Tips Menulis Novel Ala TinLit.com

Banyak orang yang kurang percaya diri dengan kemampuan menulisnya, termasuk dalam menulis novel, menulis novel memang tidak bisa sembarangan, perlu adanya cara kerja dan penulisan yang sistematis agar cerita kamu bagus. Untuk menjadi penulis yang menciptakan cerita yang bagus, sifat yang perlu diterapkan oleh penulis dalam menulis novel adalah sifat kegigihan (persistence) agar dapat menyelesaikan suatu karya tulis yang cukup panjang. Terutama bagi penulis yang menulis cerita science fiction atau membutuhkan banyak riset atau cerita berat, dan juga membutuhkan motivasi diri yang cukup tinggi.

Nah, TinLit mau berbagi tips buat kalian yang suka menulis novel agar menulis novel dapat dilakukan dengan cepat dan mudah

1.   Buat Premis/Rangkuman Cerita. Dengan membuat rangkuman cerita atau outline terlebih dahulu, kita akan lebih mudah membayangkan alur cerita tersebut secara urut dan sistematis. Sama halnya ketika kita manggambar, pasti kita mulai dengan rough outline sebelum kita mulai mengembangkan detil-detilnya. (Ofcourse, there are some abstract random artists and writers out there yang tidak membutuhkan outline, tapi untuk kita, para pemula, start with an outline!)

2.   Penamaan karakter dalam cerita juga sangat penting! Ingat! Jangan menggunakan nama yang tidak sesuai dengan karakter yang ada di dalam cerita. Jangan sok keren menggunakan nama-nama kebarat-baratan atau sebagainya kalau tidak sesuai dengan karakter dalam novel. Gunakan nama yang sesuai dengan karakternya yaaa… Penggunaan nama-nama yang sesuai ini akan membuat para pembaca merasa percaya kalau ceritanya bisa masuk diakal

3.   Jadi pertama itu penting. Eeeh maksudnya Kalimat pertama itu penting hehe. Dalam menulis apapun itu, kalimat pertama menjadi penting karena merupakan daya tarik pembaca untuk melanjutkan cerita atau tidak. Sooo pikirkan dengan matang. Kalimat pertama kita adalah hook sentence kita, it's meant to hook people in!

4.  Jangan to the point yaaa… Karena itu bisa menurunkan minat baca pembaca jika cerita yang terlalu datar. Buat pembaca membayangkan beberapa bagian cerita yang kita buat sehingga mengerti dengan sendirinya. Supaya mereka masuk kedalam imajinasi kita. Contoh simple nya Saat malam itu tetesan air terus mengalir dengan derasnya bisa bayangin kan kalian? Yup! Hujan deras dimalam hari hehe.

Mulai yuk buat cerita kamu menjadi tidak biasa dengan memasukkan unsur uniknya sekreatif mungkin. Buat pembaca merasa penasaran dengan apa yang kita ceritakan.

Udah dulu yaaa tips menulis novel ala TinLit.com. Kesimpulannya adalah ketika kita ingin menulis novel, kita harus punya konsep dahulu!

Nah, kalau tips diatas dirasa masih ada kesulitan, buat kamu yang suka writer’s block, stay tuned for our next article!

Salam Literasi!

 

0 Comment

Read Stories

Action, Fantasy, Fan Fiction, Horror, Humor, Inspirational, Mystery, Romance, Science Fiction, Short Story

Recommended Stories

View All Recommended Stories