Read More >>"> Lenna in Chaos (Kamu) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Lenna in Chaos
MENU
About Us  

Mungkin kisahku dan kamu sangat klasik: kamu adalah panitia ospek yang galak tapi tampan yang digandrungi seluruh cewek-cewek komunikasi angkatanku namun kamu malah ditakdirkan untukku. Kudengar desas-desus, beberapa cewek bahkan rela dilecehkan pria setampan kamu. Anjrit. Mendengar khalayan mereka soal kamu membuatku sangat ingin muntah.

Meski kamu beberapa kali sempat mempermalukanku di depan umum saat kegiatan ospek berlangsung, akhirnya kamu sendiri yang menyelamatkanku dan meminta maaf kepadaku. Jujur, itu konyol banget. Saat itu, aku bisa lihat wajahkamu yang terpahat dengan sangat baik. Alis tebalmu, hidung mancungmu, dan mata belonya. Belum lagi rahangmu, setiap detail pori-pori wajahmu, dan puncak hidungmu. Saat kita bersalaman, aku bisa merasakan tanganmu berkeringat. Katamu, kamu tidak bermaksud untuk menyakiti perasaanku dan kegiatan ospek hanya sekadar praktik dramaturgi panitia saja. Setelahnya, kita sempat kehilangan kontak untuk beberapa bulan. Aku hanya melihatmu sesekali di kampus.

Menjelang pemilihan konsentrasi di semester tiga, beberapa kakak tingkat humas menyeretku untuk masuk konsentrasi yang sama dengan mereka. Mereka membujukku dengan kata-kata manis dan menjanjikanku berbagai prospek yang cerah. Aku sendiri masih ragu-ragu meskipun banyak dari teman-temanku yang sudah lebih mantap untuk masuk humas. Entah bagaimana, di lorong kampus yang sepi, aku tidak sengaja berpapasan denganmu. Meski aku sempat yakin bahwa kamu telah melupakanku, namun nyatanya kamu segera memanggil namaku dan memintaku untuk masuk konsentrasi jurnalistik.

Aku masih ingat wangi parfummu kala itu: aroma cokelat bercampur kelapa yang memikat.

Akhirnya aku memutuskan bergabung pada acara jambore jurnalistik. Meski terdengar agak mustahil untuk anak ingusan macam diriku, tapi tetap saja, setitik keluarbiasaan itu akan selalu menjadi momen yang diingat. Di saat kabut malam Gambung mulai turun serta pendar api unggun yang mulai redup itu, mata kami berdua beradu di antara sebentang jarak.

Selama beberapa minggu, setelah ospek yang melelahkan, aku lebih dikenal sebagai Lenna si anak bawang. Beberapa orang menilai bahwa aku adalah cewek paling imut yang salah masuk jurusan. Beberapa orang lagi menilai bahwa aku adalah kutukan. Semua pria menyukaiku, dan tentu saja pemenangnya adalah kamu.

Selama beberapa bulan menjadi pacarmu, aku semakin mencoba untuk mengenalmu. Kamu itu batu. Aku juga batu. Gesekan batu dapat menjadikannya api, bukan?

Kamu berwatak dingin, keras kepala, mengintimidasi, namun pada beberapa kesempatan yang sangat jarang, kamu bertingkah sangat manis. Hal itu yang sangat kutunggu-tunggu darimu. Kamu sangat senang menulis. Semenjak kuliah, kamu aktif mengirimkan artikel dan resensi buku yang kamu baca ke berbagai media cetak dan online. Hasil fotonya pun mumpuni, sering menjadikanmu sebagai juara lomba fotografi jurnalistik tingkat kota, provinsi, bahkan nasional mengalahkan pewarta foto lain. Tidak salah kalau di kelas kamu menjadi sahabat dosen macam Pak Fikar dan Bu Sinta, padahal perawakanmu sangat urakan.

Di berbagai macam kesempatan, kita banyak menyusuri sudut kota berdua, menikmati santapan roti bakar Ambu, pergi ke pameran lukisan, dan membeli buku-buku bekas di Palasari atau Asia Afrika. Kita sering mendengarkan jangkrik di daratan utara dan kami sering meratapi lampu jalanan kota sepanjang kami menyusuri Jalanan Dago.

