Sesampainya di rumah, gue langsung rebahan di kasur. Capek banget rasanya nih kaki setelah dua jam dipaksa berdiri di lapangan sama pak Edi. Pasca ketangkepnya kami, temen-temen sekelas yang lain langsung dateng dan ikutan minta dihukum. Alhasil satu kelas dijemur deh dilapangan sampe jam pulang. Perasaan semua guru seneng banget pas tahu kami dihukum, bahkan bu Sulis yang harusnya ngajar PKN dijam terkahir menyerahkan jamnya buat dipake pak Edi guna menghukum kami.
Kami sih biasa aja, gak kesel-kesel amat justru bahagia karena setidaknya terbebas dari tugas kemarin yang kebetulan belum selesai.
Gue gak tahu udah berapa lama rebahan di kasur karena tiba-tiba aja pas gue liat jendela hari udah gelap yang artinya sekarang udah malem, eh buset!
Dengan kekuatan seribu bayangan, gue membelah diri untuk kemudian dibagi, gak deng gue becanda elah. Malas-malasan gue mengganti baju, kali ini seperti hari biasanya gue melewatkan mandi sore, bodo amat dibilang jorok lagian mandi gak mandi gue tetep aja cantik shay.
Setelah itu gue memutuskan buat pergi ke warung untuk nyari makan, berhubung cuaca malam ini agak dingin gue memilih untuk makan bakso aja 'kan enak dingin-dingin gini ketemu yang anget, asal jangan ketemu gebetan yang lagi jalan sama cewek lain aja karena jatuhnya bukan lagi anget tapi udah kebakar, terbakar api cemburu maksudnya.
"Bang baksonya semangkok ya, pentolnya banyakin ya bang tapi jangan nambah harga. Lagi bokek bang, mana bonyok gak di rumah, dimana lagi saya minta duit."
Abang Rojali cuma bisa manggut-manggut, dia udah terbiasa meladeni omongan gue yang seringkali asal ini, kebetulan juga dia pedangang bakso langganan gue sekeluarga.
"Emang bonyok ke mana neng?"
"Ke rumah paman di Metro soalnya ada hajatan, baru pulang besok."
Abang Rojali menyerahkan semangkok bakso ke gue, jelas gue sambut dengan tangan lebar karena perut udah bunyi mungkin para cacing sudah mulai demo minta makan.
Setelah selesai makan perut gue udah kenyang, jadi senyum-senyum sendiri deh gue sepanjang jalan. Lampu-lampu di pojokkan jalan terlihat menyala terang, ya iyalah kalo gak menyala berarti mati dong. Gue mengadah ke atas langit, bintang-bintang terlihat berkumpul diatas sana membuat pikiran goblok gue terlintas.
Mereka ngerumpiin apa ya diatas sana, jangan-jangan lagi ngerumpiin gue yang cantik ini lagi.
Entah kenapa malem ini gue males pulang, soalnya percuma gak ada orang yang menyambut kedatangan gue. Jadi gue memilih untuk rebahan dulu di jalan, tenang saudara-saudara gue rebahan bukan di jalan tol dimana mobil motor melintas dengan kecepatan brutal. Gue cukup pintar, jadi memilih rebahan di jalan sempit komplek rumah jadi gak akan ada kemungkinan motor mobil melintas, paling banter orang keluar masuk doang atau kalo lagi apes sepeda anak-anak komplek sini yang lewat.
Kedua tangan gue jadikan bantalan kepala, kedua kaki gue tekuk berdiri. Ah santai banget rasanya, ternyata rebahan di jalan itu enak juga ya apalagi pemandangan langit lagi bagus-bagusnya, bintang sama bulan keliatan jelas dikedua mata gue.
Gue merogoh kantung celana, iseng membuka personal chat line dengan Jivan.
JIGONG
Me: Woy
P
P
Jigong!
Jigong: Ape sih, nyampah aja lo! ????????
Me: Liat langit sekarang! Para bintang lagi gosipin gue. Mereka bilang, gue manusia tercantik di muka bumi ini ????
