Read More >>"> Project Pemeran Pembantu (MITOS) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Project Pemeran Pembantu
MENU
About Us  

Pada saat gua umur 4 tahun keluarga gua memutuskan untuk pindah ke Pekanbaru dari Medan, dikarenakan bokap gua yang memang di pindahkan oleh kantornya. Sebenernya Pekanbaru bukanlah kota yang asing oleh keluarga gua, kenapa? Karena memang bokap gua adalah orang melayu yang memang besar di kota ini, kakak dan abang gua juga lahir di sini.

 

Yah memang untuk keluarga gua ini adalah kota yang tidak asing, tapi berbeda dengan gua, ini pertama kali gua ke kota ini. Yah dikarenakan gua yang masih kecil jadi tidak ada masalah sama sekali sih sebenernya. Karena pada umur segitu juga belum ada yang bener-bener bisa gua inget. Jadi ga ada masalah.

 

Pertama kali tinggal di Pekanbaru kami sekeluarga tinggal di sebuah rumah yang terletak di tengah kota, rumah satu lantai dengan halaman belakang yang cukup luas, gua inget banget pada saat itu Pekanbaru bukanlah kota seperti saat ini, masih banyak lahan kosong di tengah kota dengan semak-semak yang cukup tinggi. Salah satunya berada di belakang rumah gua, padahal ini di tengah kota. Sehingga seringkali hewan liar dan buas masuk ke daerah rumah kami, mulai dari monyet sampai biawak yang panjang badannya sama dengan panjang badan gua pada saat itu. GEDE BET WOY.

 

Gua inget banget suatu pagi yang damai di hari Minggu, gua lagi nonton Ultraman di Indosiar dengan susu dingin di tangan untuk menemani gua menonton. Tiba-tiba dari halaman belakang ada suara benda jatuh yang gede banget, gua yang saat itu masih kecil dan sedang menonton Ultraman Cosmos mulai memikirkan hal-hal aneh.

 

“Hah suara apa itu? Apakah itu suara kaiju yang baru saja jatuh dari angkasa? Atau jangan-jangan suara monster yang baru muncul dari perut bumi? Atau suara sapi yang baru jatuh dari langit? Aku harus bergegas.” Gua juga ga ngerti kenapa pada saat itu gua berfikir itu suara sapi yang jatuh dari langit, dasar bocah.

 

Gua pun bergegas menuju ke belakang, dan ternyata bukan gua doang yang mendengar suara tadi, abang dan nyokap gua juga denger. Saat sampai di belakang rumah kami bertiga kaget dengan adanya seekor biawak yang bener-bener gede banget lagi diem melihat ke arah kami.

 

“Yud, usir Yud,” kata nyokap ke abang gua sambil menyerahkan sapu, di kira debu kali yak.

 

“Ih ga mau ah, kalau dia beracun gimana?”

 

“Ihh iya ya, jangan di deketin kalau gitu.” Padahal tadi doi nyuruh ngusir pake sapu.

 

“Terus gimana? Diemin aja?” tanya abang gua ke nyokap.

 

“Iya diemin aja Mas, kayak burung gagak kemarin. Kita diemin pergi dia,” jawab gua.

 

“Ohh Yudi kedepan, panggil si Bambang ya.” Gua ga di gubris, mas Bambang adalah supir gua pada saat itu.

 

Akhirnya mas Bambang datang dengan membawa bala bantuan, hampir satu jam si biawak ini ada di rumah gua, dan masih belom ada satupun dari kami yang berani mendekatinya. Sampai akhirnya ada seorang mas-mas yang sepertinya memang seorang penakluk biawak profesional, dia mendekati biawaknya dan memancing nya dengan daging yang dia bawa, lalu melemparkan dagingnya ke dalam karung goni yang juga dia bawa, tanpa aba-aba si biawak langsung melompat ke dalam karung tadi!! GOKIL GA TU.

 

“Iya buk, memang di sini sering banget binatang kaya gitu masuk ke halaman rumah bahkan ke rumah loh, kemarin aja saya baru nangkep ular yang masuk ke kamar tidur. Maklum kan belakang itu masih kaya hutan-hutan kan.”

 

“Iya Mas, serem banget ya,” jawab nyokap gua.

 

“Kalau sapi, Om?” ini kenapa gua suka banget sapi sih.

