Read More >>"> Diary Pandemi (Chapter 1) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Diary Pandemi
MENU
About Us  

Halo, kenalin nama gue Enjizoo, itu nama pena gue sih. Umur gue sekarang udah 16 tahun dan sekarang lagi menempuh pendidikan di salah satu SMK yang ada di Bali. Gue udah mulai nulis sejak empat tahun lalu, karya pertama gue, gue publish di salah satu platform nulis online terkenal. Waktu awal pandemi gue masih kelas 8 semester dua sampe gue masuk SMK kelas 10. Baru-baru ini berarti. Gue mau sharing tentang kehidupan gue selama masa pandemi yang sangat menyebalkan dan tiada akhirnya ini. 

selama masa pandemi ini, jujur aja gue nggak menikmati masa muda gue. ya gimana mau menikmati? Gue gak bisa ketemu sama temen-temen gue, dikamar terus, kalau nggak tidur nggak ada kerjaan lain yang bisa dilakukan selain nugas. Apalagi gue waktu itu masuk di kelas unggulan yang bikin masa pandemi gue semakin berantakan. Ya wajar lah, orang kaya gue yang punya otak pas-pasan gini tiba-tiba masuk kelas unggulan auto syok kan. Temen sekelas gue pada ambis semua tuh, pada caper, carmuk segala macem.

Karena dulu gue orangnya gampang terpengaruh, akhirnya tanpa sadar gue juga ikutan ambis dalam artian 'ambis yang nggak sehat'. Gue mulai belajar dari pagi sampai malem. Itu pun harus di bentak dulu biar gue makan, sering ngelawan sama ortu gue dan gue di rumah selalu jadi beban. Gue harus ikut-ikutan caper di hadapan guru, yang mana sebenernya gue nggak suka ngelakuin hal itu. Setiap temen gue ngajakin hangout gue selalu nolak dan bahkan gue ngeblokir akun temen-temen gue karena menurut gue mereka ganggu. Gue akhirnya kehilangan temen-temen gue waktu kelas 8, kata mereka semenjak gue masuk di kelas unggulan gue jadi sombong dan berubah drastis. Di pikiran gue cuma ada gimana caranya biar gue bisa ngalahin mereka yang ada di kelas unggulan.

Sampai di titik dimana gue udah mulai kehilangan semangat buat belajar, kehilangan semangat buat bersosialisasi sama orang lain, nggak lagi suka bergaul dan gue udah nggak punya temen lagi karena sifat gue yang sangat ambis itu. Parahnya, gue stop nulis permanen selama itu. Satu tahun berlalu, akhirnya gue lulus dari SMP gue yang sebelumnya dan bakalan lanjut ke jenjang SMA. Gue milih SMK tapi.

Gue penasaran sama aplikasi tiktok, kata temen gue sih aplikasi itu asik. Akhirnya gue download aplikasi itu dan tebak, apa yang terjadi sama gue? Mata gue lebih terbuka sama dunia. Yang awalnya cuma kenal dunia perambisan siswa unggulan, semenjak download aplikasi tiktok gue jadi tahu, dunia itu bukan tentang nilai yang ada di raport. Tapi dunia itu... Banyak hal yang bisa di eksplor dari sana. Gimana cara menghadapi dunia yang sesungguhnya. Konten creator yang memotivasi, menghibur, mengedukasi dan banyak lagi. Orang hebat yang dulunya adalah orang yang biasa aja tapi sekarang dia udah jadi salah satu orang berpengaruh di duni ada di sana. Orang-orang diluar sana yang pingin jadi kaya gue, sehingga gue bisa lebih bersyukur dengan hidup gue yang sekarang.

Gue banyak ngelihat orang-orang hebat yang pada awalnya juga sama kaya gue. Gue kembali semangat buat ngejar mimpi gue sejak itu. Gue jadi tahu gimana caranya memanage diri gue untuk jadi lebih baik lagi. Gue mulai menggambar, belajar bahasa asing, dan mulai lagi nulis setelah kurang lebih satu tahun gue vakum dari dunia penulisan. Dan tentu saja tutor dan motivasi gue dapatkan di tiktok dan dari sosial media lainnya.

