payah mengambil hati wanita itu, ternyata kedua orang tua Adam tidak setuju. Kisah cinta mereka terpaksa putus di tengah jalan. Patah hati, Adam kemudian mengasingkan diri dan menemukan seorang Anaya, gadis ceria dengan masa lalu kejam, yang bisa membuatnya...
Aranka
3676      1264     6     
Inspirational
Aranka lebih dari sebuah nama. Nama yang membuat iri siapa pun yang mendengarnya. Aland Aranka terlahir dengan nama tersebut, nama dari keluarga konglomerat yang sangat berkuasa. Namun siapa sangka, di balik kemasyhuran nama tersebut, tersimpan berbagai rahasia gelap...
My Perfect Stranger
9174      3394     2     
Romance
Eleanor dan Cedric terpaksa menjalin hubungan kontrak selama dua bulan dikarenakan skandal aneh mengenai hubungan satu malam mereka di hari Valentine. Mereka mencurigai pelaku yang menyebarkan gosip itu adalah penguntit yang mengincar mereka semenjak masih remaja, meski mereka tidak memiliki hubungan apa pun sejak dulu. Sebelum insiden itu terjadi, Eleanor mengunjungi sebuah toko buku misteri...