Learn More
Follow Us

GET TO KNOW US

Looking to freely express your ideas regardless of how wild and crazy they seem!? TinLit is the site for you! Here, in TinLit, we encourage you to share new concepts you have in mind, be them in the form of stories or even quizzes!

Have you ever thought of interpreting a story using a set of emojis and emoticons instead of merely words? Here, you can do just that! Don’t forget to click the button below to become an official part of our TinLit family!

Join Us!
Congratulations to the winners of E.com’s 2018 StoryWriting!

1. Elnora Listianto - SGU
2. Amaranta Qyana - SMAN 1 Tangsel
3. Adrian Naufal - International University Liaison Indonesia

Keep on rocking!

Stories

Contested

Biner Anak Zaman Robot

Fantasy

16 Pages

0    0    0
Contested

Vanilla Latte

Romance

53 Pages

123    62    5
Contested

Buang Saja Skripsimu!

Fan Fiction

60 Pages

65    37    5
Contested

Dieb der Demokratie

Action

66 Pages

88    40    3
Contested

Kawanan d'Papat

Romance

41 Pages

339    122    3
Contested

Lantai 20

Romance

98 Pages

579    369    6
Contested

Alfabet(a) Cinta

Romance

131 Pages

67    40    1
Contested

Sweet Sound of Love

Romance

85 Pages

32    24    2
Contested

Anything About Her

Romance

67 Pages

31    21    1
Contested

Eternal Love

Romance

137 Pages

437    113    6
Contested

A - Z

Fan Fiction

18 Pages

38    17    1
Contested

Mentari dan Hujan yang Berhenti

Romance

15 Pages

30    23    5
Explore The Latest Stories

Quotes

0       0       Emilyanti
0       0       Ranger_Hijau
0       0       Ranger_Hijau
0       0       Ranger_Hijau
0       0       Ranger_Hijau
0       0       maulidaza
0       0       Dina_10
0       0       whafsahm
Explore More

Stories Review

Puggy Humphry and Mind Box
Review By Zein
Awal gue baca cerita ini, gue pikir gue bakal baca cerita misteri ala-ala. Tapi pas gue baca prolognya, ilang deh tuh prasangka buruk gue. Ini bener2 cerita misteri. Prolognya di buka dengan adegan pembunuhan. Bab1 dibuka dengan upaya penangkapan Sir David yg banyak rahasia itu. Dari sini gue makin penasaran. Sebenarnya kasusnya ini apa? Dan kenapa si david itu lari dan nelpon si tokoh utama. Gue juga terpesona pas baca karakter si Puggy. Wanita super jangkung berwajah cekung bulan sabit yang suara dan mukanya menyeramkan. Dan segala kenyentrikan detektif ini di rumahnya. Dan ... Akhirnya gue tau konflik yg sebenarnya pas adegan ala2 holmes itu. Secara keseluruhan cerita ini segar. Teknik menulisnya juga keren. Bahasanya nggak kacangan. Pas. Sesuai genre. Untuk sisipan bahasa perancisnya juga nggak berlebih. Daannn... Yg jelas bikin gue penasaran sama klimaks dan endingnya.
Puggy Humphry and Mind Box
Review By sitikhadijah
Baru ini saya nemu cerita bagus disini. Cerita yang segar, unik, dan elegan. Dari segi alur, plot, gaya bahasa, karakter semua oke. Nggak berlebihan. Dan temanya juga nggak menyangkut masalah itu2 melulu. Cinta, perpisahan, politik dll. Tapi ini universal. Masalah yang menyeluruh. Dengan LB sejarah di era 90-an, di Perancis. Cerita ini kerrn.
SERENA
Review By radenbumerang
Halo, salam kenal... Saya udah baca novel ini dari awal sampe bab terbaru, dan menurut saya novel ini sangat menarik. Dari segi cerita sudah oke, konfliknya cukup beragam (meski ada beberapa konflik yang agaknya terlalu cepat terselesaikan), dan karakterisasi pada masing-masing tokoh juga bagus. Jujur aja, di awal-awal cerita, saya sangat tersentuh pas baca adegan si Rey dkk yg dibully temen2 sekolahnya yang borjuis. Nah, mungkin sy kasih sedikit masukan aja (izin ngomentarin yaa), untuk cerita ttg Rey yang beranjak dewasa, rasanya masih ada yang kurang dan perlu digali lagi. Misal, setelah si Rey diadopsi ayah angkatnya, rasanya interaksi kedua tokoh ini masih kurang (tahu-tahu timeskip sampe dia dewasa), dan akan lebih baik lagi kalau diceritakan ttg alasan kenapa si ayah angkat mengadopsinya. Terus, perubahan karakter si Rey yang tadinya baik hati, tahu-tahu jadi bad boy yang super cuek dan terkesan hedonis, rasanya juga terlalu cepat. Mungkin perlu ditambah dialog kali ya, biar pembaca bisa tahu pergulatan batin si Rey secara lebih mendalam. Apalagi kalau pesan moralnya dibanyakin, disisipkan dgn apik di tengah2 cerita, pasti pembaca banyak yang suka. Misalnya begini: meskipun sering nongkrong di klub malam, tapi Rey tak pernah menyentuh alkohol, dsb (kayak tokoh Si Bujang dalam novel Pulang-nya Tere Liye). Udah gitu aja sih dari saya, secara keseluruhan novel ini sudah bagus, mungkin tinggal dirapikan typo-nya aja. Maaf ya kalau kepanjangan... intinya kan kita sama2 saling belajar dan kasih masukan, supaya karya kita jadi lebih bagus lagi :D Kalau mau, mbaknya bisa mampir ke novel saya, judulnya RIHLAH. Silakan kasih masukan/kritik/saran sepuasnya, pake kalimat yang pahit atau pedes banget juga gapapa... Trims :D
Phsycopath vs Indigo
Review By Fitria_Syahfina

