SMP kelas dua adalah waktu di mana munculnya benih-benih cinta monyet di antara teman sekelas, karena mereka sudah cukup mengenal satu sama lainnya, tapi tidak cukup lama untuk mengetahui sifat buruk dari temannya. Maka dari itu SMP kelas dua adalah masa yang sempurna untuk cinta monyet antar temen sekelas terjadi.
Tidak terkecuali anak-anak di kelas gua, saat lu ngeliat antara cewe dan cowo yang biasanya terasa biasa aja, tapi suatu ketika mereka pergi makan bareng di kantin berdua dan si cowonya mulai ngisengin si cewenya mulu, maka percayalah mereka setiap malam chat-an.
Biasanya sih di mulai dari nanya pr, terus mulai ngegibahin anak sekelas, baru deh mulai nanya lagi apa, ini sudah biasa terjadi. Tapi jujur gua ga pernah ngalamin hal kaya gini, kenapa? Karena gua ga pernah nanya ada pr apa ga. Saya tidak peduli dengan pr.
“Eh Ki lu tau ga?” tanya Dwiki ke gua.
“Tau kok.”
“Ih ga nyangka yak.”
“Iya ih ga nyangka.”
“Lu tau beneran ga sih?” tanya Dwiki lagi.
“Ya enggalah, kan lu blom ngasih tau apa-apa. Masih pagi loh Dwik jangan buat macem-macem lu,” jawab gua sewot.
“Jadi lu tau ga?”
“ENGGAAA!” gua naik ke meja.
“Katanya si Ahmad baru jadian loh sama Aulia,” kata Dwiki sambil berbisik.
“Oh iya? Denger dari mana lu?”
“Dari gua,” jawab Desy yang duduk di depan gua.
“Kapan emang jadiannya? Perasaan si Aulia baru aja putus deh,” tanya Sarah yang duduk di belakang gua. Efek dari gua dan Dwiki yang hobi banget ribut, kita di asingkan dan duduk di daerah cewe-cewe.
“Lah emang dulu si Aulia pacaran sama siapa? Senior kan ya?”
Semenjak duduk di daerah cewe-cewe si Dwiki ini jadi lebih peka terhadap hal-hal beginian, kaya kemarin gua lagi asik-asiknya bengong tiba-tiba dia dateng terus ngasih tau bahwa salah satu anak kelas sebelah ada yang di tembak sama senior. Masalahnya gua ga kenal sama si anak sebelah ini dan gua juga ga kenal sama sekali dengan si senior ini, jadi saat gua mendapatkan informasi berharga ini tidak tau harus ngapain, jadi ya gua tepuk tangan aja supaya dia merasa dihargai.
Dan sama dengan kejadian si anak sebelah yang di tembak senior, gua juga ga begitu peduli dengan Ahmad dan Aulia, dan lagi pula ini masih “katanya” jadi blom tau apakah kabar ini benar atau ga.
Dan mereka bertiga pun mulai mendebatkan apakah mereka jadian atau ga, dan gua terjebak di sini mendengarkan mereka. Gua cuma bisa berpura-pura terlihat tertarik padahal sebenernya gua bengong dengan senyuman. Tertipu mereka.
“Lu setuju sama gua kan, Ki?” tanya Sarah ke gua dan membangunkan gua dari lamunan gua, padahal dikit lagi gua bisa milih lebih mending jadi kangkung atau bayem.
“Hah? Iyalah bener itu,” gua ngasal.
“Iya sih emang di status BBM-nya blom ada inisial nama mereka sih,” yah pada saat itu menuliskan inisial atau nama pacar kita di status BBM adalah hal yang lumrah untuk memberi tahu kepada dunia kalau kita punya pacar.
“Wah kalau gitu ceritanya udah pasti blom pacaran, lagi pdkt doang sih kayanya,” jawab si Ahmad seakan-akan memberi inisial atau nama pacar di status BBM adalah hal yang wajib dilakukan
Percakapan yang seru ini harus berakhir dikarenakan kelas sudah dimulai, syukurlah. Di tengah-tengah pelajaran tiba-tiba si Dwiki ngeliatin gua yang sedang sibuk mencatat, di pelototin oleh temen sebangku yang sama-sama cowo ternyata membuat kita jauh lebih tidak nyaman daripada di pelototin oleh guru yang tau kita membuat contekan di betis.
