Bangsa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke dan dari Nias sampai Rote dengan sejuta keberagaman di dalamnya. Kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya bangga dapat menjadi bagian dari Negara yang kaya akan keberagaman yaitu Suku, Agama, Bahasa, Kebudayaan, dan masih banyak yang lainnya. Dengan hal ini, kita harus bersatu menjadi satu kesatuan agar dapat menjadi bangsa yang kokoh dan tidak mudah terpecah belah oleh pengaruh dari bangsa lain. Maka dari itu kita mempunyai semoboyan yang selalu dipegang teguh sebagai alat pemersatu bangsa yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu.
Jati Diri suatu bangsa dapat dilihat dari kebudayaan yang mereka miliki dari masyarakatnya. Kita memiliki berbagai macam kebudayaan dari setiap daerah. Kebudayaan-kebudayaan daerah ini pada dasarnya adalah juga sebagai Kebudayaan Nasional bangsa Indonesia. Sebagai Generasi Penerus Bangsa kita tidak boleh melupakan kebudayaan daerah kita sendiri yang lama-kelamaan dapat punah akibat tidak ada lagi orang yang mau mempelajari kebudayaan daerah mereka.
Jadi, tetaplah ingat tentang kebudayaan daerahmu jangan sampai kamu melupakannya dan tidak mau untuk melestarikannya. Karena Budaya Bangsa Indonesia merupakan Jati Diri Bangsa Indonesia.