Read More >>"> Project Pemeran Pembantu (EKSTRAKURIKULER) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Project Pemeran Pembantu
MENU
About Us  

Waktu jaman smp kelas dua, tiba-tiba aja smp gua membuat kebijakan mengharuskan seluruh muridnya untuk mengikuti ekstrakurikuler. Kita sebenernya udah di kasih tau dari kelas satu, tapi waktu itu wali kelas gua cuma bilang bagi yang mau, yah di karenakan gua ga mau jadi gua ga ikut apa-apa. Tapi karena sekarang itu sudah diwajibkan, mau ga mau gua harus mencari kegiatan yang cocok sama gua.

 

Sebenernya pilihannya banyak, ada klub matematika, ada klub debat, ada klub berbahasa Inggris, ada paduan suara, dan berbagai hal lain yang sama sekali tidak gua kuasai. Kalau ada klub tidur selagi guru menjelaskan, mungkin sekarang gua udah juara nasional.

 

Sekolah gua adalah salah satu SMP yang sangat berprestasi di Pekanbaru, jadi memang murid-murid di sini dituntut untuk berprestasi dalam berbagai bidang. Ini sudah masuk tahun kedua gua bersekolah di sini, dan gua belom menghasilkan satupun prestasi. Tunggu, makan Coco Crunch dengan air putih prestasi ga sih? Ga ya? Okelah.

 

“Ki hari ini terakhir kita submit selebaran yang ini loh,” kata Fadil sambil membawa kertas di tangan kirinya.

 

“Hah kertas apa sih?”

 

“Ini loh.” Ternyata itu kertas yang berisi informasi ekstrakurikuler apa yang akan kita ikuti.

 

“Waduh, kertas gua di mana ya?” Sebelum mencari ke tas atau ke kolong meja gua, gua sudah yakin bahwa kertas punya gua hilang.

 

“Ilang punya lu?”

 

“Ohh berarti kalau hilang gua ga perlu masuk klub apa-apa kan ya? Hehehe.” Keahlian gua adalah melihat hal positif dari hal negatif.

 

“Ohh lu tinggal ambil doang itu di meja guru.”

 

Sial.

 

Ini sudah hari terakhir gua untuk memilih ekstrakurikuler apa yang akan gua ambil, udah hampir 2 minggu dari pertama kali hal ini di umumkan tapi gua sama sekali ga mikirin bakal gabung ke mana. Gua terlalu sibuk dengan pr-pr dari sekloah dan Plants vs Zombie. Huh game yang sangat sulit.

 

“Lu gabung kemana, Dil?” tanya gua ke Fadil.

 

“Kayanya gua basket aja sih, soalnya kebanyakan temen kita pada ngambil basket.”

 

Emang pada jaman itu anak-anak SMP lagi demen banget sama basket, bukan karena mereka ngikutin NBA atau karena Kobe Bryant lagi on fire, tapi karena sepatu yang bermerek And1. Gua juga dulu make sepatu ini sih, tapi bukan berarti gua make sepatu And1 artinya gua langsung main basket. Jangankan main basketnya, peraturan basket aja gua ga ngerti sama sekali.

 

“Oh lu gabung bola aja tau Riz, kan lu suka yak.”

 

“Hmm kayanya bola ga deh,” jawab gua sambil melihat ke arah tanah.

 

“Lah kenapa?”

 

“Lagi ga siap di bully gua,” gua menjawab dengan senyuman. Zaman saya SMP, adalah zaman yang sulit untuk seorang gooners.

 

“Ohh masuk akal.”

 

Gua senyum lebih ikhlas.

 

“Atau ga lu coba tanyain dah ke anak-anak, mereka pada masuk ke mana.” Ini mau milih ekstrakurikuler aja udah berasa mau masuk PTN.

 

Akhirnya gua berkeliling kelas untuk mencari tau kemana kah teman-teman ku ini akan berlabuh. Kebanyakan dari cewe-cewe itu gabung ke paskibraka atau klub-klub pelajaran seperti biologi, matematika, Bahasa Inggris dan lain-lain. Sedangkan yang cowo kebanyakan gabung ke klub olahraga, seperti bola dan basket.

