1 kata yang sangat sulit untuk di ucapkan oleh orang-orang,tau kata kata apa?
-maaf-
hanya 1 kata,namun entah kenapa mereka yang mempunyai kegoisan dan hati yang keras sangat sulit untuk meminta maaf,bahkan untuk memaafkan saja ia butuh waktu untuk memikirkannya.
hey,kita siapa yang selalu ingin meninggi layaknya langit di atas sana,kita hanyalah di ciptakan dari segumpal tanah,maka bersikap lah serendah tanah,tidak ada gunannya meninggi seperti langit....
semua orang pernah melakukan kesalahan,termasuk diri kita sendiri,lantas,apakah layak kita sebagai manusia ciptaan allah mempunyai sifat sombong?
allah saja masih bisa menerima taubat seorang pelaku maksiat,kenapa kita tidak?
tetaplah menjadi seseorang yang rendah hati,buanglah sifat takabbur yang selama ini kita simpan.
.......
zayyan langsung mencari ruang inap sang mama,dengan kalang kabut ia menanyakannya kepada perawat,hatinya sudah di selimuti ketakutan,hatinya benar-benar tidak tenang.
dengan pelan zayyan membuka pintu ruang inap mamanya.
"ma"panggilnya dengan panggilan yang sudah lama tak keluar dari mulutnya.
namun sang mama yang ia panggil sama sekali tidak menyahut,alat rumah sakit sudah banyak menempel di tubuhnya,bahkan matanya terpejam tak sadarkan diri.
dengan langkah yang lemah zayyan mendekati mamanya yang terbaring lemah,sang papa hanya diam memperhatikan perlakuan zayyan yang sudah sangat jarang ia liat.
"pa"zayyan menyalami papanya dengan sopan,kemudian duduk di sebelah mamanya dan memandangnya.
"mama mu terkena tumor otak"
seketika zayyan terkejut dan memandang papa dengan penuh tanda tanya.
"tumor otak?"
papanya mengangguk.
"sejak kapan mama terkena tumor otak?"tanya zayyan lagi.
dengan cepat sang papa hanya bisa mengelengkan kepala.
...
zayyan berjalan menyusuri jalan rumah sakit,rambutnya beracakan,wajahnya terlihat tidak baik-baik saja,zayyan terduduk dan bersandar di tembok lorong rumah sakit,ia memegang kepalanya seolah ada suatu hal yang ia pikirkan.
"zayyan" panggil papanya .
zayyan menoleh.
"zay mama udah siuman"
dengan cepat zayyan berlari ke ruang rawat mamanya,ia menghambur memeluk mamanya dan menangis.
"maafkan zay ma,maafkan zayyan yang udah durhaka sama mama dan papa"
mata sang mama ikut mengeluarkan air mata,namun dirinya sangat lemah untuk membalas pelukan putra nya.
"mama maafin zay kan ma?" zayyan menatap wajah sang mama yang sudah mulai mengeriput,dengan pelan ia mengelap air mata yang membasahi pipi mama nya."jangan menangis ma"ucapnya.
papa zayyan yang sedari tadi hanya menonton antara ibu dan anak,kali ini ia melangkah mendekat dan memeluk ketiganya dengan kedua tangannya,ia sangat bersyukur akhirnya hubungan yang dulunya hancur kini sudah mulai membaik.
"bang arsyad,sekarang zay akan terus menjaga mama" batinnya.
......