Read More >>"> I love you & I lost you (Bagian 16 | Mama) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - I love you & I lost you
MENU
About Us  

Siang ini Salim meminta Arina untuk menemaninya berkunjung ke makam mamanya, ini memang sudah menjadi kegiatan rutin Salim setiap minggunya untuk datang kesini, bedanya sekarang sudah ada teman untuk menemaninya.

Salim menebarkan beberapa bunga-bunga segar yang dia beli di perjalanan tadi dan membasuhkan air ke makam mamanya, lalu membersihkan beberapa tumbuhan-tumbuhan kecil yang tumbuh liar. Setelah semuanya selesai barulah Salim mendoakan mamanya yang sudah tenang di sisi Tuhan. Ini adalah kedua kalinya Arina diajak ke makam, bedanya kunjungan pertamanya adalah karena ketidaksengajaan seorang Salim yang tiba-tiba memintanya kesini dan di kunjungan kedua ini benar-benar adalah hasil ketidaksengajaan dari momen itu sampai hal ini terulang. 

“Ma, Salim kangen mama tau, oh iya ma, sekarang ada seseorang yang pernah Salim bawa kesini juga, orangnya kalo senyum kaya mama, sama-sama manisnya, tapi tetap manis senyumnya mama si. Namanya Arina, Ma. Mama pasti udah kenal, soalnya dia sering main ke galeri terus ngeliatin foto mama, terus ngadu ke mama kalo Salim nyebelin. Aneh ya ma, padahal yang nyebelin dia.” Panjang Salim bercerita,

Di tengah Salim bercerita, Arina mencubit Salim karena mengatakan kalau dirinya menyebalkan. Salim meringis namun senang kalau membuat Arina seperti ini. Di saat Salim melanjutkan bercerita, Arina sontak merindukan sosok ibunya, sebuah momen manis bersama ibunya terputar ulang di dalam ingatannya, tiba-tiba air matanya jatuh menetes yang tak sengaja mengenai tangan Salim, dia mengira hujan tapi ternyata Arina yang sedang menangis. 

“Na, kok nangis? gara-gara aku ngomong kalau kamu nyebelin ya? Ih kamu ga nyebelin kok, Na, beneran, jangan nangis dong,  Na.” Ucap Salim panik.

Arina menghiraukan ucapan Salim dan kembali terisak, Salim semakin panik lalu dirinya memeluk Arina berusaha menenangkannya.

“Aku kangen mama, Lim. Aku kangen kaya dulu sama mama.” Ucap Arina yang masih terisak, Salim terus memeluknya untuk sedikit membuat Arina tenang lalu membawanya pergi dari pemakaman.

Di dalam mobil pun Arina masih diam, dia belum cerita apa-apa tentang ibunya. Salim mengerti bahwa dia mungkin masih butuh waktu, kemudian Salim menjalankan mobilnya untuk mengantar Arina pulang, Salim tidak akan menanyakan apapun dulu tentang ibunya, sampai dia yang siap sendiri untuk cerita. 

“Lim, maaf udah nangis waktu lagi berkunjung ke makam mama kamu.” 

“Gapapa, Na. Aku gak marah, udah kamu tenangin diri dulu, ya.” 

****

Kedai kopi bertuliskan “bersinggah” adalah kunjungan pertama Arina dan Salim ke tempat ini. salim menganggap ini sebuah kencan padahal mereka belum jadian dan Arina tidak terima jika Salim menyebut ini dengan kata kencan. Perdebatan sudah terjadi dari tadi sejak di perjalanan kesini. Namun Salim tetaplah Salim yang menyebalkan tanpa tanding.

Suasana pepohonan yang memberi udara segar menambah suasana healing menjadi menyenangkan. Arina memesan kopi gula aren yang sudah menjadi minuman favoritnya sejak kala itu. Sedangkan Salim memesan susu coklat panas dan beberapa makanan serta cemilan lainnya. 

“Kamu gak suka kopi?” Tanya Arina,

“Aku sukanya kamu, Na.” Jawab Salim dengan spontan dengan wajah polosnya itu wajah yang seperti ingin di pukul.

“Aku nanya serius, Lim.” 

“Aku juga serius, tapi kalau kamu nanya aku suka kopi apa engga, aku jawab engga.” 

