Read More >>"> Manusia Kaset
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Manusia Kaset
MENU
About Us  

      Kopi hitam dimeja belum juga tersentuh sedari tadi. Pandanganku jauh ke arah depan namun pikiranku jalan entah kemana. Kacau benar rasanya uangku sudah menipis tapi Darto belum juga mengembalikan. Dia sudah tiga kali meminjam uang, tapi sejak pertama kali pinjam belum sepeserpun ia kembalikan.


"Hei! Kau ini ngelamun saja! Lihat kopi itu sudah dingin!"
"Aduuh, Cok! Bikin kaget saja...eh jangan diminum dong."


      Ku cegah Ucok meminum kopiku padahal mulut dia sudah monyong mendekati bibir gelas. Ucok tertawa, rupanya dia nggak serius. Nama asli dia adalah Purba, tapi sering kupanggil Ucok saja panggilan khas orang Medan. Lagipula dia memang suka dipanggil Ucok daripada nama asli dia. Dia ini teman ngobrol yang blak-blakkan dan bagi para pengemudi ojol yang belum kenal dia pasti banyak tersinggungnya. Kalau dia bilang jelek ya jelek nggak bisa ditawar lagi. Tapi buatku itu lebih baik daripada si Warto yang apapun itu bakalan dia bilang "nggih" Bahasa Jawanya yang artinya "bisa" meski kadang dia nggak bisa. 


"Kemana si Darto itu Jek? Mampir dia kemari?"
"Justru itulah aku juga cari, Cok. Mau tagih hutang dia. Memangnya selama jadi 
 ojol nggak pernah dapet uang apa gimana?"  "Nah sama lah, Jek. Aku juga mau tagih hutang dia. Malas aku dengar alasan dia macam kaset. Maak kopi satu ya...!"


      Teriakan Ucok dibalas Mak Mar pemilik angkringan dengan kode tangan OK. Satu per satu pengemudi ojol lainnya mulai berdatangan juga mampir kemari. Ada si Warto, Dul, Yoyok sampai yang paling cantik sendiri di komunitas ojol kita Santi. Eits tapi jangan salah! Santi ini susah bedakannya sama laki-laki lainnya kecuali pas dia ngomong. Memang dia sengaja membuat tampilannya laki banget. Alasan dia sederhana supaya nggak ada yang berani ganggu pas lagi ngojek. 


"Kalian tahu kemana Darto?"
"Wih nggak,Cok. Lagian santi juga barusan datang."
"Kalau kau,Warto?"
"Nggih mas ucok...saya nggak tahu."


     Ucok tepok jidat. Aku setengahnya menahan ketawa dengar Warto bicara. Ucok kan artinya sama dengan bang, kakak dan mas eeh dia panggil lagi dengan sebutan mas didepan kata ucok. Baru saja diomongin orangnya datang juga.


"Nah panjang umur juga kau...!"
"Lah ada apa?"
"Apalagi kalau bukan hutang! Kali ini jangan banyak alasan kau ya."


      Darto kali ini tak berkutik. Biasanya dia sudah mengeluarkan jurus seribu satu alasan untuk menghindar dari tagihan hutang. Dompet kulit berwarna coklat muda ia keluarkan dari balik kantong celana jeansnya. Selembar uang lima puluh ribu ia serahkan ke Ucok. Aku pun juga menagih hutang ke Darto. Dia mau berkelit namun ucok sudah menatap matanya tajam. 


"Iya, Jek. Nih aku bayar seratus ribu dulu."
"Hutang jaman kapan bayarnya yang kecil duluan gimana sih?! Serius aku butuh  
 buat bayar kos-an nih!"
"Iya iyaa tiga hari lagi ya aku bayar tunggu aja. Kan belum dapat penumpang aku  
 hari ini lagipula buat modal bisnis nih."
"Aku heran sama kau. Ada bisnis tapi nggak berkembang? Atau cuma omongan kau 
   aja yang mutar macam kaset."


       Darto selalu tak bisa menjawab kalau ucok angkat bicara. Hanya bisa terbata-bata lantas katanya ada orderan masuk dan kabur begitu saja. Tapi kali ini aku tak main-main. Aku curiga kalau di kos-an, Darto itu masih punya uang. 


                                     ***


      Tiga hari dari peristiwa itu masih kutunggu niat baik Darto. Aku duduk di warung Mak Mar sembari menghisap rokokku. Kulihat dari kejauhan ucok datang sambil tersenyum. Sepertinya dia habis dapat orderan besar. 


"Jek, belum dapat orderan?"
"Belum, aku mau tunggu Darto disini buat tagih hutangnya."
"Ah! Percuma kau tunggu dia. Kenapa nggak ke kos-an dia?"
"Tau dimana kos dia, Cok?"


