“Io lu udah sarapan blom?” tanya gua ke Dio.
“Blom nih, mau sarapan?”
“Mau bubur apa mie ayam?”
“Hmm kalau mie ayam, lu mau mie ayam mana?” tanya Dio.
“Mie ayam bude sih, yang deket rumah gua,” di deket rumah gua ada mie ayam yang cukup terkenal enak.
“Wah skip deh, bude nya pake penglaris.”
Bagi yang ga tau apa itu penglaris, penglaris adalah suatu ilmu gaib yang di mana bertujuan untuk membuat dagangan atau usahanya ramai pembeli. Dan mie ayam bude ini juga digosipkan memakai penglaris.
“Elah tahun 2012 masih aja percaya kaya gitu, gua udah sering makan di situ ga ada penglarisnya ah.”
“Nah itu karena lu makan disana, coba deh lu bungkus terus makan nya lebih dari 1.3km dari situ pasti ga enak,” jawab Dio sotoy.
“Spesifik amat 1.3km. Emang lu denger dari mana sih soal kaya gitu?”
“Bude dari temennya temen nyokap temen gua yang bilang,” yak sesuai dengan yang gua duga, cerita-cerita beginian sumbernya selalu dari temennya temen. Selalu begini meta-nya.
“Elaaah jauh amat yah yang cerita. Ini lu denger sendiri dari si bude-bude ini?” tanya gua.
“Ga, gua denger dari temen gua yang denger dari teman nyokapnya.”
“Terus temen nyokapnya temen lu ini denger dari budenya?”
“Hah bude? Bude apa?”
Pengen gua timpuk ni orang.
“Udah dari pada gua makin bingung kita pergi sekarang aja ke mie ayam bude. Sekalian buktiin beneran yg di bilang sama. . . yah siapapun yang bilang tadi itu,” gua lupa akan percakapan of the year barusan.
Jujur gua adalah penikmat konten horor dari kecil. Mulai dari film, game, wahana dan horor-horor lainnya. Awal mula gua suka horror adalah dari film jelangkung yang keluar di 2001.
Yah gua nontonnya ga tahun 2001 sih karena pada tahun itu gua masih 4 tahun. Pertama kali gua nonton pada umur 9 tahun, gua ga tau siapa yang beli cd film itu tapi cd-nya tergeletak di depan tv gua. Dan yang membuat itu memorable bagi gua adalah gua nonton film itu bareng nenek gua. Yap anda tidak salah baca, kata-kata di sebelah memang NENEK.
Walaupun gua penikmat konten horror tapi untuk masalah pengelaris dan semacamnya gua kurang percaya, bukan maksud gimana-gimana tapi memang agak sedikit kurang masuk di akal aja. Masa ada makanan yang hanya bakal enak kalau lu makan di jarak tertentu dari tokonya, ini makanan apa wifi ada jaraknya.
Akhirnya kita pun sampai di mie ayam bude, mie ayam bude ini tempatnya ga spesial. Si bude hanya berjualan di rumahnya, dia hanya meletakkan beberapa meja dan kursi di sebelah rumahnya, dengan tenda sebagai atapnya. Dan ada satu pohon yang cukup gede tepat di bagian belakang tendanya.
“Nah itu Ki, katanya si penglarisnya duduk di atas situ,” kata Dio sambil menunjuk ke salah satu dahan pohon.
Gua menolehkan kepala ke arah yang ditunjuk Dio, dan gua memperhatikan ada apa sih sebenernya di sana. Mana tau ada sesajen atau kuntilanak lagi main gaple. Tapi setelah gua perhatikan dengan seksama pohon itu, tetep aja ga ada apa-apa di sana. Itu cuma pohon yang agak gede dengan beberapa cucian kotor di bawahnya.
“Yaudah gini aja, gimana kalau kita makan aja dulu disini tapi makanan kita jangan kita habisin, nah abis itu kita jalan rada jauh. Baru deh kalau udah agak jauh kita makan baksonya di mobil. Gimana?”
“Mantoel, emang ide-ide lu brilian Ki. Emang kalau masalah ga penting gini lu bisa di andelin deh.”
Gua siap-siap mukul Dio pake botol kecap.
Akhirnya kita makan dengan tenang sambil ngobrol seperti biasa, memang rasa dari mie ayam bude ini cukup enak, yah gua sampe sekarang ga pernah makan mie ayam yang ga enak sih. Dan lagi kelebihan dari si bude ini adalah letaknya yg cukup di tengah kota, dan dari sekolahan gua juga cukup dekat.
“Udah ah Io ga usah di liatin mulu si budenya,” kata gua ke Dio yang dari tadi melototin si bude. Kalau orang asing ngeliat dia gua yakin orang bakal ngira dia naksir sama si bude. Fix.
