Read More >>"> Pangeran Benawa (Penaklukan Panarukan - 4) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Pangeran Benawa
MENU
About Us  

Sepeninggal Ki Patih Kusumanegara dan Ki Tumenggung Wilaguna, Sultan Trenggana memanggil pemimpin yang secara khusus membawahi para petugas sandi, Ki Tumenggung Suradilaga. Sejenak kemudian seorang lelaki yang bermata tajam dan berusia sama dengannya telah berdiri di hadapannya.

“Sebelum aku mengatakan apa yang akan menjadi tanggung jawabmu, katakan apa yang kau ketahui mengenai keadaan menuju Pajang, Ki Tumenggung Suradilaga,” berkata Sultan Trenggana.

Ki Suradilaga sejenak mengatur diri, kemudian ia menjawab,” jalan-jalan dan keadaan di sekitarnya tidak berbahaya. Itu adalah keterangan dari petugas sandi yang aku kumpulkan.” Ia terdiam sejenak. Lalu berkata selanjutnya,” meskipun para petugas sandi menyampaikan seperti itu, aku belum sepenuhnya dapat meyakini kebenaran keterangan mereka.”

“Apa yang terjadi dalam pasukan sandi yang kau pimpin?”

“Tidak ada, Kanjeng Sultan.”

“Lalu mengapa kau berkata tidak dapat meyakini kebenaran keterangan-keterangan dari petugasmu?” dahi Sultan Trenggana berkerut. Ia mengubah letak duduknya lalu berkata,” baiklah. Kita letakkan keraguanmu itu dalam lingkup yang lebih luas supaya aku dapat mengerti dari sudut pandang yang lain.”

Ki Tumenggung Suradilaga menarik nafas dalam-dalam. Kemudian katanya,” memang seperti itulah yang mereka katakan padaku. Dan sebagai pemimpin mereka, aku harus menerima laporan mereka. Akan tetapi, aku sendiri juga mempunyai cara lain yang dapat dijadikan sebagai pembanding setiap laporan yang tiba didepanku.”

Sultan Trenggana menangkap keraguan yang terpancar dari wajah Ki Tumenggung Suradilaga. Ia merenung sejenak kemudian berkata,” Ki Tumenggung, tidak ada salahnya bila kau katakan apa yang menjadi sebab keraguanmu. Dan aku yakin akan ada jalan keluar bila kau juga mengatakan laporan yang kau anggap sebagai pembanding.” Ia menarik nafas panjang. Dengan mata lurus menatap wajah Ki Suradilaga, Sultan Trenggana berkata lagi dengan tegas,” aku tidak meragukan kesetiaanmu. Atau mungkin justru kau telah mendapat informasi yang lebih penting?”

Jantung Ki Suradilaga berdentang lebih kencang dengan pertanyaan terakhir Sultan Trenggana. Sebenarnya ia memang telah mendengar satu dua rencana dari para petugas sandi. Akan tetapi, ia belum dapat melakukan tindakan penting karena keterangan itu, menurutnya, masih belum jelas tujuannya meskipun mulai mengguncang sendi-sendi tata keprajuritan.

“Kanjeng Sultan,” ia berkata kemudian. Agaknya Ki Tumenggung akan berkata dengan hati-hati agar Sultan Trenggana tidak salah memahami sehingga kemudian membuat keputusan yang salah. Ki Tumenggung melanjutkan,” aku mendapat keterangan yang berlainan dari para petugas sandi yang bertugas di setiap jengkal wilayah yang berada di antara Demak dan Pajang. Aku mendengar apabila ada satu atau dua pemimpin prajurit yang mempunyai keinginan yang berbeda dengan Kanjeng Sultan. Akan tetapi aku masih mendapat kesulitan untuk menembus dinding tebal yang berada di antara aku dan mereka. Sebenarnya aku telah menelusuri kebenaran berita itu sesaat setelah aku mendapat laporan. Dan sampai hari ini, aku harus mengakui jika mereka benar-benar mempunyai perhitungan yang masak pada setiap berita yang mereka hembuskan.”

Sulan Trenggana menyimaknya dengan dahi berkerut. Sesekali ia menarik nafas dalam-dalam. Sultan Trenggana masih meraba tentang sosok yang dimaksud oleh Ki Tumenggung Suradilaga.

Lalu Sultan Trenggana bertanya,” apa yang menjadi landasan pemikiranmu hingga menilai mereka sangat cakap dalam membuat perhitungan?”

