Read More >>"> Matryoshka (Chapter 1 - End) - TinLit
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Matryoshka
MENU
About Us  

“Tolong jaga Sharita ya, Nak.”

Raden Ajeng Ardiani memandangi foto Kanjeng Ibu yang anggun di ruang keluarga. Pandangannya seketika bersirobok dengan sosok boneka sebesar lengannya yang tegak di meja buffet, persis di bawah foto Ibu dipajang.

Boneka itu adalah boneka dari Rusia yang dimiliki ibunya, Sundari, sejak kecil. Bentuknya menyerupai kacang dan berlapis-lapis seperti bawang. Apabila boneka tersebut dibuka pada belahan tengah tubuhnya, maka di dalamnya akan ditemukan boneka serupa. Begitu terus-menerus hingga boneka terkecil. Nama boneka tersebut Matryoshka, yang dalam Bahasa Rusia berarti wanita.

Ardiani tahu bahwa Ibu menyimpan cincin delima pusaka keluarganya di dalam tubuh matryoshka tersebut. Ibu juga menamainya Sharita, seperti kakak perempuannya yang meninggal sejak kecil. Adriani pun memaklumi pesan terakhir Ibu untuk menjaga Sharita. Satu-satunya yang mengusik pikirannya adalah usikan para abdi dalem dan keluarganya untuk menyertakan boneka tersebut dalam kubur Ibu.

“Tidak Ngayul Dalem, Ibu menyuruh saya menyimpan boneka ini.” tolak Ardiani tegas ketika salah satu abdi dalem kembali menanyakan.

“Maafkan saya Ndoro Putri, itu sudah tradisi. Benda kesayangan akan ikut dengan pemiliknya sampai mati,” bantah Ngayul Dalem pelan. Ia sebenarnya segan melawan junjungan mudanya ini.

Ardiani menggeleng. Keluarga dan para abdi dalemnya pun mengeluh resah. Mereka percaya bahwa setiap keturunan keluarga dijaga oleh ‘panglima-panglima’ tak kasat mata yang berada di dalam benda-benda kesayangan atau pusaka keluarga. Saat sang junjungan pergi ke akhirat, ke sana jugalah para penjaganya harus ikut serta.

“Sudahlah. Benda-benda kesayangan dan pusaka boleh memilih. Kesetiaannya hanya pada pemilik yang asli. Raden Ajeng dan keluarga tidak usah khawatir.”

Ardiani menatap penuh terima kasih pada Ganjar Dalem, abdi dalemnya yang tertua. Ia dihormati oleh seluruh abdi, bahkan anggota keluarga junjungannya, karena konon sakti, dan ahli benda-benda pusaka.

“Lebih baik Ndoro Putri istirahat. Sudah lama kurang tidur ngurus Ibu,” imbuh pria tua itu lagi lembut. Ardiani meringis, bagaimana ia berani tidur sejak kemarin? Bisa-bisa pemakaman Ibu terbengkalai. Ibunya sering bilang, tidur Ardiani seperti mati, tidak akan bangun meski diteriaki berkali-kali sekalipun.

Ardiani bertahan dengan omongan orang-orang di sekitarnya. Para saudaranya bahkan mulai menjauhinya karena menganggapnya “mencuri” penjaga-penjaga Ibu Sundari.

Ndak tau opo sing mau dijaga. Hartanya ngkali,” cela Bulik Mira judes. Ia tahu sekali perihal cincin delima di dalam boneka tersebut. Ia juga sangat tahu jumlah perhiasan dan emas yang diwariskan Sundari kepada keponakan perempuannya ini.

Nduk, jangan serakah. Kembalikan ke ibumu toh, biar Ndari bisa tenang di sana,” bujuk saudara lain.

“Maaf Bude. Dini cuma menuruti pesan Ibu,” jawab Ardiani halus. Ia hanya bisa tersenyum sedih menanggapi cibiran keluarganya.

Suatu hari, Sharita menghilang dari tempatnya. Ardiani panik bukan buatan. Ia takut Ibu kecewa karena ia lalai melaksanakan pesan terakhirnya. Malam itu, Adriani pergi tidur dengan perasaan sendu. Seluruh penghuni rumah tak berhasil menemukan boneka tersebut.

Tidur Ardiani terganggu oleh panggilan berulang-ulang suara wanita yang seperti berasal dari belakang rumahnya. Hal itu mestinya aneh, karena tembok kamarnya sangat tebal, dan bagian belakang rumahnya hanya berupa sebidang tanah kosong. Tiga kali ia terbangun, hingga akhirnya terlelap sampai pagi karena letih dan sedih.

Esoknya, Ardiani dikejutkan oleh suara tangisan di ruang tamu. Di sana tampak Darmi, abdi dalem kecilnya, sedang menangis sesenggukan dikelilingi oleh para abdi dalem lain.

 “Ada apa toh? Kenapa ini?” tanya Ardiani dengan suara berwibawa.

Terseok, Darmi beringsut memegang ujung baju Ardiani. “Maafkan saya, Ndoro Putri. Saya benar-benar minta ampun. Sayalah yang telah mencuri boneka Kanjeng Ibu Sundari. Saya menyesal,” tangisnya.