Karena sosial media juga, akhirnya, gue memutuskan untuk membangun kembali hubungan gue sama temen gue yang udah lama merenggang gara-gara kesalahan gue sendiri. Tapi untungnya mereka mau terbuka lagi sama gue, bahkan menganggap kejadian masa lalu itu nggak pernah terjadi. Temen gue ngerti sama hal yang gue alami, dan itu bikin gue makin merasa bersalah sama mereka. Mereka selalu nawarin gue buat pergi malem-malem, awalnya gue nolak, tapi rasa penasaran gue lebih besar dari pada rasa takut gue. Gue yang pada awalnya masih tabu sana dunia malam, maksudnya kayak kumpul-kumpul sama temen sampai malem, jadi ngerti. Sebenernya yang bikin gue nggak bahagia itu, ya karena gue terlalu membatasi diri. Gue nggak mau temenan sama orang yang nakal, bejad, dan lain sebagainya. Tapi sejak saat itu, anak nakal nggak seburuk yang gue kira. Malah sekarang temen-temen gue kebanyakan anak nakal semua. Tapi gue tetep jadi anak baik kok, haha. Kuncinya jangan terpengaruh.

Sejak saat itu juga gue jadi lebih sering hang out sama temen-temen gue. Gue jadi lebih berani mengekspresikan diri dan yang paling gue syukuri sekarang adalah, akhirnya gue bisa bodo amat sama penilaian orang. Gue udah tahu kemana tujuan hidup gue. Gue udah tahu apa yang mau gue lakuin di kehidupan gue saat ini. Yang awalnya gue bodo amat sama penampilan, sekarang jadi yang paling peduli sama penampilan. Gue nyari tutorial skincare, make up, ootd, cara nya self love, dan banyak lagi. Sosmed nggak terlalu buruk kok. Banyak hal positif yang bisa di ambil dari sosmed.

Tapi, tunggu dulu, ada tapinya nih. Setiap hal pasti selalu ada sisi positif dan sisi negatif yakan? Tak terkecuali sama pengaruh sosmed di hidup gue. Setelah gue berkecimpung di dunia sosmed sebagai penikmat, menjadikan gue sebagai pribadi yang mudah lelah bahkan gue bisa tidur seharian tanpa melakukan aktivitas apa pun. Gue ngerasa kalau selama waktu itu, yang gue lakuin itu cuma hal yang nggak berguna. Gue mulai kehilangan jati diri gue, gue juga udah kehilangan tujuan hidup gue. Mulai bingung mau ngapain untuk selanjutnya. Yang gue lakuin ya selain tidur cuma seneng-seneng doang. Padahal, gue punya mimpi yang lumayan tinggi.

Seperti yang gue bilang tadi, penampilan adalah yang paling penting. Karena itu juga gue setiap hari selalu pusing mikirin outfit yang mau gue pake buat keluar main sama temen-temen gue. Gue pingin biar gue yang paling bersinar diantara mereka. Gue sering ngebandingin outfit gue sama orang yang papasan sama gue. Gue ngerasa mereka lebih keren dari gue. Gue jadi nggak PD kalau keluar lagi. 

Makin hari, rasa insecure gue semakin meninggi. Gue jadi lebih sering banding-bandingin diri sendiri sama orang lain yang gue lihat di sosmed. Gue jadi lebih julid ke semua orang di sosmed yang menurut gue, itu nggak sesuai sama diri gue. Gue mulai merasa kesepian karena memang temen-temen gue itu semua nggak nyata, semuanya cuma khayalan belaka. Kesenangan yang gue dapetin dari main sosmed bersifat sementara dan nggak akan bertahan lama, itu juga yang bikin gue kecanduan sama sosmed. Karena memang kebahagiaan yang gue dapet dari sosmed nggak bertahan lama dan gue harus terus-terusan buka sosmed biar gue bahagia.

