Read More >>"> Baniis
Loading...
Logo TinLit
Read Story - Baniis
MENU
About Us  

"Jadi.. m-masih ada harapan kan dok?" Ucap seorang perempuan paruh baya. Terlihat sangat jelas kesedihan di raut wajah nya yang teduh.

"Kemungkinan persentase harapan hidup nya hanya 10%"
Ucap lelaki di depan nya. 

Perempuan itu kini menangis tak tertahankan. Tangisan nya yang pilu bahkan membuat anak kecil yang sedang duduk di luar menunggu nya pun bergetar.

*****

Tok tok tok 

"Hooammmhh.. siapa sih pagi-pagi begini ngetok" kesal. Aryo langsung bangun dari tempat tidur nya. 

Dilihat nya jam di dinding kamar menunjukan pukul 7 pagi. Biasa nya dia baru  bangun jam 10 pagi karna tidak ada yang mengganggu nya. Paling awal bangun juga jam 5 subuh, itu pun karena sakit perut. Setelah itu yaa lanjut tidur lagi.

Tok tok tok

"Ish.. iyaa bentar!!" Seru nya sambil berjalan keruang tamu ingin membuka kan pintu.

Kleek

Dilihat nya seorang anak perempuan sekitar umur 7 atau 8 tahun berdiri di depan nya sambil membawa koper dan boneka anak ayam di pelukannya.

Anak kecil? Siapa nih? Anak siapa nih pagi-pagi gini datang kerumah?. Batin Aryo.

Rambut nya panjang dan bergelombang dikuncir kuda. Alis mata nya yang tebal membuat mata nya yang sedikit sipit itu tetlihat cantik. Bibir nya kecil dan pink. Hidung nya tidak lah mancung tapi tidak juga pesek. Pas. Semua nya di satukan menjadi satu kesatuan yang sangat serasi. 

Anak kecil itu tiba- tiba menjulur kan tangan nya ke arah Aryo.

"Kenalin.. aku Baniis.." 

Baniis?Kayak pernah denger. 

Baniis menggoyang-goyang kan tangan nya yang tidak di balas juga oleh Aryo. Dengan ragu akhirnya Aryo menyambut uluran tangan anak itu. 

"Maaf tapi kamu siapa ya dek?" 

Baniis terdiam sesaat kemudian menatap tajam ke arah Aryo. 

"Sama anak sendiri gak kenal... " desis nya.

"Anak?"

Baniis pun akhir nya membuka hp nya dan menelpon seseorang. 

" halo.. nenek aku sudah sampai di rumahnya.." ucap Baniis sambil menatap tajam ke arah Aryo.

"Nih.." 

Baniis memberikan hp nya tadi ke Aryo. Aryo pun mengambil nya dengan ragu dan heran. Setelah Aryo mengambil hp nya Baniis pun langsung nyelonong masuk ke dalam rumah.

"Yo hari ini Baniis akan tinggal sama kamu. Aku dan bunda mu ada urusan penting di luar kota dan tidak ada orang yang bisa kami titipi untuk menjaga nya.. jadi jaga dia sebaik mungkin ya, mulai lah jadi ayah yang baik untuknya dari sekarang.. " 

Aryo mendengar suara seseorang yang sangat di kenal nya yaitu ibu mertua nya.

"Kamu harus turutin semua permintaan nya.. kalo enggak semua harta warisan atas nama kamu bunda balik nama kan atas Baniis.. bye " 

Kini terdengar suara bunda nya.

Tut tut tut

Belum sempat menjawab, sambungan telpon nya sudah di matikan.

Bangg!!! Aryo merasa seperti ada suara tembakan di telinga nya. Dia tidak pernah menyangka akhirnya bertemu bahkan akan satu rumah bersama anak nya. Anak satu-satu nya dari orang yang sangat di cintainya  kini sedang duduk manis di depan TV sambil menonton marsha.

Semenjak kehilangan Ratna istrinya, Aryo tidak pernah menggendong bahkan melihat Baniis. Dia menyalahkan Baniis atas kepergian istri yang sangat dia cintai tersebut. Dia merasa sangat terpukul dan belum siap untuk menerima kenyataan bahwa Ratna meninggal saat melahirkan anaknya. Dari kecil yang merawat Baniis adalah bunda serta ibu mertua nya. Selama 8 tahun ini dia bahkan tidak pernah berkunjung ke rumah mertua nya untuk melihat pertumbuhan anaknya.