“Saat ini, dalam pengamatanku, beberapa kelompok prajurit mulai mengalami gesekan-gesekan kecil. Maksudku adalah kelompok-kelompok prajurit sekarang tidak lagi mempunyai rasa kebersamaan dalam lapisan yang seperti dahulu atau beberapa bulan yang lalu,” Ki Tumenggung Suradilaga merasakan suaranya bergetar lain dari biasanya. Ada khawatir dalam hatinya jika keterangannya akan membuat Sultan Trenggana menjadi marah.

“Apakah mereka membuat kabar buruk tentang aku?”

“Tidak.”

“Apakah mereka menebar rasa takut pada rakyatku?”

“Tidak.”

“Lalu apa yang mereka katakan?”

“Mereka mengulang kata-kata Kanjeng Sultan tentang rencana penyerbuan ke wilaah timur. Lalu mereka menyertakan sejumlah pertanyaan yang sebenarnya sulit dijawab oleh para prajurit. Dan justru kesulitan untuk menjawab pertanyaan itulah yang membuat sendi keprajuritan menjadi retak. Beberapa lurah bahkan berani membantah perintah seorang rangga.”

Sultan Trenggana yang masih belum dapat menerima keterangan Ki Tumenggung Suradilaga kemudian bertanya,” bukankah aku telah katakan pada para pemimpin prajurit tentang alasan itu?”

“Benar. Kanjeng Sultan telah mengatakan itu pada kami semua.”

“Lalu mengapa para rangga dan tumenggung tidak menghukum mereka yang membangkang?”

“Kami bukan tidak berani menghukum mereka, Kanjeng Sultan,” Ki Suradilaga tidak meneruskan kata-katanya. Rasa bimbang menghampirinya.

“Katakan saja!”

Agak ragu-ragu Ki Tumenggung untuk berkata. Ia diam lalu membulatkan tekadnya sekalipun di kemudian hari sebagian pemimpin yang lain akan kecewa dengan sikapnya.

“Kanjeng Sultan, sebenarnya aku telah bersepakat dengan beberapa tumenggung untuk tidak mengatakan kabar tidak jelas itu di hadapanmu. Akan tetapi, sebagai pemimpin kami, Kanjeng Sultan juga berhak untuk mengetahui keadaan yang sedang berkembang,” desis Ki Tumenggung dalam hatinya.

“Katakan, Ki Suradilaga! Ki Tumenggung adalah seorang senapati yang dibanggakan para prajuritnya. Senapati telik sandi yang memiliki kecerdasan luar biasa. Seorang tumenggung yang akan mengorbankan apa saja demi kejayaan Demak,” tegas Sultan Trenggana berkata-kata. Sementara Ki Tumenggung Suradilaga membenamkan wajah dalam-dalam.

Kemudian Ki Suradilaga berkata,”Kanjeng Sultan, orang-orang ini telah menanyakan kesiapan Demak. Dan mengatakan pada para prajurit jika Demak sebenarnya tidak mempunyai persiapan dan kelengkapan yang dapat mengatasi kadipaten-kadipaten di daerah timur. Bahkan mereka mengatakan jika kemenangan Demak adalah pemberian dari para adipati untuk mencegah jatuhnya korban lebih banyak. Kata-kata mereka ini ternyata mampu mengusik nalar prajurit. Beberapa lurah bahkan berani untuk menolak perintah rangga untuk melakukan latihan gelar perang dan kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan persiapan Kanjeng Sultan.”

“Lalu kalian membiarkan pembangkangan itu terjadi?”

“Demikianlah, Kanjeng Sultan. Ketika seorang lurah mendapat hukuman, sejumlah prajuritnya berani mengangkat senjata dan hampir saja terjadi pertempuran di barak yang terletak di Kedungjati. Para prajurit itu secara nyata menawan empat orang anak buahku. Pada saat prajurit yang dikirim oleh Ki Patih telah tiba disana, seorang penghubung mengatakan padaku apabila telah terjadi peristiwa serupa di barak yang lain,” Ki Suradilaga mengambil jeda sejenak. Ia kemudian meneruskan,” untuk itulah Ki Patih meminta kami semua untuk tidak mengatakan peristiwa-peristiwa itu pada Kanjeng Sultan hingga kami dapat mengungkap sosok yang berada di balik pembangkangan di dua barak itu.”

“Mengapa Paman Patih tidak mengatakannya padaku?” Sultan Trenggana bertanya-tanya dalam hatinya.

