Read More >>"> C L U E L E S S
Loading...
Logo TinLit
Read Story - C L U E L E S S
MENU
About Us  

Bingung? Sama. Ini yang dirasakan olehku, seorang gadis yang sedang dalam tahap "transisi" dari masa remaja menuju dewasa. WOW. time flies huh? Rasanya kemarin aku masih bertukar kartu "love and berry'' dan bermain "feeding frenzy" di komputer tabungku, sekarang aku harus menghadapi realita kehidupan remaja yang cukup dramatis.

Oke, aku tidak akan menceritakan betapa dramatisnya hidup seorang remaja, itu sangat membosankan, monotone, dan mainstream. Aku juga tidak akan menceritakan pencarian jati diriku yang tak kunjung usai, yang ku bingungkan sekarang adalah, apa bakatku? Bakat. iya bakat. Pertanyaan yang mungkin untuk orang sepertiku merasa otak dan pikirannya kosong melompong. Itu lah pertanyaan yang keluar dari guru BK-ku, Bu Husni. Saat kulihat keliling kelas, aku bersyukur. Kenapa? karena bukan hanya aku yang tidak menemukan jawaban dari pertanyaan itu, semua teman sekelasku mencerminkan wajah "mana-ku-tahu" atau "mana-ku-peduli" ya beda tipis. Ada yang matanya melihat entah kemana, ada yang tidur, ada yang ngobrol, sejujurnya yang mendengarkan Bu Husni hanya 30% dari murid di kelasku. Mendengar sebentar pertanyaannya, mikir sedikit, gatau jawabannya, yaudah lanjut ke aktifitas ngobrol dan sebagainya. Aku bertanya pada teman sebangku-ku, Vanya. "bakatmu apa?" "gatau ah gapenting" jawabnya cuek. "iya juga sih" pikirku singkat. "Van, menurut kamu bakatku apa?" "yah kamu mah multitalented......makan sambil ngupil bisa, tidur bisa....ngarang bisa....'' jawab Vanya santai. "Asal banget......." jawabku pasrah mendengar jawaban dari teman sebangkuku sendiri. Mungkin dia benar, tapi aku saja yang kurang percaya diri dengan "statement" itu.

Sesampainya di rumah aku mencium bau yang menggugah selera dari dapur, aku langsung bergegas ke dapur dan bertanya pada ibuku. "bu bakatku apa sih?" tanyaku heran, "Ya kamu pikir-pikir aja kira-kira apa" jawabnya santai sambil memotong brokoli. Pikir-pikir aja. Apanya yang dipikir? Bakatku. Ugh, jawabannya hanya berputar-putar dan tidak menemukan jawaban yang pasti. "Ding, Dong, Ding, Dong" nah suara bel itu! pasti ayahku sudah pulang. Mungkin ia akan menjawab pertanyaan yang sangat menganggu pikiranku hari ini. Saat ayahku sampai, aku langsung mengambil tas laptopnya dan membawanya ke ruang kerjanya dengan semangat. "Wah kesambet apa kamu jadi baik begini sama Ayah? hahahaha" sahut ayahku sambil tertawa kecil. "Gini Yah, jadi tadi si sekolah itu guru BK nanya ke murid-murid di kelas. Bakat kita itu apa? Nah aku tuh bingung, bakat aku sebenarnya itu apa? Makanya, aku antusias banget nanya ke Ayah tentang bakat aku. Kira-kira ayah tahu gak bakat aku apa?" aku pun menjelaskannya dengan antusias. "Aduh kalau itu mah Ayah juga kurang tahu.......hehehe, kan yang punya bakat kamu, kenapa tanya Ayah?" Jawab Ayah dengan diselingi sedikit tertawa geli. Ternyata dugaanku salah bahwa Ayahku mengetahui apa bakatku. Berarti sampai sekarang aku belum menemukan jawaban dari pertanyaan Bu Husni.