"Hai ayah.." ucap Baniis sambil tersenyum manis.

Ayah.
Ayah..
Ayah.. yah.. yah.. kalimat itu terus terngiang di telinga Aryo. Dia langsung terduduk di lantai. Dia belum siap berperan menjadi seorang ayah. 

*****

"Ayah bangunn.." rengek Baniis saat melihat Aryo kembali tidur lagi di kamarnya. Walaupun 8 tahun tidak pernah bertemu ayah nya, Baniis tidak canggung sama sekali sama Aryo.

"Berisiikk.." erang Aryo masih dengan mata tertutup.

"Ayah.. hari ini kita ke taman bermain yuk!!" Pinta Baniis.

"Males.. aku mau di rumah aja" balas Aryo masih dengan mata tertutup.

"Oh gitu? Baiklah... " 

Dalam hati Aryo merasa amat bersyukur mendengar ucapan Baniis yang pengertian.

"Halo nenek.. "

Jreengg!! Aryo langsung sadar seutuh nya saat mendengar ucapan Baniis.

"Ayah gak ma.." 

"Iyaa iyaa.. dasar tukang adu" ucap Aryo kesal sambil mengambil Hp Baniis.

"Gitu dong.. bye ayah aku tunggu di bawah.." ucap Baniis sambil tersenyum penuh kemenangan dan berlalu keluar kamar Aryo.

*****

"Uhuk uhukk uhuk.. ayah matiin rokok nya dong.." ucap Baniis sambil mengibas-ngibas kan tangan nya saat mereka sudah berada di mobil.

Aryo hanya mengacuhkan nya dan kembali mengisap batang rokok yang ada di tangannya. 

"Kenapa ayah merokok? Bukan nya di kotak nya ada tulisan Rokok membunuhmu?! Ayah mau bunuh diri?" 

"Emang kamu pernah dengar 'ditemukan seorang pria meninggal karena rokok'?" Ejek Aryo.

Baniis mulai berfikir lagi. "Belom sih.."

"Tuh.. makanya jangan bawel deh.." ucap Aryo sambil kembali fokus menyetir.

Baniis cemberut. "Mungkin ayah yang nanti jadi orang pertama..".

Aryo langsung menjepit bibir Baniis dengan tangan nya. "Eh ni anak mulut nya ya.. minta di jahit apa"

Aryo dulu bukan lah seorang perokok. Aryo mulai merokok setelah kepergian istrinya. Saat  merokok dia merasa kesedihan dan juga masalahnya menguap terbang bersama asap yang di keluarkan nya

Baniis langsung menepis tangan Aryo. "Salah sendiri racun di isep...".

" iih bawel banget sih dasar jelek.." 

"Ayah lebih jelek.." ucap nya sambil menutup hidung nya dengan kedua tangan. 

Aryo hanya menatap kesal kearah Baniis.

"Akhiirnyaaa....!!!!" teriak Baniis saat mereka mulai memasuki kawasan taman bermain JatimPark 1.

"Berisik banget sihh.. gak pernah ketaman bermain ya?"
Ejek Aryo.

Baniis menatap Aryo kesal. Memang betul dia tidak pernah ke taman bermain sebelum nya.

"Ayah kita naik itu yaaa..!!" Teriak Baniis saat melihat Roller Coaster.

Aryo menggelengkan kepala nya dan pergi melihat wahana yang lain. Baniis langsung cemberut sambil berjalan mengikuti nya.

"Naik yang itu yah!!" Teriak Baniis lagi saat melihat wahana Kora-kora.

Aryo menggelengkan kepala nya lagi dan pergi melihat wahana yang lain.

"Main itu yuk ayaahh!!" Teriak Baniis sambil menunjuk wahana permainan Bombom car.

Aryo masih saja menggelengkan kepala nya.

"Hiih trus ayah mau nya main yang mana?" Ucap Baniis kesal sambil menendang kaki Aryo.

Aryo pun berbalik dan menatap Baniis kesal yang di balas Baniis dengan tatapan yang tidak kalah galak nya.

"Ayah gak mau main apa-apa.." jawab Aryo santai sambil menuju salah satu stan foodcourt.

"Bilang aja ayah takut kan.." ejek Baniis.