 

“Kalau ada kaya gini lagi panggil saya aja buk, nanti saya usir.” Gua ga di jawab lagi.

 

Dan kejadian kaya gini ga cuma terjadi sekali, tapi setiap bulan pasti ada aja yang aneh, mulai dari kemasukan hewan buas sampe kemasukan orang jahat, atau lebih dikenal dengan kemasukan maling.

 

Ini kejadian yang bener-bener serem sih, karena gua menyaksikan kejadian dengan mata gua sendiri. Gua inget itu terjadi di malem hari, sebenernya ga malem-malem amat karena kejadiannya pas lagi sholat maghrib. Emang dari dua minggu sebelumnya daerah rumah gua ini sering banget kejadian kemalingan, dan si pak RT nya sampe nyamperin ke rumah-rumah untuk ngingetin saat hari udah gelap jangan lupa kunci rumahnya dan gembok pager rumah.

 

Dan sebenernya rumah gua pada saat itu ramai orang, ada gua, nyokap, kakak, abang, adiknya nyokap, mbak yang kerja di rumah dan security yang di utus oleh kantor bokap. Bokap gua sendiri lagi di Jakarta karena urusan kantor. Nah saat gua masih tinggal di sana itu gua masih tidur bareng nyokap gua, dan kamar nyokap gua ini ada di depan sendiri, sedangkan kamar-kamar yang lain ada di daerah belakang, termasuk tempat security biasanya duduk-duduk juga ada di bagian belakang. Ini yang desain rumahnya siapa sih?

 

Jadi singkat cerita nyokap gua lagi sholat maghrib di kamarnya, dan gua yang masih kecil lagi asyiknya main dengan mainan Ultraman gua. Di dalam kamar itu ada tiga buah jendela yang tepat di depannya ada meja yang biasanya digunakan untuk meletakan tas kantor bokap atau tas nya nyokap gua, jadi ada lebih dari lima buah tas di situ. Pada saat itu yang gua inget gordennya sudah kami tutup, tapi gua ga inget apakah jendelanya sudah di tutup juga atau belom.

 

Saat gua lagi asik-asiknya main, tiba-tiba salah satu dari tas bokap gua jatuh, gua pun diem karena kaget. Saat gua perhatikan dengan seksama gordennya juga agak bergoyang-goyang.

 

“Deek jangan ribut, Mama masih doa,” kata nyokap gua yang saat itu sedang berdoa.

 

Gua yang masih bingung dengan kejadian tadi pun langsung mengambil tas bokap gua yang jatuh, dan meletakkannya kembali ke meja tadi, lalu gua diem aja melihat ke arah meja itu. Melihat dengan seksama dan berfikir kenapa itu tas bisa jatuh.

 

“Mungkin ada binatang,” fikir gua. Tapi ga tau kenapa gua ga bisa memalingkan pandangan gua dari tumpukan tas itu, dan gua bener-bener diam di sana mungkin ada lebih dari tiga menit. Saat gua mulai berfikir mungkin tas itu jatuh gara-gara binatang atau semacamnya dan mau memalingkan kepala, tiba-tiba muncul sebuah tangan dari balik gorden. Gua yang shock, refleks langsung teriak.

 

“Maaaa ada tangan!!” gua teriak sambil nunjuk ke arah tangan yang muncul dari balik gorden dan sedang berusaha menggapai-gapai ke tas yang ada di situ, nyokap yang kaget langsung berdiri dan mendorong gua ke arah belakang dan menahan tas yang sedang di pengang oleh tangan tadi.

 

“Dek cepet panggil yang lain, cepet!!!” perintah nyokap ke gua. Gua pun bergegas ke arah kamar abang dan kakak gua untuk memberitahu kejadiannya, mereka semua pun langsung lari ke depan rumah, dan gua juga memberitahu security yang sedang menjaga rumah kami pada saat itu.

 

Si security ini pun lari dengan cepat ke arah depan rumah gua, sayangnya pada saat itu gua dilarang ikut ke depan karena takutnya si tangan tadi masih ada di depan. Jujur pada saat itu gua  berfikir itu adalah hantu dengan wujud hanya sebuah tangan, gara-gara itu juga gua ga berani menuju keluar rumah. Tapi setelah di jelaskan oleh si mbak yang kerja di rumah gua kalau itu bukanlah hantu tapi pencuri, gua makin parno.

