Read More >>"> Young Marriage Survivor (PROLOG) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Young Marriage Survivor
MENU
About Us  

Baru kali ini Galih merasakan gugup ketika berhadapan dengan Papanya. Apalagi saat ini ia hanya berdua di ruang kerja Papanya dengan pintu tertutup dan pembicaraan serius antar pria. Lelaki yang masih berstatus sebagai mahasiswa semester dua itu bahkan tidak berani mengangkat kepalanya. Dibiarkan kedua tangannya meremas pelan lutut yang tak henti bergetar.

“Jujur sama Papa! Kamu menghamili pacarmu?”

Bambang –Papa Galih- segera curiga ketika Galih dengan tiba-tiba meminta restu untuk menikahi pacarnya. Pria itu tidak habis pikir dengan jalan pikir anak sulungnya itu. Di saat lelaki sebayanya masih menikmati kebebasan, anaknya malah memilih untuk terikat dengan anak gadis orang lain.

Galih hanya mampu menghela napas mendengar pertanyaan Papanya. Nikah muda memang identik dengan married by accident. Tapi selama ia berpacaran, hal yang paling intim mereka lakukan sebatas mencium kening dan pipi.

“Kia gak hamil, Pa. Galih juga gak pernah melakukan hal-hal yang menyebabkan Kia hamil,” ucapnya dengan tegas.

Bambang memijat pelipisnya, pusing mulai mendera kepalanya. Bisa saja ini pertanda bahwa hipertensinya kambuh lagi. “Papa masih gak paham alasan kamu meminta ijin untuk menikahi Kia.”

“Galih pacaran dengan Kia sejak SMP, Pa. Kami sudah empat tahun berpacaran. Galih gak mau pacaran lebih lama lagi, Galih ingin benar-benar bertanggung jawab kepada Kia sebagai suaminya.”

Kisah percintaan Galih dan Kia seperti pasangan remaja lainnya. Bertemu di sekolah – timbul benih-benih cinta – berpacaran. Kia adalah adik kelas Galih, umur mereka hanya selisih satu tahun. Hubungan mereka bisa dikatakan cukup langgeng bahkan menjadi salah satu relationship goals versi alumni sekolah keduanya.  

“Kamu masih sembilan belas tahun kalau kamu lupa.” Bambang mengingatkan Galih mengenai keputusannya menikahi Kia.

Galih merapatkan bibir dan juga kedua lututnya. “Sembilan belas tahun sudah legal menikah di Indonesia, Pa.”

Bambang hanya bisa geleng-geleng kepala mendengar bantahan anak sulungnya. “Kia yang memaksa kamu menikahi gadis itu?”

Galih sontak mengangkat kepalanya. “Ini murni keputusan Galih, Pa. Malah Galih yang meyakinkan Kia untuk menikah dengan Galih.”

“Terus dia mau-mau aja nikah sama kamu?”

Galih mengangguk.

Sebenarnya Kia juga tidak kalah kaget ketika Galih meminta gadis itu untuk menjadi istrinya. Pasalnya selama ini Kia tidak pernah berpikiran sejauh itu. Ia hanya merasa hubungannya dengan Galih seperti hubungan asmara remaja kebanyakan. Awalnya gadis itu menolak sebelum ia dihadapkan oleh Galih pada dua pilihan. Putus atau menikah.

“Kamu mau kasih dia makan apa? Kamu sanggup bayar biaya kuliah dia? Sudah kamu pikirkan itu?”

Rentetan pertanyaan dari Bambang sukses membuat Galih terenyak. Meskipun ia sudah memikirkan apa yang ditanyakan oleh Papanya tetapi jika ditanya dengan tatap muka begini Galih juga sedikit ciut untuk menjawabnya.

“Sudah, Pa. Galih akan kerja keras untuk memenuhi kebutuhan Galih dan Kia,” jawab Galih setelah berusaha menelan segumpal ludah yang tiba-tiba tersangkut di tenggorokannya.

“Kamu sudah berapa lama memikirkan keputusanmu?”

“Tiga bulan terakhir, Pa.”

Bambang kembali memijat pelipisnya. Galih memang keras kepala seperti dirinya. Sedikit mustahil untuk meredam atau bahkan menentang keinginan Galih. Apalagi selama ini Galih menjadi anak baik yang selalu menuruti dan mendengarkan nasihatnya. Bambang ragu kali ini Galih mau untuk menunda keputusannya untuk menikahi kekasihnya.

“Papa kasih waktu seminggu lagi untuk berpikir. Menikah itu tidak hanya senang-senang melakukan segala hal berdua, nikah itu gak melulu enak Gal,” putus Bambang.

Sebelum beranjak dari kursi kerjanya, Bambang kembali menatap tajam kepada anaknya. “Sebagai pertimbangan, jika kamu memang benar-benar tetap ingin menikah, syarat dari Papa ada dua. Pertama, kamu harus tetap menyelesaikan kuliahmu. Kedua, Papa akan melepas tanggung jawab sepenuhnya terutama dalam hal finansial. Asal kamu tahu, salah satu kewajiban suami adalah memenuhi nafkah keluarga.”

Bahu Galih yang semula tegang langsung merosot ketika Bambang keluar dari ruangannya. Ada rasa lega juga berat di dalam dadanya. Kepalanya berputar memikirkan segala konsekuensi yang harus ia hadapi ketika mengambil keputusan untuk menikahi Kia. Galih menyandarkan kepalanya di bahu sofa, sejenak memjamkan kepalanya berharap ia dapat melewati segalanya.