“Percayalah Ki, gua bakal mergokin si bude itu pas dia lagi berbuat hal aneh,” jawab Dio dengan kepercayaan diri yang tinggi.
“Elah Io, buat aneh gimana sih? Tiba-tiba ngeluarin pocong dari cincin nya gitu? Udah ah jangan di liatin gitu ntar dia tau.”
“Ga mungkin tau lah, kan dia sibuk,” kata Dio sambil tetep melototin si bude.
“Lah begimana ga tau, ini yang makan di sini kita cuma berdua Io, sama anaknya lagi makan di pojokan.”
“Udah jangan panik, lu perhatin aja pohon di belakang itu,” sambil nunjuk pohon yang ada di belakang dia.
“POHON NYA GA NGAPA-NGAPAIN!” Gua siap-siap nusuk mata Dio pake sumpit.
Akhirnya setelah makan mie ayam dengan suasana yang sangat tidak nyaman, gua dan Dio jalan ke arah kasir tempat si bude duduk kalau lagi ga ngeracik mie ayam. Kasir dan gerobak tempat si bude ngeracik mie ayam memang berdekatan, jadi gua bisa ngeliatin ke arah gerobak tersebut saat membayar makanannya.
Gerobaknya hanya gerobak kayu yang di cat biru, gak ada yang spesial sama sekali dari gerobak ini, ga ada tuyul yang lagi ngebuat bakso ataupun sundel bolong yang mengaduk kuah. GA ADA.
“Bude, tadi dua mie ayam bakso sama Teh Botol dua,” kata gua ke bude yang cukup gelisah dengan kehadiran Dio di belakang gua yang masih melototin si bude tepat di matanya.
“Mie ayam baksonya 16 ribu, kalau dua jadi 32 ribu, Dek,” kata bude ntah kenapa sepertinya dia malu-malu.
“Itu udah sama Teh Botol, Bude?”
“Udah bayar baksonya aja Dek, hehehe,” fix, dia pikir Dio suka sama dia.
Gua berjalan menuju mobil dengan perut kenyang namun dengan perasaan bersalah ke si bude.
“Hmm budenya baik juga yah, Ki,” kata Dio, gua mulai curiga memang sudah muncul benih cinta di antara mereka.
“Namanya juga bude-bude Io.”
“Hmm tapi kayanya gua ada yang ketinggalan Ki, apaan ya?”
“Dompet? Hape? Hati?”
“Hmm bukan, tapi gua ngerasa ada yang ketinggalan atau kelupaan gitu,” kata si Dio sambil ngubek-ngubek tasnya.
“Alah lu mah pengen balik buat liat si bude lagi kan.”
“Ga, serius. Apaan yak,” kata Dio dengan muka serius.
“Gini Io, kata orang dulu, kalau lu kelupaan sesuatu terus lu udah berusaha keras buat nginget tapi tetep lupa berarti bukan sesuatu yang penting Io, gitu.”
“Ohhh begitu ya. Oke-oke masuk akal,” kata Dio sambil ngangguk-ngangguk.
Dan ternyata yang kami lupakan itu adalah rencana kami untuk ngebungkus mie ayamnya dan nyobain setelah jalan cukup jauh dari tempat si bude. Ternyata orang dulu memang benar.
Besoknya pas baru masuk kelas gua ngeliat si Dio sama si Dwi lagi ngomongin yang udah pasti ga penting. Jadi gua masuk dengan sangat perlahan berharap mereka ga sadar gua udah dateng. Namun sayang gua baru sadar gua duduk di sebelah Dio.
“Eh Ki, kita harus balik ke tempat si bude lagi,” kata dia dengan lantang.
“Mau minta nomor doi lu?”
“Hah apa?” tanya Dio yang emang budeg.
“Ngapain lagi sih, kan kemarin udah terbukti ga ada apa-apa di sana.”
“Terbukti dari mana? Kita ga ngebuktiin apa-apa kok,” Dio ada benarnya.
“Iya Ki, tenang kali ini lu ga berdua doang. Ada gua.” Dwi adalah salah satu temen gua yang kelakuannya ga kalah ga penting dari Dio.
“Emang kalau ada lu kenapa? Setannya bakal keluar gara-gara kalian mirip?”
“ya engga lah, karena sekarang kita bertiga dan si bude sendiri.”
Sebelum percakapan ini semakin aneh, akhirnya gua iyain aja mereka.
Alhasil sepulang sekolah kita bertiga pun pergi buat makan di mie ayam si bude, gua yakin 100% si bude bakal ngira si Dio bener-bener suka sama dia. Kita baru aja kemarin dari sana, dan hari ini kita ke sana lagi. FIX.