Hari demi hari mulai berlalu, berubah jadi minggu ke minggu, aku masih belum menemukan apa bakatku. Mungkin ini akhir dari perjalanan pencarian bakatku, mungkin sekarang aku harus mulai menerima diriku apa adanya, dengan atau tanpa bakat. Tetap aku yang sama kan? Aku sudah mulai melupakan pertanyaan yang di lontarkan oleh Bu Husni beberapa minggu yang lalu dan mulai menjalani kehidupan seorang pelajar pada umumnya. Aku tidak ingin hari-hariku terganggu hanya karena satu pertanyaan itu, lebay sih hehehe emang. Tugas dan ulangan sudah mulai menumpuk, kerja kelompok dan presentasi tak kunjung usai. Otakku rasanya sudah meledak jauh sebelum aku lulus SMA. Para murid sangat malas mengerjakan tugas, khususnya pelajaran yang satu ini, Seni Budaya. Yap, Seni Budaya......pelajaran menggambar, mewarnai dan seni kriya bak anak TK. Aku heran dengan teman-temanku yang tidak suka mengerjakan tugas yang satu ini, bahkan menurutku ini tugas yang paling mudah dan tidak banyak berfikir. Bahkan teman-temanku rela merogoh isi dompetnya agar tugasnya dikerjakan oleh orang lain. Gila kan? se-ogah itukah mereka? Lain halnya denganku, aku sangat menikmati proses menggambar dan mewarnai ini, rasanya tanpa disuruh pun aku juga mau mengerjakannya dengan sepenuh hati. Beberapa temanku juga meminta bantuanku untuk menggambar beberapa hal, seperti pemandangan alam, dan bagian tubuh manusia. "Bantuin gambar tangannya dongg, jelek banget nih..." keluh Vanya dengan wajah semrawutnya. Akupun hanya tersenyum dan mengambil pensil mekanikku dan mulai menggambar tangan. "Eh, kamu tuh jago tahu gambar-gambar kayak gini, tuh liat aja gambar tangan aku udah kayak disengat tawon, sedangkan gambar kamu kayak tangan beneran!!! kan keren banget!" pujian itu terlontar dari mulut Vanya, tapi aku hanya tertawa dan berkata "Ah lebay aja kamu Van, biasa gini gambarnya kamu lebih-lebihin. Kamu juga gak kalah bagus kok gambarnya." "Ah kamu mah suka merendah untuk meroket! dasar nyebelin" Vanya melanjutkan omelannya "kamu tuh harusnya bersyukur bisa gambar kayak gini.....eh btw, makasih loh ya hehe gambar tangannya jadi bagus." lanjut Vanya cengengesan. Setelah aku menggambar tangan di kertas Vanya, tanpa kusadari banyak teman sekelasku yang memperhatikanku dan mulai berdatangan satu per satu memohon untuk dibantu dalam mengerjakan tugas menggambar bebas ini. "Bantuin dongg, please.....aku bayar deh, mau berapa? 10 ribu? 20 ribu? 30 ribu? atau 50 ribu? sebut aja berapaa, yang penting kamu kerjain punya aku ya yaa?" sahut seorang teman di ujung kelas. "Ini nih kerjain punya gue deh, 10 ribu aja ya? gue lagi bokek nih soalnya hehehe..." terdengar beberapa segerombolan laki-laki di sebelahku meminta agar dikerjakan tugasnya. WOW. Kenaoa jadi hectic begini?? kenapa tiba-tiba satu kelas memintaku untuk mengerjakan tugas Seni Budaya ini, sebelumnya bahkan tidak ada yang tahu bahwa aku bisa menggambar. Sekarang rasanya satu kelas ini tahu aku bisa menggambar. "Hei! Hei! tunggu, ada apa ini? kenapa tiba-tiba kalian memintaku untuk mengerjakan tugas ini? Bahkan kalian rela untuk membayarnya?" Teriakku heran dengan perilaku teman-teman sekelasku ini. "Jadi......tadi itu Vanya ngumpulin tugas gambarnya, terus pada lihat gambarnya. Dan gambarnya bagus banget! Vanya juga akhirnya dapet nilai 90, terus pas ditanya itu gambar siapa, dia ngakunya itu gambar sendiri. Tapi pas disuruh gambar ulang dia malah gabisa, akhirnya dia ngaku kalau yang gambar itu kamu.....dan akhirnya kita semua mau kamu gambarin....gitu..." jawab Selina yang suaranya makin mengecil. Aku pun memutuskan untuk "membantu" teman sekelasku untuk menggambar, tapi bukan untuk "mengerjakan" semua gambar tersebut. Aku juga tidak memungut biaya sepeserpun, ini aku lakukan karena aku hanya ingin membantu. Hari itu pun aku tahu, bakatku adalah menggambar. Walaupun aku tidak ingin menjadi pelukis, atau semacamnya, tapi menggambar sudah ada dalam darahku.

Walaupun menggambar adalah bakatku, tapi cita-citaku menjadi akuntan di sebuah perusahaan besar. Aku sangat suka pelajaran ekonomi, dan berhitung. Walaupun hitunganku kadang ngaco, tapi namanya juga belajar, wajar salah bukan? Lalu apa gunanya bakatku sekarang kalau cita-citaku menjadi akuntan? aku masih belum menemukan korelasinya. Guru BK-ku juga belum. Teman-temanku juga belum. Jadi apa intinya? Intinya adalah, apapun bakatmu itu.........yang sudah jelas ataupun masih terkubur entah dimana itu......percayalah nanti juga akan terlihat dan yang dibutuhkan di masa depan bukanlah semata-mata hanya bakat, melainkan keterampilan, kepercayaan diri dan masih banyak lagi. Jadi teman-temanku, tidak usah merasa bingung apa bakatmu. Karena itu hanya salah satu dari banyak aspek yang dibutuhkan nanti dalam kehidupan.