Jigong: Heleh. Gak ada kerjaan amat bintang gosipin lo, jangan sok hits deh ????????
Me: Ih gak percaya banget sih. Tanya sendiri sana kalo gak percaya.
Read.
Sialan, gue rasanya pengen maki tuh anak secara langsung. Chat gue cuma di read aja, sompret banget! Gue yakin dia pasti sengaja karena gak punya bahan buat ngeledek gue balik, tau gini mending gak usah chat dia sekalian.
Line.
Suara notif line membuat gue cepat-cepat melihat hp, ternyata chat dari Jivan. Gue langsung membuka personal chat yang sempet gue tinggalkan tadi, ada sebuah vidio yang dikirimnya, nih anak ngirim apaan lagi dah.
Awal vidio Jivan menyorot ke arah langit, kemudian terdengar suara gresek gresek gak jelas yang gue duga sebagai suara angin.
Woy bintang! Kalian gak ada kerjaan banget ya, gosipin temen gue. Jangan mentang-mentang lo di langit, gue gak bisa labrak ya. Tolong jangan nyebar fitnah tentang Ilo, buluk-buluk gitu temen gue tuh. Awas lo ya kalo fitnah temen gue cantik lagi, jangan keterlaluanlah!
Ilo bilang makasih ke gue sekarang.
Itu suara Jivan dalam vidio, vidio berdurasi 56 detik yang amat sangat tidak berguna sudah gue tonton. Kuota mahal gue terbuang percuma hanya untuk melihat dan mendengar kelaknatan seorang Jivan, Hell.
JIGONG
Me :Anjirr ???????? Kuota gue terbuang percuma, lo kalo mau ngehina gue secara langsung aja deh. Sumpah lo emang JIGONG TERLAKNAT!
Jigong: Hahaha. Mampus ???????? gue tau kalo harga kaca emang mahal, tapi gak gitu juga kali Ilo, sesekali berkacalah biar kita sama-sama tau disini yang paling laknat siapa ????????
Me: BODO AMAT!!!
Jigong: Amat aja bodo ????
Me: Makan nasi pake belut. MAKSUD!
Jigong: Enak dong, bagi ngapa.
Me: Beli, jangan kayak orang susah!
Jigong: Beliin dong kalo gitu ????
Me: Modal woy! Udah ah, gue mau balik dulu. Gak usah chat lagi, BYE!
Gue mematikan ponsel dan bergegas pulang, malam semakin larut kalo kata orang jaman dulu, pamali anak gadis berkeliaran sampai malam jadi gue memutuskan untuk pulang.
*****
Pagi-pagi sekali gue tiba di sekolah, keadaan masih sangat sepi hanya beberapa murid terlalu rajin seperti gue lah yang sudah datang. Kebanyakan mereka dateng pagi bukan karena rajin, pada dasarnya ada alasan tersembunyi dibalik itu contohnya adalah untuk menyalin pekerjaan rumah. Terbukti beberapa temen sekelas gue udah duduk anteng di bangku, mereka sedang bergerumul dengan buku besar di tengah-tengah mereka.
"Wuih sans kawan, negara api belum menyerang kok jadi jangan pada ribut-ribut." Ucap gue pada mereka yang sekarang sedang sibuk menyalin.
Gue tau ini lagi-lagi gak patut ditiru lagian gue juga gak menganjurkan kalian buat melakukan hal yang sama. Ini semua murni gue dan temen-temen lakukan buat kesenangan pribadi dan soal menyalin pekerjaan rumah tenang aja mereka gak cuman sekedar asal nulis tanpa tahu apa-apa. Kami semua sadar kalo nilai besar gak menjamin hidup bakal sukses kawan, jadi meski menyalin setelah itu baik gue atau yang lain pasti berusaha kembali mempelajarinya.
Bel masuk berbunyi bertepatan dengan mereka yang selesai menyalin, sekarang keadaan kelas udah kembali kondusif mengingat setiap pagi di sekolah kami semua yang muslim di wajibkan untuk membaca Al-Qur'an sedangkan yang bergama krtisten biasanya mereka dikumpulkan diaula untuk melakukan ibadah juga begitu juga untuk agama lainnya.