"Haah.. aku? Takut?" Ucap Aryo sambil tertawa mengejek.

"Gak usah banyak ketawa deh.. buktiin aja kalo emang gak takut.." ejek Baniis.

"Sorry ya..mau wahana yang mana? Aku jabanin.. mana? Kamu mau yang mana?" Ucap Aryo sambil menarik Baniis menuju depan semua wahana.

"Yang itu.." ucap Baniis menunjuk wahana Turnado 360.

"O-oke.. ayo.." 

Setelah mengantri cukup lama akhirnya giliran mereka kini tiba. Aryo dengan ragu berjalan mendekati wahana tersebut. Baniis hanya melihat nya sambil menahan tawa. Karena belum cukup umur Baniis tidak bisa menaiki wahana tersebut.

"L-liat yaa!!" Teriak Aryo dengan suara yang bergetar.

Saat wahana mulai bergerak, terlihat wajah Aryo yang sangat ketakutan dan berteriak histeris minta berhenti. Muka nya memerah sambil terus berdzikir dan terus memohon minta berhenti.Baniis hanya tertawa puas mengerjai ayah nya. 

Setelah permainan berhenti dan sabuk mulai di buka, Aryo langsung lari menuju bak sampah dan memuntahkan isi perut nya.

"Ayah gak papa?" Tanya Baniis menghampiri Aryo dengan sebotol air mineral.

"Gak papa.. cuman mual dikit, lama gak main sih.." ucap nya beralasan.

Baniis hanya ber-oh ria saja sambil menahan tawa.

"Main itu yuk yah.." ucap Baniis sambil menunjuk permainan menembak.

Tanpa menunggu jawaban dari Aryo, Baniis pun langsung lari ke wahana tersebut. 

Dor!

Meleset. Baniis menargetkan boneka ayam berwarna putih yang membawa anak di salah satu sayap nya.

"Yah gitu aja meleset.." ejek Aryo yang kini berdiri di samping nya.

"Emang ayah bisa?"

"Kecil ini mah.. sini" ucap Aryo dengan percaya diri nya.

Dor!

"Apaan.." ejek Baniis.

"Itu b-baru pemanasan.." 

"Oh.."

Dor!

Untuk kesekian kali nya tembakan Aryo terus meleset.

"Udah ah sini.. ayah cupu"

Aryo hanya menatap Baniis kesal saat senapan nya di ambil paksa oleh Baniis.

"Pah aku mau boneka anak ayam ituu!!" 

Baniis dan Aryo langsung menatap ke samping mereka. Terlihat anak perempuan seumuran Baniis menunjuk boneka yang di targetkan Baniis. 

"Oke sayang.." ucap ayah anak perempuan itu.

Baniis pun terlihat ingin perotes, itu adalah boneka yang sangat di inginkan nya.

"I-itu punya anak ku" 

Belum sempat Baniis ngomong, tanpa sadar Aryo sudah protes duluan. Baniis terdiam sesaat mendengar ucapan ayahnya. Baru kali ini dia diakui sebagai anak nya. Rasa nya sangat membahagia kan.

"Loh selama boneka itu masih di sana itu bukan hak siapa-siapa dong.." ucap ayah anak itu.

"Tapi aku dan anak ku duluan yang mengincar nya.." ucap Aryo tak mau kalah.

"Maaf maaf ya.. ini boneka saya, bagi siapa pun yang menembak nya tepat sasaran silahkan diambil.." akhirnya sang penjaga permainan tersebut bicara.

"Oke.. saya beli peluru nya"

"Saya juga!" Ucap Aryo.

Dor!

Ayah anak kecil itu memulai tembakan dan meleset.

Dor!

Aryo pun juga meleset.

"Ayoo ayahh!!" Teriak Baniis menyemangati Aryo.

"Ayo pah.. ambil boneka nyaa!" Ucap anak perempuan di sebelah Baniis.

Baniis menatap tajam anak perempuan tersebut, begitu juga sebalik nya.

Pertarungan kini makin sengit. 

Dor!

"Yeaaayyy..!!"

"Selamaatt.. silahkan ambil hadiah nya" ucap penjaga permainan tersebut sambil menyerah bonekanya.

*****

"M-mau makan apa nis?" Ucap Aryo memulai percakapan berusaha menghilangkan suasana yang terasa begitu sunyi.

