Read More >>"> Metamorf (Bab 1) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Metamorf
MENU
About Us  

▪︎Happy reading

▪︎Kalo suka like, komen, sama share, ya

~~~~

Suasana dalam mobil begitu hening. Tidak ada yang memulai percakapan sejak kendaraan beroda empat itu keluar dari pelataran sekolah. Indra Prayoga yang duduk di kursi penumpang hanya bisa meremas celana abu-abunya sambil sesekali melirik ke arah kursi pengemudi. Dia berharap pria paruh baya di sampingnya itu mengeluarkan kata-kata kasar sekalipun daripada harus diam seribu bahasa seperti saat ini.

Perjalanan dari sekolah ke rumah yang biasanya hanya memakan waktu sekitar sepuluh menit, sekarang terasa berjam-jam lamanya. Indra menarik napas panjang berulang kali untuk mempersiapkan diri menerima amukan dari ayahnya.

Cowok yang mengenakan kacamata itu menarik napas dalam-dalam sebelum mengikuti ayahnya yang telah keluar dari mobil terlebih dulu. Langkahnya gontai saat memasuki rumah berlantai dua dengan halaman depan penuh bunga kesayangan ibunya itu.

"Sayang, anak mama yang paling ganteng udah pulang. Gimana hari ini?" Suara ceria sang ibu langsung terdengar saat Indra baru memasuki rumah.

Wanita paruh baya yang masih terlihat sangat cantik itu segera memeluk dan mencium kedua pipi putra semata wayangnya. Indra hanya membalas dengan senyuman tipis lalu beralih menatap punggung ayahnya yang sudah berdiri di ruang santai.

"Ups," Linda, ibu Indra meringis sambil melemparkan tatapan yang seolah bertanya "ada apa" kepada putranya.

Indra mengangkat bahu sambil berjalan melewati Linda dan berdiri tepat di belakang ayahnya.

"Pa," panggil Indra ragu-ragu.

Cowok yang masih menggendong tas sekolahnya itu mundur selangkah ketika Rudi, ayahnya, membalikkan tubuh menghadapnya.

"Delapan belas tahun kamu jadi anak Papa dan hampir tiga tahun terakhir kamu belajar masak di sekolah. Tapi, apa yang kamu dapet? Kamu belum pernah membanggakan Papa dan Mama dengan menjadi pemenang dari tiap lomba masak yang kamu ikuti. Dan parahnya, kamu selalu kalah dari sepupumu itu. Dia bahkan bukan dari keluarga chef kayak kita. Kamu itu anak chef terkenal yang udah buka restoran terlaris di kota ini. Jadi pemenang lomba masak aja kamu nggak bisa? Memalukan!"

"Papa!" Linda segera menegur suaminya dan berdiri di samping Indra untuk mengusap punggung putranya itu.

"Ini yang buat dia selalu gagal. Kamu sebagai ibunya terlalu memanjakan dia. Sampai kapan anak kita satu-satunya ini bisa mandiri dan mengusahakan yang terbaik untuk pendidikannya? Kamu selalu aja belain dia walau jelas-jelas dia salah."

Rudi tidak peduli dengan teguran dari sang istri dan terus mencerca Indra atas perbuatan putranya itu yang dianggap telah mempermalukan keluarga, terutama nama baiknya sebagai chef terkenal.

"Maaf, Pa. Tapi, aku nggak pulang dengan tangan kosong, Pa. Aku baru aja dapet juara dua dan Papa menyaksikannya sendiri tadi."

Rudi mendengkus kasar. "Sampek kapan kamu puas jadi orang kedua? Kalo kamu mau sukses, kamu harus jadi yang pertama. Inget itu!"

"Iya, Pa. Aku akan berusaha lebih keras lagi selanjutnya."

"Selanjutnya? Kapan? Kamu udah kelas tiga dan sebentar lagi lulus. Kamu mau ngelanjutin kuliah di mana dengan prestasi biasa-biasa kamu itu? Apa kamu yakin bisa masuk universitas tempat Papa kuliah dulu? Universitas dengan Jurusan Tata Boga terbaik yang pernah ada di kota atau bahkan negara ini."

"Papa, udah! Indra berusaha semaksimal yang dia bisa. Juara dua itu udah bagus. Anak kita selama ini juga berprestasi di sekolah. Mama yakin dia bisa masuk universitas yang Papa bilang tadi."

"Kamu pikir dengan prestasi segitu dia bisa kasih yang terbaik buat kita? Apa kata orang-orang di luar sana? Apa kata fan-fan Papa kalo tau anak chef terkenal seperti Papa nggak pernah bisa jadi pemenang tiap ikut lomba masak? Semua resep andalan yang Papa punya udah Papa kasih untuk dipelajari. Tapi, apa? Hasilnya nol besar!"