Gue jadi orang yang sering overthinking, iri sama pencapaian orang lain, dan mulai menarik diri dari pergaulan dunia nyata. Gue nggak lagi berusaha buat dapetin sesuatu, kalau nggak dapet yaudah lupain aja tanpa ada usaha lebih. Makin hari rasa kompetitif di diri gue memudar, gue cuma bisa pasrah sama keadaan. Kembali lagi tentang masalah yang pernah gue alami. Gue mulai nggak bisa percaya lagi sama temen-temen gue. Gue mulai merasa kalau orang-orang yang ada di sekitar gue, ngedeketin gue cuma untuk manfaatin gue aja. Gue kehilangan rasa percaya diri gue yang sebelumnya udah susah payah gue bangun. Keluarga gue mulai ngejauhin gue kecuali orang tua sama adik kandung gue. Mereka selalu ada buat gue walau kadang mereka juga penyebab mental gue down. 

Nggak kerasa gue udah harus masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SMK. Gue udah nggak bersemangat buat masuk ke SMK ini padahal gue udah berusaha keras buat belajar supaya bisa lulus di SMK ini. Waktu itu, karena masih pandemi jadi semua kegiatan belajar dilakukan online, zoom biasanya. Karena gue masuk di sekolah baru, otomatis gue harus nyari temen baru lagi kan? Gue takut dan makin sering overthinking. Gue takut kalau nantinya temen-temen gue bakal ilfeel sama gue. Gue takut jika nantinya mereka malah nggak bisa nerima gue di circle mereka. 

Gue nggak sendiri sih sekolah di sana, bestie gue ada juga yang sekolah di sana tapi beda kelas. Selama masa itu gue cuma diem mulu, gue meratapi diri gue yang nggak bisa bergaul. Gue iri sama temen-temen kelas gue yang langsung bisa akrab sama yang lain. Sedangkan gue, tanpa ada usaha cuma nunggu supaya di chat lebih dulu. Sekitar tiga bulan berlalu, akhirnya sekolah gue resmi melaksanakan Pertemuan Tatap Muka setelah dua tahun daring tapi setengah-setengah. Jadi sistemnya itu, setiap kelas bakal di bagi per sesi. Kebetulan siswa di kelas gue ada 30 orang. Jadi satu sesi itu isinya 15 orang. Gue dapet sesi 2 dimana gue masuk sekolah jam 10 pagi dan pulang jam setengah dua siang. Selama itu tuh gue selalu sendiri, duduk di depan tanpa berinteraksi dari awal masuk sekolah sampai pulang gitu mulu tuh. 

Suatu hari, wali kelas gue nyuruh kelas gue buat nentuin perangkat kelas. Gue ngajuin diri jadi bendahara tapi pada akhirnya gue di permalukan. Yang di pilih cuma anak hits aja. Gue ngerasa harga diri gue dijatuhin, dan pada akhirnya gue berambisi lagi. Tapi, kali ini gue berambisi dalam hal yang positif. Ini sisi positif sosmed yang memengaruhi hidup gue. Bahwa ambis nggak perlu sampe sakit apalagi sampai depresi. Gue bakal buktiin kalau biarpun gue nggak bisa bergaul, gue bakal buktiin kalau gue nggak serendah itu untuk temen-temen kelas gue. Gue mulai belajar setiap hari tanpa memengaruhi pola hidup gue, dengan cara time management. Gue juga berambisi mempercantik diri gue dengan cara pake skincare setelah sekian lama vakum. Pake baju yang bagus dan gue mulai secara perlahan terbuka lagi sama orang-orang yang ada di sekitar gue. Dan ambisi gue membuahkan hasil, ya walau pun hasilnya nggak gede tapi lumayan lah. Gue dapet ranking 12. Menurut beberapa orang emang ranking 12 ini nggak ada artinya. Tapi menurut gue, bukan hasilnya yang penting tapi prosesnya. Proses dimana gue mulai sadar, untuk mencapai sesuatu itu harus dengan perasaan yang gembira dan tentu saja dengan usaha yang keras.