        Ucok memberi tahu nama jalan dan kemana arah yang harus kutuju. Namun dia berpesan sebaiknya malam kesana. Nihil siang ini Darto ada di kos-an. Sejauh ini teman satu kumpulan nggak ada yang pernah tahu dimana Darto tinggal. Ucok tahu karena ketidaksengajaan dia sehabis antar penumpang dia ikutin kemana motor Darto melaju. Pernah dia datangi siang hari dan selalu kosong. Tapi saat malam, lampu di kos-an Darto selalu menyala tanda ada penghuninya. 


                                      ***


        Benar saja kujalankan saran dan petunjuk dari Ucok. Memang cukup susah mencari jalannya apalagi daerah kos-an Darto tidak di area perumahan. Masih masuk area desa. Belum lagi ditambah penerangan jalan yang kurang baik. Sampai akhirnya kutemukan ciri rumah kos yang sama disebutkan oleh Ucok. Ku ketuk pintu kamar Darto. Yaah aku tahu dari sandal dan sepatu yang berjejer di dekat pintu. Memang tak salah lagi inilah kos-an Darto.


"Ya siapa? Eh kamu Jek? Darimana kamu tahu kos-an ini."
"Nggak usah basa-basi! Aku mau tagih hutangku!"
"Duh sabar, Jek. Belum balik duitnya....."
"Mau alasan apa lagi? Nah itu ada uang dibawah itu uangmu kan?!"
"Itu bukan uangku, Jek. Ituu...itu...."


     Langsung aku masuk ke kamar Darto. Aku sudah tak peduli lagi kali ini. Kulihat ada uang berceceran dibawah dan ada sebuah buku ukuran folio. Sepintas aku lihat catatannya. Aku benar-benar tak mengira ternyata Darto itu...


"Jadi selama ini kamu bandar judi togel?!"
"Sst...tolong jangan keras-keras ya toloong. Ini rahasia kita berdua saja, Jek. Tolong jangan laporkan ke polisi. Aku hidup dari sini, Jek. Jadi driver ojol nggak bisa sepenuhnya memenuhi hidupku. Tolong yaa tolong....Aku bayar ini nanti aku bayar. Malam ini mereka yang pasang akan bayar ke aku dan aku bayar hutangmu."


      Amarah dan kecewa sudah memuncak malam itu. Uang yang katanya untuk hidup dia sehari-hari. Malah justru diputarkan untuk bisnis haram seperti ini. Kutatap tajam si Darto layaknya harimau bertemu mangsanya. Darto hanya bisa gemetar saat itu. 


                                       ***


      Pagi ini di warung Mak Mar semuanya berkumpul. Banyak cerita seputar orderan termasuk penumpang rewel. Kami tertawa sembari mencomot gorengan diatas piring. Hingga akhirnya ucok nyeletuk.


"Kemana ya si Darto itu sudah 3 hari nggak nampak batang hidung dia?"
"Iya ya. Kadang Santi ketemu di jalan pas dia bawa penumpang."


     Seketika bulu kudukku berdiri mendengar nama itu. Segelas kopi hitam yang nyaris kuseruput itu tak jadi. Hilang seleraku hari ini. Kini mereka ramai membicarakan Darto yang omongannya seperti kaset. Aku hanya diam saja tak mau ikut menanggapi.


"Jek, kenapa tiba-tiba diam? Ada apa?"
"Nggak apa, Cok. Tiba-tiba badanku nggak enak." 
"Mas Jek apa pulang aja daripada nanti pingsan disini. Istirahat dulu nggih di kos-
 an."
"Nggak apa Warto. Aku masih baik-baik aja." 
"Tangkap dia!!"


     Sontak semuanya kaget termasuk aku. Kedua tanganku dipegang erat dan diborgol. Aku menengok ke belakang dan ternyata 3 orang polisi salah satunya yang berhasil memborgolku. Wajahku pucat kini tak tahu harus apa lagi. Kulihat wajah teman-temanku kaget dan hanya ucok yang berani menghampiri para polisi itu. 


"Ada apa ini, Pak? Tolong lepaskan teman saya. Dia tidak salah apa-apa."
"Sesuai dengan pemeriksaan dan bukti yang ada di lokasi pembunuhan, dia terbukti.  
 telah melakukan pembunuhan hingga mayat korban membusuk di sebuah kamar 
 kos."
"Pembunuhan? Jek...apa maksudnya ini?"
"Mas Jek nggak mungkin melakukan itu! Mas kan orang baik! Ini pasti salah 
 tangkap!"
"Cok, Warto, Santi aku bukan orang baik. Tolong jangan dekati aku lagi."


      Aku minta waktu sebentar pada para polisi itu. Aku berjanji tak akan melawan. Ya, kujelaskan pada mereka semua aku yang membunuh Darto. Aku yang memukulinya hingga tak bernyawa lagi. Rasanya mereka masih tak percaya dan berpikir bahwa Darto masih hidup dengan sejuta omongan bolak balik macam kaset. Mereka masih mengira bahwa teman mereka Jek tidak pernah membunuh Darto. Semua kejadian ini hanya karangan polisi menurut mereka. Tapi tidak! Aku memang membunuh Darto. Khususnya Ucok memang dari raut wajahnya masih tak menerima kenyataan ini. Namun aku hanya tersenyum dibalik penangkapan ini. 