“Ck apaan sih lu? Kita dikelilingi sama cewe, kenapa melototin gua coba,” kata gua ke dia.
“Gua baru sadar kok lu ga pernah cerita sih ke gua lu lagi suka sama siapa?” tiba-tiba Desy yang duduk tepat di depan gua langsung memalingkan wajahnya ke belakang, dan ikutan melototin gua.
“Lah ngapain coba gua cerita hal kaya gitu ke lu?” dan gua merasa Sarah yang duduk di belakang gua juga berusaha untuk mendengarkan percakapan kami.
“Ya kan gua sering tuh cerita ke lu, tapi kok lu ga pernah cerita apa-apa sih ke gua?”
“Ya situ siapa? Gua aja ga sharing apa-apa ke nyokap gua,” jawab gua sewot. Hal-hal seperti ini lah yang sering membuat kita ribut, intim sekali bukan.
“Lah kan nyokap lu di rumah, gua kan temen sebangku lu.”
“YA TERUS KALAU NYOKAP GUA DIRUMAH KENAPA?” pengen gua sikut ni orang.
Setelah menyadari bahwa gua lagi duduk di tengah-tengah anggota Intel, yang siap menyebarkan berita ke seantero sekolah, gua pun segera menyelesaikan percakapan yang berpotensi membuat hidup gua tidak tenang ini.
“Ya kan lu bisa cerita ke gua, lagi suka sama siapa gitu, ini safe space kok.” Kebanyakan gaya ni orang.
Untuk menjawab pertanyaan dia, gua memutuskan untuk menuliskan di selembar kertas, kenapa? Karena gua tau yang sedang mendengarkan percakapan ini bukan cuma gua dan Dwiki, tapi gua yakin ada beberapa orang lain yang sedang menguping percakapan ini. Gua sobek satu kertas dan menuliskan jawaban gua ke dia, intim dan cupu sekali ya.
“Ga ada, gua ga suka sama siapa-siapa,” gua tulis begitu dan mengoper kertas itu ke Dwiki.
“Kenapa pakai kertas sih?” tulis Dwiki.
“Karena ntar si Sarah sama si Desy pasti dengerin, males gua kalau mereka ikutan nanya-nanya.” Dan alasan lain gua menulis di kertas begini adalah, gua tau setelah gua jawab pertanyaan dia, dia pasti langsung cerita kalau dia lagi suka sama seseorang. Ya, setau itu gua sama temen gua, mau ape lu?!
“Ohh pintar-pintar,” jawab dia. Gua ga ngebales lagi tulisan dia, berharap percakapan ini berakhir di sini. Setelah ga lebih dari 1 menit diem, tiba-tiba dia menarik kertas yang ada di depan gua dan mulai menulis lagi, seharusnya gua bakar itu kertas.
“Gua sebenernya mau cerita sama lu,” tulis dia. Ini kenapa gua berasa kaya cewe-cewe SD ya? Bahkan cewe-cewe SMP pasti udah ga ada yang main surat-suratan begini.
“Mau minjem duit lu? Lagi ga ada gua, siomay belakang harganya naik.”
“Iya anjir naik, kenapa ya, Ki? Harga daging naik?”
“Kayanya gara-gara BBM naik deh.”
“Lah emang siomay buatnya make BBM? Bukannya minyak makan?” tulisan yang baru dia tulis ga gua jawab sama sekali, takut ke bawa emosi dan benar-benar nyikut leher dia.
“Eh serius dong, gua mau cerita ini, bukan mau minjem duit,” tulis dia lagi di kertas yang baru saja dia robek.
“Apaan sih?” jawab gua di kertas baru itu.
“Jadi gini, gua sebenernya lagi suka orang nih.”
“Lah yang dulu aja blom di pdktin, udah suka orang lain aja lu?” dia memang pernah cerita ke gua kalau dia lagi suka sama junior, dan itu baru semingguan yang lalu. Huh pria akan selamanya menjadi pria.