Setelah sekian lama, akhirnya sekolah gue resmi mengadakan pertemuan tatap muka full, artinya nggak ada lagi pembagian per sesi. Padahal belum mulai, tapi gue merasa insecure duluan. Karena sifat khawatir gue masih ada di dalam diri gue. Selama awal-awal , jujur aja gue ngerasa stress dan depresi. Ini sih temen gue juga pada high class semua soalnya, sehingga gue kurang bisa untuk ngikutin gaya hidup mereka yang bisa dibilang fancy. Hampir setiap hari gue nangis di kamar gue karena pertemuan tatap muka begitu sulitnya buat gue. Gue lihat temen-temen gue pada ketawa, tapi kenapa cuma gue yang murung? Gue punya satu temen duduk, dia bukan temen pertama gue tapi dia adalah temen yang paling lama bareng sama gue selama di SMK sampai saat ini. 

Praktek pun rasanya nggak asik. Padahal praktek adalah mata pelajaran yang paling gue tunggu-tunggu sebelum masuk ke SMK. Temen kelas gue semua pada ambis sama kaya di SMP tapi bedanya di sini gue nggak terpengaruh dan nggak berusaha untuk ngalahin mereka. Ya gue biarin aja gitu mereka bersaing, sementara gue dateng ke sekolah, duduk di bangku nyimak, pulang abis itu lupa sama materi yang di kasih. Selama sekitar dua bulan gitu terus. Gue inget, kalau gue mau berbaur sama temen gue yang lain, gue harus bisa beradaptasi ya'kan? Gue biarin diri gue mikirin masalah itu sampe bosen dan ngelupain masalah itu untuk kepentingan masa depan gue. Banyak tutor dari sosial media yang bisa gue ikuti supaya gue bisa berinteraksi sama temen-temen gue di sekolah. 

Sekarang, gue udah bisa berbaur sama mereka walau pun tipis-tipis. Gue juga ninggalin kebiasaan gue yang selalu overthinking, walau pun sekarang masih overthinking tapi gue tahu lah caranya handle dikit-dikit. Gue mulai bisa bodo amat lagi sama apa kata orang. Tapi rasa nggak percaya tetep ada di dalam diri gue sampai detik ini. Kebiasaan mengabaikan orang yang pingin deket sama gue juga masih ada sampai sekarang. Bukan tanpa alasan, gue cuma nggak mau sakit hati aja karena di khianati. Tapi sejauh ini, menurut gue, gue udah berubah dari pribadi yang bisa di bilang introvert tingkat akut, maksudnya yang bener-bener menarik diri dari lingkungan sosial ke pribadi yang ekstrovert tingkat bawah. Emang ada ya? Pokoknya gitu deh, sekarang temen gue nambah banyak walau ada temen kelas yang punya masalah sama gue. Gue nggak peduli sih.

Gue yang sekarang berbeda sama gue yang dulu. Gue yang sekarang lebih happy dan lebih terbuka sama segala sesuatu yang terjadi. Walau pun gue udah nggak seambis dulu lagi, tapi gue bahagia. Gue selalu ambil sisi positif, karena setiap hal kebanyakan berdampak negatif serta positif di diri kita, benar 'kan? 

Jadi, dari cerita gue ini gue dapat simpulkan bahwa pengalaman terbaik yang terjadi dalam hidup gue selama pandemi itu bukan hal yang kaya sebuah kejadian atau yang lainnya. Tapi pengalaman gue waktu gue masih berusaha buat keluar dari zona nyaman gue dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Gue harap dari cerita gue ini, bisa menginspirasi temen-temen yang mungkin lagi ngalamin hal yang sama dengan hal yang gue alami dulu. Oke, segitu dulu cerita dari gue. Hope you enjoy.

Btw, ini udah kedua kalinya gue ikut kompetisi online. Sebelumnya gue kena tipu, padahal udah bayar mahal tapi sertifikat belum juga dikirim. Gue harap kali ini bukan penipuan ya, hehe. Terimakasih.

 

How do you feel about this chapter?

