Read More >>"> Anata no sonzai (Itai (Sakit)) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Anata no sonzai
MENU
About Us  

Selamat membaca 😄

----------

Malam hari tampak sedikit ramai dengan para pekerja, baik kantoran maupun harian lepas. Lalu-lalang kendaraan umum yang menarik penumpang. Pasalnya, kendaraan umum sudah menjadi sarana transportasi yang mudah dijangkau. Tak sedikit juga dari mereka yang menggunakan sepeda atau jalan kaki.

Rin merupakan salah satu di antara mereka. Dia mengayuh sambil menikmati udara malam yang menenangkan. Telinganya dipasang headset untuk mendengarkan lagu yang sedang diputar.

Setelah membeli makan malam dan mencetak foto yang diambil tadi siang, Rin memilih pulang. Dia tidak ingin membuat ibunya khawatir dan menunggu lebih lama.

Tiga puluh menit menempuh perjalanan, Rin tiba di rumahnya yang kecil dan sederhana. Hanya terdapat ruang keluarga, satu kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Meskipun begitu, rumah ini menyimpan banyak kenangan. Apalagi kenangan bersama mendiang sang ayah.

Rin menggeleng-geleng dan menghapus air matanya. Dia berusaha tidak memikirkan hal itu. Rin sudah berjanji bahwa dia harus menjadi perempuan yang kuat dan membagiakan orang tuanya.

Pintu terbuka bersamaan dengan bunyi lonceng yang menggantung di atas pintu. Rin tidak menemukan ibunya. Biasanya, sang ibu duduk di ruang keluarga sambil menonton televisi.

"Mungkin Okasan sudah tidur," gumam Rin yakin dan menepis perasaannya yang sedari tadi cemas.

Ketika ia membuka pintu kamar mandi, Rin dikejutkan dengan pemandangan tak terduga. Pemandangan yang membuat Rin bagai dicambuk sebanyak seratus kali.

"Okasan!" teriak Rin lalu meraih tubuh ibunya yang dingin dan muka yang sudah memucat. Rin berusaha membangunkan sang ibu. Namun, tak berhasil.

Tanpa pikir panjang, Rin menggendong ibunya dan berlari keluar rumah. Bermaksud meminta tolong kepada para tetangga.

Reaksi dari tetangga ternyata berbeda jauh dari pikiran Rin. Berbagai penolakan halus yang mereka lontarkan, seperti mengantuk, lelah dan sebagainya. Kalau sudah begini, tak ada pilihan lain. Rin membawa ibunya ke rumah sakit sendirian.

Perempuan itu menggendong sang ibu di punggungnya. Dengan langkah tertatih, Rin berusaha sekuat tenaga. Dia tak memikirkan kondisi perutnya yang sedikit perih akibat belum makan malam.

"Tuhan, beri aku kekuatan untuk membawa Okasan ke rumah sakit. Selamatkan nyawanya. Aku tidak ingin kehilangannya," batin Rin dengan air mata yang keluar deras.

Tin!

Rin terlonjak kaget saat suara klakson mengarah padanya. Mobil siapakah itu? Apa dia akan menolong Rin? Semoga saja begitu.

Mobil itu berhenti dan sang pemiliknya keluar. Rin tersenyum tipis ketika melihat Ken yang turun dari mobil.

"Rin? Mengapa kau di sini? Apa yang terjadi pada ibumu?" tanya Ken beruntun. "Naiklah ke mobilku. Ibumu harus secepatnya mendapat pertolongan," tawar Ken lalu menuntun Rin ke dalam mobil Ken. Setelah semuanya siap, Ken melajukan mobilnya dengan kecepatan tinggi.

Di pangkuan Rin, sang ibu masih memejamkan mata. Tidak henti-hentinya, Rin berdoa kepada tuhan agar ibunya bisa diselamatkan.

*****

Butuh waktu 15 menit untuk tiba di rumah sakit. Setelah mengurus administrasi, dokter dan beberapa suster langsung bertindak. Bau obat-obatan dan cairan kimia tercium kuat dari ruang tindakan.

"Kalian tunggu di luar. Biar kami dan dokter yang menangani," ucap salah satu suster berambut blonde ketika Rin memaksakan diri masuk ke dalam.

Akhirnya, mereka berdua duduk di kursi sebelah ruang tindakan. Ken bisa melihat ada rasa cemas dan khawatir di mata Rin. Sementara Rin masih berkutat dengan perasaannya dan tak menyadari bahwa Ken sedang memperhatikannya.

"Sebenarnya, apa yang terjadi?" tanya Ken membuka pembicaraan.

"Aku tidak tahu. Ketika aku tiba di rumah, Okasan sudah seperti ini," jawab Rin terbata-bata.