 

Singkat cerita si pencuri ini ga berhasil ngambil apapun dari dalam rumah gua, tapi beda cerita dengan yang di luar rumah, doi berhasil mencuri satu buah sepeda motor, mana itu punya security gua lagi. Kemungkinan saat si pencuri itu berusaha mengambil tas di kamar nyokap gua, dia sebenernya udah berhasil menguasai sepeda motornya, jadi kalaupun mereka gagal ngambil sesuatu dari dalam rumah, dia sudah berhasil mengambil satu buah motor. By the way pelakunya dua orang.

 

Yah itu tadi adalah contoh-contoh dari berbagai hal sial lainnya yang ada di rumah itu, sebenernya banyak lagi tapi gua juga ga begitu inget dan kalau diceritain semua ntar buku gua isinya cerita itu doang, kan ga asyik yak? Tapi gua hanya berfikir ini cuma kejadian-kejadian tidak beruntung biasa yang menimpa keluarga kami, sampai suatu hari di tengah hujan rintik-rintik, gua lagi duduk bareng mbak yang kerja di rumah dan seorang security dari kantor bokap.

 

“Ih aneh banget ya, udah ketiga kalinya loh ini ada laba-laba gede banget di kamar mandi depan.”

 

“Ah biasa itu Mbak, wong kemarin aku lagi duduk di depan, lagi diem doang ehh tiba-tiba ada anjing yang ngejer ke aku. Padahal aku diem loh, Mbak.”

 

“Ihh hati-hati tau Mas, rabies itu pasti.”

 

“Iya aneh banget ya, aku kalau jaga rumah yang lain ga gini-gini amat loh. Kenapa ya kira-kira?” tanya si security.

 

“Lah si Mas nya ga tau alasannya?” tanya si Mbak.

 

“Hah emang kenapa, Mbak?”

 

“Kamu ga sadar apa, ada yang gimana gitu sama rumah ini.” Gua yang lagi duduk sambil memegang mainan pun ikut tertarik dengan percakapan mereka.

 

“Hah? Rumah nya cat kuning?”

 

“Lah emang kenapa cat kuning?” tanya si mbak keheranan.

 

“Katanya kalau kita pakai cat merah sering di eek-in burung.” Gua dari kecil emang suka baca trivia-trivia menarik di Bobo dan XY Kids.

 

“Ihh jadi apa yang aneh dari rumahnya, Mbak?” Gua ga di gubris, LAGI.

 

“Rumah ini letaknya tusuk sate!!!” DUAAAAAR!!!

 

“Bentar Mbak, aku mau masukin motor dulu. Mau hujan nih udah petir-petir.” Antiklimaks. Setelah menunggu si mas security memasukan motor, mereka pun melanjutkan percakapan yang tertunda tadi.

 

“Sampe mana tadi, Mbak?” tanya si mas security yang basah terkena hujan.

 

“Ih lupa ee aku, Mas.” Setelah kami bertiga diam dan berfikir sampai mana percakapan tadi, gua pun ingat di mana percakapan tadi terhenti.

 

“Sampai ini Mbak, tusuk konde hehe..” gua ngelawak.

 

“Ah iya bener, Dek. Rumah ini tu tusuk sate, Mas.” Gua di gubris tapi ga di benerin. Capek.

 

“Ah masa sih? Kok aku ga pernah ngeh ya,” jawab si mas security sembari berjalan ke depan rumah, kita di tinggal lagi.

 

“Gimana, Mas? Bener kan aku?”

 

“Ihh iya bener loh, kok aku ga sadar ya,” jawab si mas security dengan baju yang lebih basah dari yang tadi.

 

“Makanya banyak banget kejadian anehnya ni rumah.” Saat itu gua bener-bener bingung dengan percakapan mereka berdua, tusuk sate? Emang kenapa dengan tusuk sate? Kami memang ada sate langganan yang selalu lewat rumah sore-sore, tapi abangnya baik kok, gak pernah nusuk-nusuk kami.

 

“Wah ini mah emang ga ada yang bisa di perbaiki.” Ini kenapa si Mas nya setuju lagi, gua pengen google apa maksud dari tusuk sate, tapi jaman itu google belom terlalu populer, akhirnya gua pun bertanya kepada si Mbak, doakan saya di gubris ya teman-teman.

 

“Mbak tusuk sate tu maksudnya apa sih?”