"Papa sendiri yang nggak pernah menghargai usaha anak kita. Gimana dia mau sukses kalo dukungan dari papanya aja nggak ada. Papa harusnya nyemangati anak sendiri bukannya ngerendahin kayak gini."

Indra memegangi kepalanya yang terasa pening. Semua ini salahnya. Setiap kali dia pulang dari perlombaan masak antar sekolah, kedua orang tuanya selalu terlibat pertengkaran seperti saat ini. Benar kata ayahnya, dia tidak pernah memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Untuk nama baik sang ayah.

"Kalo kita selalu melunak sama dia, dia nggak akan pernah sadar apa kesalahannya. Papa harus tegas sama Indra. Karena dia satu-satunya penerus usaha Papa. Apa jadinya restoran kita kalo dia aja nggak bisa masak?"

Rudi sudah kehabisan kesabaran. Dia memelototi Indra hingga putranya itu makin menciut. Entah sudah ke berapa kalinya pria itu merendahkan putranya sendiri dan membuat kepercayaan diri Indra makin surut.

"Tapi, nggak dengan Papa ngerendahin Indra terus, kan? Papa juga harusnya bisa hargai usaha dia. Papa nggak bisa samain kemampuan yang Papa punya dengan kemampuan Indra. Mungkin aja anak kita punya kemampuan tersembunyi yang belum terlihat. Bisa aja kemampuannya di bidang makanan penutup, roti, atau sejenisnya yang jelas bukan makanan utama kayak yang Papa kuasai selama ini. Papa nggak bisa maksain kehendak sama anak kita."

Linda tidak berhenti untuk membela putranya. Wanita itu terlalu sakit hati setiap kali mendengar suaminya menghina putra semata wayang mereka. Dia yakin, putranya juga memiliki bakat tersendiri dalam urusan masak.

"Ma, udah." Indra menahan lengan Linda yang hendak berbicara kembali. Jika tidak dihentikan, perdebatan orang tuanya tidak akan berhenti hingga malam tiba. "Ini memang salah Indra. Indra belum berusaha semaksimal yang bisa Indra lakukan. Indra akan berlatih lebih giat lagi supaya bisa memenuhi standar Papa."

"Bagus! Papa akan kasih kesempatan terakhir buat kamu sebelum lulus sekolah. Diperlombaan masak antar sekolah dua bulan lagi, kamu harus keluar sebagai pemenang. Mulai besok, sepulang sekolah kamu harus belajar di restoran Papa."

"I-iya, Pa."

"Sekarang masuk ke kamar."

Linda tidak membantah perintah dari suaminya lagi dan langsung mengantar Indra ke kamar yang berada di lantai dua. Tiba di kamar putranya, wanita itu segera membukakan pintu dan menggiring Indra masuk lalu mendudukkannya di pinggir kasur. Dia mengambil alih tas di punggung Indra dan meletakkannya di meja belajar. Wanita itu hendak berjongkok untuk melepas sepatu putranya, tetapi Indra menghentikannya.

"Ma, aku bisa sendiri. Aku udah besar. Lebih baik Mama istirahat."

"Sayang, omongan Papa nggak usah dimasukkin hati, ya. Kamu tau sendiri gimana papamu itu. Dia kejam banget sama anak sendiri."

"Indra nggak apa-apa, Ma. Indra ngerti, kok kenapa Papa bersikap tegas sama Indra. Mulai besok, aku harus berusaha lebih keras lagi."

"Ya udah, mama siapin makan malam dulu, ya. Kamu istirahat aja dulu. Nanti kalo udah waktunya makan malam, Mama panggil."

"Makasih, Ma."

Indra melepas kacamata dan meletakkannya di nakas lalu merebahkan diri di kasur setelah Linda meninggalkan kamarnya dan menutup pintu. Cowok yang masih mengenakan seragam sekolahnya itu merogoh ponsel di saku celana. Sejak di mobil tadi, ponselnya terus berbunyi menandakan notifikasi pesan baru yang masuk. Dia membuka ruang obrolan bersama keempat sahabatnya.

Ruang obrolan tersebut sudah ramai dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai keadaan Indra dan ucapan semangat dari keempat cewek yang sudah menjadi tetangga sekaligus sahabatnya sejak kecil itu.

Indra melempar ponsel ke sampingnya setelah mengirimkan pesan yang berbunyi bahwa dia baik-baik saja. Dia menopangkan sebelah lengannya untuk menutupi mata dan berharap bisa terpejam sejenak.

Perkataan terakhir Rudi berputar di kepala Indra. Dia bertekad untuk menang dan mengalahkan sepupunya itu. Namun, sebelum itu dia harus mencari anggota kelompok yang bisa menemaninya dan berjuang bersama sebagai pemenang. Siapa? Haruskah dia meminta keempat sahabatnya yang sama-sama tidak jago masak itu? Indra menekan pelipisnya yang makin sakit.