“Ah jalan buntu itu, yang ini lebih realistis,” tulis dia.
“Kenapa emang yang dulu?”
“Ternyata dia dideketin sama senior,” jawab dia di kertas itu.
“Lah terus nyerah? Masa gara-gara dideketin senior aja nyerah, cupu lu.” Pada saat itu gua tidak sadar, anak kelas dua SMP berbicara dengan temen sebangkunya melalui surat itu jauh lebih cupu.
“Yang deketin ketos.”
“Pilihan yang tepat sahabat.”
Dia melakukan langkah yang bijak.
“Nah makanya gua langsung mencari tambatan hati yang baru, eh langsung ketemu di hari yang sama.”
“Lah, lu gampang amat suka sama orang ya.”
“Iya dari dulu begitu emang, dulu gua waktu SD pernah ya di sebrangin sama polwan. Itu jadi cinta pertama plus pandangan pertama lagi.”
“Demi apa? Terus lu gebet gitu?”
“Engga, ternyata itu nyokap nya temen gua.”
Benar-benar cerita yang menarik.
“Waduh sabar ya, Wik.” Gua beneran simpati dengan cerita dia.
“Iya makasih ya.”
Percakapan gua dan dia harus terhenti dikarenakan jam istirahat, yang baru gua sadari kenapa kita ga lanjutin ngobrolnya di jam istirahat? Kan udah pasti ga ada yang denger ya? Hmm mungkin karena memakai surat adalah cara yang tidak biasa dan menimbulkan sensasi yang asik jadi kita lupa bahwa percakapan langsung lebih baik. Mungkin loh ya.
Setelah jam istirahat, Dwiki langsung mengambil kertas yang tadi kita pake dan langsung menulis di situ.
“Ki kan gua blom bilang ya gua sukanya sama siapa,” tulis dia.
“Yah, kirain masih mau lanjutin cerita lu dan emak temen lu itu.”
“Gua belum siap jadi ayah,” jawab dia seakan-akan dia sudah pasti bisa dapetin si polwan tadi. Pede sekali anak SMP ini.
“Yah jadi siapa yang lagi lu suka sekarang?”
“Tapi janji ya jangan kasih tau siapa-siapa.” Di titik ini, gua merasa tingkat kejantanan gua menurun drastis.
“Iyee,” jawab gua singkat.
“Gua sebenernya suka sama si Ahmad.”
Gua diem, ga gua jawab. Gua cuma melihat ke arah dia. Dia mungkin merasa ada yang aneh dengan cara gua menatap, dia pun mengambil kembali kertas itu dan membaca kembali apa yang dia tulis.
“Bukan Ahmad maksud gua woy, astaga typo gua. Maksud gua si Aulia, astaga gara-gara nama mereka awalannya A Ki, sumpah.” Begimana ceritanya dia typo coba? Kan ini nulis ya bukan ngetik. Sangat mencurigakan.
“Oke kita anggap saja typo lu barusan itu tidak ada ya.” Gua cuma ingin menghilangkan rasa curiga gua.
“Makasih loh Ki, udah mau percaya ke gua.” Sepertinya gua harus tetap curiga.
“Oke, jadi lu suka sama Aulia. Tapi kan tadi lu bilang dia lagi pacaran sama si Ahmad.”
“Blom tau kan mereka pacaran atau lagi pdkt doang, mana tau mereka deket gara-gara ternyata mereka saudara, kan ga ada yang tau ya.” Mulai mencari-cari alasan ni anak.
“Terus lu maunya gimana? Deketin?”
“Yah ga tau juga Ki, kan gua sama Ahmad temenan yak, ntar di kira nikung lagi.”
“Lah kata lu tadi mungkin mereka saudaraan?”
“Ga mungkin lah, realistis dong ah.”
Gua pengen tuker temen sebangku aja.
“Yah terus lu maunya gimana? Seharusnya karena lu temenan sama si Ahmad lu bisa tanya aja begitu dia pacaran atau sodaraan sama si Aulia.” Setelah membaca jawaban gua dia diem dan ngelihat ke arah gua.
