Kamu itu seperti bintang, indah, tapi jauh dan tak terjangkau.
--Vallenia Ayunda—
SETELAH puas menatap kepergian Laut, Ayunda melihat tulip kuning itu sekali lagi. Jantungnya berdebar tiap kali mengingat nama Laut. “Bolehkan, Ayunda cinta Pak Laut?"
Gadis itu menggelengkan kepalanya tak mengerti. Laut terlalu dewasa untuk kriteria pria idaman Ayunda. Sifat dingin pria itu juga tidak masuk kriteria pria idaman Ayunda sama sekali. Tapi, entah kenapa hati itu justru memilih Laut.
Mungkin benar, cinta itu buta. Cinta itu tentang rasa, bukan tentang apa yang kita inginkan.
Ayunda membalikkan tubuh mungilnya.
Kemudian kakinya mulai beranjak, menyusuri jalanan di daerah Perumahan Ceria itu dengan senyum yang menghias wajahnya. Walau Sekarang Ayunda paham, bahwa arti tulip tak memiliki arti seindah kelopaknya. Namun Ayunda berharap, bahwa Laut memberi itu karena Ayunda suka.
Jingga mulai menghilang, berganti dengan sang malam. Rembulan sudah berada di atas sana menanti bintang menari bersamanya, “Kamu itu seperti bintang. Indah, tapi jauh. Dan aku tak mampu menjangkau.”
Ayunda melihat tulip kuning itu sekali lagi, kemudian menciumnya, menghirup dalam-dalam aroma yang menguar dari benda itu. Harum, dan sangat khas.
Setelah sampai, Ayunda meletakkan tulip kuning itu pada vas bunga yang ada di meja kamarnya. Menjadi satu dengan beberapa tulip kuning yang Ayunda miliki.
Suara pintu kamar yang terbuka, terdengar di telinga gadis itu. Dia menoleh, kemudian mendapati Fitri berdiri di sana dengan senyuman yang hangat, "Makan malam dulu.”
Ayunda menggelengkan kepalanya, senyumnya tercetak di sana. “Tadi sore udah makan bareng sama anak paskibra. Jadi masih kenyang.”
Fitri beranjak untuk lebih dekat dengan Ayunda. Mereka sama-sama menatap cermin yang ada di depan mereka. Dengan posisi Ayunda duduk di depan cermin, dan Fitri berdiri di belakangnya. "Bunda nggak percaya kamu tumbuh secepat ini.”
"Kan dikasih Bunda asupan makan terus. Untungnya Ayunda tumbuh ke atas, gak ke samping,” Gelak tawa terdengar, tapi setelahnya mereka berdiam diri dengan pikiran masing-masing. Bunda Ayunda menyisir rambut putrinya dengan telaten. Membuat gadis itu merasa nyaman.
"Nilai kamu di sekolah gimana?”
Ayunda tertawa. "Biasa aja, Bunda.”
“Belajar, Ay.. Bunda itu kerja buat nyekolahin kamu. Jangan kecewain Bunda, dong.”
Ayunda berubah cemberut. Bibirnya manyun. “Nanti-nanti aja dong, Bun.” Ayunda menunjukkan ponselnya. “Nih, cerita Ayunda udah tembus 500 ribu pembaca, lho. Yang penting nilai Ujian Nasionalnya bagus kan, Bun? Lagian nilai raport Ayunda juga naik kok, walau pun rangking terakhir di kelas, “
Fitri terkekeh, kemudian mengusap bahu putrinya, “Kamu mau jadi apa kalau sudah lulus nanti? Kuliah dulu ya.”
Bibir Ayunda mengerucut. "Pengen rilis novel dulu boleh ya, Bun? Otak Ayunda lelah kalau disuruh mikir pelajaran terus. Pokoknya Ayunda pengen nyelesaiin satu novel sampai ada penerbit yang nerima. Satu tahun aja, terus, nanti kuliah, eh. Sambil kerja nggak pa-pa deh, yang penting novel diutamain. Kan, Ayunda pengen jadi novelis."
"Tapikan enak kalau langsung kuliah, jadi nanti bisa jadi sarjana lebih cepat," Elak Fitri.
"Please, Ayunda pengen jadi novelis. Sekali pun kuliah, Ayunda pengen ambil perhotelan atau enggak kapal persiar."
Jika sudah begini, tidak ada lagi alasan untuk mengelak keinginan putrinya. Bunda Ayunda ingin putrinya belajar sesuai keinginannya, menjadi apa yang dia bisa agar putrinya bisa menjalani hidup lebih mudah. Karena hidup itu tidak ada mudah.
"Iya. Bunda dukung kamu saja. Kamu yang menjalani. Tapi ingat, jaga diri kamu baik-baik jika kamu jauh dari Mama. Mama nggak mau kamu lupain amanah Mama.”
"Iya, Ma," Ayunda mengerti apa yang wanita itu sebut dengan amanah. Dan Ayunda pun sudah memikirkan hal itu. Lagi pula, Ayunda tidak akan melakukan hal yang mencemari nama baik diri sendiri atau pun keluarga. "Ayah mana? Ayunda nggak lihat dari tadi.”
Terlihat senyum kecut tercetak di bibir wanita itu, dia memaksakan senyum yang terasa berat. "Adik kamu lahir, kata Ayah kamu dia perempuan. Sama seperti Ayunda.”
Ayunda terkesiap, ia diam. Selama ini saja kasih sayang Ayahnya terasa kurang. Kakak tiri Ayunda dari mantan istri Ayahnya lebih banyak mendapat perhatian. Dan mereka ikut tinggal bersama Ayunda. Jika Ayunda memiliki adik, semuanya bisa saja hilang.
"Jangan sedih,” Fitri mengusap bahu Ayunda yang masih diam. “Ayah kamu sedang berduka. Saat melahirkan, istri Ayah pulang ke pangkuan Allah.”
“Bunda,” Ayunda membalikkan tubuh. Ia menatap Fitri lamat-lamat. Lidahnya kelu, padahal banyak kata yang ingin diucapkan. Namun bibirnya seolah terkunci rapat. Hanya perasaan sesak dan luka yang menguar. Tanpa suara, tanpa sebuah wujud. Namun nyata ada.
“Semua akan baik-baik saja, Ayunda.”
Ucapan Fitri bagaikan janji di ruang sepi itu. Janji yang entah benar akan ditepati atau tidak. Karena bagi Ayunda, janji yang terlalu mustahil itu hanya akan menimbulkan ketakutan yang nyata. Ayunda takut, keluarganya semakin berantakan. Ayunda takut semakin berbeda dengan orang lainnya.
“Sayangi adik kamu, karena di akan menjadi bagian keluarga kita,” Fitri mengecup puncak kepala Ayunda, memberi kekuatan melalui sikap itu. “Bunda mau makan dulu dengan Dian.”
Setelah Bunda Ayunda keluar, tangis gadis itu pecah. Air matanya kian berderai. Ada rasa perih, tapi dia tidak bisa melakukan apa pun, bahkan sekedar untuk menolak takdir. Semua kini nyata di depan mata. Mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap, Ayunda harus menerima semuanya. Ayunda bertanya-tanya, kenapa Bunda Ayunda begitu kuat? Padahal membayangkan saja, Ayunda begitu sulit untuk menjalani.
Greget parah 😘
Comment on chapter BAGIAN SATU : Kamu, Aku, Kita Berbeda.