Bersambung

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Sampai Kau Jadi Miliku
938      460     0     
Romance
Ini cerita tentang para penghuni SMA Citra Buana dalam mengejar apa yang mereka inginkan. Tidak hanya tentang asmara tentunya, namun juga cita-cita, kebanggaan, persahabatan, dan keluarga. Rena terjebak di antara dua pangeran sekolah, Al terjebak dalam kesakitan masa lalu nya, Rama terjebak dalam dirinya yang sekarang, Beny terjebak dalam cinta sepihak, Melly terjebak dalam prinsipnya, Karina ...
Senja (Ceritamu, Milikmu)
5227      1380     1     
Romance
Semuanya telah sirna, begitu mudah untuk terlupakan. Namun, rasa itu tak pernah hilang hingga saat ini. Walaupun dayana berusaha untuk membuka hatinya, semuanya tak sama saat dia bersama dito. Hingga suatu hari dayana dipertemukan kembali dengan dito. Dayana sangat merindukan dito hingga air matanya menetes tak berhenti. Dayana selalu berpikir Semua ini adalah pelajaran, segalanya tak ada yang ta...
Premium
Sakura di Bulan Juni (Complete)
8836      1860     1     
Romance
Margareta Auristlela Lisham Aku mencintainya, tapi dia menutup mata dan hatinya untukku.Aku memilih untuk melepaskannya dan menemukan cinta yang baru pada seseorang yang tak pernah beranjak pergi dariku barang hanya sekalipun.Seseorang yang masih saja mau bertahan bersamaku meski kesakitan selalu ku berikan untuknya.Namun kemudian seseorang dimasa laluku datang kembali dan mencipta dilemma di h...
Hujan Paling Jujur di Matamu
4229      1292     1     
Romance
Rumah tangga Yudis dan Ratri diguncang prahara. Ternyata Ratri sudah hamil tiga bulan lebih. Padahal usia pernikahan mereka baru satu bulan. Yudis tak mampu berbuat apa-apa, dia takut jika ibunya tahu, penyakit jantungnya kambuh dan akan menjadi masalah. Meski pernikahan itu sebuah perjodohan, Ratri berusaha menjalankan tugasnya sebagai istri dengan baik dan tulus mencintai Yudis. Namun, Yudis...
Denganmu Berbeda
6048      2035     1     
Romance
Harapan Varen saat ini dan selamanya adalah mendapatkan Lana—gadis dingin berperingai unik nan amat spesial baginya. Hanya saja, mendapatkan Lana tak semudah mengatakan cinta; terlebih gadis itu memiliki ‘pendamping setia’ yang tak lain tak bukan merupakan Candra. Namun meski harus menciptakan tiga ratus ribu candi, ataupun membuat perahu dan sepuluh telaga dengan jaminan akan mendapat hati...
REMEMBER
3694      1159     3     
Inspirational
Perjuangan seorang gadis SMA bernama Gita, demi mempertahankan sebuah organisasi kepemudaan bentukan kakaknya yang menghilang. Tempat tersebut dulunya sangat berjasa dalam membangun potensi-potensi para pemuda dan pernah membanggakan nama desa. Singkat cerita, seorang remaja lelaki bernama Ferdy, yang dulunya pernah menjadi anak didik tempat tersebut tengah pulang ke kampung halaman untuk cuti...
Meet You After Wound
207      176     0     
Romance
"Hesa, lihatlah aku juga."
Aditya
1129      450     5     
Romance
Matahari yang tak ternilai. Begitulah Aditya Anarghya mengartikan namanya dan mengenalkannya pada Ayunda Wulandari, Rembulan yang Cantik. Saking tak ternilainya sampai Ayunda ingin sekali menghempaskan Aditya si kerdus itu. Tapi berbagai alasan menguatkan niat Aditya untuk berada di samping Ayunda. "Bulan memantulkan cahaya dari matahari, jadi kalau matahari ngga ada bulan ngga akan bersi...
Love is Possible
86      81     0     
Romance
Pancaroka Divyan Atmajaya, cowok angkuh, tak taat aturan, suka membangkang. Hobinya membuat Alisya kesal. Cukup untuk menggambarkan sosok yang satu ini. Rayleight Daryan Atmajaya, sosok tampan yang merupakan anak tengah yang paling penurut, pintar, dan sosok kakak yang baik untuk adik kembarnya. Ryansa Alisya Atmajaya, tuan putri satu ini hidupnya sangat sempurna melebihi hidup dua kakaknya. Su...
HABLUR
3992      1247     2     
Romance
Almarhum Mama selalu bilang, "Yang membedakan permata dengan batu lain adalah tingkat tekanan yang mengubahnya." Ruby Andalusia. Coba tanyakan nama itu ke penghuni sekolah. Dijamin tidak ada yang mengenal, kecuali yang pernah sekelas. Gadis ini tidak terkenal di sekolah. Ia ikut KIR, tetapi hanya anggota biasa. Ia berusaha belajar keras, tetapi nilainya sekadar cukup untuk ber...