Setelah membaca Al-Qur'an dan menyimpan kembali ke dalam tas. Gue sekarang sedang sibuk membrondong Jivan dengan personal chat karena sampai sekarang dia belum juga sampai. Kebiasaan banget deh, kalo gak gue yang telat pasti dia. Klop banget kita jadi sohib.
"Jivan belom dateng?" Tanya Alifah yang gue jawab dengan anggukkan.
Alifah nanya kayak gitu bukan karena dia perhatian sama Jivan tapi karena ada maunya aja. Kemarin dia minta tolong sama Jivan buat ngasih kaos ke Rama, sekedar informasi aja Rama ini kakaknya Jivan yang kebetulan satu sekolahan dengan kami, Alifah naksir berat sama Rama sampe gue aja agak gak percaya karena biasanya Alifah gak bisa menetap sama satu cogan.
Berhubung Alifah temen gue, jadi gue dukung seratus persen keputusan dia buat suka sama Rama meski karena hal itu gue kerap kali beradu pendapat dengan Jivan, maklum aja Jivan tipikal adek protektif yang menyebalkan cuman tetep aja gue selalu menang.
"Selamat pagi dunia, Jivan yang ganteng baru sampe nih. Eza gelar karpet merah buru."
Baru aja gue omongin tuh anak, eh udah nongol aja sekarang. Mana tengil banget lagi gayanya, tangan gue jadi gatel pengen nampol.
"Apaan sih Ji, nyuruh-nyuruh gue. Ceban dulu sini." Sahut Eza.
Jivan udah gak mengubris ucapan Eza, dia sekarang beralih dengan pamerin giginya ke gue.
"Ngapain lo? Kering tuh gigi, Jigong!" Gue udah gak tahan, terpaksa tangan suci ini gue pake buat menoyor kepalanya.
"Liat prnya dong, iya iya Ilo."
Giliran ada maunya, sok manis banget nih anak. Dasar manusia penjilat, gue yang emang dasarnya baik hati dan gak tegaan sama orang-orang lemah macam dia jadi dengan gampang menyerahkan buku itu ke tangannya.
"Makasih, lo emang temen gue yang paling buluk." Dia menjawil hidung gue, sialan emang laknat banget!
"Buluk-buluk gini lo masih butuh gue, kenapa telat tadi?"
Jivan sok berpikir, terlihat dari kelakuannya yang menggigit-gigit pulpen. Gue hanya bisa mendengus sebal, seorang seperti dia memang gak ada pantes-pantesnya buat dibaikin.
"Komo lagi?" Tanya gue, sengaja mancing lagi biar Jivan jawab habis gue udah greget bener pengen nampol.
"Iyap, komo ngambek. Gue sedih banget, istri gue akhir-akhir sering ngambekan."
Gue menoyor kepalanya, sedang Jivan menatap gue dengan pandangan terluka.
"Kalo jomblo gak usah gitu-gitu amat, ngeri gue liatnya! Lagian bawalah komo ke bengkel mewah sekali-kali, beri dia kemewahan biar ngambek."
"Heleh, komo gak matre kaya lo!" Sungut Jivan.
"Lagian dibawa ke mang Jono juga udah luluh, gak seperti lo." Kembali Jivan memojokkan gue.
Gue jelas gak mau kalah dong, gue kembali mengeluarkan kalimat balasan.
"Bilang aja lu kere!"
"Bukan kere, gue tipikal orang yang setia. Kalo udah dibengkel mang Jono yaudah di sana terus gak bakal berpaling ke yang lain."
Hell, ngeles aja paling jago giliran di suruh belajar ngoyo.
"Pale lo setia, ngeles aja lo."
Jivan tersenyum miring, nah kalo udah gini pasti bakal ngeluarin kata pamungkas yang bikin gue kalah. Okay lo jual gue beli, santai shay.
"Kalo lo gak percaya, bisa langsung nyoba sendiri."
"Lo barusan nembak gue? Ih ogah, pait..pait.."