0 1 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
WHY???
1692      689     16     
Romance
Bagi Viona banyak sekali masalah yang menimpanya saat dia manjadi murid SMA, entah masalah keluargalah , persahabatannya lah , nilai - nilainya yang menurun lah dll, dan semuanya bertambah rumit lagi saat dia tau bahwa dia telah menyukai Dalvin kakak kelasnya yang terkenal cool,dan kasar. Semua itu bermula dari sebuah tatapan, tatapan yang membuat Viona merasa aneh dan bertanya-tanya apa arti tat...
Kau dan Aku Tahu Itu
1691      861     5     
Short Story
Sungguh kau tidak akan pernah mengerti sampai kamu membaca cerita ini lengkap. Saya tidak bermaksud menyinggung agama mana pun, saya hanya membagi kisah ini atas nama persahabatan. Dan dari narasumber yang bersedia membagikan kisahnya.
Niscala
278      169     14     
Short Story
Namanya Hasita. Bayi yang mirna lahirkan Bulan Mei lalu. Hasita artinya tertawa, Mirna ingin ia tumbuh menjadi anak yang bahagia meskipun tidak memiliki orang tua yang lengkap. Terima kasih, bu! Sudah memberi kekuatan mirna untuk menjadi seorang ibu. Dan maaf, karena belum bisa menjadi siswa dan anak kebanggaan ibu.
Anomali Maret
167      118     1     
True Story
Maretku terjadi dengan uniknya. Ada tiga babak yang akan kuceritakan kali ini, dan benang pengaitnya kuberi nama Anomali. Tetapi sungguh, cerita seperti kejatuhan durian bulan ini, lalu pada bulan yang sama di tahun depan aku menginjak kulit durian yang belum membusuk itu, bukankah dapat dikatakan sebagai anomali absurd? Tenang saja, cerita ini tidak mengandung durian, kok! Hahaha.
Abdi Rupa Sang Garda Tengah Dua Tepi Pantai Relawan Ampera
213      151     1     
True Story
Ini adalah kisah tentang arunika yang tergoda dengan pelosok simfoni dan terangkai menjadi sebuah kisah inspirasi yang diangkat dari True Story. Penulis menyiratkan dalam kisah ini yakni "Menjadi Baik Itu Baik" 😊, selamat menikmati mari sama-sama berkontribusi untuk negri sekecil apapun karna 1 langkah besar bukankah terdiri dari ribuan langkah-langkah kecil history nya
Acceptable
321      205     1     
True Story
“Bahkan dengan diriku sendiri pun, aku mampu untuk bertumbuh dan berkembang dengan baik. Aku harus dapat bertahan dengan diriku dan di atas kakiku”.
NI-NA-NO
1263      566     1     
Romance
Semua orang pasti punya cinta pertama yang susah dilupakan. Pun Gunawan Wibisono alias Nano, yang merasakan kerumitan hati pada Nina yang susah dia lupakan di akhir masa sekolah dasar. Akankah cinta pertama itu ikut tumbuh dewasa? Bisakah Nano menghentikan perasaan yang rumit itu?
Warisan Kekasih
547      382     0     
Romance
Tiga hari sebelum pertunangannya berlangsung, kekasih Aurora memutuskan membatalkan karena tidak bisa mengikuti keyakinan Aurora. Naufal kekasih sahabat Aurora mewariskan kekasihnya kepadanya karena hubungan mereka tidak direstui sebab Naufal bukan seorang Abdinegara atau PNS. Apakah pertunangan Aurora dan Naufal berakhir pada pernikahan atau seperti banyak dicerita fiksi berakhir menjadi pertu...
Listen To My HeartBeat
354      209     1     
True Story
Perlahan kaki ku melangkah dilorong-lorong rumah sakit yang sunyi, hingga aku menuju ruangan ICU yang asing. Satu persatu ku lihat pasien dengan banyaknya alat yang terpasang. Semua tertidur pulas, hanya ada suara tik..tik..tik yang berasal dari mesin ventilator. Mata ku tertuju pada pasien bayi berkisar 7-10 bulan, ia tak berdaya yang dipandangi oleh sang ayah. Yap.. pasien-pasien yang baru saja...
Titik Akhir Pencarian
231      156     1     
True Story
Lelah mencari pada akhirnya kuputuskan untuk menyendiri. Terimakasih atas lelah ini, maaf aku berhenti. . . Dara, 2022