“Ki Patih Kusumanegara tidak ingin setiap persiapan ke Panarukan menjadi terganggu. Setiap benturan antar prajurit akan membuat mereka semakin lemah,” kata Ki Tumenggung Suradilaga.

“Baiklah, aku akan berbicara dengan Paman Patih mengenai peristiwa itu,” kata Sultan Trenggana kemudian. Dentang dalam dadanya yang berpacu cepat itu kini mulai agak mengendap. Tatap mata tajam seperti menyiratkan kemarahan yang mulai padam. Ia berkata lagi,” kini aku akan katakan padamu. Aku minta kau berangkat ke Pajang dan menemui Adipati Hadiwijaya. Bawalah pusaka Sabuk Inten sebagai pertanda jika aku datang secara pribadi. Sampaikan padanya, aku mengundangnya datang ke Demak.”

Rasa terkejut memenuhi dada Ki Tumenggung Suradilaga. Ia dapat menduga jika mengundang Adipati Pajang merupakan pertanda ada kejadian atau rencana penting yang akan dikemukakan Sultan Trenggana. Akan tetapi ia tidak menyangka akan dibekali pusaka keramat Kesultanan Demak Bintara, Keris Sabuk Inten.

“Kemarilah!” perintah Sultan Trenggana yang telah berdiri dan memegang Keris Sabuk Inten. Ki Tumenggung Suradilaga beringsut maju setapak demi setapak. Tangan Ki Tumenggung Suradilaga bergetar hebat saat menerima pusaka dari tangan Sultan Trenggana. Kening Ki Tumenggung sedikit mengembun saat ia menyimpan dengan hati-hati pusaka itu ke sebuah kantung kulit yang kemudian ia selempangkan di depan dada.

“Ki Tumenggung,” kata Sultan Trenggana penuh wibawa sesaat setelah kembali ke tempat duduknya,” bagaimana menurutmu jika aku meminta Pajang mengirim pasukan untuk bergabung dengan Demak?”

Ki Tumenggung Suradilaga tidak segera menjawab. Pikirannya masih dilintasi pertanyaan mengenai landasan Sultan Trenggana dengan memberinya pusaka keraton sebagai pertanda kehadirannya. Tentu saja Ki Suradilaga menjadi heran dan bertanya-tanya karena masih banyak pusaka yang sebenarnya dapat menjadi wakil kehadiran pemimpin Demak. Meski begitu, akhirnya Ki Tumenggung segera mengalihkan perhatiannya pada pertanyaan yang diajukan Sultan Trenggana.

“Adipati Pajang sudah barang tentu akan senang dapat membantu Demak. Sebagai seseorang ayng pernah menjadi lurah wiratamtama, tentu saja Kanjeng Adipati Pajang akan dapat membantu Kanjeng Sultan menyusun rencana penyerangan,” jawab Ki Tumenggung Suradilaga.

“Begitukah?”

Ki Tumenggung Suradilaga menganggukkan kepala. Ia seolah mengingatkan Sultan Trenggana tentang seorang lelaki yang mempunyai ketajaman nalar di atas rata-rata dan ilmu kanuragan yang mungkin berjarak satu dua lapis dari Sultan Trenggana sendiri.

Sultan Trenggana mengangguk-angguk kecil. Lalu katanya,” kau tidak dapat segera mencapai Pajang dalam waktu yang singkat. Aku juga memintamu untuk mengamati sambil mengembangkan penelusuran untuk membuka singkap yang menutupi orang-orang yang kau katakan telah menebar benih keraguan dalam hati prajurit-prajuritku. Dan dalam perjalanan menuju Pajang, aku minta kau juga menempatkan satu dua orang yang dapat mengawasi keadaan yang mungkin saja dapat berubah. Maksudku, orang-orang itu dapat saja mengikutimu kemudian menyergap Angger Mas Karebet dalam perjalanan menuju kemari.”

“Aku perhatikan itu, Kanjeng Sultan!” tegas Ki Tumenggung Suradilaga menanggapi permintaan Sultan Trenggana.

“Nah sekarang berangkatlah. Tidak boleh ada seorang pun yang tahu kepergianmu ke Pajang. Lalu kau tunjukkan pusaka itu apabila kau telah berada di hadapan Angger Mas Karebet,” kemudian Sultan Trenggana meminta Ki Suradilaga maju lebih dekat, lalu mengatakan beberapa patah kata dengan berbisik. Sesekali Ki Tumenggung terlihat menganggukkan kepala dengan kening berkerut. Beberapa lama kemudian Sultan Trenggana bangkit berdiri dan melangkah keluar ruangan diikuti Ki Tumenggung Suradilaga beberapa langkah dibelakangnya.