"Gue gak bawa pistol, jangan asal," Jivan tertawa kemudian kembali bicara "oh..gue paham, lo ngira omongan gue tadi pake perasaan. Becanda oy gue. Jangan baperlah."
Gigi gue bergemeletuk, menahan kesal. Dia pikir yang tadi itu lucu, sialan! Hati gue udah sakit banget rasanya, kayak dicabik-cabik, selama ini dia emang gak tau sama perasaan gue yang sebenarnya. Jadi serba salah.
Gue suka lo Jivan.
Gue cuma bia membatin, gak mungkin juga gue teriakin biar doi sadar. Mau orang-orang bilang sekarang jaman emansipasi sekalipun, gue gak ngaruh, pedoman gue tetep sama; cewek itu kodratnya dikejar bukan mengejar.
"Siapa juga yang baper. NGAREP LO JIGONG!" Gue berteriak, menyeruakan rasa kesal. Jivan baru saja mau membalas, terlihat dari bibirnya yang terbuka tapi bu Risma sudah keburu datang jadilah kami berdua hanya saling pandang.
Pelajaran Bahasa Indonesia yang bisanya berlangsung cepat entah kenapa sekarang terasa lamban. Gue bingung sendiri mau bersikap bagaimana, omongan Jivan tadi masih terngiang jelas dipikiran gue. Sakit coy, sakit banget tapi dilain sisi gue gak bisa nyalahin Jivan karena dia gak tau apa-apa.
Jivan sendiri sedari tadi gak bisa diem, sesekali mencuri pandang ke arah gue. Entah apa maksudnya, gue gak tau antara merasa bersalah atau justru bingung. Ah sial, gue jadi kikuk sendiri.
"Milo." Panggil Jivan, sebelumnya sekedar info aja nih. Jivan bakal manggil gue pake sebutan Milo kalo dalam keadaan merasa bersalah aja. Milo sendiri itu kepanjangan dari umi Ilo.
"Hmm." Balas gue singkat, sengaja pengen tau gimana reaksinya.
"Lo marah? Maafin gue dong, iya iya gue salah. Hukum aja nih." Jivan menyodorkan kupingnya, mengarahkan tangan gue ke arah kupingnya untuk minta dijewer.
Pengen ketawa deh jadinya, Jivan emang selalu bisa buat mood gue naik lagi.
"Itu yang di belakang, ngapain pegang-pegangan. Bukan mukhrim, jadi jangan berbuat mesum di kelas saya."
Buset, dipikir kita lagi berbuat mesum. Gile lu ndro, gue gak selaknat itu keles!
"Maaf bu, saya sama Ilo gak mesum. Lagian bentaran lagi juga kita bakal mukhrim, tunggu aja undangannya." Jawab Jivan lantang.
Ya Allah, tolong hamba. Gimana gue gak baperan kawan, lah ini Jivan sendiri yang mancing. Inget kata pepatah, gak ada asap kalo gak ada api jadi kesimpulannya baperan itu wajar wong ada raja gombalnya.
Kompak sekelas berteriak kata cie-cie, mendadak kelas jadi ramai karena sorak-sorai mereka. Gue cuma bisa menoyor kepala Jivan si biang kerok dari keributan kali ini.
"Diaminin Ilo, biar langsung dicatet sama malaikat. Lo siapkan jadi calon istri gue ntar?"
"OGAH!"
"Gue anggap iya karena biasanya cewek emang gitu, suka bolak-balik kata."
"Terserah, semerdeka lo aja!"
Jivan tertawa, menyubit pipi tembam gue. Ampun!! Kalo gue ini lilin udah meleleh kali. Ketawanya Jivan udah seperti obat penenang buat gue, duh gak bisa kebayang kalo nantinya senyuman itu hilang. Bisa nangis tujuh hari tujuh malam kali.
Stand by me, please!
Gue membatin.
Masih banyak typo dan campur aduk gaya bahasa. Mampir bentar doang, semoga bisa dirapiin lagi yah.
Comment on chapter Memori Masa Lalu