***

Halo!

Cerita baru sudah resmi dirilis! Semoga waktu pengerjaannya gak selama cerita yang sebelumnya.

 Aku bawa cerita mengenai nikah muda tetapi bukan nikah muda yang menye-menye dan isinya seneng-seneng aja atau isinya melulu tentang cemburu-cemburuan. Di cerita ini aku mencoba menghadirkan esensi menikah, kewajiban suami dan istri, juga hal-hal lainnya. Iya, aku memang belum menikah. Tapi harapannya lewat cerita ini aku bisa menggambarkan kemantapan menikah versiku.

Untuk soundtrack cerita ini adalah Forever Survivor milik Far East Movement.

Pasuruan, 10 Juni 2018

How do you feel about this chapter?

0 1 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (2)
  • orenjiflower

    Hai @reik
    Aku gatau kenapa chapternya bisa kosong, padahal statusnya terpublish dan di draftnya ada isinya :(
    Maaf atas ketidaknyamanannya, barusan aku publish ulang dan setelah aku cek isinya udah ada.
    Happy reading :)

    Comment on chapter [1] Bu, Aku Mau Menikah
  • reik

    Chapter 2 nya kosong ya?

    Comment on chapter [1] Bu, Aku Mau Menikah
Similar Tags
Koude
2850      1048     3     
Romance
Menjadi sahabat dekat dari seorang laki-laki dingin nan tampan seperti Dyvan, membuat Karlee dijauhi oleh teman-teman perempuan di sekolahnya. Tak hanya itu, ia bahkan seringkali mendapat hujatan karena sangat dekat dengan Dyvan, dan juga tinggal satu rumah dengan laki-laki itu. Hingga Clyrissa datang kepada mereka, dan menjadi teman perempuan satu-satunya yang Karlee punya. Tetapi kedatanga...
Wannable's Dream
31882      4610     42     
Fan Fiction
Steffania Chriestina Riccy atau biasa dipanggil Cicy, seorang gadis beruntung yang sangat menyukai K-Pop dan segala hal tentang Wanna One. Dia mencintai 2 orang pria sekaligus selama hidup nya. Yang satu adalah cinta masa depan nya sedangkan yang satunya adalah cinta masa lalu yang menjadi kenangan sampai saat ini. Chanu (Macan Unyu) adalah panggilan untuk Cinta masa lalu nya, seorang laki-laki b...
In the Name of Love
630      374     1     
Short Story
Kita saling mencintai dan kita terjebak akan lingkaran cinta menyakitkan. Semua yang kita lakukan tentu saja atas nama cinta
Dramatisasi Kata Kembali
634      312     0     
Short Story
Alvin menemukan dirinya masuk dalam sebuah permainan penuh pertanyaan. Seorang wanita yang tak pernah ia kenal menemuinya di sebuah pagi dingin yang menjemukan. \"Ada dalang di balik permainan ini,\" pikirnya.
Meja Makan dan Piring Kaca
44334      6279     53     
Inspirational
Keluarga adalah mereka yang selalu ada untukmu di saat suka dan duka. Sedarah atau tidak sedarah, serupa atau tidak serupa. Keluarga pasti akan melebur di satu meja makan dalam kehangatan yang disebut kebersamaan.
MANGKU BUMI
94      86     2     
Horror
Setelah kehilangan Ibu nya, Aruna dan Gayatri pergi menemui ayahnya di kampung halaman. Namun sayangnya, sang ayah bersikap tidak baik saat mereka datang ke kampung halamannya. Aruna dan adiknya juga mengalami kejadian-kejadian horor dan sampai Aruna tahu kenapa ayahnya bersikap begitu kasar padanya. Ada sebuah rahasia di keluarga besar ayahnya. Rahasia yang membawa Aruna sebagai korban...
Dunia Tiga Musim
2652      1110     1     
Inspirational
Sebuah acara talkshow mempertemukan tiga manusia yang dulunya pernah bertetangga dan menjalin pertemanan tanpa rencana. Nda, seorang perempun seabstrak namanya, gadis ambivert yang berusaha mencari arti pencapaian hidup setelah mimpinya menjadi diplomat kandas. Bram, lelaki ekstrovert yang bersikeras bahwa pencapaian hidup bisa ia dapatkan dengan cara-cara mainstream: mengejar titel dan pre...
Mawar Putih
1372      711     3     
Short Story
Dia seseorang yang ku kenal. Yang membuatku mengerti arti cinta. Dia yang membuat detak jantung ini terus berdebar ketika bersama dia. Dia adalah pangeran masa kecil ku.
Premium
From Thirty To Seventeen
5475      2708     11     
Romance
Aina Malika bernasib sial ketika mengetahui suaminya Rayyan Thoriq berselingkuh di belakangnya Parahnya lagi Rayyan langsung menceraikan Aina dan menikah dengan selingkuhannya Nasib buruk semakin menimpa Aina saat dia divonis mengidap kanker servik stadium tiga Di hari ulang tahunnya yang ke30 Aina membuat permohonan Dia ingin mengulang kehidupannya dan tidak mau jatuh cinta apalagi mengenal R...
Mimpi Membawaku Kembali Bersamamu
556      386     4     
Short Story
Aku akan menceritakan tentang kisahku yang bertemu dengan seorang lelaki melalui mimpi dan lelaki itu membuatku jatuh cinta padanya. Kuharap cerita ini tidak membosankan.