“Lah iya juga ya Ki, pinter emang lu.” Tiba-tiba dia ngomong dengan nada yang cukup keras, malu gua sumpah.
Akhirnya surat-menyurat yang sangat manly itu berakhir, dan pilihan gua untuk menulis semua percakapan itu di sebuah kertas adalah pilihan yang tepat, karena tidak ada satupun orang yang sepertinya mengetahui percakapan tadi kecuali kita berdua. Setidaknya itu lah yang gua kira saat itu.
Keesokan harinya, gua yang dateng selalu kecepetan datang dengan hati yang cukup gundah, gua merasa seperti ada yang ketinggalan. Dompet? Gua emang ga make dompet saat itu, pr? Gua emang ngerjain pr selalu di sekolah, jadi gua ga ngerasa ada yang ketinggalan.
Setelah masuk ke kelas gua melihat beberapa anak cewe yang lagi ngumpul di mejanya si Desy, dan itu pemandangan biasa karena pagi hari seperti ini memang anak-anak cewe lagi ngebandingin atau ngedebatin jawaban pr siapa yang bener, dan biasanya setelah mereka menentukan siapa yang paling benar baru deh anak-anak cowo pada ngumpul buat nentuin siapa yang minjem prnya duluan.
Gua pun meletakkan tas gua di meja dan langsung berjalan untuk duduk di kursi yang ada di depan kelas gua. Gua emang biasanya setelah meletakan tas di pagi hari langsung duduk di depan kelas, karena anak-anak cowo lain biasanya juga duduk di depan dan mulai ngobrol tentang apa saja sembari menunggu kelas mulai.
“Eh Ki, sini,” panggil si Sarah ke gua.
“Kenapa?”
“Ih ga nyangka banget loh si Dwiki suma sama Aulia, kan dia temenan ya sama Ahmad.” JEGEEER. Sial ternyata percakapan kami kedengeran sama si Sarah yang duduk di belakang gua.
“Astaga lu denger?” tanya gua yang shock dengan apa yang dibilang Sarah.
“Bukan gua denger, tapi Tasya yang denger.” Hah Tasya? Tasya adalah temen sekelas gua yang duduk jauh di seberang gua. Dan tidak memungkinkan bagi dia untuk dengar percakapan gua kemarin.
“Lah Tasya denger dari siapa?”
“Hmm katanya kemarin dia baca di kertas.” DUAAAAR. Gua baru sadar percakapan kemarin kita itu tidak ‘ngomong’ tapi ‘nulis’, astaga gua bener-bener panik pada saat itu, padahal kemarin gua udah inget buat membuang kertas kemarin, tapi karena terlalu semangat dengan bunyi bel pulang jadi gua lupa buat ngebakar itu kertas.
“Astaga, kok bisa dia dapet kertasnya sih?” tanya gua yang sudah mulai berkeringat.
“Ohh dia kan kemarin piket tu, nah pas lagi bersih-bersih di deket bangku kita katanya dia nemu itu kertas gitu.”
“Aduh, terus siapa aja yang tau?”
“Kayanya seluruh anak cewe kelas kita tau deh.” Kaki gua bener-bener lemes, mana si Dwiki blom dateng lagi.
Setelah mengetahui bahwa seluruh anak cewe yang ada di kelas gua membaca surat itu, gua pun bergegas ke kelas untuk membuang kertas terkutuk itu. Gua mencari di meja gua tapi gua ga nemuin satu pun kertas.
“Duh Tasya, lu ya yang baca kertas di meja gua?” tanya gua ke Tasya.
“Hehe iya Ki, ih ga nyangka banget loh gua.”
“Terus kertasnya di mana? Udah lu buang?” keringat benar-benar mengalir deras di muka gua.
“Engga gua buang.”
“Jadi lu bakar?” keringat sudah mulai muncul di bagian badan gua.
“Ya kali gua bakar, gua kan takut api.”
Tapi engkau bermain api teman.
“Ya jadi lu apain kertasnya???”
“Gua kasih ke Aulia tadi.”
Gua gakan nulis surat lagi.