“Kenapa gak suka kopi?” 

“Ya karena aku udah suka susu coklat, dan gamau coba yang lain lagi.”

Arina terheran-heran dengan jawaban Salim ini, dia terheran kenapa ada orang sesetia itu meskipun dengan minuman. Salim memang unik sedikit menyebalkan namun banyak menyenangkannya.

Pesanan mereka sudah datang dan mereka mulai menyantap satu persatu hidangan di hadapan mereka, entah pikiran tentang Arkan selalu terlintas di saat-saat yang tidak seharusnya seperti ini. Mungkin karena kopi yang di pesannya ini punya kenangan dengan Arkan. 

Momen bersama Arkan terputar kembali, di mana waktu itu, Arina yang tidak tahu tentang kopi dan asal memesan saja, sampai tiba-tiba Arkan menukar kopi miliknya untuk Arina.

“Minum kopi punyaku saja, kopi mu ini pahit. Biar aku saja yang minum.” ucapnya kala itu, 

Salim menghentikan lamunan Arina dengan menyentuh tangan Arina sampai membuat Arina tekejut dengan dinginnya tangan Salim sekaligus pertama kalinya Salim menyentuh tangan Arina.

“Tangan kamu dingin banget, Lim.”

“Soalnya hati aku hangat, Na. Oh iya Na, Aku mau kenalin kamu sama keluarga aku ya,” Ucap Salim meminta persetujuan,

“Hah? Kapan Lim? Aku malu, belum siap ketemu keluarga kamu.”

“Ga buru-buru kok, Na. Ya mau kenalin kamu aja sama mama papa.” 

Arina takut kejadiannya akan sama seperti dulu saat Arkan mempertemukan dirinya dengan keluarga Arkan. Arina takut tidak diterima di keluarga Salim. Dengan latar belakang ekonomi yang pas-pasan, keluarga yang broken home serta keadaan papanya yang belum sembuh, Arina takut tidak akan diterima.

“Aku takut, Lim.”

“Takut kenapa, Na?”

“Kamu mungkin bisa terima aku, terima keadaanku serta kondisi keluarga aku, tapi belum tentu keluarga kamu terima, Lim. Kamu juga belum kenal aku sepenuhnya, tentang keluarga aku, kamu belum tahu.”

“Beri tahu aku, Na. Tell me everything. Apapun itu gak akan merubah keputusan aku, Na.” 

Arina terisak, entah dirinya harus bersyukur atau harus takut. Salim begitu tulus dengannya, disisi lain, Arina takut jika Salim akan pergi sama seperti mamanya dan Arkan. 

“Sebelumnya makasih kamu udah hadir di hidupku, Lim. Keluarga aku udah berantakan, mama pergi waktu keadaan keluarga aku gak baik-baik aja. Papa depresi berat karena kena tipu milyaran rupiah, usaha papa hancur, ditambah kepergian mama membuat papa semakin depresi. Sekarang mama juga udah punya keluarga baru dan lupa sama Aku sama Panama. Sekarang kamu udah tahu kan kenapa aku hanya tinggal berdua sama Panama.”

“Maaf, Na. Aku gak tahu kalau sedalam itu lukamu. Aku gak bermaksud membuka kembali luka itu. Kamu hebat, Na. Kamu tetap kuat hadapi semua ini. Aku bersyukur bisa ketemu sama kamu. Jika kamu berkenan, bolehkah aku temani kamu sembuhin luka-luka itu?”

“Lim, Aku takut. Keluarga kamu belum tentu terima aku."

“Pelan-pelan ya, Na. Nanti juga sampai. Keluarga aku pasti senang aku bisa dapat orang yang hebat seperti kamu.”

Salim mengeratkan genggaman tangannya, dirinya bersyukur Arina sudah mau menerimanya. 

“Aku bangga sama kamu, Na.” Ucap Salim menatap Arina dengan tulus, tangannya mengelus lembut rambut Arina lalu memeluk Arina. Arina pun tersenyum lalu membalas pelukan itu. 