"Ayam.." ucap Baniis datar

"Okee.. mau ayam apa? Goreng? Bakar? Atau geprek? Atau.. kamu mau yang mana?"

"Aku mau ayam yang tadi.."

Glekh! Aryo langsung menelan liur nya dan menggaruk kepala nya yang sama sekali tidak terasa gatal.

"I-itu tadi dia curang... boneka nya tadi sudah goyang saat aku hampir mengenai nya makanya dia mengambil kesempatan itu.." ucap Aryo mencari alasan.

"Alesan.. bilang aja kalo ayah emang loser.." ucap Baniis pelan.

Aryo yang mendengar nya pun hanya bisa cemberut.

" aku mau makan ayam goreng buatan ayah.." ucap Baniis kali ini sambil menoleh kearah Aryo.

"Oke.. ayam goreng mah gampang" ucap Aryo penuh keyakinan.

Mereka pun akhirnya sampai di rumah setelah berbelanja di supermarket sebelumnya.

Aryo langsung membuka google, mencari resep mudah memasak ayam goreng saat Baniis sedang mandi.

"Taraa!!" Ucap Aryo antusias menunjukan hasil masakannya saat melihat Baniis keluar kamar nya.

Baniis pun langsung tersenyum dan duduk di meja makan begitu juga Aryo.

"Gimanaa?? Enak?" Ucap Aryo sambil menatap penuh harap menanti jawaban Baniis saat suapan pertama.

Baniis yang tadi nya tersenyum kini langsung berubah menjadi datar dan berhenti mengunyah.

"Kenapa?? Gak enak ya?" Ucap Aryo lesu.

"Enak.. hehe, enak kok.. makanya di coba" ucap Baniis kini sambil tersenyum puas karna sudah berhasil mengerjai ayahnya.

Aryo langsung cemberut dan akhirnya ikut mencoba masakan nya.

" iya enak hehe..".

Ini adalah malam pertama dan terakhir Baniis bersama Aryo. Besok pagi dia akan di jemput oleh nenek nya.

Mengingat hal itu membuat Aryo sedikit sedih. Rasanya seperti kehilangan sesuatu.

Setelah selesai makan Aryo langsung menghidup kan sebatang Rokok dan duduk di kursi halaman belakang.

"Uhuk uhuuk.. ayah jangan ngerokok dong gak baik.. uhuk" ucap Baniis yang mengikuti Aryo setelah selesai mencuci piring.

Aryo hanya diam saja dan kembali menghisap rokok nya.

"Ayah pikirin juga dong kesehatan orang yang ada di sekitar ayah yang menghirup asap rokok itu.. mereka juga akan kena dampak nya.."

Aryo terdiam. Dia mulai memikirkan ucapan Baniis yang dia rasa ada benar nya juga.

"Terima kasih ya ayah buat hari ini.. Baniis senanggg banget, ini pertama kali nya kita piknik keluarga hehe.. malam ayah" ucap Baniis sambil berlalu masuk ke dalam dan menuju kamar nya.

"Malam juga Baniis.." ucap Aryo pelan. Dia sedikit merasa bersalah dan menyesal saat mendengar ucapan Baniis yang terakhir. 

*****

Semenjak kepergian Baniis 2 hari yang lalu, Aryo merasa rumahnya begitu sepi. Walaupun Baniis hanya sehari tinggal bersama nya tapi rasa nya sangat berbeda. Rasa nya kini dia amat merindukan nya.

Terdengar nada dering dari Hp Aryo, dilihat nya nama ibu mertua nya kini menelpon. Entah kenapa rasa nya begitu menakutkan untuk mengangkat nya.

"Halo.. iya ibu?"

"..Kamu denger penjelasan ku dulu ya..."

Prang!!

Aryo langsung berlari menuju mobilnya.

"Baniis mengidap kanker paru-paru stadium 3.. akibat terlalu sering menghirup asap rokok kakeknya waktu kecil..hiks hiks.. maaf kan aku tidak memberi tahu mu, sehari sebelum operasi dia memiliki permintaan.. dia ingin menghabiskan sehari saja bersama mu.."

*****

Kini Aryo terdiam menatap batu nisan yang terlihat sangat baru di depan nya.

 

 

 

How do you feel about this chapter?

0 0 0 1 0 0
Submit A Comment
Comments (1)
  • Hana

    Baniis nya kasian :(

Similar Tags