Saya adalah seorang penulis buku-buku novel, karya saya telah banyak tersebar di Gramedia. Begitu banyak kisah-kisah yang telah saya baca disekian banyak buku, tapi, untuk pertama kalinya saya menemeukan cerita yang begitu unik dan sangat menyentuh. Plotnya balance, disana ada kesedihan, misteri, horor, lucu, senang, semuanya bersatu padu dalam seluruh episode yang belum selesai ini, namun sudah mengguga jiwa saya. Karakternya unik, writing style nya saya beri penghargaan, karena overall unik.

Semoga bukumu dapat diterbitkan nak.. Saya puas, dan saya tunggu karyamu selanjutnya.

THROUGH YOU
Review By DeeDee

Incredibly heartwarming story.

I admit I was a little baffled in the beginning. I thought the man's actions were eerie and a little rude, bearning that he emerged out of the blue. The plot of this story is very familiar, yet for some reason I didn't see it coming. The end had really hit hard, which is a feeling I seek when reading stories.

The writing style really swayed me as well, through its use of practical yet astute words, sharp as a knife. The author did a brilliant job conveying emotions through words. In spite of several grammatical errors here and there, the work itself remains undisturbed. They're not too noticable, although it would definitely help to have them altered.

In overall, it's a job well-done. I'm looking forth to reading more from the author!

Jangan Panggil Saya 'Haji'
Review By Madesy

Cerita yang menarik dan menggelitik.

Tema cerita yang diangkat sangat orisinil, menyoroti kehidupan masyarakat dewasa ini. Cerita memuat kritik sosial namun dengan gaya penulisan yang baik, penulis mampu menyuguhkan cerita ringan, menarik dan mengundang senyum, serta mampu menggelitik pribadi untuk melakukan introspeksi diri.

Sangat direkomendasikan.

Testimony

UmmuMilla

Alhamdulillah..
Ada wadah bagi pegiat literasi khususnya di Indonesia yang sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan bagi pemula seperti saya untuk menjadi the real writer..

Salam litersi

DjiSuk

Sebagai seorang pemula dalam dunia literasi, saya sangat senang dan berterimakasih kepada TinLit yang peduli terhadap para pegiat literasi di Indonesia. selama ada TinLit yang senantiasa membuka wadah seperti ini, saya yakin, literasi di Indonesia di masa mendatang akan semakin keren. in syaa Allah.

ratnasatyavati

Luar biasa bahwa ada ruang seperti Tinlit yang berada di lingkup literasi remaja dan menyajikan kisah-kisah penuh motivasi dan hal-hal yang positif untuk diketahui oleh para remaja, dalam hal ini remaja di Indonesia.
Mengingat semakin bergesernya nilai-nilai sosial di mata para remaja, keberadaan TinLit menjadi salah satu gerbang pengetahuan untuk mengenal diri sendiri, lingkungan, cinta, cita dan karya melalui ruang berbagi dan berkreasi ini.

1st Winner of Behind The Quote Short Story Contest 2017
Diahpuspitaas

Saya merasa senang bisa menjadi bagian dari TinLit. Hobi menulis saya bisa tersalurkan, bisa dilihat orang lain juga.
Semoga TinLit semakin sering membuat kontes menulis lagi agar dapat menarik minat orang banyak untuk bergabung serta tertarik pada dunia tulis menulis.

2nd Winner of Behind The Quote Short Story Contest 2017
ditamaswan

Saya merasa termotivasi utk terus menulis dan sangat menyenangkan jika ada orang yang termotivasi dan terinspirasi dgn tulisan kita.

3rd Winner of Behind The Quote Short Story Contest 2017