Sesampainya kita di sana, ternyata lagi banyak pelanggan yang makan di sana. Dan si bude pun kelihatan sedikit sibuk meracik mie ayam-mie ayam pesanan pelanggannya.
“Io kali ini lu duduk jangan yang ke arah depan ya, ntar lu melototin si budenya lagi. Males gua liatnya,” gua takut mereka berdua menuju tahapan selanjutnya.
Jadi kali ini gua duduk membelakangi pohon gede, sedangkan di Dio dan Dwi duduk membelakangi kasir dan gerobak. Ini adalah cara agar si bude tidak baper kepada mereka berdua. Ya hanya ini caranya.
“Eh gua ngajak Ratih gapapa kan ya?” Ratih adalah pacar Dwi, dan si Ratih ini sudah terkenal bisa melihat hal tak kasat mata.
“Nah sekarang kita bisa buktiin kalau ni tempat emang pake penglaris,” kata Dio.
“Ya elah Wik, lu ngundang pacar lu cuma buat hal beginian?”
“Iya dong Ki, dan Ratih ini sudah terkenal seantero Pekanbaru kalau dia jago buat ngeliat hal-hal mistis. Lu tau ga alasan kenapa dia bisa liat beginian?” tanya Dwi ke kita berdua.
“Pasti karena dia pelihara burung hantu ya? Ohh bukan pasti karena dia pelihara kucing hitam ya?” jawab Dio yang ntah kenapa girang banget karena kebanyakan makan gula pasir di kantin.
“Lah dia pelihara burung hantu sama kucing item? Ga takut apa si Ratih kalau burung hantunya di makan sama kucingnya?” tanya gua.
“Lah bukannya kucingnya ya yang seharusnya takut, kan burung hantu makan kucing item?” kata Dwi.
“Hah bukannya burung hantu itu makannya tikus putih ya?” kata gua, cukup tertarik dengan percakapan tidak penting ini.
“Katanya burung beo itu bisa cepet ngomong ya kalau di kasih makan cabe?”
Kita ga jawab pertanyaan Dio.
“Udah-udah, jadi kenapa dia bisa ngeliat yang gituan?” gua khawatir dengan masa depan kita.
“Nih, dulu dia cerita pas dia lahir itu dia kelilit tali puser. Gokil ga tu?!” jawab Dwi dengan bangga.
“Lah bukannya kalau lu lahir kelilit tali puser itu lu ntar gedenya cocok make baju apa aja? Bukan bisa liat setan?”
“Hah? Ga ah Ki, dia cerita ke gua dulu dia waktu lahir kelilit tali puser gitu.”
“Terus dia emang bilang ke lu itu alasan dia bisa liat yang begituan?”
“Hmm ga ada sih Ki, dia cuma cerita doang waktu itu.”
Gua udah megang botol kecap di tangan gua.
Di tengah-tengah percakapan berfaedah ini, tiba-tiba Ratih muncul di belakang Dwi dan langsung duduk di sebelah gua.
“Jadi ini nih yang katanya mie ayam yang make penglaris?” kata Ratih sambil melihat sekeliling.
“Gimana, Tih? Ada yang aneh ga?” tanya Dio dengan sangat excited.
“Bentar ya, Io. Hmm gua ga ada ngeliat yang aneh-aneh sih. Dwi itu mie ayam kamu gimana rasanya?”
“Yah kaya mie ayam aja sih, ga ada yang aneh. Kamu mau coba?” jawab Dwi sambil menyodorkan mie ayamnya ke Ratih. Ratih pun menyantap sesuap mie ayam yang di tawarkan Dwi.
“Lu mau cobain punya gua ga, Tih?” tanya gua.
“Ohhh itu emang apa, Ki?”
“Mie ayam juga.”
Dwi merebut botol kecap gua.
Setelah mengamati dengan seksama, Ratih menyuruh kami untuk segera menyelesaikan makan kami dan dia bakal bilang semuanya di mobil. Sejujurnya gua cukup bersemangat untuk hasil dari pengamatan ini.
Akhirnya setelah membayar mie ayam dengan keadaaan sedikit tatapan aneh dari si bude ke Dio, kita pun berjalan ke arah mobil Ratih. Gua mulai memikirkan jawaban apa yang bakal diberikan Ratih ke kami. Apakah memang benar adanya kalau si bude memakai penglaris? Atau sebaliknya? Atau jangan-jangan dia mau minta putus ke Dwi? Gua excited banget!
“Oke, setelah melihat, menyantap, mengendus dan mendengarkan dengan seksama, gua sudah tau jawabannya…” Dramatis.