 

“Kalau lu bingung ambil dua aja Ki, kaya gua,” kata Desy ke gua. Masalahnya dia bingung antara dua klub, tapi gua ini bingung memilih satu klub.

 

“Dua? Emang boleh ya?”

 

“Boleh kok, dulu kelas satu gua Inggris, sekarang kayanya gua mau gabung ke musik tradisional juga.” Anak cewe emang rajin ya.

 

“Musik tradisional ya? Hmm seru juga tuh.” Sebenernya gua ga ada basic main musik sama sekali, tapi dulu waktu TK dan SD gua ikut drumband. Yah emang ga ada nyambung-nyambungnya sih, bahkan dulu gua megang alat simbal yang pastinya ga ada di musik tradisional. Tapi yah apa salahnya nyoba kan?

 

“Nah pas banget mereka lagi nyari cowo yang bisa nyanyi melayu gitu, yang ada cengkoknya itu loh. Dari muka lu sih kayanya lu bisa kan?” lah sejak kapan orang bisa nyanyi melayu di nilai dari mukanya?

 

“Muka gua kenapa emang? Lagian gua ga bisa nyanyi sama sekali.” Jangankan nyanyi melayu, nyanyi balon ku ada lima aja di bagian dornya gua fales.

 

Gua pun meninggalkan si Desy karena takut disuruh nyanyi di tempat, gua berkeliling lagi dan ternyata ga Desy aja yang ngambil dua ekstrakurikuler tapi ada beberapa temen gua yang juga ngambil lebih lebih dari satu. Ini mereka pulang dari sekolah ga cape apa ya? Gua aja pas bel pulang bunyi perlu waktu setengah jam buat gua bisa berdiri dan ngegendong tas gua. Makannya apa ya mereka?

 

“Udah lu gabung basket aja sama gua. Latihan tiap hari minggu doang kok,” kata Wahyu yang tiba-tiba dateng ke tempat duduk gua.

 

“Hah tiap Minggu? Lu setiap hari Minggu ke sekolah?” jawab gua kaget menerima kenyataan bahwa salah satu temen baik gua, yang saat jam pulang sekolah duduk bareng gua di karenakan kita ga bisa langsung berdiri dan pulang karena terlalu capek, harus ke sekolah tiap hari minggu untuk latihan basket?! Hari Minggu?!

 

“Iya setiap Minggu di Global TV seru, hehehe.” Fix, efek kecapean ini.

 

“Aduh males banget, kita itu libur cuma tiap hari Minggu. Terus gara-gara gua gabung basket mau ga mau gua harus ke sekolah juga hari Minggu? Mending gua nungguin pokemon deh di Indosiar.”

 

“Yah gimana ya Ki, itu kan passionate gua.” Banyak gaya ni orang.

 

“Gini ya, gua cuma mau masuk ke klub di mana gua bisa santai, ga harus mikir, ga harus panas-panasan gitu loh.”

 

“Mana ada klub kaya gitu, bahkan klub komputer aja mereka harus mikir, Ki.”

 

“Aduuh lu ga ngebantu sama sekali, mau ngapain sih lu ke tempat guaa?” tanya gua sewot.

 

“Lah kan gua duduk di sebelah lu bego.” Oh iya gua lupa.

 

Akhirnya jam pelajaran terakhir pun di mulai, dan kertas selebaran tadi di kumpulkan ke ketua kelas saat jam pelajaran terakhir selesai. Yang artinya gua cuma punya waktu satu jam buat mikir ekstrakurikuler apakah yang akan gua ikuti? Gua sudah memilih ke dua kandidat, yaitu sepakbola dan klub komputer.

 

Alasan gua memilih ke dua kandidat ini cukup kuat. Untuk sepakbola, karena gua memang menyukai sepakbola dari dulu, dan yah gua mengerti seluruh tata cara dan peraturan dari sepakbola.

 

Alasan gua mencalonkan komputer adalah, mereka melakukan semua kegiatannya di dalam lab komputer, yang mana lab komputer ini full AC, dan di seluruh komputer yang ada di sekolah ini sudah di install game Plants vs Zombie dan Counter Strike. Dan yang terpenting kedua klub ini tidak melakukan kegiatannya pada hari Minggu. Mantap.

 

“Udah tau ikut yang mana, Ki?” tanya Fadil yang duduk di belakang gua.