Ken mengangguk-angguk sebagai respon. Sebenarnya, dia ingin memeluk Rin. Hanya saja, Ken tidak kuasa untuk melakukannya. Hubungan mereka tidak lebih dari teman biasa. Tidak ada di antara mereka yang saling bicara hingga sang dokter keluar dari ruangan.

"Bagaimana kondisi Okasan, Dok?" tanya Rin cepat dan lugas seperti wartawan.

"Untuk saat ini, saya belum bisa mendiagnosis lebih lanjut. Kita tunggu hasil tes laboratorium yang akan keluar esok hari. Pasien sudah bisa dijenguk sekarang," jelas sang dokter lalu meninggalkan mereka.

Segera, Rin menyerobot masuk ke dalam dan menangis sejadi-jadinya. Hatinya pilu melihat sang  ibu terbaring lemah dengan infus yang tertancap. Wajah keriputnya memang pucat. Namun, ketenangan hadir di dalamnya.

Ken merasa iba dengan apa yang dialami Rin dan ibunya. Seandainya dirinya ada di posisi Rin, Ken tidak tahu apakah bisa bertahan. Tanpa sadar, air matanya jatuh setetes. Ken langsung menghapusnya agar tidak ada yang melihat.

Pintu terbuka dan Rin menampilkan senyum kecil andalannya. Ken takjub dengan perubahan raut muka Rin yang berubah drastis.

"Arigatou gozaimasu, Ken. Kau memang laki-laki yang baik. Entah ini sudah keberapa kali kamu menolongku. Aku tidak tahu bagaimana cara untuk membalasnya. Sekali lagi, arigatou gozaimasu.

Maaf, lebih baik kau pulang saja. Ini sudah malam dan orang tuamu pasti khawatir. Aku bisa sendiri menemani ibu. Jangan khawatir padaku."

Ken menatap Rin ragu. "Apa kau yakin?"

Rin mengangguk mantap sebagai jawabannya. Dia tidak ingin membuat repot orang lain. Sudah cukup sang ibu yang repot mengurus dirinya.

"Baiklah, aku pamit pulang. Jaga kesehatan dirimu, jangan sampai sakit. Ja mata ashita," pamit Ken lalu meninggalkan Rin dengan terpaksa. Meski, dia ingin menemani Rin.

Rin menatap kepergian Ken dengan tatapan sendu. Dalam hatinya, dia ingin Ken di sini dan menemaninya. Namun, Rin tidak boleh egois. Orang tua Ken pasti khawatir dengan anaknya yang tak kunjung pulang. Dengan langkah berat, Rin memilih pergi ke kantin untuk membeli makan malam.

*****

Sinar mentari memasuki jendela dan membuat Rin terbangun. Dia mengucek matanya sambil menghampiri ibunya. Dikecup kening ibunya dengan penuh kasih sayang.

"Okasan, cepat bangun. Rin kangen sama candaan Okasan. Melihat Okasan seperti ini membuatku kesepian."

Pintu terbuka menampilkan seorang suster bertubuh ramping dibalik baju putihnya. Tangannya membawa infus dan berbagai obat berbentuk botol kecil. Dia sempat tersenyum kecil.

"Ohayou gozaimasu, Shimai. Mau mengganti infus Okasan, ya?" sapa Rin sambil membungkuk sebentar.

"Ohayou gozaimasu. Iya, infusnya mau habis," balas si suster ber-name tag Aira. Tangannya bergerak mengganti infus dan menyuntikkan obat yang tidak diketahui namanya oleh Rin.

Setelah melakukan pekerjaannya, Aira pamit undur diri. Tak lama, dokter yang menangani sang ibu datang dan meminta Rin datang ke ruangannya.

"Bagaimana kondisi Okasan, Dok?" tanya Rin ketika dirinya sampai di sana dan dipersilakan duduk.

Sang dokter tak langsung menjawab. Beliau mengeluarkan amplop yang merupakan hasil tes lab lalu membukanya. Begitu mengetahui hasilnya, sang dokter manggut-manggut mengerti.

Perasaan Rin campur aduk tak karuan. Dia takut penyakit ibunya tergolong parah dan membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatan. Apalagi dengan pekerjaan Rin sebagai pelayan. Penghasilan tak seberapa dan hanya cukup untuk makan dan kebutuhan sekolah.

Sang dokter menatap Rin. "Apakah beliau sering mengeluhkan sakit pada pinggangnya?"

Rin tampak berpikir sejenak. "Saya tidak tahu. Selama ini, Ibu tidak pernah mengeluh apapun. Pagi hari, saya bersekolah dan sorenya bekerja. Akhir pekan, saya juga bekerja. Jadi, saya jarang di rumah dan kurang memantau kesehatannya. Memangnya kenapa, Dok?"

"Pasien menderita gagal ginjal," jawab sang dokter yang membuat Rin tertampar. Ternyata, ibunya sakit separah itu dan beribu sayang, Rin tidak mengetahui apapun.

