Read More >>"> PETUALANGAN MATI SURI
Loading...
Logo TinLit
Read Story - PETUALANGAN MATI SURI
MENU
About Us  

PETUALANGAN MATI SURI

Namaku Nur Siti, teman-teman kampus memanggilku Siti. Aku berasal dari keluarga sederhana, aku adalah seorang anak yatim sejak umur ku berusia 5 tahun. Aku bukanlah seorang pendakwah, aku hanya seseorang yang menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dan aku adalah seorang anak yang sejak kecil cobaan terus datang pada diriku. Pada umur sembilan tahun tubuh ku tersiram air keras sehingga harus menjalani operasi sebanyak tiga kali. Menjelang usia 15 tahun tanpa sengaja aku termakan racun tikus dan membuatku keracunan sehingga aku menderita selama dua tahun. Pada umur 19 tahun aku terkena pembengkakan jantung dan kerusakan pada hati ku.

Hari itu tanggal 19 Januari 2011, aku diantar oleh paman ku untuk menjalani ‘check-up’ atas pembengkakan jantung dan kerusakan hati di Rumah Sakit, sebut saja Rumah Sakit Tabrani. Hasil pemeriksaan menyatakan penyakit ku sudah diambang batas sehingga dokter harus melakukan operasi terhadap penyakit ku.

“Jika keponakan saya dioperasi apa yang akan terjadi dokter?” kata pamanku.
“Kemungkinan besar akan terjadi pendarahan hebat yang tidak bisa dihentikan!” jawab dokter. Aku mendengar sangat jelas apa yang dikatakan dokter, “Aku berusaha tetap tegar menjalani penyakit ini, berbagai penderitaan sudah ku jalani sejak kecil, apa aku harus kalah setelah aku bertahan selama ini?” gumam ku.

Dokter memberiku banyak obat agar aku bisa menahan rasa sakit yang luar biasa ini. Namun kondisi ku tetap lemah. Malamnya aku merasakan sakit yang amat luar biasa, sakit yang tidak pernah aku rasakan selama ini. Paman yang melihat ku menjerit kesakitan langsung membawa ku kembali ke Rumah Sakit sekitar pukul 01.00 malam. Sesampainya di Rumah Sakit, aku dimasukkan ke unit gawat darurat (UGD), saat itu detak jantungku dan napasku lemah dan sesak. Setelah di UGD aku dimasukkan ke ruang penginapan.

Aku seperti orang yang sedang ‘meregang’ nyawa (menjelang sakratulmaut). Lalu ku dengar dengan samar paman menuntunku menyebut kalimat thoyyibah dan syahadat. Setelah itu aku menghembuskan napas terakhir.

Semua manusia pasti akan merasakan mati, kita semua yang ada di dunia ini adalah calon mayat, calon penghuni kubur. Ya, aku telah merasakan mati, seperti ‘kambing dikuliti hidup-hidup’ seperti itulah yang aku rasakan, bahkan lebih. Saat itu, terasa malaikat pencabut nyawa dari kaki kanan ku. Dikala itu diujung napasku, aku berdzikir.

Setelah nyawaku tercabut, aku menyaksikan di sekelilingku ada dokter, paman dan aku juga melihat jasadku terbujur di atas ranjang rumah sakit. Setelah itu datang dua malaikat serba putih mengucapkan “Assalamu’alaikum” kepada ku. Malaikat itu besar, kalau memanggil, jantung ku rasanya mau copot, gemetar!.

Lalu malaikat itu bertanya: “Siapa Tuhanmu, apa agamamu, dimana kiblatmu dan siapa nama orangtua mu...” aku menjawab pertanyaan itu dengan lancar. Lalu aku dibawa ke alam barzah. Ya, tak ada teman kecuali amal.

Di sini lah petualangan mati suri ku dimulai. Ruh ku melihat seseorang ditemani oleh sosok yang mukanya berkudis, badan berbulu dan mengelurkan bau busuk. Mungkin sosok itu adalah amal buruk dari orang tersebut. Ruh ku dipimpin oleh dua orang malaikat. Saat itu aku ingin sekali berjumpa dengan Ayahku. Lalu aku memanggil malaikat itu dengan sebutan “Ayah”. “Wahai ayah bisakah saya bertemu dengan ayah saya?” tanyaku. Lalu muncullah satu sosok. Aku sangat mengenal sosok yang berusia 17-20 tahun itu. Ternyata memang benar, sosok muda itu adalah ayahku. Ruh ku mengucapkan salam kepada ayah ku dan berkata “Wahai ayah, janji saya telah sampai.” Mendengar itu ayah ku menangis. Lalu ayah berkata kepada ku. “Pulanglah ke rumah, kasihan adik-adik mu.” Ruh ku menjawab. “aku tidak bisa pulang, karena janji telah sampai”

Alam barzah itu benar adanya, surga dan neraka itu benar ada, akhirat adalah kekal. Setelah ruh ku berbicara dengan ayahku, ayahku menunduk. Lalu dua malaikat itu memimpinku kembali. Aku bertemu dengan perempuan yang beramal shaleh yang mukanya bercahaya dan wangi. Lalu ruh ku dibawakan kursi yang empuk dan didudukkan di kursi tersebut. Di sebelah ku terdapat seorang perempuan yang menutup aurat, wajahnya cantik. Ruh ku bertanya kepada perempuan itu. “Siapa kamu?” lalu perempuan itu menjawab, “Akulah amal kamu”.