      Inilah caraku untuk menyelamatkan mereka. Agar tak ada lagi korban Darto yang hanya ditipu untuk melancarkan bisnis judi togelnya. Ini pula caraku agar nama Darto tak buruk di hadapan mereka. Biarkan Darto dikenal sebagai manusia kaset asal jangan sebagai bandar judi.


"Jek...!Jek....!"


      Ucok masih terus memanggilku ketika mobil polisi sudah membawaku pergi. Hingga perlahan suaranya tak terdengar lagi. 


                                         ***

Tags: misteri

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Aldi. Tujuh Belas. Sasha.
449      248     1     
Short Story
Cinta tak mengenal ruang dan waktu. Itulah yang terjadi kepada Aldi dan Sasha. Mereka yang berbeda alam terikat cinta hingga membuatnya tak ingin saling melepaskan.
Pacarku Arwah Gentayangan
3869      1328     0     
Mystery
Aras terlonjak dari tidur ketika melihat seorang gadis duduk di kursi meja belajar sambil tersenyum menatapnya. Bagaimana bisa orang yang telah meninggal kini duduk manis dan menyapa? Aras bahkan sudah mengucek mata berkali-kali, bisa jadi dia hanya berhalusinasi sebab merindukan pacarnya yang sudah tiada. Namun, makhluk itu nyata. Senja, pacarnya kembali. Gadis itu bahkan berdiri di depannya,...
Revenge
1285      684     1     
Inspirational
Di pagi yang indah di Tokyo, Azurinee Forcas dan kakaknya, Kak Aira, mengalami petualangan tak terduga ketika hasrat Rinee untuk menikmati es krim bertabrakan dengan seorang pria misterius. Meskipun pertemuan itu berakhir tanpa tanggung jawab dari pria itu, kekecewaan Rinee membuka pintu bagi peluang baru. Saat melihat brosur pertukaran pelajar gratis di tepi jalan, Rinee merasa tertarik untuk me...
Putaran Waktu
572      388     6     
Horror
Saga adalah ketua panitia "MAKRAB", sedangkan Uniq merupakan mahasiswa baru di Universitas Ganesha. Saat jam menunjuk angka 23.59 malam, secara tiba-tiba keduanya melintasi ruang dan waktu ke tahun 2023. Peristiwa ini terjadi saat mereka mengadakan acara makrab di sebuah penginapan. Tempat itu bernama "Rumah Putih" yang ternyata sebuah rumah untuk anak-anak "spesial". Keanehan terjadi saat Saga b...
13 AGUSTUS
549      366     0     
Short Story
CHERRY & BAKERY (PART 1)
3531      869     2     
Romance
Vella Amerta—pindah ke Jakarta sebagai siswi SMA 45. Tanpa ia duga kehidupannya menjadi rumit sejak awal semester di tahun keduanya. Setiap hari dia harus bertemu dengan Yoshinaga Febriyan alias Aga. Tidak disangka, cowok cuek yang juga saingan abadinya sejak jaman SMP itu justru menjadi tetangga barunya. Kehidupan Vella semakin kompleks saat Indra mengajaknya untuk mengikuti les membuat cu...
Puncak Mahiya
527      376     4     
Short Story
Hanya cerita fiktif, mohon maaf apabila ada kesamaan nama tempat dan tokoh. Cerita bermula ketika tria dan rai mengikuti acara perkemahan dari sekolahnya, tria sangat suka ketika melihat matahari terbit dan terbenam dari puncak gunung tetapi semua itu terhalang ketika ada sebuah mitos.
One hour with Nana
318      216     3     
Short Story
Perkelahiannya dengan Mandala sore itu, membuat Egi dalam masalah. Mandala tewas setelahnya dengan tubuh penuh luka tusukan. Semua orang, pasti akan menuduh Egi sebagai pelaku. Tapi tidak bagi seorang Nana. Bagaimana Gadis berwajah pucat itu menangkap pelaku sebenarnya? Bisakah Egi selamat dari semua kejadian ini?
Dark Shadow
304      183     5     
Horror
Tentang Jeon yang tidak tahu bahwa dirinya telah kehilangan Kim, dan tentang Kim yang tidak pernah benar-benar meninggalkan Jeon....
Mysterious Call
433      277     2     
Short Story
Ratusan pangilan asing terus masuk ke ponsel Alexa. Kecurigaannya berlabuh pada keisengan Vivian cewek populer yang jadi sahabatnya. Dia tidak sadar yang dihadapinya jauh lebih gelap. Penjahat yang telah membunuh teman dekat di masa lalunya kini kembali mengincar nyawanya.