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Violet, Gadis yang Ingin Mati
3297      1283     0     
Romance
Violet cuma remaja biasa yang ingin menikmati hidupnya dengan normal. Namun, dunianya mulai runtuh saat orang tuanya bercerai dan orang-orang di sekolah mulai menindasnya. Violet merasa sendirian dan kesepian. Rasanya, dia ingin mati saja.
ALTHEA
68      51     0     
Romance
Ini adalah kisah seorang perempuan riang yang memiliki perasaan lebih ke manusia es batu, manusia cuek yang telah menyukai seorang perempuan lain di sekolahnya. Walaupun ia tahu bahwa laki laki itu bukan menyukai dirinya, tetap saja ia tak akan kunjung lelah untuk mendapatkan perhatian dan hati laki laki itu. Akankah ia berhasil mendapatkan yang dia mau? "Dasar jamet, bales chat nya si...
Aku Menunggu Kamu
102      91     0     
Romance
sebuah kisah cinta yang terpisahkan oleh jarak dan kabar , walaupun tanpa saling kabar, ceweknya selalu mendo'akan cowoknya dimana pun dia berada, dan akhirnya mereka berjumpa dengan terpisah masing-masing
Rumah (Sudah Terbit / Open PO)
2180      984     3     
Inspirational
Ini bukan kisah roman picisan yang berawal dari benci menjadi cinta. Bukan pula kisah geng motor dan antek-anteknya. Ini hanya kisah tentang Surya bersaudara yang tertatih dalam hidupnya. Tentang janji yang diingkari. Penantian yang tak berarti. Persaudaraan yang tak pernah mati. Dan mimpi-mimpi yang dipaksa gugur demi mimpi yang lebih pasti. Ini tentang mereka.
FIREWORKS
356      250     1     
Fan Fiction
Semua orang pasti memiliki kisah sedih dan bahagia tersendiri yang membentuk sejarah kehidupan setiap orang. Sama halnya seperti Suhyon. Suhyon adalah seorang remaja berusia 12 tahun yang terlahir dari keluarga yang kurang bahagia. Orang tuanya selalu saja bertengkar. Mamanya hanya menyayangi kedua adiknya semata-mata karena Suhyon merupakan anak adopsi. Berbeda dengan papanya, ...
RIUH RENJANA
313      237     0     
Romance
Berisiknya Rindu membuat tidak tenang. Jarak ada hanya agar kita tau bahwa rindu itu nyata. Mari bertemu kembali untuk membayar hari-hari lalu yang penuh Renjana. "Riuhnya Renjana membuat Bumantara menyetujui" "Mari berjanji abadi" "Amerta?"eh
Niscala
289      180     14     
Short Story
Namanya Hasita. Bayi yang mirna lahirkan Bulan Mei lalu. Hasita artinya tertawa, Mirna ingin ia tumbuh menjadi anak yang bahagia meskipun tidak memiliki orang tua yang lengkap. Terima kasih, bu! Sudah memberi kekuatan mirna untuk menjadi seorang ibu. Dan maaf, karena belum bisa menjadi siswa dan anak kebanggaan ibu.
Of Girls and Glory
2535      1201     1     
Inspirational
Pada tahun keempatnya di Aqiela Ru'ya, untuk pertama kalinya, Annika harus berbeda kamar dengan Kiara, sahabatnya. Awalnya Annika masih percaya bahwa persahabatan mereka akan tetap utuh seperti biasanya. Namun, Kiara sungguh berubah! Mulai dari lebih banyak bermain dengan klub eksklusif sekolah hingga janji-janji yang tidak ditepati. Annika diam-diam menyusun sebuah rencana untuk mempertahank...
The Black Heart
846      445     0     
Action
Cinta? Omong kosong! Rosita. Hatinya telah menghitam karena tragedi di masa kecil. Rasa empati menguap lalu lenyap ditelan kegelapan. Hobinya menulis. Tapi bukan sekadar menulis. Dia terobsesi dengan true story. Menciptakan karakter dan alur cerita di kehidupan nyata.
Tulus Paling Serius
1503      641     0     
Romance
Kisah ini tentang seorang pria bernama Arsya yang dengan tulus menunggu cintanya terbalaskan. Kisah tentang Arsya yang ingin menghabiskan waktu dengan hanya satu orang wanita, walau wanita itu terus berpaling dan membencinya. Lantas akankah lamanya penantian Arsya berbuah manis atau kah penantiannya hanya akan menjadi waktu yang banyak terbuang dan sia-sia?