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (1)
  • dede_pratiwi

    nice story broh. ditunggu kelanjutannya :)

    Comment on chapter Penaklukan Panarukan 1
Similar Tags
Sendiri
412      271     1     
Short Story
Sendiri itu menyenangkan
Pesona Hujan
918      489     2     
Romance
Tes, tes, tes . Rintik hujan kala senja, menuntun langkah menuju takdir yang sesungguhnya. Rintik hujan yang menjadi saksi, aku, kamu, cinta, dan luka, saling bersinggungan dibawah naungan langit kelabu. Kamu dan aku, Pluviophile dalam belenggu pesona hujan, membawa takdir dalam kisah cinta yang tak pernah terduga.
Bertemu di Akad
3330      938     1     
Romance
Saat giliran kami berfoto bersama, aku berlari menuju fotografer untuk meminta tolong mendokumentasikan dengan menggunakan kameraku sendiri. Lalu aku kembali ke barisan mahasiswa Teknik Lingkungan yang siap untuk difoto, aku bingung berdiri dimana. Akhirnya kuputuskan berdiri di paling ujung barisan depan sebelah kanan. Lalu ada sosok laki-laki berdiri di sebelahku yang membuatnya menjadi paling ...
Popo Radio
9176      1819     19     
Romance
POPO RADIO jadi salah satu program siaran BHINEKA FM yang wajib didengar. Setidaknya oleh warga SMA Bhineka yang berbeda-beda tetap satu jua. Penyiarnya Poni. Bukan kuda poni atau poni kuda, tapi Poni siswi SMA Bhineka yang pertama kali ngusulin ide eskul siaran radio di sekolahnya.
Melankolis
2746      1011     3     
Romance
"Aku lelah, aku menyerah. Biarkan semua berjalan seperti seharusnya, tanpa hembusan angin pengharapan." Faradillah. "Jalan ini masih terasa berat, terasa panjang. Tenangkan nafsu. Masalah akan berlalu, jalan perjuangan ini tak henti hentinya melelahkan, Percayalah, kan selalu ada kesejukan di saat gemuruh air hujan Jangan menyerah. Tekadmu kan mengubah kekhawatiranmu." ...
November Night
335      234     3     
Fantasy
Aku ingin hidup seperti manusia biasa. Aku sudah berjuang sampai di titik ini. Aku bahkan menjauh darimu, dan semua yang kusayangi, hanya demi mencapai impianku yang sangat tidak mungkin ini. Tapi, mengapa? Sepertinya tuhan tidak mengijinkanku untuk hidup seperti ini.
CINTA DALAM DOA
2110      842     2     
Romance
Dan biarlah setiap doa doaku memenuhi dunia langit. Sebab ku percaya jika satu per satu dari doa itu akan turun menjadi nyata sesungguhnya
Bintang Biru
2456      873     1     
Romance
Bolehkah aku bertanya? Begini, akan ku ceritakan sedikit kisahku pada kalian. Namaku, Akira Bintang Aulia, ada satu orang spesial yang memanggilku dengan panggilan berbeda dengan orang kebanyakan. Dia Biru, ia memanggilku dengan panggilan Bintang disaat semua orang memanggilku dengan sebutan Akira. Biru teman masa kecilku. Saat itu kami bahagia dan selalu bersama sampai ia pergi ke Negara Gingsen...
Masalah Sejuta Umat
1547      666     2     
Humor
Segelintir cerita yang mungkin mewakili perasaan banyak umat di muka bumi. Jangan di bawa serius! hanya berbagi pengalaman dari generasi yang (pernah) galau . Beragam pengalaman menarik kehidupan seorang pemuda pekerja di dunia nyata. Di bumbui sedikit kisah romantis dalam drama dunia kerjanya. Selamat menikmati kegalauan! 😊
Somehow 1949
8266      2011     2     
Fantasy
Selama ini Geo hidup di sekitar orang-orang yang sangat menghormati sejarah. Bahkan ayahnya merupakan seorang ketua RT yang terpandang dan sering terlibat dalam setiap acara perayaan di hari bersejarah. Geo tidak pernah antusias dengan semua perayaan itu. Hingga suatu kali ayahnya menjadi koordinator untuk sebuah perayaan -Serangan Umum dan memaksa Geo untuk ikut terlibat. Tak sanggup lagi, G...