 

“Hmm sebenernya belum, tapi kalau ga bola ya gua gabung komputer deh.”

 

“Ohhh komputer aja, kan adem ya di lab.”

 

“Nah iya Dil, tapi lumayan mager sih setiap hari senin gitu gua harus pulang lebih sore, karena harus ngumpul dulu kan.”

 

“Senin Kamis,” jawab Fadil singkat.

 

“Hah begimana?”

 

“Mereka ngumpul setiap Senin Kamis.”

 

“Lah mereka ngumpul dua hari? Bukannya cuma boleh satu hari ya?” tanya gua.

 

“Senin Kamis,” jawab Fadil datar.

 

“Mohon maap ini ekstrakurikuler apa puasa sunnah?!, ya udah deh gua ngambil bola aja.” Ya sepertinya dari awal gua emang ditakdirkan di sepakbola.

 

“Nah gitu dong, jadinya kan kita kelar latihan bisa makan bareng atau main kemana gitu. Ya ga, Yu?” jawab si Fadil sambil nepok pundak gua.

 

“Yoi tu,” jawab Wahyu.

 

“Hmm iya juga kayanya seru tuh kelar latihan kita cari maka… lah kenapa kita makan bareng?” tanya gua yang baru sadar ada yang aneh dari kata-kata si Fadil.

 

“Soalnya kita laper? Ya ga, Yu?”

 

“Yoi tu,” jawab Wahyu yang gua yakin ga denger apa percakapan kita sebenernya.

 

“Bukan, maksud gua kenapa kita makan bareng? Kata Wahyu lu latihan tiap hari Minggu? Pindah ke Sabtu?”

 

“Ga kok, ga pindah. Ya ga, Yu?”

 

“Yoi tu.”

 

“YA JADI KENAPA??!” gua teriak sambil nyumpel mulut Wahyu pake sepatu And1.

 

“Ya kita makan bareng aja kenapa sih? Kan kita kelarnya bareng itu pasti, jam-jam 10an, yah 11 kurang lah,” jawab si Fadil.

 

“Engga-engga, gua kan latihan Sabtu, basket lu kan Minggu,” jawab gua sedikit bingung.

 

“Engga-engga, bola itu juga Minggu, Ki. Rata-rata kalau bidangnya olahraga pasti latihannya Minggu pagi. Biar ga panas gitu,” jawab si Wahyu setelah mengeluarkan sepatu dari mulutnya.

 

“Lah tadi gua denger kalau bola itu hari Sabtu kok, kelar kelas langsung mulai di lapangan belakang,” kata gua sambil memasang sepatu gua.

 

“Kata siapa? Kan gua latihan mulu tiap Minggu, kita pulangnya hampir selalu bareng sama bola,” jawab Wahyu.

 

Dan gua terfikir, dari mana ya gua denger kabar bahwa bola itu latihan setiap hari Sabtu? Dan memang dari sebelumnya gua juga udah denger bahwa kalau itu bidang olahraga pasti hari Minggu, karena kalau pulang sekolah ntar para murid kecapean, plus kalau Minggu jadinya bisa Minggu pagi agar tidak begitu panas dan tidak memakan waktu istirahat murid. Jadi sepertinya gua yang salah denger tentang bola yang latihan tiap hari Sabtu. Dan waktu gua buat ngumpulin suratnya tinggal 15 menit. Panik sekali.

 

“Ikut drumband aja gimana, Riz?” tanya Ahmad yang duduk di depan gua.

 

“Gua dulu waktu TK sama SD udah gabung drumband Mad, masa gua drumband lagi?” jawab gua yang memang dari awal tidak memasukan drumband sebagai pilihan.

 

“Kan lu ga mau yang latihannya hari Minggu, kan? Ga mau yang mikir-mikir amat, kan? Sama ga mau cape-capean, kan?”

 

“Iya bener Mad, lu nguping ya dari tadi?”

 

“Yaudah drumband aja, latihannya tiap Jumat kelar jumatan, terus kita latihannya di bawah pohon kok jadi ga panas-panas amat, terus cuma harus milih alat yang lu ga mikir-mikir banget. Kebanyakan lu cuma harus ngapal lagu doang, jadi lu tau kapan masuknya begitu,” jawab Ahmad. Dia berhasil menjawab seluruh alasan gua di atas, walaupun, kayanya dia nguping ya.