 

“Hmm pokoknya kalau rumahnya itu tusuk sate, yang di dalemnya jadi sial, Dek.” Alhamdulillah di gubris.

 

“Iya dek, pokoknya kalau rumahnya ada di ujung jalan gitu bisa sial deh pokoknya,” jawab si mas security juga.

 

Ah masa sih cuma gara-gara ini kami ketiban kejadian aneh? Bukannya malah menguntungkan ya kalau rumahnya ada di ujung jalan? Jadi gampang di cari begitu. Pada malam harinya gua pun memutuskan bertanya kepada abang gua, arti sebenernya dari rumah tusuk sate. Gua pun menghampiri abang gua yag lagi sibuk main PS di kamarnya.

 

“MasYud, lagi ngapain?” dia mem-pause gamenya, dan melihat ke arah gua dengan tatapan penuh kebencian karena sudah mengganggu dia bermain game.

 

“Ohh main game ya hehe, Adek mau nanya dong.”

 

“Buruaan.”

 

“Mas tau arti rumah tusuk sate?” tanya gua polos.

 

“Yang di Bandung?”

 

“Hah? Bandung?”

 

“Hah?”

 

“Hah apa sih?” tanya gua balik.

 

“Hush”

 

“Okeh, makasih yah.” Gua adik yang sopan. Karena tidak mendapatkan hasil maksimal dari percakapan di atas, gua pun memutuskan menghampiri kakak gua di kamarnya dan bertanya soal rumah tusuk sate.

 

“MbakWeeen.”

 

“Iya kenapa, Dek?” tanya kakak gua yang sepertinya sedang mengerjakan pr.

 

“Adek mau nanya dong.”

 

“Nanya apa tuh?”

 

“MbakWen tau ga apa arti rumah tusuk sate?”

 

“Ohhh tau kok” jawab kakak gua.

 

“Mbak tau? Emang arti….”

 

“Ehh Mbak tadi beli es krim pelangi, ambil lah di kulkas.”

 

“Mau mauuuu!” Gua pun berlari ke kulkas dan melupakan tugas gua yang sebenernya, gua baru inget lagi kemarin saat tulisan ini di buat. Itu juga gara-gara gua lagi makan di Sate Khas Senayan. Lama juga gua teralihkan, hmmm.

 

Tidak terasa kami tinggal di sana sudah hampir 3 tahun, dan ini udah di penghujung kontrak kami dalam menyewa rumah itu. Sebenernya bokap gua waktu itu ingin membeli rumah tersebut. Karena kami terlalu malas pindahan lagi dan letaknya yang bener-bener di tengah kota. Namun si pemilik rumah tidak mau menjualnya, karena alasan tertentu.

 

Alhasil mau ga mau kami harus mencari rumah lain untuk ditempati, gua ga tau apakah itu memang jawaban dari Tuhan supaya kami tidak tertimpa kesialan lagi atau bagaimana, tapi rumah gua yang baru jauh lebih aman dan damai dari rumah itu.

 

Setelah pindah dan tinggal di rumah gua yang sekarang selama belasan tahun tapi kami ga pernah mengalami kejadian yang aneh sama sekali, ga pernah kemasukan biawak, ga pernah ada maling, ga pernah ada sapi yang bertamu, pokoknya ga ada yang aneh sampe sekarang. Dan rumah gua yang lama sudah menjadi sebuah toko kue yang cukup terkenal di Pekanbaru, dan mereka laku banget sampai buka cabang. Berarti mereka ga ketiban sial dong? Jadi kenapa keluarga gua kena ya? Hmm.

 

 