How do you feel about this chapter?

3 2 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Supardi dan Supangat
1515      679     1     
Humor
Ini adalah kisah Supardi dan Supangat si Double S yang Bermukim di Kampung Mawar. Keduanya bagaikan GALIH DAN RATNA yang selalu bersama mengukir kenangan (ceuilehh.. apasih) Terlahir dari rahim yang berbeda tetapi takdir mempertemukan mereka dengan segala ke-iba-an yang melanda
Kepak Sayap yang Hilang
60      56     0     
Short Story
Noe, seorang mahasiswa Sastra Jepang mengagalkan impiannya untuk pergi ke Jepang. Dia tidak dapat meninggalkan adik kembarnya diasuh sendirian oleh neneknya yang sudah renta. Namun, keikhlasan Noe digantikan dengan hal lebih besar yang terjadi pada hidupnya.
Stuck In Memories
13125      2261     16     
Romance
Cinta tidak akan menjanjikanmu untuk mampu hidup bersama. Tapi dengan mencintai kau akan mengerti alasan untuk menghidupi satu sama lain.
REMEMBER
3842      1191     3     
Inspirational
Perjuangan seorang gadis SMA bernama Gita, demi mempertahankan sebuah organisasi kepemudaan bentukan kakaknya yang menghilang. Tempat tersebut dulunya sangat berjasa dalam membangun potensi-potensi para pemuda dan pernah membanggakan nama desa. Singkat cerita, seorang remaja lelaki bernama Ferdy, yang dulunya pernah menjadi anak didik tempat tersebut tengah pulang ke kampung halaman untuk cuti...
Teori Membenci
533      387     4     
Inspirational
Terkadang sebuah pemikiran bijak suka datang tiba-tiba. Bahkan saat aku berdiri menunggu taksi di pinggir jalan.
Gagal Menikah
4128      1345     4     
Fan Fiction
Cerita ini hanya fiktif dan karanganku semata. Apabila terdapat kesamaan nama, karakter dan kejadian, semua itu hanya kebetulan belaka. Gagal Menikah. Dari judulnya udah ketahuan kan ya?! Hehehe, cerita ini mengkisahkan tentang seorang gadis yang selalu gagal menikah. Tentang seorang gadis yang telah mencoba beberapa kali, namun masih tetap gagal. Sudut pandang yang aku pakai dalam cerita ini ...
Lost Daddy
4160      895     8     
Romance
Aku kira hidup bersama ayahku adalah keberuntungan tetapi tidak. Semua kebahagiaan telah sirna semenjak kepergian ibuku. Ayah menghilang tanpa alasan. Kakek berkata bahwa ayah sangat mencintai ibu. Oleh sebab itu, ia perlu waktu untuk menyendiri dan menenangkan pikirannya. Namun alasan itu tidak sesuai fakta. AYAH TIDAK LAGI MENCINTAIKU! (Aulia) Dari awal tidak ada niat bagiku untuk mendekati...
Black World
1398      648     3     
Horror
Tahukah kalian? Atau ... ingatkah kalian ... bahwa kalian tak pernah sendirian? *** "Jangan deketin anak itu ..., anaknya aneh." -guru sekolah "Idih, jangan temenan sama dia. Bocah gabut!" -temen sekolah "Cilor, Neng?" -tukang jual cilor depan sekolah "Sendirian aja, Neng?" -badboy kuliahan yang ...
Special
1223      675     1     
Romance
Setiap orang pasti punya orang-orang yang dispesialkan. Mungkin itu sahabat, keluarga, atau bahkan kekasih. Namun, bagaimana jika orang yang dispesialkan tidak mampu kita miliki? Bertahan atau menyerah adalah pilihan. Tentang hati yang masih saja bertahan pada cinta pertama walaupun kenyataan pahit selalu menerpa. Hingga lupa bahwa ada yang lebih pantas dispesialkan.
Dear Vienna
334      253     0     
Romance
Hidup Chris, pelajar kelas 1 SMA yang tadinya biasa-biasa saja sekarang jadi super repot karena masuk SMA Vienna dan bertemu dengan Rena, cewek aneh dari jurusan Bahasa. Ditambah, Rena punya satu permintaan aneh yang rasanya sulit untuk dikabulkan.