Kamu juga mengetahui masalah keluargaku dan menghiburku dengan cara yang manis. Beberapa kali kamu menemaniku mabuk dan entahlah apa yang kulontarkan kepadamu saat itu. Tapi, aku bisa merasakan rasa kasihan yang muncul darimu kepadaku. Perasaan kasihan yang diliputi khawatir.

Aku mengerti jenis perasaan itu: perasaan ingin selalu melindungiku.

 

*

 

Namun meski begitu, pria dewasa seperti kamu akan selamanya dipenuhi idealisme dan dikuasai adrenalin. Kamu ingin bebas, pergi jauh, berkelana, dan melakukan hal-hal yang kamu inginkan, meskipun hal itu tidak sepadan dengan risikonya yang teramat besar.

Waktu itu, aku mendengar kabar proyek pembuatan film dokumenter yang akan kamu garap bersama tim yang kamu kenal dari seorang kawan. Katamu, kamu akan pergi menyusuri hutan Kalimantan untuk waktu yang lama. Aku sendiri kaget karena kamu tidak pernah meninggalkanku lebih dari satu minggu. Untuk berapa lama? Mengapa kamu tidak mendiskusikan proyek ini terlebih dahulu denganku?

“Saya takut kamu nggak ingin saya pergi. Makanya saya belum ingin bilang,” ujarmu suatu hari, di sebuah sudut kedai kopi di pinggir jalan Dago yang dipenuhi bising kendaraan – dan sesekali adalah bunyi knalpot Harley yang berat. “Bukannya saya nggak ingin mendiskusikan ini denganmu. Saya pasti akan bilang, tapi saya menunggu waktu yang tepat.”

“Jadi kamu anggap aku penghalang kamu? Begitu?” 

Kamu hanya menyeringai, merokok.

“Ayo, katakan sesuatu,” desakku lagi.

“Seratus hari,” kamu kemudian menatapku dengan tatapan intens. “Saya akan pergi selama seratus hari. Kalau saya bilang seperti itu, kamu mau bicara apa, Len?”

Mataku menyipit. “Apa? Seratus hari?”

“Ini proyek yang penting untuk saya. Ini adalah ajang pembuktian saya sebelum kelak saya akan bekerja di media yang jauh lebih besar. Ini adalah pembelajaran penting untuk saya. Jadi tolong, Len, jangan katakan apa pun yang membuat saya berat untuk pergi meninggalkanmu selama seharus hari. Jangan.”

“Serius? Itu yang benar-benar ingin kamu katakan?”

Kamu terdiam.

“Aku nggak akan ngelarang kamu…,” tiba-tiba lidahku kelu. Aku ingin melarangmu pergi dan membujukmu untuk menghabiskan hari-hari itu bersamaku saja. Tapi saat melihat raut wajahmu yang berbeda hari ini, entah mengapa tiba-tiba aku kehilangan kata-kata. Aku merasa tidak berhak ikut andil dalam keputusanmu kali ini.

Aku berusaha menyembunyikan kedua bola mataku yang mulai basah. Tanpa disangka-sangka, kamu menggeser duduknya semakin mendekat padaku. Kamu membiarkanku untuk merebahkan kepalaku di pundaknya. Lalu dia berbisik, “Kamu nggak usah khawatir, Len.”

“Hmm?”

“Saya sudah siapkan segalanya untuk kamu. Seratus lagu yang akan kamu dengar setiap hari, perintah-perintah yang harus kamu lakukan untuk saya – meeting new people – kamu akan segera berjumpa dengan kawan-kawan lama saya dan menjadi dekat dengan mereka, daftar tempat yang harus kamu kunjungi, dan daftar hal-hal yang kamu harus lakukan selama saya pergi. Jadi, ingat, ya. Saya mencoba meraih mimpi, kamu di sini menunggu saya.”

“Kamu beneran bakalan pulang, kan? Nggak akan macem-macem?”

Kamu mencium keningku. “Saya pasti pulang. Percaya, deh.”

 

*

 

Singkat cerita, kamu benar-benar pergi di pagi buta dan menyisipkan secarik surat yang diselipkan di antara tanaman perdu halaman rumahku.