“Jadi hasil yang gua dapet adalah sebagai berikut, yang pertama tempatnya si bude sama sekali ga ada hantu atau semacamnya, yang kedua si budenya juga ga ada make penglaris di badannya, dan yang terakhir si bude nya naksir sama Dio.”
“Hah yakin lu dia ga make penglaris?” tanya Dio, tanpa menggubris soal si bude yang kayanya naksir dia.
“Iya gua yakin sih, soalnya sama sekali ga ada yang aneh. Dari gua masuk sampe tadi kita bayar sama sekali ga ada ciri-ciri dari dia make penglaris,” jawab Ratih yakin.
“Ciri-ciri? Emang ada ciri-cirinya ya?” tanya gua ke Ratih.
“Yah sebenernya yang orang biasa bisa rasain cuma kalau lu makan di tempat dan bungkus itu rasanya beda. Ciri-ciri yang lain yah kayanya lu ga bisa ngerasain sih,” jawab Ratih menegaskan bahwa gua orang biasa.
“Emang yang lu biasanya bisa rasain apaan?” tanya gua lagi.
“Hmm biasanya ya pas gua masuk itu suasananya udah ga enak, kaya gerah ga jelas gitu. Dan terkadang si orang yang jualannya itu juga gerak geriknya itu mencurigakan gitu, Ki.”
“Mencurigakan itu gimana emang?”
Lalu Ratih menceritakan bahwa dia pernah makan di salah satu tempat makan miso yang juga cukup terkenal. Saat dia pertama kali masuk ke dalam tempat makannya, dia sudah mulai merasa ada yang janggal dari tempat makan tersebut.
Setelah Ratih memesan misonya, dia terus memperhatikan gerak-gerik dari orang yang menyiapkan miso. Dan bener aja kata Ratih. Dia melihat setelah miso nya selesai dibuat, tiba-tiba si mas-mas yang ngebuat miso menyelupkan batu dari cincin yang lagi dia pakai.
“Hah serius kamu? Terus itu kamu makan atau kamu tanyain ke si mas-mas nya?” tanya Dwi.
“Ya ga ku makan lah, tapi ga ku tanya juga ke mas-masnya. Takutnya mereka tiba-tiba ngamuk ke aku gimana coba? Jadi ya kubiarin aja temenku makan, tapi punyaku aku bungkus aja.”
“Ah coba aja aku di situ, udah ku frontalin ke masnya itu,” kata Dwi dengan gagah berani.
“Kamu di situ kok, Dwi.”
“Hah? Aku di situ? Kata kamu tadi makan sama temen?”
“Iya kita masih temenan itu,” jawab Ratih polos.
“Lah jadi kamu biarin aku makan miso beracun?” tanya Dwi sambil memegang perutnya seakan-akan dia baru aja makan miso itu.
“Ga beracun Wik, tapi pake penglaris.” Gua mencoba menenangkan Dwi yang mukanya udah kaya orang mau muntah.
“Kalau menurut gua tempat si bude ini cuma di gosipin aja sih, soalnya mie ayamnya lumayan oke, harganya murah, terus tempatnya deket dari sekolahan kan jadi yah mungkin ada yang iri, terus nyebarin gosip yang engga-engga deh.”
Yah memang hal kaya gitu bisa aja terjadi, karena kayanya kita sebagai orang Indonesia masih sangat percaya dengan hal seperti ini. Buktinya gua dan teman-teman gua tersayang ini rela buat makan di sini dua kali berturut-turut, bahkan sampai memanggil Ratih yang biasa berurusan sama hal gaib buat memastikan si bude pakai penglaris atau ga.
“Jadi lu yakin nih si bude ga make cincin kaya miso yang itu? Atau make hal-hal aneh lainnya?” tanya gua memastikan.
“Fix sih, tadi dia cuma make cincin kawin gua liat,” jawab Ratih.
“Bude make cincin kawin?!” tanya Dio kaget. Pupus sudah harapan Dio makan mie ayam dengan gratis Teh Botol tiap hari.
Besok paginya gua lagi bengong di kelas. Dio yang baru dateng langsung ngajakin gua buat beli sarapan.
“Mau mie ayam atau bubur nih?” tanya gua.
“Kayanya gau ga makan mie ayam dulu deh,” jawab Dio, tidak perlu di tanya kenapa.
“Bubur ayam?”
“Hmm, miso yang dibilang Ratih mau ga?”
Gua kaget dengan jawaban si Dio.
“Hah yang pake penyedap ekstrak cincin?”
“Ga mau?”
“Hmm yuk ah, kayanya asyik.” Aku cinta horror.