Selanjutnya, aku dibawa bersama dua malaikat dan amalku berjalan menelusuri lorong waktu melihat penderitaan manusia yang disiksa. Di sana aku melihat seorang laki-laki yang memikul besi yang sangat berat, tangannya dirantai ke bahu, pakaiannya koyak-koyak dan baunya menjijikkan. Ruh ku bertanya kepada amalku. “Siapa manusia ini?” amal ku menjawab, orang tersebut ketika hidupnya suka membunuh orang. Lalu dilihatnya orang yang kulit dan dagingya lepas. Ruh ku bertanya lagi kepada amalku tentang orang tersebut. Amalku mengatakan bahwa manusia tersebut tidak pernah shalat.

Selanjutnya tampak pula oleh ruh ku manusia yang dihujaman besi ketubuhnya. Ternyata orang itu adalah manusia yang suka berzina. Tampak juga orang saling bunuh, manusia itu ketika hidup suka bertengkar dan mengancam orang lain. Di perlihatkan juga pada ku, orang yang ditusuk dengan 80 tusukan, setiap tusukan terdapat 80 mata pisau yang tembus ke dadanya, lalu berlumuran darah, orang tersebut menjerit dan tidak ada yang menolongnya. Aku bertanya pada amalku. Amal ku menjawab, orang tersebut adalah orang yang juga suka membunuh. Ada pula orang yang di hempaskan ke tanah lalu dibunuh. Orang tersebut adalah anak durhaka dan tidak mau memelihara orang tuanya ketika di dunia. Perjalanan menelusuri lorong waktu terus berlanjut. Sampailah ruh ku dimalam yang gelap, kelam dan sangat pekat sehingga dua malaikat dan amalku yang ada disisiku tidak terlihat.

Tiba-tiba ada muncul suara orang mengucapkan “Subhanallah, Alhamdulillah dan Allahu Akbar.” Tiba-tiba ada yang mengalungkan sesuatu dileherku. Kelungan itu berisi tasbih yang memiliki biji 99 butir. Perjalan berlanjut. Aku nampak tepak tembaga yang sisi-sisinya mengeluarkan cahaya, di belakang tepak itu terdapat gambar kakbah. Didalam tepak terdapat batangan emas. Ruh ku bertanya pada amalku tentang tepak itu. Amalku menjawab tepak tersebut adalah husnul khatimah. Selanjutnya ruh ku mendengar adzan seperti adzan di Mekah. Aku pun mengatakan kepada amalku. “Saya mau shalat”. Lalu dua malaikat yang memimpinku melepaskan tanganku. “Aku pun bertayamum, aku shalat seperti orang-orang di dunia shalat. Selanjutnya aku kembali dipimpin untuk melihat Masjid Nabawi. Lalu diperlihatkan pula kepadaku, makam Nabi Muhammad SAW.

Dimakam tersebut batangan-batangan emas di dalam tepak ‘husnul khatimah’ itu mengeluarkan cahaya terang. Berikutnya aku melihat cahaya seperti matahari tapi agak kecil. Cahaya itu pun bicara kepada ku. “Tolong kau sampaikan pada umat, untuk bersujud di hadapan Allah.” Selanjutnya ruh ku menyaksikan miliaran manusia dari berbagai abad berkumpul di satu lapangan yang sangat luas. Ruh ku hanya bergerak sekitar lima meter dari kumpulan manusia itu.

Kumpulan manusia itu berkata. “Cepatlah kiamat, aku tak tahan lagi di sini ya Allah.” Manusia-manusia itu juga memohon. “Tolong kembalikan aku ke dunia, aku mau beramal.” Begitulah cerita ku di saat aku mati suri. Paman yang menyangka aku telah tiada untuk selama-lamanya melakukan kewajibannya untuk menyelenggarakan mayat ku. Aku telah dikafani, lalu aku di shalat kan oleh sahabat, keluarga dan tetangga-tetanggaku. Setelah itu, mereka membawa jasadku ke kuburan muslim. Sebelum paman dan beberapa orang laki-laki hendak memasukkan jasadku ke liang lahat, aku terbangun dari mati suri ku. Aku melihat reaksi dari semua orang yang ada di kuburan saat itu. Ada yang terkejut, ada yang takut, ada yang menangis gembira melihatku hidup kembali. Semua ini adalah takdir bagiku, takdir yang harus aku sampai kan kepada seluruh umat manusia bahwa akhirat itu ada, kematian itu ada, surga neraka itu ada, dan azab yang amat pedih itu sungguh benar ada. Dan tentunya ini adalah kesempatanku untuk menyampaikan pengalaman dan amanah dari malaikat kepada semua umat manusia di bumi untuk senantiasa bersujud kepada Allah. Tiada Tuhan selain Allah.