Aku tidak pernah lupa mencatat seluruh kegiatan yang aku lakukan setiap harinya pada sebuah buku catatan. Hal itu kulakukan agar kelak aku dapat menceritakan secara detail kepadamu tentang semua hal yang berhasil kulakukan tanpamu. Aku juga mendengarkan semua daftar putar lagu yang kamu persiapkan untukku dengan senang hati.

Di hari kedelapan, keempat belas, keduapuluh tujuh, serta keempat puluh dua, aku masih mendapatkan email darimu. Di surat-surat itu, kamu menjelaskan betapa semangat dan bergairahnya kamu saat menyusuri hutan tropis yang indah dan berkunjung ke pusat konservasi orangutan. Kamu juga menceritakan kunjungannya menuju desa suku Dayak dan menelusuri ulang konflik Sampit. Surat terakhir yang kudapatkan di hari keempat puluh dua, kamu menuliskan sebuah puisi.

Hutan hijau, Lennaku malang. Menatap cahaya terbenam seperti menatapmu bisu. Di manakah aku berada?

 

*

 

Hari ke-100, 102, 110, 203, 304, kamu tidak kunjung pulang.

 

*

 

Hari-hari selanjutnya setelah aku menyadari bahwa aku sangat menyukai letak kantorku yang terletak di antara bangunan tua, aku mulai bersahabat dengan kantorku yang kelabu dan dingin, rak-rak dipenuhi berkas, dan suara tak-tuk-tak-tuk keyboard laptop. Aku sudah mulai enggan mengomentari suara dengkuran Kang Cepot si penjaga kantor yang kerasnya minta ampun ataupun menanggapi ocehan Maia soal produk skincare asal Korea yang digandrungi olehnya. Aku juga sudah kurang memedulikan penampilan, seperti yang Yuka sering katakan kepadaku, bahwa aku terlalu berantakan untuk seorang gadis lajang berusia matang untuk menikah.

“Len, Len. Menurutmu, lebih baik saya habiskan gaji bulan ini untuk membeli rangkaian perawatan wajah merek A atau B?” tanya Maia dengan wajah tanpa berdosa.

“Len, dekil banget, Kaosnya nggak dicuci, ya? Nanti kan mau ke balkot, wawancara Pak Wali!” komentar Yuka.

“Apa pedulimu? Biarkan saja Lenna dekil. Biar dia jomblo seumur hidup,” sahut Ian menyebalkan. Oh, rupanya, dia sudah menganggapku gadis single alih-alih punya kekasih tapi LDR.

Saat Mas Sultan mampir dan menghampiri kami di jam-jam kritis alias lapar dan ngantuk, aku sudah mulai menatap Mas Sultan dengan biasa saja – meskipun masih banyak hal tentangmu yang ingin kuketahui darinya. Aku juga bisa merasakan Mas Sultan memandangku dengan kelu. Diam-diam aku mampu membaca pikirannya. Dia juga seakan merasa kehilangan yang aku rasakan.

Segalanya menjadi sedikit lebih terang – karena semenjak kamu pergi, aku lebih banyak memulai hari dengan kegelapan.

 

***

 

