Read More >>"> Hari Ini, Hari Yang Kau Tunggu
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Hari Ini, Hari Yang Kau Tunggu
MENU
About Us  

Oke, fokus. Iyap, sesuai judulnya, aku mau cerita sedikit tentang kelakuanku yang bahlul tentang hari ulang tahun. Lebih tepatnya, ulang tahunku sendiri. Dulu, waktu aku masih berusia sekitar 7-8 tahun, aku pengen banget dibikinin pesta ulang tahun. Awalnya karena melihat pesta ulang tahun salah satu temen sekelas yang meriah banget, aku pun iri. Pengen punya pesta ulang tahun juga. Waktu itu sudah menjelang hari ulang tahunku, dan aku lihat orangtuaku adem ayem aja. Ngga ada belanja keperluan pesta seperti balon, topi ulang tahun, atau kue-kue.

Lalu aku inisiatif, dong. Tanpa tanya-tanya ke orangtua, aku tulis sendiri undangan pesta ulang tahunku buat teman-teman sekelas. Aku tulis di selembar kertas pake tulisan tangan, aku masukkan ke amplop, dan ngga lupa di pojok kanan atas amplop aku tulis nama teman-temanku. Besoknya, aku sebar undangan yang sangat sederhana itu (karena ngga pake kartu ulang tahun. Cuman selembar kertas putih doang, tulis tangan pula!) ke teman-teman sekelas. Mereka bilang mau dateng. Baik banget ngga sih, teman-temanku. Diundang pake selembar kertas HVS pake tulisan tangan acakadut anak SD pun mereka mau dateng. Aku terharu…

Bodohnya, aku ngga ngomong ke orangtuaku kalo aku ngundang teman-temanku ke rumah pas hari ulang tahunku. Aku ikutan adem ayem aja di rumah. Tentu saja, hebohnya pas hari H.

Sore-sore, salah satu temanku datang, dianter sama papanya. Sebut aja namanya Tomi. Aku masih inget bajunya rapi banget, kemeja putih, dasi kupu-kupu warna merah, celana pendek, dan sepatu. Mirip Conan Edogawa minus jas biru. Dia bawa kado, dan di depan pintu gerbang yang masih tertutup, dia manggil aku.

Aku keluar dari rumah, masih pakai baju kaos dan celana pendek rumahan. Aku sapa si Tomi, ngobrol sebentar, lalu Tomi ngasih aku kado yang dia bawa. Aku ngucapin terima kasih, lalu masuk lagi ke dalam rumah.

Udah. Gitu doang. Bahkan Tomi dan papanya ngga aku ajak masuk ke rumah.

Orangtuaku bingung dong. Papanya Tomi juga bingung. Orangtuaku bingung kok Tomi tumben main ke rumahku, bajunya rapi banget. Papanya Tomi bingung, katanya ada pesta ulang tahun, kok suasana rumah gini-gini doang, ngga ada balon atau apa kek gitu.

Ibuku lalu keluar rumah menemui Tomi dan papanya. Aku ngga gitu denger mereka ngobrol apa, tapi setelah itu ibuku berkali-kali bilang minta maaf. Bapak ikut nyusul ibuku ke pintu gerbang, lalu ikut minta maaf juga. Setelah Tomi dan papanya pulang, orangtuaku masuk rumah, lalu nanya ke aku.

“Kamu ngundang temen-teman sekelas?” tanya ibuku.

“Iya,” jawabku polos.

“Kenapa ngga ngomong ke Ibu?” kata ibuku lagi, panik. “Kan kita ngga ada bikin pesta ulang tahun! Mana si Tomi kamu tinggal di depan pintu gerbang, kan Ibu yang ngga enak jadinya! Bla bla bla…”

Malamnya, orangtuaku ke supermarket memborong banyak cemilan coklat dan permen, lalu dibungkus dalam plastik kecil-kecil dan diikat pita. Besoknya, aku dibantu Bu Guru membagi-bagikan cemilan itu ke teman-teman sekelas, sebagai perayaan ulang tahunku sekaligus permintaan maaf atas insiden undangan ulang tahun itu.

Entah mimpi apa orangtuaku punya anak bahlul macem aku…

How do you feel about this chapter?

0 2 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (1)
  • ditarina

    laah bangkrut dalam sekejap ortumu

Similar Tags
Topan yang Sopan
400      247     1     
Short Story
Beruntung, ketika insiden itu hendak terjadi, aku berada cukup jauh dari Topan. Sialnya, ketika insiden itu barusan terjadi, mendadak aku malu sendiri, hanya dengan melihat Topan mempermalukan dirinya sendiri.
Akselerasi, Katanya
550      290     4     
Short Story
Kelas akselerasi, katanya. Tapi kelakuannya—duh, ampun!
Teka-teki
244      128     2     
Short Story
PALSU
920      566     7     
Short Story
Fake! Kira-kira kayak apa sih kepalsuan yang aku hadapi? Ehh, salah deng! Bukan aku yang menghadapi, tapi dia. Hehe... Seorang kekasih yang tak sadar akan hal itu.
Diskon Tilang
286      174     0     
Short Story
Siapa pernah kena tilang dan dendanya dapat diskon?
Over panik
284      162     1     
Short Story
Kalian semua pasti pernah merasakan yang namanya panik. Gara gara kepanikan yang tidak terkontrol menciptakan perilaku yang kurang wajar.
Ritual Buang Mantan
306      193     2     
Short Story
Belum move on dari mantan? Mungkin saatnya kamu melakukan ritual ini....
Mobil Baru
448      205     1     
Short Story
Ngga tau ah: Gajelas
284      168     1     
Short Story
Bermula pas adekku dan temen deketku pulang kampung, entah kenapa aku malah sedih. Kenapa ya? Studi kasus: apa bener anak kos yang kelamaan gabut dirumah aja lebih dari sebulan bisa punya kemampuan untuk bicara dengan benda mati? Bantu jawab ya wkwk NB: Ini nama samaran semua ya wkwk
Jual Jimat Anti Corona
269      154     1     
Short Story
Desaku mendadak ramai akhir-akhir ini. Rumah kakek tua yang disebut-sebut sebagai dukun sakti, kini dipadati pasien karena spanduk "Jual Jimat Anti Corona" terpajang di depan rumahnya. Ya Gusti, musibah macam apa lagi ini?