Read More >>"> Cinta (Puisi dan Semi Novel (Cinta dan Ketuhanan) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Cinta (Puisi dan Semi Novel
MENU
About Us  

CINTA DAN KETUHANAN

 

Yang merupakan manifestasi dari adanya karunia Tuhan dan cinta-Nya kepada manusia. Dalam pandangan para filsuf idealis di mana di antara yang termasuk kategori para filsuf idealis ini adalah para teolog dan para filsuf yang melandaskan pikirannya pada ajaran agama tertentu, cinta lebih banyak dikaitkan dengan Tuhan atau hal lain yang ‘Tak Terjangkau’, ‘Maha Sempurna’, dan sering juga disifati sebagai ‘Yang Meliputi Segala Sesuatu’. Pemikiran cinta dalam agama-agama tersebut berhulu dan bermuara kepada cinta yang tulus dan tanpa pamrih kepada Tuhan atau ‘sesuatu yang lain yang bersifat’ atau ‘disifati seperti Tuhan’.

 

Di antara term-term yang pernah dipakai untuk menyebut cinta dalam kondisi ini adalah:

Ø Agape (Yunani):

    Kasih agape adalah kasih yang tulus, kasih tertinggi tanpa pamrih – misalnya kasih Tuhan kepada  

    manusia.

 

    Dalam kitab Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani asli mengenai ‘kasih persahabatan’ disebut  

    dengan kata ‘philia’. Kata itu, dengan kata agape yang lebih terkenal, seringkali diterjemahkan  

    menjadi ‘kasih’. Kesimpulannya, setiap orang memerlukan yang lain untuk dicintai dan setiap

    orang memerlukan dicintai oleh yang lain itu. Kita dipanggil bukan untuk melakukan apa yang  

    cemar, melainkan apa yang kudus, memberikan teladan bagi orang-orang yang percaya dalam

    perkataan, dalam kehidupan, dalam kasih, dalam iman, dan dalam kemurnian”

 

Ø Caritas (Latin)

 

Ø Confusius:

    Memperkenalkan konsep cinta yang berawalkan pada ‘kesalehan anak-anak”. (Uraian dan  

    senandung-senandung terdapat dalam naskah buku kami yang berjudul ‘Ujar-Ujar Klasik Kuno’.)

 

Ø Hesed (Yahudi)

 

Ø Karuna (Buddhis):

Cinta berwujud peniadaan diri dalam Udana yang merupakan salah satu teks Pali Canon yang paling indah dan memajukan pikiran. Udana adalah delapan puluh Sutta yang walaupun pendek, tetapi sangat mengesankan dan perlu untuk dikemukakan sebagai ‘kebangkitan tiba-tiba’ yang kebanyakan diambil terjemahannya dari ‘Udana Commentary’:

 

 

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Premium
Bertemu Jodoh di Thailand
2019      1067     0     
Romance
Tiba saat nya Handphone Putry berdering alarm adzan dan Putry meminta Phonapong untuk mencari mesjid terdekat karena Putry mau shalat DzuhurMeskipun negara gajah putih ini mayoritas beragama buddha tapi ada sebagian kecil umat muslimnya Sudah yang Sholatnya Sudah selesai yang Sekarang giliran aku yaaku juga mau ibadah ke wiharakamu mau ikut yang Iya yangtapi aku tunggu di luar saja ya Baikl...
Behind The Scene
1116      450     6     
Romance
Hidup dengan kecantikan dan popularitas tak membuat Han Bora bahagia begitu saja. Bagaimana pun juga dia tetap harus menghadapi kejamnya dunia hiburan. Gosip tidak sedap mengalir deras bagai hujan, membuatnya tebal mata dan telinga. Belum lagi, permasalahannya selama hampir 6 tahun belum juga terselesaikan hingga kini dan terus menghantui malamnya.
ORIGAMI MIMPI
26140      2997     55     
Romance
Barangkali, mimpi adalah dasar adanya nyata. Barangkali, dewa mimpi memang benar-benar ada yang kemudian menyulap mimpi itu benar-benar nyata. Begitulah yang diyakini Arga, remaja berusia tujuh belas tahun yang menjalani kehidupannya dengan banyak mimpi. HIngga mimpi itu pula mengantarkannya pada yang namanya jatuh cinta dan patah hati. Mimpi itu pula yang kemudian menjadikan luka serta obatnya d...
Ketos in Love
751      454     0     
Romance
Mila tidak pernah menyangka jika kisah cintanya akan serumit ini. Ia terjebak dalam cinta segitiga dengan 2 Ketua OSIS super keren yang menjadi idola setiap cewek di sekolah. Semua berawal saat Mila dan 39 pengurus OSIS sekolahnya menghadiri acara seminar di sebuah universitas. Mila bertemu Alfa yang menyelamatkan dirinya dari keterlambatan. Dan karena Alfa pula, untuk pertama kalinya ia berani m...
The Eternal Love
18368      2651     18     
Romance
Hazel Star, perempuan pilihan yang pergi ke masa depan lewat perantara novel fiksi "The Eternal Love". Dia terkejut setelah tiba-tiba bangun disebuat tempat asing dan juga mendapatkan suprise anniversary dari tokoh novel yang dibacanya didunia nyata, Zaidan Abriana. Hazel juga terkejut setelah tahu bahwa saat itu dia tengah berada ditahun 2022. Tak hanya itu, disana juga Hazel memili...
Asmara Mahawira (Volume 1): Putri yang Terbuang
5055      938     1     
Romance
A novel from Momoy Tuanku Mahawira, orang yang sangat dingin dan cuek. Padahal, aku ini pelayannya yang sangat setia. Tuanku itu orang yang sangat gemar memanah, termasuk juga memanah hatiku. Di suatu malam, Tuan Mahawira datang ke kamarku ketika mataku sedikit lagi terpejam. "Temani aku tidur malam ini," bisiknya di telingaku. Aku terkejut bukan main. Kenapa Tuan Mahawira meng...
Gue Mau Hidup Lagi
340      212     2     
Short Story
Bukan kisah pilu Diandra yang dua kali gagal bercinta. Bukan kisah manisnya setelah bangkit dari patah hati. Lirik kesamping, ada sosok bernama Rima yang sibuk mencari sesosok lain. Bisakah ia hidup lagi?
HAMPA
360      245     1     
Short Story
Terkadang, cinta bisa membuat seseorang menjadi sekejam itu...
The Reason
8408      1617     3     
Romance
"Maafkan aku yang tak akan pernah bisa memaafkanmu. Tapi dia benar, yang lalu biarlah berlalu dan dirimu yang pernah hadir dalam hidupku akan menjadi kenangan.." Masa lalu yang bertalian dengan kehidupannya kini, membuat seorang Sean mengalami rasa takut yang ia anggap mustahil. Ketika ketakutannya hilang karena seorang gadis, masa lalu kembali menjerat. Membuatnya nyaris kehilan...
The Past or The Future
385      303     1     
Romance
Semuanya karena takdir. Begitu juga dengan Tia. Takdirnya untuk bertemu seorang laki-laki yang akan merubah semua kehidupannya. Dan siapa tahu kalau ternyata takdir benang merahnya bukan hanya sampai di situ. Ia harus dipertemukan oleh seseorang yang membuatnya bimbang. Yang manakah takdir yang telah Tuhan tuliskan untuknya?