 

“Hmm siapa aja Mad anak kelas kita di situ?”

 

“Yang dari kelas kita ada Rangga sama si Desy, ini gua baru mau gabung pulang sekolah ini.”

 

Si Desy di drumband juga? Memang anak rajin itu berbeda ya.

 

“Hmm drumband aja apa gua ya?”

 

“Udah lu ntar pilih alat yang ga terlalu susah, kaya simbal gitu. Nah yaudah lu ga usah yang aktif-aktif gitu. Jadi ga ribet kan?” Ahmad adalah seorang jenius!

 

“Oke deh ntar bareng yak, Mad.” Gua ga mau tambah pusing, jadi gua memilih untuk gabung ke drumband, lagi.

 

Kelar kelas gua dan Ahmad langsung menyerahkan kertas selebaran tadi ke wali kelas kami, dan langsung pergi ke tempat anak-anak drumband yang lagi ngumpul di bawah salah satu pohon di dekat pintu masuk kelas.

 

Isi anak drumband ini cukup ramai, dan kebanyakan dari anak yang baru masuk adalah anak kelas satu. Yah ada lima orang anak kelas dua lainnya sih, dan gua juga baru tau bahwa drumband SMP gua cukup terkenal dan lumayan sering ikut parade dari pemerintahan, atau menang kejuaraan.

 

Gua berfikir, cukup berat juga menjadi ketua klub ini, karena katanya si ketuanya cukup sibuk untuk menentukan lagu baru yang harus ada setiap tahunnya, atau harus siap melatih anak-anak baru kalau-kalau kita ga punya pelatih. Dan klub ini juga memiliki banyak jabatan-jabatan lainnya. Yang mana nantinya seluruh anak kelas dua harus memiliki jabatan, karena para anak kelas tiga saat sudah semester dua tidak boleh mengikuti seluruh kegiatan ekstrakurikuler lagi.

 

Alhasil gua tidak mau mengincar jabatan yang terlalu tinggi, karena selain ga enak sama temen gua yang udah lama di klub ini, gua juga ga mau sibuk gara-gara jabatan gua nantinya. Beda dari gua, si Ahmad sudah membidik jabatan wakil ketua. Ambisius sekali anak ini.

 

Dan kami sebagai anak baru sudah di suruh memilih alat apakah yang akan kami gunakan nanti nya, beda dari anak kelas satu yang harus memulai dari pianika. Kita anak kelas dua tapi baru gabung ini sudah disuruh untuk memilih dan memakai alat yang kita mau.

 

Lagi-lagi karena ga mau ribet dan ga enak sama anak-anak lama, gua memilih alat yang paling simple yaitu simbal, sama seperti jaman gua SD dan TK. Beda dari gua, si Ahmad memilih bass, alat yang hanya ada dua biji di sekolah. Ambisius sekali anak ini. Akhirnya gua secara resmi bergabung di klub ini, tidak terlalu ribet dan anak-anak yang lain juga menyenangkan.

 

 

 

 

Yang selalu gua ingat pada saat itu adalah gua ga mau terlalu tampil dan gua ga mau repot, titik. Dua bulan setelah itu, gua udah jadi ketua dan memegang alat quintom. Ambisius sekali anak ini.

 