Tags: twm23

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Luka Dan Perkara Cinta Diam-Diam
4454      1919     22     
Romance
Kenangan pahit yang menimpanya sewaktu kecil membuat Daniel haus akan kasih sayang. Ia tumbuh rapuh dan terus mendambakan cinta dari orang-orang sekitar. Maka, ketika Mara—sahabat perempuannya—menyatakan perasaan cinta, tanpa pikir panjang Daniel pun menerima. Sampai suatu saat, perasaan yang "salah" hadir di antara Daniel dan Mentari, adik dari sahabatnya sendiri. Keduanya pun menjalani h...
River Flows in You
571      310     6     
Romance
Kean telah kehilangan orang tuanya di usia 10 tahun. Kemudian, keluarga Adrian-lah yang merawatnya dengan sepenuh hati. Hanya saja, kebersamaannya bersama Adrian selama lima belas tahun itu turut menumbuhkan perasaan lain dalam hati. Di satu sisi, dia menginginkan Adrian. Di sisi lain, dia juga tidak ingin menjadi manusia tidak tahu terima kasih atas seluruh kebaikan yang telah diterimanya dar...
Susahnya Jadi Badboy Tanggung
3235      1314     1     
Inspirational
Katanya anak bungsu itu selalu menemukan surga di rumahnya. Menjadi kesayangan, bisa bertingkah manja pada seluruh keluarga. Semua bisa berkata begitu karena kebanyakan anak bungsu adalah yang tersayang. Namun, tidak begitu dengan Darma Satya Renanda si bungsu dari tiga bersaudara ini harus berupaya lebih keras. Ia bahkan bertingkah semaunya untuk mendapat perhatian yang diinginkannya. Ap...
Gi
717      391     16     
Romance
Namina Hazeera seorang gadis SMA yang harus mengalami peliknya kehidupan setelah ibunya meninggal. Namina harus bekerja paruh waktu di sebuah toko roti milik sahabatnya. Gadis yang duduk di bangku kelas X itu terlibat dalam kisah cinta gila bersama Gi Kilian Hanafi, seorang putra pemilik yayasan tempat sekolah keduanya berada. Ini kisah cinta mereka yang ingin sembuh dari luka dan mereka yang...
KILLOVE
2742      928     0     
Action
Karena hutang yang menumpuk dari mendiang ayahnya dan demi kehidupan ibu dan adik perempuannya, ia rela menjadi mainan dari seorang mafia gila. 2 tahun yang telah ia lewati bagai neraka baginya, satu-satunya harapan ia untuk terus hidup adalah keluarganya. Berpikir bahwa ibu dan adiknya selamat dan menjalani hidup dengan baik dan bahagia, hanya menemukan bahwa selama ini semua penderitaannya l...
Jelita's Brownies
2388      1040     11     
Romance
Dulu, Ayahku bilang brownies ketan hitam adalah resep pertama Almarhum Nenek. Aku sangat hapal resep ini diluar kepala. Tetapi Ibuku sangat tidak suka jika aku membuat brownies. Aku pernah punya daun yang aku keringkan. Daun itu berisi tulisan resep kue-kue Nenek. Aku sadar menulis resep di atas daun kering terlihat aneh, tetapi itu menjadi sebuah pengingat antara Aku dan Nenek. Hanya saja Ib...
SEMPENA
2079      738     0     
Fantasy
Menceritakan tentang seorang anak bernama Sempena yang harus meraih harapan dengan sihir-sihir serta keajaiban. Pada akhir cerita kalian akan dikejutkan atas semua perjalanan Sempena ini
After Feeling
3531      1401     1     
Romance
Kanaya stres berat. Kehidupannya kacau gara-gara utang mantan ayah tirinya dan pinjaman online. Suatu malam, dia memutuskan untuk bunuh diri. Uang yang baru saja ia pinjam malah lenyap karena sebuah aplikasi penipuan. Saat dia sibuk berkutat dengan pikirannya, seorang pemuda misterius, Vincent Agnito tiba-tiba muncul, terlebih dia menggenggam sebilah pisau di tangannya lalu berkata ingin membunuh...
ETHEREAL
1030      431     1     
Fantasy
Hal yang sangat mengejutkan saat mengetahui ternyata Azaella adalah 'bagian' dari dongeng fantasi yang selama ini menemani masa kecil mereka. Karena hal itu, Azaella pun incar oleh seorang pria bermata merah yang entah dia itu manusia atau bukan. Dengan bantuan kedua sahabatnya--Jim dan Jung--Vi kabur dari istananya demi melindungi adik kesayangannya dan mencari sebuah kebenaran dibalik semua ini...
Caraphernelia
544      266     0     
Romance
Ada banyak hal yang dirasakan ketika menjadi mahasiswa populer di kampus, salah satunya memiliki relasi yang banyak. Namun, dibalik semua benefit tersebut ada juga efek negatif yaitu seluruh pandangan mahasiswa terfokus kepadanya. Barra, mahasiswa sastra Indonesia yang berhasil menyematkan gelar tersebut di kehidupan kampusnya. Sebenarnya, ada rasa menyesal di hidupnya k...