Perempuan itu masih terdiam. Perasaan bersalah mulai menghampirinya. Dia merasa berdosa karena gagal merawat sang ibu. Air mata yang sempat tertahan, kini tak terbendung lagi.

"Gomen na, Okasan. Gomen," batin Rin berteriak keras.

~~~~~~~~~~

*Obasan : bibi
*Ja mata ashita : sampai bertemu besok
*Ohayou gozaimasu : selamat pagi (formal)

*Shimai : suster

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (1)
  • trinurismi

    Like juga yah "Popo Radio"
    https://tinlit.com/story_info/3023

    Comment on chapter PRAKATA
Similar Tags
Kala Saka Menyapa
10018      2508     4     
Romance
Dan biarlah kenangan terulang memberi ruang untuk dikenang. Sekali pun pahit. Kara memang pemilik masalah yang sungguh terlalu drama. Muda beranak begitulah tetangganya bilang. Belum lagi ayahnya yang selalu menekan, kakaknya yang berwasiat pernikahan, sampai Samella si gadis kecil yang kadang merepotkan. Kara butuh kebebasan, ingin melepas semua dramanya. Tapi semesta mempertemukannya lag...
My Idol Party
956      490     2     
Romance
Serayu ingin sekali jadi pemain gim profesional meskipun terhalang restu ibunya. Menurut ibunya, perempuan tidak akan menjadi apa-apa kalau hanya bisa main gim. Oleh karena itu, Serayu berusaha membuktikan kepada ibunya, bahwa cita-citanya bisa berati sesuatu. Dalam perjalanannya, cobaan selalu datang silih berganti, termasuk ujian soal perasaan kepada laki-laki misterius yang muncul di dalam...
Niscala
289      180     14     
Short Story
Namanya Hasita. Bayi yang mirna lahirkan Bulan Mei lalu. Hasita artinya tertawa, Mirna ingin ia tumbuh menjadi anak yang bahagia meskipun tidak memiliki orang tua yang lengkap. Terima kasih, bu! Sudah memberi kekuatan mirna untuk menjadi seorang ibu. Dan maaf, karena belum bisa menjadi siswa dan anak kebanggaan ibu.
Jangan Minum Ciu
174      147     0     
Short Story
Minum ciu bagus atau tidak??
LELAKI DENGAN SAYAP PATAH
7836      2511     4     
Romance
Kisah tentang Adam, pemuda single yang sulit jatuh cinta, nyatanya mencintai seorang janda beranak 2 bernama Reina. Saat berhasil bersusah payah mengambil hati wanita itu, ternyata kedua orang tua Adam tidak setuju. Kisah cinta mereka terpaksa putus di tengah jalan. Patah hati, Adam kemudian mengasingkan diri dan menemukan seorang Anaya, gadis ceria dengan masa lalu kejam, yang bisa membuatnya...
Aranka
3684      1272     6     
Inspirational
Aranka lebih dari sebuah nama. Nama yang membuat iri siapa pun yang mendengarnya. Aland Aranka terlahir dengan nama tersebut, nama dari keluarga konglomerat yang sangat berkuasa. Namun siapa sangka, di balik kemasyhuran nama tersebut, tersimpan berbagai rahasia gelap...
Sekotor itukah Aku
335      250     4     
Romance
Dia Zahra Affianisha, Mereka memanggil nya dengan panggilan Zahra. Tak seperti namanya yang memiliki arti yang indah dan sebuah pengharapan, Zahra justru menjadi sebaliknya. Ia adalah gadis yang cantik, dengan tubuh sempurna dan kulit tubuh yang lembut menjadi perpaduan yang selalu membuat iri orang. Bahkan dengan keadaan fisik yang sempurna dan di tambah terlahir dari keluarga yang kaya sert...
Tak lekang oleh waktu
203      173     0     
Short Story
Thanea menyukai seorang pria yang selalu datang lewat mimpi nya dan pada suatu ketika dia bertemu secara tidak langsung, hanya lewat layar kaca.Namun apalah daya jika dia hanya seorang upik abu dan sang ibu yang sangat galak selalu mengomelinya. Namun dia tak putus asa, malah semakin sering berimajinasi untuk mendapatkannya
Love and your lies
4478      1111     0     
Romance
You are the best liar.. Xaveri adalah seorang kakak terbaik bagi merryna. Sedangkan merryna hanya seorang gadis polos. Dia tidak memahami dirinya sendiri dan mencoba mengencani ardion, pemain basket yang mempunyai sisi gelap. Sampai pada suatu hari sebuah rahasia terbesar terbongkar
Tentang Kita
1580      682     1     
Romance
Semula aku tak akan perna menduga bermimpi pun tidak jika aku akan bertunangan dengan Ari dika peratama sang artis terkenal yang kini wara-wiri di layar kaca.