Tags: twm23

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
REGAN
6518      2346     4     
Romance
"Ketika Cinta Mengubah Segalanya." Tampan, kaya, adalah hal yang menarik dari seorang Regan dan menjadikannya seorang playboy. Selama bersekolah di Ganesha High School semuanya terkendali dengan baik, hingga akhirnya datang seorang gadis berwajah pucat, bak seorang mayat hidup, mengalihkan dunianya. Berniat ingin mempermalukan gadis itu, lama kelamaan Regan malah semakin penasaran. Hingga s...
Campus Love Story
5291      1454     1     
Romance
Dua anak remaja, yang tiap hari bertengkar tanpa alasan hingga dipanggil sebagai pasangan drama. Awal sebab Henan yang mempermasalahkan cara Gina makan bubur ayam, beranjak menjadi lebih sering bertemu karena boneka koleksi kesukaannya yang hilang ada pada gadis itu. Berangkat ke kampus bersama sebagai bentuk terima kasih, malah merambat menjadi ingin menjalin kasih. Lantas, semulus apa perjal...
Call Kinna
3560      1490     1     
Romance
Bagi Sakalla Hanggra Tanubradja (Kalla), sahabatnya yang bernama Kinnanthi Anggun Prameswari (Kinna) tidak lebih dari cewek jadi-jadian, si tomboy yang galak nan sangar. Punya badan macem triplek yang nggak ada seksinya sama sekali walau umur sudah 26. Hobi ngiler. Bakat memasak nol besar. Jauh sekali dari kriteria istri idaman. Ibarat langit dan bumi: Kalla si cowok handsome, rich, most wante...
TO DO LIST CALON MANTU
1043      442     2     
Romance
Hubungan Seno dan Diadjeng hampir diujung tanduk. Ketika Seno mengajak Diadjeng memasuki jenjang yang lebih serius, Ibu Diadjeng berusaha meminta Seno menuruti prasyarat sebagai calon mantunya. Dengan segala usaha yang Seno miliki, ia berusaha menenuhi prasyarat dari Ibu Diadjeng. Kecuali satu prasyarat yang tidak ia penuhi, melepaskan Diadjeng bersama pria lain.
Hello, Kapten!
919      475     1     
Romance
Desa Yambe adalah desa terpencil di lereng Gunung Yambe yang merupakan zona merah di daerah perbatasan negara. Di Desa Yambe, Edel pada akhirnya bertemu dengan pria yang sejak lama ia incar, yang tidak lain adalah Komandan Pos Yambe, Kapten Adit. Perjuangan Edel dalam penugasan ini tidak hanya soal melindungi masyarakat dari kelompok separatis bersenjata, tetapi juga menarik hati Kapten Adit yan...
Reminisensi
0      0     0     
Fan Fiction
Tentang berteman dengan rasa kecewa, mengenang kisah-kisah dimasa lampau dan merayakan patah hati bersama. Mereka, dua insan manusia yang dipertemukan semesta, namun bukan untuk bersama melainkan untuk sekedar mengenalkan berbagai rasa dalam hidup.
Listen To My HeartBeat
391      232     1     
True Story
Perlahan kaki ku melangkah dilorong-lorong rumah sakit yang sunyi, hingga aku menuju ruangan ICU yang asing. Satu persatu ku lihat pasien dengan banyaknya alat yang terpasang. Semua tertidur pulas, hanya ada suara tik..tik..tik yang berasal dari mesin ventilator. Mata ku tertuju pada pasien bayi berkisar 7-10 bulan, ia tak berdaya yang dipandangi oleh sang ayah. Yap.. pasien-pasien yang baru saja...
Perhaps It Never Will
3484      1261     0     
Romance
Hayley Lexington, aktor cantik yang karirnya sedang melejit, terpaksa harus mengasingkan diri ke pedesaan Inggris yang jauh dari hiruk pikuk kota New York karena skandal yang dibuat oleh mantan pacarnya. Demi terhindar dari pertanyaan-pertanyaan menyakitkan publik dan masa depan karirnya, ia rela membuat dirinya sendiri tak terlihat. William Morrison sama sekali tidak pernah berniat untuk kem...
Let's See!!
1366      662     1     
Romance
"Kalau sepuluh tahun kedepan kita masih jomblo, kita nikah aja!" kata Oji. "Hah?" Ara menatap sahabat kentalnya itu sedikit kaget. Cowok yang baru putus cinta ini kenapa sih? "Nikah? lo sama gue?" tanya Ara kemudian. Oji mengangguk mantap. "Yap. Lo sama gue menikah."
DELUSION
3673      1331     0     
Fan Fiction
Tarian jari begitu merdu terdengar ketika suara ketikan menghatarkan sebuah mimpi dan hayalan menjadi satu. Garis mimpi dan kehidupan terhubung dengan baik sehingga seulas senyum terbit di pahatan indah tersebut. Mata yang terpejam kini terbuka dan melihat kearah jendela yang menggambarkan kota yang indah. Badan di tegakannya dan tersenyum pada pramugari yang menyapanya dan menga...