Ya, semua yang ada di dunia ini hanyalah sandiwara, semua telah diatur oleh Allah dikitab ‘Lauh Mahfuz’ sejak manusia diciptakan. Kematian pasti akan datang kepada semua manusia, tidak ada yang dapat menghindar, bahkan bersembunyi di tempat yang tidak terdeteksi sekalipun. Sesungguhnya Allah maha melihat apa yang dikerjakan seluruh umat manusia bahkan hewan yang lebih kecil dari semut sekalipun. Dan sesungguhnya janji Allah itu nyata.

Tags: religion sad

How do you feel about this chapter?

0 0 0 0 0 0
Submit A Comment
Comments (0)

    No comment.

Similar Tags
Like a Dandelion
2399      823     2     
Romance
Berawal dari kotak kayu penuh kenangan. Adel yang tengah terlarut dengan kehidupannya saat ini harus kembali memutar ulang memori lamanya. Terdorong dalam imaji waktu yang berputar ke belakang. Membuatnya merasakan kembali memori indah SMA. Bertemu dengan seseorang dengan sikap yang berbanding terbalik dengannya. Dan merasakan peliknya sebuah hubungan. Tak pernah terbesit sebelumnya di piki...
Rela dan Rindu
7232      1885     3     
Romance
Saat kau berada di persimpangan dan dipaksa memilih antara merelakan atau tetap merindukan.
May be Later
13427      2019     1     
Romance
Dalam hidup pasti ada pilihan, apa yang harus aku lakukan bila pilihan hidupku dan pilihan hidupmu berbeda, mungkin kita hanya perlu mundur sedikit mengalahkan ego, merelakan suatu hal demi masa depan yang lebih baik. Mungkin di lain hari kita bisa bersanding dan hidup bersama dengan pilihan hidup yang seharmoni.
What If I Die Tomorrow?
348      212     2     
Short Story
Aku tak suka hidup di dunia ini. Semua penuh basa-basi. Mereka selalu menganggap aku kasat mata, merasa aku adalah hal termenakutkan di semesta ini yang harus dijauhi. Rasa tertekan itu, sungguh membuatku ingin cepat-cepat mati. Hingga suatu hari, bayangan hitam dan kemunculan seorang pria tak dikenal yang bisa masuk begitu saja ke apartemenku membuatku pingsan, mengetahui bahwa dia adalah han...
Ending
4511      1180     9     
Romance
Adrian dan Jeana adalah sepasang kekasih yang sering kali membuat banyak orang merasa iri karena kebersamaan dan kemanisan kedua pasangan itu. Namun tak selamanya hubungan mereka akan baik-baik saja karena pastinya akan ada masalah yang menghampiri. Setiap masalah yang datang dan mencoba membuat hubungan mereka tak lagi erat Jeana selalu berusaha menanamkan rasa percayanya untuk Adrian tanpa a...
ANSWER
640      378     6     
Short Story
Ketika rasa itu tak lagi ada....
Gadis Kopi Hitam
1013      705     7     
Short Story
Kisah ini, bukan sebuah kisah roman yang digemari dikalangan para pemuda. Kisah ini, hanya sebuah kisah sederhana bagaimana pahitnya hidup seseorang gadis yang terus tercebur dari cangkir kopi hitam yang satu ke cangkit kopi hitam lainnya. Kisah ini menyadarkan kita semua, bahwa seberapa tidak bahagianya kalian, ada yang lebih tidak berbahagia. Seberapa kalian harus menjalani hidup, walau pahit, ...
Nothing Like Us
30679      3622     51     
Romance
Siapa yang akan mengira jika ada seorang gadis polos dengan lantangnya menyatakan perasaan cinta kepada sang Guru? Hal yang wajar, mungkin. Namun, bagi lelaki yang berstatus sebagai pengajar itu, semuanya sangat tidak wajar. Alih-alih mempertahankan perasaan terhadap guru tersebut, ada seseorang yang berniat merebut hatinya. Sampai pada akhirnya, terdapat dua orang sedang merencanakan s...
SURREAL
698      417     5     
Short Story
Death, is the biggest broken heart on this world.
A Broken Life
487      334     8     
Short Story
Why does it have to be my life?