Dengan terbata-bata Darmi menjelaskan. Rupanya, salah seorang saudara Ardiani membujuknya untuk mencuri boneka Sharita. Tujuannya adalah mengambil cincin delima pusaka keluarga yang ada di dalamnya. Darmi disuruh menyembunyikan Sharita di belakang rumah sampai peringatan tujuh hari kepergian Ibu. Saat itu, semua keluarga akan berkumpul, dan barulah Sharita akan diambil dari tempat persembunyiannya. Namun, Darmi yang masih kecil tak tahan oleh rasa takut. Ia tak tenang karena mencuri dari orang yang sudah mati.

Ardiani pun menunggu hingga acara peringatan Ibu dilaksanakan. Malam itu juga, Bulik Mira menjerit-jerit histeris dari kamar tamu, membangunkan seluruh keluarga.

“Aku b-belum menemukannya, d-dia tidak ada habisnya…” rintih wanita itu ketakutan. Menurut ceritanya, ia mencari cincin tersebut dengan membuka Sharita lapisan demi lapisan. Namun seiring berjalannya waktu, cincin itu tidak muncul-muncul dan ia tersadar bahwa lapisan boneka Sharita tak kunjung habis. Ia mulai ketakutan dan merasa dihukum.

            “Benda-benda kesayangan dan pusaka boleh memilih. Kesetiaannya hanya pada pemilik yang asli.”

            “Sudah ngikut Kanjeng Ibu,” jawab Ganjar Dalem lunak saat Ardiani bertanya.

            Ardiani sendiri juga tak pernah lagi menemukan cincin delima Ibu. Tetapi, Sharita tetap tegak di bawah foto Ibu. Mungkin Ibu tidak mengajaknya karena ia harus menjaga Ardiani. Siapa lagi yang mampu membangunkan Ardiani dengan sekali panggil?

 

TAMAT

 

 

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Just a Cosmological Things
776      432     2     
Romance
Tentang mereka yang bersahabat, tentang dia yang jatuh hati pada sahabatnya sendiri, dan tentang dia yang patah hati karena sahabatnya. "Karena jatuh cinta tidak hanya butuh aku dan kamu. Semesta harus ikut mendukung"- Caramello tyra. "But, it just a cosmological things" - Reno Dhimas White.
Kau dan Tulip
398      252     0     
Short Story
Ketika dia yang menoreh luka di hatiku karena meninggalkanku begitu saja, kembali muncul dihadapanku, apakah yang harus kulakukan? Memaafkan dan menerimanya kembali untuk berada disisiku, atau mengabaikannya dan tetap membencinya? Katakanlah, semoga keputusan yang kuambil ini bukanlah keputusan yang salah.
Bestie
376      260     2     
Short Story
She changed me.
Sacrifice
5984      1523     3     
Romance
Natasya, "Kamu kehilangannya karena itu memang sudah waktunya kamu mendapatkan yang lebih darinya." Alesa, "Lalu, apakah kau akan mendapatkan yang lebih dariku saat kau kehilanganku?"
Egoist
4616      1298     11     
Mystery
WARNING: 21+ Noted: Akan segera diterbitkan setelah selesai Tidak ada yang bebas dari Turk, organisasi pembantai orang-orang kotor yang berkedok ilmuwan. Mereka menjadikan orang-orang tersebut sebagai kelinci percobaan obat-obatan, lalu disiksa secara perlahan. Tidak ada jejak apa pun, semua mayat menghilang tanpa kabar, bahkan tidak ada media yang menyorot. Benar-benar rapi dan tersembuny...
TAKSA
354      271     3     
Romance
[A] Mempunyai makna lebih dari satu;Kabur atau meragukan ; Ambigu. Kamu mau jadi pacarku? Dia menggeleng, Musuhan aja, Yok! Adelia Deolinda hanya Siswi perempuan gak bisa dikatakan good girl, gak bisa juga dikatakan bad girl. dia hanya tak tertebak, bahkan seorang Adnan Amzari pun tak bisa.
Sepasang Dandelion
5928      1143     10     
Romance
Sepasang Dandelion yang sangat rapuh,sangat kuat dan indah. Begitulah aku dan dia. Banyak yang mengatakan aku dan dia memiliki cinta yang sederhana dan kuat tetapi rapuh. Rapuh karena harus merelakan orang yang terkasihi harus pergi. Pergi dibawa oleh angin. Aku takkan pernah membenci angin . Angin yang selalu membuat ku terbang dan harus mengalah akan keegoisannya. Keindahan dandelion tak akan ...
The Last tears
520      298     0     
Romance
Berita kematian Rama di group whatsap alumni SMP 3 membuka semua masa lalu dari Tania. Laki- laki yang pernah di cintainya, namun laki- laki yang juga membawa derai air mata di sepanjang hidupnya.. Tania dan Rama adalah sepasang kekasih yang tidak pernah terpisahkan sejak mereka di bangku SMP. Namun kehidupan mengubahkan mereka, ketika Tania di nyatakan hamil dan Rama pindah sekolah bahkan...
Under a Falling Star
657      399     7     
Romance
William dan Marianne. Dua sahabat baik yang selalu bersama setiap waktu. Anne mengenal William sejak ia menduduki bangku sekolah dasar. William satu tahun lebih tua dari Anne. Bagi Anne, William sudah ia anggap seperti kakak kandung nya sendiri, begitupun sebaliknya. Dimana ada Anne, pasti akan ada William yang selalu berdiri di sampingnya. William selalu ada untuk Anne. Baik senang maupun duka, ...
Kentut Pembawa Petaka
302      184     1     
Short Story
Kentut bocah ini sangat berbahaya, nampaknya.