Tags: twm23

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
REGAN
6516      2345     4     
Romance
"Ketika Cinta Mengubah Segalanya." Tampan, kaya, adalah hal yang menarik dari seorang Regan dan menjadikannya seorang playboy. Selama bersekolah di Ganesha High School semuanya terkendali dengan baik, hingga akhirnya datang seorang gadis berwajah pucat, bak seorang mayat hidup, mengalihkan dunianya. Berniat ingin mempermalukan gadis itu, lama kelamaan Regan malah semakin penasaran. Hingga s...
Campus Love Story
5291      1454     1     
Romance
Dua anak remaja, yang tiap hari bertengkar tanpa alasan hingga dipanggil sebagai pasangan drama. Awal sebab Henan yang mempermasalahkan cara Gina makan bubur ayam, beranjak menjadi lebih sering bertemu karena boneka koleksi kesukaannya yang hilang ada pada gadis itu. Berangkat ke kampus bersama sebagai bentuk terima kasih, malah merambat menjadi ingin menjalin kasih. Lantas, semulus apa perjal...
Call Kinna
3560      1490     1     
Romance
Bagi Sakalla Hanggra Tanubradja (Kalla), sahabatnya yang bernama Kinnanthi Anggun Prameswari (Kinna) tidak lebih dari cewek jadi-jadian, si tomboy yang galak nan sangar. Punya badan macem triplek yang nggak ada seksinya sama sekali walau umur sudah 26. Hobi ngiler. Bakat memasak nol besar. Jauh sekali dari kriteria istri idaman. Ibarat langit dan bumi: Kalla si cowok handsome, rich, most wante...
TO DO LIST CALON MANTU
1043      442     2     
Romance
Hubungan Seno dan Diadjeng hampir diujung tanduk. Ketika Seno mengajak Diadjeng memasuki jenjang yang lebih serius, Ibu Diadjeng berusaha meminta Seno menuruti prasyarat sebagai calon mantunya. Dengan segala usaha yang Seno miliki, ia berusaha menenuhi prasyarat dari Ibu Diadjeng. Kecuali satu prasyarat yang tidak ia penuhi, melepaskan Diadjeng bersama pria lain.
Hello, Kapten!
919      475     1     
Romance
Desa Yambe adalah desa terpencil di lereng Gunung Yambe yang merupakan zona merah di daerah perbatasan negara. Di Desa Yambe, Edel pada akhirnya bertemu dengan pria yang sejak lama ia incar, yang tidak lain adalah Komandan Pos Yambe, Kapten Adit. Perjuangan Edel dalam penugasan ini tidak hanya soal melindungi masyarakat dari kelompok separatis bersenjata, tetapi juga menarik hati Kapten Adit yan...
Reminisensi
0      0     0     
Fan Fiction
Tentang berteman dengan rasa kecewa, mengenang kisah-kisah dimasa lampau dan merayakan patah hati bersama. Mereka, dua insan manusia yang dipertemukan semesta, namun bukan untuk bersama melainkan untuk sekedar mengenalkan berbagai rasa dalam hidup.
Listen To My HeartBeat
391      232     1     
True Story
Perlahan kaki ku melangkah dilorong-lorong rumah sakit yang sunyi, hingga aku menuju ruangan ICU yang asing. Satu persatu ku lihat pasien dengan banyaknya alat yang terpasang. Semua tertidur pulas, hanya ada suara tik..tik..tik yang berasal dari mesin ventilator. Mata ku tertuju pada pasien bayi berkisar 7-10 bulan, ia tak berdaya yang dipandangi oleh sang ayah. Yap.. pasien-pasien yang baru saja...
Perhaps It Never Will
3484      1261     0     
Romance
Hayley Lexington, aktor cantik yang karirnya sedang melejit, terpaksa harus mengasingkan diri ke pedesaan Inggris yang jauh dari hiruk pikuk kota New York karena skandal yang dibuat oleh mantan pacarnya. Demi terhindar dari pertanyaan-pertanyaan menyakitkan publik dan masa depan karirnya, ia rela membuat dirinya sendiri tak terlihat. William Morrison sama sekali tidak pernah berniat untuk kem...
Let's See!!
1366      662     1     
Romance
"Kalau sepuluh tahun kedepan kita masih jomblo, kita nikah aja!" kata Oji. "Hah?" Ara menatap sahabat kentalnya itu sedikit kaget. Cowok yang baru putus cinta ini kenapa sih? "Nikah? lo sama gue?" tanya Ara kemudian. Oji mengangguk mantap. "Yap. Lo sama gue menikah."
DELUSION
3667      1330     0     
Fan Fiction
Tarian jari begitu merdu terdengar ketika suara ketikan menghatarkan sebuah mimpi dan hayalan menjadi satu. Garis mimpi dan kehidupan terhubung dengan baik sehingga seulas senyum terbit di pahatan indah tersebut. Mata yang terpejam kini terbuka dan melihat kearah jendela yang menggambarkan kota yang indah. Badan di tegakannya dan tersenyum pada pramugari yang menyapanya dan menga...